Advertisement

Cara Download Video di Shopee 100% Berhasil

Rancakmedia.com – Baca informasi dibawah ini untuk mengetahui tutorial untuk download video di shopee serta manfaat, syarat dan juga tanya jawab seputar informasi shopee, jika kamu ingin mendapatkan informasi terbarunya silahkan baca artikel ini, terimakasih.

Tentunya menggunakan aplikasi Shopee sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Karena aplikasi belanja online yang satu ini menawarkan banyak keuntungan bagi penggunanya.

Ini termasuk layanan pengiriman gratis untuk setiap pengguna akun yang berbelanja online dan bahkan menawarkan banyak promosi menarik. Kamu tidak hanya bisa membeli tetapi juga membuka toko di Shopee melalui HP untuk berjualan dengan mudah.

Tentu jika berbicara tentang Shopee, kamu sudah tidak asing lagi dengan video produk yang ditawarkan oleh penjual. Dimana video Shopee sering dicari oleh pembeli yang juga dropshipper atau reseller suatu produk.

Sebagai dropshipper atau reseller yang membawa produk dari Shopee ke platform lain untuk dijual kembali, tentunya kamu membutuhkan banyak sekali materi promosi seperti foto produk, testimonial dan video review produk.

Pernah bingung bagaimana cara merekam video di Shopee untuk di repost sebagai bahan promosi? Jangan khawatir, artikel ini akan memberi tahu kamu cara untuk melakukannya.

Untuk mendapatkan video tersebut kamu harus mendownloadnya terlebih dahulu. Jadi, apakah kamu tahu cara mengunduh video dari aplikasi Shopee? Jika belum, pada pembahasan kali ini kami akan memberi tahu cara mendownload atau menyimpannya ke dalam galleri.

Apa Itu Video Shopee

Seiring kemajuan teknologi yang pesat, Shopee terus berinovasi untuk menjadi lebih baik dari sekedar e-commerce. Shopee terus memperkenalkan fitur-fitur baru yang dapat memanjakan semua pengguna aplikasi. Baru-baru ini, Shopee memperkenalkan fitur baru bernama Video Shopee.

Apa Itu Video Shopee

Video Shopee adalah fitur terbaru di Shopee yang bertujuan untuk menyediakan tempat bagi pengguna Shopee untuk terhubung dengan orang lain.

Dengan Video Shopee kita bisa menonton video sebagai penonton atau membuat video sebagai kreator. Video Shopee dapat diakses oleh semua pengguna dari menu Video Shopee di halaman utama aplikasi Shopee.

Di fitur baru Shopee ini kita bisa melakukan berbagai hal misalnya Follow, Like, Comment dan Share. Kita bisa mengikuti kreator favorit kita dengan memilih tanda plus (+) di profil kreator.

Selain itu, kita juga dapat menyukai video dengan memilih ikon hati atau berkomentar dengan memilih ikon komentar.

Sekarang untuk membagikan video kita dapat memilih ikon bagikan dan kemudian memilih apakah kita ingin membagikannya dengan orang lain atau di media sosial.

Awal mula kemunculan fitur video Shopee dimaksudkan untuk secara umum mirip dengan aplikasi TikTok dalam tampilan dan fungsinya.

Meskipun demikian, Video Shopee merupakan fitur yang sangat diminati oleh para penggunanya untuk mencari hiburan selain berbelanja.

Cara Membuat Video di Shopee Video

Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh setiap penjual di platform belanja online Shopee, hal ini bertujuan agar produk yang dijual mendapatkan permintaan dari banyak pengguna. Selain gratis ongkos kirim atau promosi cashback, ternyata ada cara jitu lain yang bisa dilakukan.

Cara ini juga dikatakan mampu meningkatkan penjualan produk, karena kehadiran video produk lebih meyakinkan pembeli. Jadi bukan hanya foto produk, video memungkinkan calon pembeli melihat detail produk yang ingin mereka beli.

Secara umum, dari banyak pengalaman orang berjualan secara online  di shopee, mereka mendapatkan banyak manfaat mulai dari eksposur yang meningkat dan jumlah pengikut toko yang juga meningkat dan yang lebih menariknya lagi, upload video ke Shopee sangat mudah karena bisa dilakukan melalui HP atau melalui PC.

