Cara Sembunyikan Aplikasi HP Android untuk Menjaga Privasi

nafa cahyani

Cara Sembunyikan Aplikasi HP Android untuk Menjaga Privasi

Rancakmedia.com – Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai cara sembunyikan aplikasi hp Android, bagi kamu yang tertarik untuk mengetahuinya kamu dapat simak artikel yang kami sediakan di bawah ini.

Meskipun saat ini hampir banyak orang yang sudah memiliki smartphone, namun masih banyak yang belum mengetahui cara sembunyikan aplikasi HP.

Menyembunyikan aplikasi pada ponsel memang menjadi hal penting bagi sebagian penggunanya. Biasanya, hal itu dilakukan karena berbagai alasan.

Alasan umum yang sering dipakai ialah untuk melindungi dan menjaga privasi, menyimpan data-data dan foto pribadi, serta menyimpan aplikasi yang tidak boleh digunakan anak dibawah umur.

Daftar Cara Sembunyikan Aplikasi HP dengan Mudah (Sumber: Bobboz via Canva)

Ada juga yang menyembunyikan aplikasi hanya ingin membuat tampilan layar menjadi lebih bersin atau tidak ramai, namun ada juga pengguna yang ingin mengamankan aplikasi tertentu supaya tidak dilihat orang orang banyak.

Daftar Cara Sembunyikan Aplikasi HP dengan Mudah

Dengan menyembunyikan aplikasi dari layar utama atau menu aplikasi bisa membantu kamu dalam menjaga privasi pribadi kamu dari orang yang tidak bertanggung jawab atau tidak kamu percayai.

Aplikasi yang sering disembunyikan oleh banyak pengguna smartphone ialah seperti aplikasi catatan, perbankan, dompet elektronik, serta aplikasi komunikasi seperti WhatsApp, email dan lainnya.

Jika aplikasi penting tersebut kamu sembunyikan, maka aplikasi tersebut akan lebih sulit untuk diakses oleh orang lain.

Terdapat berbagai cara untuk menyembunyikan aplikasi pada ponsel, yang bervariasi tergantung dengan sistem operasi pada masing-masing ponsel.

Beberapa cara yang mungkin bisa digunakan termasuk menyeret dan meletakkan aplikasi ke folder yang sudah ada, menggunakan fitur “App Drawer” atau “Guided Access”, atau dengan menggunakan aplikasi khusus yang tersedia di App Store atau Play Store.

1. Cara Sembunyikan Aplikasi HP Samsung

Beberapa smartphone memiliki fitur bawaan yang memungkinkan kamu untuk menyembunyikan aplikasi yang hanya bisa dilihat oleh kamu sendiri, sehingga kamu tidak perlu menginstall aplikasi pihak ketiga.

Jika kamu menggunakan perangkat Samsung yang sudah lama, mugkin fitur untuk menyembunyikan aplikasi tidak akan tersedia.

Namun jika kamu menggunakan ponsel Samsung versi terbaru, menyembunyikan aplikasi sangatlah mudah untuk dilkakukan, berikut cara sembunyikan aplikasi hp samsung:

  1. Buka laci aplikasi dan tab ikon di sudut kanan atas pada titik tiga vertikal
  2. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan, pilihlah pengaturan layar beranda
  3. Cari dan klik opsi Sembunyikan aplikasi atau hide apps
  4. Setelah itu dftar aplikasi yang ada di hp kamu akan muncul dilayar
  5. Pilihlah aplikasi mana saja yang ingin kamu sembunyikan, lalu tab terapkan untuk menyimpan perubahan

2. Sembunyikan Aplikasi di HP Huawei

Kamu bisa menyembunyikan aplikasi di ponsel Huawei atau Honor hanya dengan menggunakan fitur bawaan “PrivateSpace”.

Fitur ini memungkinkan kamu untuk membuat ruang baru atau akun di ponsel kamu yang bisa diisi dengan berbagai aplikasi, file, dan lainnya.

Sembunyikan Aplikasi di HP Huawei (Sumber: Warchi via Canva)

Kemudian ruang baru ini bisa kamu akses dengan membuka kunci menggunakan sidik jari sehingga aman dari orang lain. Beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk menyembunyikan aplikasi:

  1. Pertama buka menu pengaturan
  2. Lalu pilih keamanan dan privacy
  3. Selanjutnya pilih privatespace
  4. Jika sudah selesai di atur, buka kunci ponsel dengan pemindai sidik jari yang kamu pilih selama pengaturan download aplikasi yang ingin kamu sembunyikan

Sebagai inforrmasi tambahan, kamu tidak bisa memindahkan atau mengirimkan aplikasi dari satu ruang ke ruang lainnya.

Jadi untuk menyembunyikan aplikasi, kamu harus menghapusnya dari ruang utama dan barulah mengunduhnya ke PrivateSpace kamu.

