10 Aplikasi Jual Barang Bekas Online Terpercaya

nafa cahyani

10 Aplikasi Jual Barang Bekas Online Terpercaya

Rancakmedia.com – Saat ini sudah banyak aplikasi jual barang bekas yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan barang bekas yang masih layak pakai kamu. Dengan adanya aplikasi jual barang bekas, kini kamu tidak perlu lagi berjualan secara offline untuk menjangkau calon pembeli, karena semuanya sudah bisa dilakukan secara online.

Pasti sering bukan katika kamu membersihkan rumah, kemudian menemukan barang yang sebenarnya masih dalam kondisi yang baik, namun sudah tidak lagi digunakan dan hanya memenuhi ruangan di rumah saja.

Nah, kini kamu bisa menjualnya melalui aplikasi jual barang bekas supaya bisa cepat terjual dan menghasilkan uang.

Rekomendasi Aplikasi Jual Barang Bekas (Sumber: C Technical via Canva)

Rekomendasi Aplikasi Jual Barang Bekas

Di bawah ini kami telah menyediakan rekomensasi aplikasi jual barang bekas yang bisa kamu gunakan, sebagai berikut:

1. OLX

Pasti sebagian dari kamu sudah mengetahui tentang OLX. OLX ialah salah satu situs jual beli barang bekas yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia secara luas.

Dengan memiliki kantor pusat di Amsterdam, platform ini kemudian banyak digunakan oleh penduduk seluruh dunia, salah satunya Indonesia untuk melakukan transaksi yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Salah satu fitur unggulan yang dimiliki oleh aplikasi OLX ini ialah fitur Geotagging, yaitu metode penjualan yang mempertemukan penjual dan pembeli dengan wilayah terdekat.

Sehingga kamu bisa dengan mudah melihat secara nyata barang yang dijual tanpa harus melakukan transaksi terlebih dahulu.

Kebanyakan yang diperjualbelikan melalui situs OLX ini ialah motor, mobil, hingga rumah. Sistem transaksi yang biasa digunakan ialah sistem COD (Cash on Delivery) setelah pelanggan melihat dan mempertimbangkan barang yang telah dilihatnya.

Untuk berjualan di OLX supaya cepat laku ialah pastikan kamu sudah mencantumkan informasi lengkap tentang barang yang ingin kamu jual, dan pastikan juga bahwa foto yang kamu ambil menarik dan bisa mempresentasikan produk secara keseluruhan.

Jangan lupa juga untuk mencantumkan nomor kontak yang bisa dihubungi dengan cepat supaya barang bekas yang ingin kamu jual akan cepat kamu.

2. Tokopedia

Aplikasi belanja online Tokopedia terbesar di Indonesia juga bisa digunakan sebagai tempat jual beli barang preloved lhoo.

Selain bisa menjual dan membeli barang baru, situs atau aplikasi ini juga dapat digunakan untuk menjual dan membeli barang bekas.

Barang yang kamu jual akan cepat laku dengan menggunakan Tokopedia, karena pengguna dari aplikasi ini hingga seluruh penjuru negeri.

Apalagi dengan segala kemudahan sistem pembayaran yang ada, sehingga kamu bisa memilih rekeoning bersama jika tidak ingin terkena penipuan.

Tokopedia bisa menjual apa saja jenis barang bekas yang kamu miliki, mulai dari fashion, preloved make up dan skincare, kebutuhan bayi, barang elektronik hingga barang otomotif juga disediakan di Tokopedia.

Untuk meningkatkan penjualan kamu supaya lebih cepat, kamu bisa menggunakan kata kunci produk yang mudah ditemukan, semisalnya seperti barang otomotif seperti spion, knalpot.

3. Carousell

Rekomendasi aplikasi jual barang bekas selanjutnya ialah Carousell, yang menjadi favorit masyarakat Indonesia.

Carousell memiliki kantor pusat di Singapura, situs ini menjadi favorit khususnya bagi para perempuan, sebab disini menjual barang-barang kosmetik dan fashion wanita.

Keunggulan dari situs ini adalah bisa digunakan tidak hanya untuk kosmetik dan fashion saja, tetapi juga menyediakan seperti penjualan gadget, perabotan rumah, hingga barang otomotif bekas.

Sehingga lengkap bisa menampung barang yang ingin kamu jual apa saja jenisnya. Aplikasi ini juga menyediakan fitur rekening bersama atau COD untuk menghindari penipuan.

Kamu bisa memperoleh uang setelah konsumen yang hendak membeli sudah menerima barang kamu dan cocok dengan spesifikasi barangnya. Ketika ingin menjual barang yang sudah tidak digunakan lagi, kamu bisa jujur kepada calon konsumen.

Kejujuran yang bisa kamu lakukan ialah menampilkan foto asli, spesifikasi barang secara rinci dan menunjukkan kondisi barang yang sebenarnya akan lebih disukai oleh pembeli, daripada menunjukkan foto yang di edit sebagus mungkin seperti kondisi baru.