Juga, saat mengunggah video produk ke Shopee, penting untuk mengetahui ukuran video agar tidak pecah nanti setelah rilis sukses, agar tidak mengecewakan siapa pun yang ingin menontonnya. Karena masih sedikit yang menggunakannya, tidak heran banyak penjual yang tidak tahu cara untuk download dan juga mengiploadnya.

Adapun hal-hal seperti itu sebenarnya bukan masalah besar karena dalam artikel ini akan dijelaskan secara detail. Baiklah  silahkan baca penjelasan yang sudah kami siapkan sebagai berikut ini.

Manfaat Upload Video Produk ke Shopee

Sebelum kita lanjut ke pembahasan utama, mari kita bahas terlebih dahulu tentang manfaat upload video produk ke Shopee. Sedikit tentang manfaat upload video produk ke Shopee akan kami jelasakan dibawah ini.

Manfaat Upload Video Produk ke Shopee

Manfaat yang pastinya tentu saja meningkatkan jumlah penjual produk dan aktivitas pengunjung toko kamu dan kemudian meningkatkan jumlah pengikut di toko. Selain itu, masih banyak keuntungan lain yang jelas bisa kamu rasakan setelahnya.

Ciptakan Pengalaman Berbelanja dengan Video Produk Shopee

Foto saja tidak cukup untuk meningkatkan pengunjung toko, karena pembeli pada dasarnya menginginkan informasi yang lebih nyata. Apa yang lebih nyata daripada menggunakan foto produk?

Pedagang umumnya lebih fokus memikirkan foto yang bagus. Namun faktanya pembeli umumnya lebih menyukai video produk yang bagus. Seperti media iklan konvensional, TV spot lebih menarik daripada iklan surat kabar.

Survei menunjukkan bahwa penjual yang menggunakan video sebagai metode visualisasi produk mendapat perhatian lebih. Seiring dengan ketenaran, toko juga cenderung mendapatkan lebih banyak pengikut, yang berarti keterlibatan dengan toko juga lebih baik.

Jenis Video Produk

Ada berbagai cara untuk mempresentasikan produk kamu dalam bentuk video. Secara umum, kedua jenis video produk ini berguna untuk menarik calon pembeli dan memperjelas gambaran sebenarnya dari produk kamu.

Deskripsi Produk

Pamerkan fitur dan detail produk kamu dengan merekam video dari berbagai sudut, termasuk close-up. Jenis video ini cocok untuk produk kecantikan, pakaian, perhiasan atau barang yang terbuat dari bahan tertentu seperti kulit.

Kamu juga dapat memamerkan kualitas dan manfaat produk kamu, misalnya fleksibilitas casing ponsel silikon atau kualitas produk make-up tahan air. Selain itu, kamu harus menggunakan format foto gambar Shopee PNG atau gambar Shopee Express.

Demonstrasi Produk

Tunjukkan kepada pembeli cara menggunakan produk kamu dengan membuat video produk sederhana. Kamu dapat membuat video produk bertahapan, misalnya cara membuka dan menutup payung otomatis dengan benar.

Dengan menyertakan video demonstrasi produk, pembeli dapat dengan jelas melihat cara kerja produk kamu dan kemungkinan besar akan memberikan ulasan produk yang baik.

Saat membuat video produk, cobalah untuk menempatkan diri kamu pada posisi pembeli dan pikirkan apa yang ingin kamu ketahui tentang suatu produk sebelum kamu membelinya.

Ketentuan Pengunduhan Video Shopee

Selain kelebihan dan manfaat di atas, kamu juga perlu mengetahui syarat dan ketentuan agar proses download atau simpan video di Shopee dapat berjalan dengan lancar. Beberapa kondisi tersebut antara lain:

Saat mengunduh video melalui aplikasi, kamu memerlukan aplikasi pengunduh tambahan terlebih dahulu (misalnya, kamu dapat menggunakan pengelola unduhan, pengunduh video, dll.)

Kemudian pastikan koneksi internet yang kamu gunakan berfungsi dengan lancar. Ada ruang penyimpanan di ponsel untuk menyimpan video. Karena setiap video memiliki kapasitas yang berbeda.