3. Cara Sembunyikan Aplikasi HP OnePlus

HP OnePlus memiliki fitur khusus yang bernama “Hidden Space” yang dapat kamu gunakan untuk menyembunyikan aplikasi tanpa perlu mendownloadnya melalui pihak ketiga, berikut caranya:

  1. Buka laci aplikasi lalu gesek ke kanan
  2. Tab icon +
  3. Setelah itu pilih aplikasi yang ingin kamu sembunyikan
  4. Lalu tab tanda centang untuk menyimpan perubahan
  5. Kamu juga bisa mengatur proteksi kata sandi atau sidik jari untuk memastikan hanya kamu yang bisa mengakses folder yang ada di HiddenSpace tersebut

4. Sembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi

HP Xiaomi versi terbaru juga mempunyai fitur yang bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan aplikasi, tetapi fitur ini harus kamu aktifkan terlebih dahulu, berikut caranya:

Sembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi (Sumber: Mateusz Dach via Canva)
  1. Buka pengaturan
  2. Setalah itu pilih kunci aplikasi
  3. Jika sudah, tekan roda gigi
  4. Lalu aktifkan aplikasi tersembunyi
  5. Pilih opsi Kelola aplikasi tersembunyi
  6. Setelah itu pilih daftar aplikasi yang ingin kamu sembunyikan
  7. Supaya bisa mendapatkan akses ke aplikasi tersebunyi, cubit dilayar beranda atau lakukan zoom out lalu gunakan sidik jari kamu untuk membuka kunci folder

5. Cara Sembunyikan Aplikasi HP LG

Terdapat dua cara yang bisa kamu lakukan untuk menyembunyikan aplikasi di HP LG.

Cara pertama yang bisa kamu lakukan ialah tidak mengaktifkan laci aplikasi, dan cara kedua akan berfungsi jika kamu mengaktifkan laci aplikasi.

Berikut cara pertama yang bisa kamu lakukan:

  1. Buka menu pengaturan pada HP
  2. Lalu pilih opsi layar beranda yang terletak di bawah tab tampilan
  3. Kamu juga bisa menekan lama pada layar beranda dan memilih opsi pengaturan layar beranda untuk mempercepat proses
  4. Lalu pilih menu semnbunyikan aplikasi
  5. Pilih aplikasi yang ingin disembunyikan
  6. Selesai

Berikut cara kedua yang bisa kamu lakukan:

  1. Buka laci aplikasi dan tab ikon di sudut kanan atas yaitu titik tiga vertikal
  2. Lalu pilih opsi sembunyikan aplikasi
  3. Setelah itu pilih aplikasi yang ingin kamu sembunyikan
  4. Selesai

Cara Sembunyikan Aplikasi HP dengan Aplikasi Launcher

Di bawah ini terdapat beberapa aplikasi Launcher yang bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan aplikasi kamu, sebagai berikut:

Cara Sembunyikan Aplikasi HP dengan Aplikasi Launcher (Sumber: Wavebreakmedia via Canva)
  1. Nova Launcher, aplikasi pengganti layar awal yang kuat yang bisa kamu sesuaikan dan sangat serbaguna.
  2. Apex Launcher, peluncuran sebuah aplikasi untuk perangkat Android yang dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan kamu untuk mengubah tampilan halaman beranda perangkat kamu sesuai dengan keinginan.
  3. App Hider, sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk menyembunyikan aplikasi lain pada perangkat Android. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur menarik untuk menyembuyikan aplikasi dari layar utama dan menu aplikasi.
  4. Poco Launcher, sebuah aplikasi launcher yang dikembangkan oleh Xiaomi untuk perangkat Android. Ini menyediakan antarmuka pengguna yang dirancang untuk membuat navigasi perangkat kamu lebih cepat dan mudah
  5. Evie Launcher, aplikasi launcher yang tersedia untuk perangkat Android, yang menyediakan berbagai fitur yangh memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan tampilan halaman beranda perangkatnya.
  6. Microsoft Launcher, aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengintegrasikan akun microsoft kamu dengan perangkat. Selain itu juga aplikasi ini dapat memberikan akses cepat ke kalender, jadwal harian dan catatan.
  7. CPL (Customized Pixel Launcher), aplikasi ini menyediakan fitur tambahan dan opsi kustomisasi yang tersedia pada pixel launcer asli.
  8. U Launcher, aplikasi ini dikenal sebagai launcher yang cepat, ringan dan banyak fitur kustomisasi. Perlu diingat bahwa fitur yang ditambahkan pada U Launcher ini mungkin dibatasi dengan versi atau perangkat yang digunakan

Kesimpulan

Dengan menyembunyikan aplikasi dari layar utama atau menu aplikasi bisa membantu kamu dalam menjaga privasi pribadi kamu dari orang yang tidak bertanggung jawab atau tidak kamu percayai.

Demikian informasi tentang cara sembunyikan aplikasi hp Android untuk menjaga privasi, semoga artikel yang kami sediakan di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.