4. Prelo

Tidak kalah dengan aplikasi sebelumnya, Prelo juga menjadi salah satu aplikasi jual barang bekas yang cukup dikenal oleh masyarakat.

Awalnya aplikasi ini memang hampir mirip dengan Caroudsell yang kebanyakan menjual fashion wanita, namun sekarang berkembang menjadi menjual berbagai jenis barang bekas, seperi handphone, furniture, hingga kebutuhan bayi yang baru lahir dan balita.

Salah satu keunikan dari aplikasi ini ialah adanya jasa titip atau jastip yaitu memberi kewenangan kepada pihak lain untuk membelikan barang preloved.

Fitur ini biasa digunakan untuk sesama pengguna Prelo, sehingga jenis barang yang ingin dijual menjadi lebih cepat laku.

Kamu tidak perlu khawatir akan adanya penipuan online di media sosial ataupun situs penjualan, sebab Prelo sudah menyediakan layanan rekening bersama ataupun COD.

5. Facebook Marketplace

Walaupun sudah banyak ditinggalkan dan beralih ke media sosial lainnya, Facebook tetap memiliki tempat terbaik bagi para penggunanya.

Facebook marketplace ialah fitur yang disediakan khusus untuk melakukan jual beli barang bekas bagi para pengguna Facebook.

Menariknya lagi, situs ini bisa merekomendasikan produk-produk berdasarkan dengan history atau sejarah penggunaannya baik di pencarian Facebook ataupun Google.

Jadi kamu tidak perlu khawatir sebab benda yang kamu tawarkan pasti akan sampai para orang-orang yang mencari preloved kamu.

Namun sangat di sayangkan bahwa situs penjualan ini tidak menyediakan fitur rekening bersama, jadi kamu harus berhati-hati ketika ingin melakukan transaksi supaya tidak mudah ditipu.

6. Bukalapak

Kamu pasti sudah tahu kalau Bukalapak menjadi salah satu marketplace terbesar. Selain menjual barang baru, Bukalapak juga bisa digunakan sebagai platform menjual barang bekas.

Untuk aplikasi yang satu ini, mungkin kamu akan lebih percaya, karena sudah memiliki banyak testimoni dari pengguna.

Jika kamu tidak ingin ditipu, kamu bisa menyerahkan barang setelah konsumen melihat barang dan sudah jelas akan membayar barang yang kamu jual.

Menariknya bahwa aplikasi ini bisa menjangkau pangsa pasar yang lebih luas karena sudah dipakai oleh seluruh masyarakat di Indonesia.

Supaya barang yang kamu jual cepat laku, kamu bisa memberikan spesifikasi produk yang lengkap beserta dengan gambar asli supaya membangun kepercayaan konsumen.

7. Shopee

Dengan menggunakan aplikasi Shopee kamu tidak hanya dapat membeli barang baru, namun kamu juga bisa membeli barang bekas yang masih layak pakai di Shopee.

Cara menjual dan membeli barang bekas di Shopee juga cukup mudah. Kamu hanya perlu membuat akun dan kamu bisa menggunakan akun tersebut untuk berbelanja atau jual barang di Shopee.

8. Kaskus Jual Beli

Awalnya berbentuk FJB (Forum Jual Beli) kini akhirnya Kaskus merilis aplikasi Kaskus jual beli yang bisa digunakan semua orang.

Platform ini pada dasarnya ialah e-commerce yang menyediakan beragam produk baik itu produk baru ataupun bekas.

Beragam kategori yang tersedia mulai dari fashion, hobi, gadget, perlengkapan kantor, rumah tangga, voucher, otomotif dan lainnya.

Kaskus jual beli menyediakan layanan transaksi dengan sistem rekening bersama, sehingga menjamin keamanan bagi kamu yang mau menjual barang bekas secara online.

9. Belanja Bekas

Belanja bekas awalnya merupakan situs yang didirikan untuk layanan jual beli produk elektronik bekas secara online.

Belanja Bekas (Sumber: TheUjulala via Canva)

Namun seiring berjalannya waktu, situs ini juga menyediakan beragam kategori produk bekas lainnya.

Belanja bekas sampai saat ini baru hanya bisa diakses melalui situs resminya saja, belum ada layanan aplikasi untuk mengakses situs jual beli BelanjaBekas.

10. Jualo

Situs jual beli online yang terakhir ialah Jualo. Situs ini mengambil konsep hampir mirip dengan OLX, situs ini akan mempertemukan penjual dan pembeli melalui fitur Geotagging.

Sehingga pengguna bisa berselancar mencari produk-produk yang menarik yang dijual disekitar mereka.

Pengguna bisa melakukan transaksi dengan cara COD, namun Jualo belum juga menyediakan layanan rekening bersama untuk transaksi.

Kesimpulan

Dengan adanya aplikasi jual barang bekas, kini kamu tidak perlu lagi berjualan secara offline untuk menjangkau calon pembeli, karena semuanya sudah bisa dilakukan secara online.

Demikian informasi tentang 10 aplikasi jual barang bekas online terpercaya, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.