Cara Mengupload Video ke Shopee

Mari kita asumsikan di sini bahwa video sudah tersedia sesuai dengan persyaratan di atas. Oleh karena itu, lanjutkan dengan cara tersebut, untuk lebih jelasnya lihat langsung sebagai berikut.

Pilih Menu Tambah produk

Pertama kamu perlu membuka aplikasi Shopee, lalu pilih menu saya lalu klik toko, setelah itu tinggal pilih menu tambah produk.

Ketuk Tambah Foto

Secara umum caranya sama persis dengan upload produk baru, jadi klik Add photo di kolom khusus.

Klik Tambahkan Foto atau Video

Kemudian klik tambahkan foto atau video, setelah itu tinggal unggah dan sejauh ini kamu telah berhasil melakukannya.

Bagaimana Cara Mengunduh Video Shopee?

Per tahun 2021, Indonesia mencatat pendapatan bisnis online sebesar US$14,47 miliar, angka ini 20% dari total PDB. Bahkan, Bank Indonesia memprediksi transaksi dari model bisnis e-commerce di Indonesia berpotensi mencapai Rp 530 triliun pada 2022.

Cara Mengunduh Video Shopee

Hasil ekstrapolasi ini membuktikan bahwa perkembangan bisnis online shop di Indonesia semakin menjanjikan. Banyak orang mencoba menjalankan bisnis online, baik sebagai penghasilan sampingan atau bahkan sebagai pekerjaan utama.

Dengan maraknya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) menyusul pandemi yang melanda Indonesia sejak tahun 2020 hingga saat ini, tidak heran jika membuka usaha online menjadi pilihan yang menawarkan peluang lebih besar dari sekedar menunggu panggilan wawancara.

Sebagai aturan, mereka yang memiliki banyak modal segera menjadi produsen atau setidaknya pemasok tangan pertama, mengambil produk dari pabrik dan kemudian mendistribusikannya kembali.

Mereka yang tidak memiliki modal besar biasanya memilih untuk memulai bisnis dengan menjadi reseller atau dropshipper. Jika kita berbicara tentang direct mail pada khususnya, pasti membutuhkan lebih banyak konten video dan foto untuk digunakan sebagai bahan promosi.

Jika mengikuti sistem lama dimana dropshipper dibagi menjadi beberapa grup kemudian diberikan katalog dan materi promosi, tidak masalah.

Namun kini banyak aktivitas jual beli yang bergeser ke marketplace, salah satunya marketplace yang sukses di Indonesia yaitu Shopee. Sejak berdirinya Shopee dari tahun 2015 hingga saat ini, banyak pembaruan yang dilakukan dan tentunya berkontribusi pada pengalaman baik konsumen yang berbelanja.

Penjual sekarang juga memiliki kesempatan untuk mempresentasikan produk berkualitas tinggi mereka dalam format foto dan video. Kamu semua pasti tahu cara menyimpan video di Shopee karena caranya tidak jauh berbeda dengan menyimpan video dari aplikasi lain.

Lalu bagaimana cara mendownload video yang diupload oleh supplier untuk dropshippers untuk digunakan sebagai bahan promosi? Download video dari aplikasi Shopee sebenarnya cukup sederhana dan bisa dilakukan dengan dua cara yaitu:

  1. Penggunaan aplikasi pihak ketiga.
  2. Tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Aplikasi Shopee Video Downloader

Salah satu cara untuk mendownload video dari Shopee adalah dengan menggunakan aplikasi Shopee Video Downloader. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Download terlebih dahulu aplikasi Shopee Video Downloader.
  2. Buka aplikasi Shopee.
  3. Temukan video yang ingin kamu unduh.
  4. Dari opsi Bagikan, pilih Tautan.
  5. Buka browser di laptop atau PC (sebaiknya dengan Google Chrome).
  6. Rekatkan tautan video Shopee yang disalin ke dalam kotak web Google Chrome dan kemudian tekan Enter.
  7. Klik Perbesar Layar.
  8. Lalu klik pada bagian titik tiga di sudut kanan bawah.
  9. Klik Unduh dan tunggu proses pengunduhan selesai.
  10. Video disimpan dalam folder atau galeri.

