Cara Melacak HP yang Hilang dalam Keadaan Mati yang Cepat dan Mudah

nafa cahyani

Cara Melacak HP yang Hilang dalam Keadaan Mati yang Cepat dan Mudah

Rancakmedia.com – Cara melacak HP yang hilang dalam Keadaan Mati adalah  tutorial yang pasti sangat dibutuhkan. Terlebih jika kamu termasuk orang yang pelupa, teledor dengan mobilitas yang cukup padat setiap hari.

Tentunya kamu bertanya-tanya dalam hati atau di pikiran kamu. Apa HP yang dalam kondisi mati masih bisa dilacak?

Bersyukurnya jawabannya adalah bisa. Ini tentu menjadi kabar baik untuk kamu yang seringkali kehilangan HP apapun alasannya. Berikut kami berikan beberapa cara yang bisa kamu coba.

5 Cara Melacak HP yang Hilang Dalam Keadaan Mati

Di bawah ini rancakmedia.com telah merangkum cara melacak hp yang hilang dalam keadaan mati, sebagai berikut:

1. Menggunakan Layanan Find My Device Google

Yang pertama adalah cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati adalah dengan menggunakan layanan ini. Keistimewaannya kamu tidak hanya dapat menemukan HP kamu tapi juga dapat menghapus data atau mengunci HP kamu dari jarak jauh.

Berikut cara yang bisa kamu gunakan untuk melacak HP dengan menggunakan Find My Device Google:

  1. Tuliskan alamat Google.co/android/find pada Google chrome kamu.
  2. Login menggunakan akun Google kamu yang terhubung dengan HP yang hilang tersebut.
  3. Jika akun tersebut digunakan oleh beberapa perangkat maka pilih HP yang hilang tersebut sebagai perangkatnya.
  4. Jika kamu menggunakan lebih dari satu akun google maka loginlah dengan akun yang dijadikan profil utama.
  5. Selanjutnya akan muncul notifikasi  pada HP yang hilang dari Google Play Service beserta informasi keberadaan HP tersebut pada maps.
  6. Untuk mencegah ketidakakuratan posisi HP kamu juga bisa kamu melihat lokasi HP jika memang tersedia.
  7. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur ‘Putar Suara’ (Play Sound) yang membuat berdering tanpa henti selama 5 menit tak terkecuali HP mati atau dalam keadaan silent.
  8. Fitur lainnya yaitu fitur ‘Amankan Perangkat’ (Secure Device) yang membantu kamu untuk mengunci HP kamu dari jarak jauh agar tidak bisa digunakan orang lain.
  9. Fitur lainnya yang tak kalah membantu adalah ‘Hapus Perangkat’ (Erase Device) yang memungkinkan kamu untuk menghapus seluruh data yang tersimpan di memori internal Ponsel secara permanen dengan catatan kamu sudah selesai menggunakan fitur Find My Device Nya.

2. Menggunakan Email

Cara ini juga sangat mudah untuk dilakukan sebagai cara melacak HP hilang dalam keadaan mati. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke akun Gmail di HP kamu melalui browser di HP kamu
  2. Klik ikon 9 titik yang ada di kanan atas layar HP kamu lalu pilih “Akun” lalu pilih “Keamanan”
  3. Selanjutnya lakukan pengecekan informasi mengenai perangkat yang memiliki akses Gmail kamu dimana HP tersebut adalah perangkat HP kamu yang hilang.
  4. Klik pilihan “Cari Perangkat” yang akan membawa kamu ke layanan Find My Device milik Google. Jika dirasa kurang akurat maka cobalah untuk memperkirakan lokasi terakhir dimana HP kamu berada.

3. Menggunakan Google Maps

Cara ini termasuk cara melacak HP hilang dalam keadaan mati yang paling mungkin untuk dilakukan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Google Maps kamu dan klik ikon segitiga kecil yang ada di bagian kanan layar HP kamu.
  2. Pilih “Tambah Akun” lalu masukan email yang digunakan di HP yang hilang yang ingin kamu cari tersebut.
  3. Tulis kata sandinya lalu pilih “Saya Setuju”
  4. Selanjutnya kamu klik ikon segitiga kecil yang ada di bagian kiri layar HP kamu lalu pilih “Linimasa”
  5. Selanjutnya Google Maps akan mulai menunjukan lokasi HP kamu yang hilang tersebut.