Shopee video downloader adalah aplikasi koneksi di PC atau laptop yang memungkinkan kamu untuk mengunduh video Shopee PC yang telah diunggah ke akun Shopee kamu. Pengoperasiannya juga sangat sederhana, kamu hanya perlu memastikan ponsel kamu terhubung ke layanan internet yang memadai terhubung adalah.

Tanpa Aplikasi Video Downloader

Jika kamu khawatir menginstal aplikasi di perangkat elektronik seperti PC dan laptop, selain Shopee Downloader, kamu juga dapat mengunduh video di Shopee melalui HP tanpa menggunakan aplikasi tambahan apa pun. Langkah downloadnya hampir sama dengan di PC yaitu :

  1. Buka aplikasi Shopee.
  2. Temukan video produk yang ingin kamu unduh.
  3. Klik Bagikan dan pilih Salin Tautan.
  4. Salin tautan yang disalin dan tempel ke browser Chrome.
  5. Klik Putar Video.
  6. Kemudian klik opsi Magnify Screen.
  7. Klik ikon vertikal dengan tiga titik di sudut kanan bawah.
  8. Klik Unduh.
  9. Video akan disimpan di galeri ponsel.

Dalam praktiknya mereka sebenarnya sama. Hanya saja untuk mendownload video Shopee melalui PC membutuhkan aplikasi pihak ketiga. Sementara itu, untuk mengunduh dari HP, cukup salin dan tempel tautan ke browser kamu.

Manfaat Mengunduh Video Shopee

Beberapa keuntungan download video di Shopee untuk dropshippers dan reseller adalah:

  1. Memberikan wawasan tentang detail produk yang dijual.
  2. Memudahkan para reseller dan dropshipper dalam menjalankan promosi.
  3. Meningkatkan kredibilitas dropshippers dan reseller.

Dari sini terlihat bahwa keberadaan media seperti video sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian calon konsumen. Namun, sistem jual beli online masih sangat rentan terhadap pengalaman berbelanja yang buruk karena konsumen membeli seperti babi di ladang.

Kehadiran video produk, baik berupa review dari orang lain maupun unboxing dan preview detail dari penjual, dapat memberikan gambaran yang akurat tentang bagaimana bentuk produk yang akan dibeli oleh calon konsumen. Ini, tentu saja, meningkatkan kemungkinan pembeli akan membuat keputusan pembelian.

Ukuran Video Shopee untuk di Upload

Ukuran video Shopee? Selain itu, jika kamu ingin mengunggah video produk, kamu perlu mengetahui bahwa ada syarat dan ketentuan untuk video yang akan diunggah. Jika kamu penasaran dengan semuanya, silakan lihat langsung sebagai berikut:

Ukuran Video Shopee yang untuk di Upload

  1. Durasi: 10-60 detik.
  2. Format: MP4.
  3. Ukuran: maks 30MB.
  4. Resolusi: maks. 1280 x 1280 piksel.

FAQ

Berikut ini merupakan sesi tanya jawab yang akan kami ulas, simak untuk detailnya dibawa ini:

Apakah Menonton Video di Shopee Bisa Dapat Uang?

Saat kamu mempublikasikan video di Video Shopee, kamu bisa mendapatkan Rp. 500 bonus per video dan Rp. 200 bonus untuk setiap 10 suka video kami. Cara terakhir adalah menonton video. Kita bisa mendapatkan bonus Rp 600 untuk menonton video selama 30 menit.

Kenapa Tidak Bisa Mengupload Video ke Shopee?

Jika kamu mengalami masalah dalam mengunggah foto atau video ke aplikasi Shopee, kamu mungkin tidak memberikan izin kepada aplikasi Shopee untuk mengakses foto di ponsel kamu.

Kesimpulan

Video Shopee adalah fitur terbaru dari Shopee yang bertujuan untuk menyediakan platform bagi pengguna Shopee untuk terhubung dengan orang lain. Pengguna dapat menonton video sebagai penonton atau membuat video sebagai kreator.

Untuk membagikan video kita dapat memilih ikon bagikan dan kemudian memilih apakah kita ingin membagikannya dengan orang lain atau di media sosial. Cara jitu untuk meningkatkan penjualan adalah dengan mengunggah video produk kamu di shopee, jika ingin tahu informasinya silahkan baca dari awal sampai akhir ya, terimakasih.

Tombol kembali ke atas