4. Melalui IMEI HP yang Hilang

IMEI yang merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity ini juga bisa digunakan untuk menemukan HP yang hilang selama HP tersebut sudah terhubung dengan email.

Keunikannya IMEI ini akan berbeda pada setiap perangkat sehingga hasil lebih akurat. Untuk mengetahui nomor IMEI ini kamu bisa ketik *#06# lalu panggil.

Jika sudah muncul ada baiknya kamu catat di catatan agar jika hilang kamu bisa melakukan pelacakan dengan meminta bantuan pihak berwajib atau provider untuk melacak keberadaan HP kamu yang hilang tersebut.

5. Melalui Nomor Ponsel

Cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati yang terakhir adalah dengan nomor ponsel. Cara ini juga termasuk cara yang sederhana namun terbukti bisa untuk melacak HP kamu yang hilang. Berikut caranya:

  1. Buka aplikasi Google Maps lalu pilih layanan “Friend List”.
  2. Masukan nomor HP yang perangkat HP nya sedang hilang tersebut lalu masuk ke proses pencarian.
  3. Selanjutnya kamu klik nomor provider tersebut lalu tunggu beberapa saat sampai muncul informasi terkait lokasi real time HP yang digunakan oleh nomor HP tersebut.
  4. Selanjutnya kamu tinggal klik rute di google maps untuk bisa menemukan HP yang hilang tersebut sampai ke titik tersebut.

Mudah bukan cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati atau nyala ini. Sekarang kamu tidak perlu panik lagi jika HP kamu tiba-tiba hilang.

Cukup buka artikel ini dan lakukan sesuai dengan langkah-langkahnya. Lakukan cara yang termudah dan paling memungkinkan yang bisa kamu lakukan. Selamat mencoba!

10 Aplikasi Melacak Ponsel Terpercaya

Berikut adalah 10 aplikasi melacak ponsel terbaik untuk menemukan HP yang hilang:

  1. Find My iPhone (iOS) – Aplikasi ini tersedia untuk pengguna iPhone dan iPad dan memungkinkan pengguna untuk melacak lokasi perangkat mereka dari jarak jauh melalui iCloud.
  2. Google Maps – Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melacak lokasi perangkat Android dan juga memungkinkan pengguna untuk melacak perangkat Android yang hilang dengan menggunakan fitur “Find My Device”.
  3. Lookout – Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melacak lokasi perangkat mereka dan memiliki fitur keamanan tambahan seperti scan virus dan deteksi pencarian.
  4. Avast Anti-Theft – Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melacak lokasi perangkat mereka dan memiliki fitur tambahan seperti foto jarak jauh dan deteksi SIM card yang diganti.
  5. Wheres My Droid – Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melacak lokasi perangkat Android dan memiliki fitur tambahan seperti perintah jarak jauh melalui SMS.
  6. Cerberus – Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melacak lokasi perangkat Android dan memiliki fitur tambahan seperti pengambilan foto jarak jauh dan pengendalian jarak jauh dari perangkat.
  7. Plan B – Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melacak lokasi perangkat Android yang hilang dan memiliki fitur tambahan seperti pemantauan lokasi dalam waktu real-time.
  8. Prey Anti-Theft – Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melacak lokasi perangkat mereka dan memiliki fitur tambahan seperti skan virus dan deteksi pencurian.
  9. Where’s My Phone – Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melacak lokasi perangkat Android dan memiliki fitur tambahan seperti pengambilan foto jarak jauh dan pengendalian jarak jauh dari perangkat.
  10. Mobile Tracker Free – Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melacak lokasi perangkat Android dan memiliki fitur tambahan seperti pengambilan foto jarak jauh dan deteksi SIM card yang diganti.

Kesimpulan

Bagi kamu yang mengalami kehilangan HP dalam keadaan mati, cara yang kami sediakan sangat cocok untuk kamu lakukan supaya cepat menemukan hp yang hilang.

Demikian informasi tentang cara melacak hp yang hilang dalam keadaan mati, semoga artikel yang kami sediakan di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.