Advertisement

Cara Cancel Shopee Food Jika Salah Pesanan

Rancakmedia.com – Berikut ini cara cancel shopee food jika kamu melakukan kesalahan pada orderan kamu, jika kamu seorang pemula cara ini bisa kamu terapkan dirumah dengan mudah tanpa khawatir, silahkan baca informasinya dibawah ini ya.

Ini adalah informasi yang sangat penting untuk kamu, dengan informasi seperti ini, kamu dapat dengan mudah membatalkan pesanan di marketplace terbesar di Indonesia ini.

Bahkan tidak bisa dipungkiri selalu ada alasan untuk membatalkan pesanan, baik di Shopee maupun Lazada. Alasan pembatalan item dapat disebabkan oleh pemesanan yang dilakukan sejak lama, pembelian item baru, atau kesalahan pemesanan barang.

Apapun alasannya, Shopee Indonesia ramah karena semua pengguna diperbolehkan untuk membatalkan pesanan berbayar meskipun barang sudah diterima.

Kamu dapat membatalkan pesanan dengan berbagai cara, baik dalam hal pesanan sudah dibayar maupun belum, cash on delivery dan cara lainnya. Nah, bagaimana cara membatalkan pesanan di Shopee, baik di shopee food atau shopee pada umumnya.

Syarat dan Ketentuan Cancel Shopee Food

Tentu saja, Shopee juga memiliki beberapa kebijakan jika kamu ingin membatalkan pesanan di shopee. Sebelum menggunakan cara yang akan kami berikan infonya dibawah ini, ada baiknya pelajari dulu syarat dan ketentuannya dan pastikan pesanan kamu masuk dalam kriteria agar prosesnya berjalan lancar. Berikut syarat dan ketentuan cancel shopee food.

Syarat dan Ketentuan Cancel Shopee Food

Jika pembeli memesan beberapa item di toko yang sama dalam waktu yang bersamaan dan ingin membatalkan salah satu item yang dipesan, hal ini tidak bisa dilakukan. Shopee hanya mengizinkan pembeli untuk membatalkan pesanan seluruhnya.

Begitu juga dengan penjualnya. Jika pembeli memesan beberapa item sekaligus, penjual tidak dapat memilih item mana yang akan dibatalkan, tetapi harus membatalkan semuanya.

Jika produk sudah ada di tab Packaged, pembeli bisa mengajukan pembatalan untuk beberapa produk, namun penjual tetap tidak bisa memilih hal ini untuk beberapa produk.

Pembatalan hanya dapat dilakukan satu kali per pesanan. Jika penjual menolak permintaan pembatalan atau pembeli membatalkan permintaan pembatalan pesanan, fungsi tersebut tidak dapat digunakan lagi.

Cara Membatalkan Shopee Food

Nah berikut ini cara untuk membatalkan pesanan di shopee food. Pembatalan pesanan juga sering terjadi ketika seseorang berubah pikiran untuk membeli bahan makanan melalui aplikasi online. Jadi bukan hanya order di ShopeeMall.

Lalu bagaimana cara membatalkan pesanan ShopeeFood? Kamu bisa menyimak langkah-langkah pembatalan jika pesanan Shopee Food tidak sesuai, simak infonya berikut ini:

  1. Masuk ke halaman pemesanan makanan.
  2. Klik menu batalkan pesanan di bawah ini.
  3. Pilih alasan pembatalan pesanan.
  4. Klik kembali menu cancel order untuk konfirmasi.
  5. Selesai.

Jika kamu ingin memberikan alasan yang lebih detail, kamu bisa masuk ke menu “Laporkan masalah kamu di sini” pada poin 3. Tulis alasan yang jelas dan jika ingin lebih detail, lampirkan foto. Setelah itu, klik menu cancel order. Selesai deh!

Perlu untuk kamu ingat, jika kamu mengeluh kepada Shopee Food dengan membatalkan pesanan, entah itu karena terlalu lama, kamu perlu memahami etika yang ada. Sampaikan keluhan dengan bahasa yang sopan jangan menghina orang lain.

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee yang Belum Dibayar

Jika kamu tidak bisa membayar pesanan yang salah di aplikasi Shopee, kamu dapat membatalkannya seluruhnya. Lebih mudah lagi karena kamu tidak perlu menunggu refund atau pengembalian dana dari Shopee seolah-olah kamu akan membatalkan pesanan berbayar.

Baik penjual maupun pembeli kamu dapat membatalkan pesanan Shopee yang belum dibayar. Kamu bisa melakukannya melalui website atau aplikasi Shopee, berikut langkah-langkahnya.

Melalui Website Shopee

Alternatifnya, jika kamu terlalu malas untuk menginstal aplikasi Shopee, kamu hanya bisa membatalkan pesanan Shopee melalui website. Tidak perlu repot, kamu tidak perlu menginstal aplikasi apa pun.

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee yang Belum Dibayar

  1. Kunjungi website shopee.co.id menggunakan browser pilihan kamu (diutamakan Google Chrome)
  2. Masuk dengan akun Shopee kamu
  3. Klik menu profil di kanan atas
  4. Klik menu pesanan saya di sebelah kiri
  5. Klik tab menu tidak dibayar
  6. Klik menu detail pesanan dan pilih pesanan untuk dibatalkan
  7. Setelah kamu yakin ingin membatalkannya, klik tombol batalkan pesanan
  8. Klik tombol Ya untuk mengkonfirmasi pertanyaan.

Melalui Aplikasi Shopee

Jika kamu memiliki aplikasi Shopee, caranya jauh lebih mudah karena bisa dilakukan melalui smartphone. Cara ini bisa dilakukan baik oleh penjual maupun pembeli. Baca lebih lanjut dibawah ini:

Oleh Penjual:

  1. Buka aplikasi Shopee
  2. Masuk dengan akun Shopee kamu
  3. Klik menu profil saya
  4. Klik menu toko saya
  5. Klik menu penjualan saya
  6. Klik opsi belum dibayar atau untuk mengirim atau terkirim
  7. Klik pesanan yang ingin kamu batalkan
  8. Pilih alasan penghentian
  9. Klik tombol Konfirmasi

Opsi Pembeli

  1. Buka aplikasi Shopee
  2. Masuk dengan akun Shopee kamu
  3. Klik menu saya
  4. Klik opsi belum dibayar
  5. Klik pesanan yang ingin kamu batalkan
  6. Gulir ke bawah untuk mengklik tombol batalkan pesanan
  7. Klik tombol Ya untuk mengonfirmasi pertanyaan “Apakah kamu yakin ingin membatalkan pesanan ini?”.

Cara Cancel Shopee yang Sudah Dibayar

Jika kamu sudah membayar pesanan menggunakan saldo ShopeePay, kamu masih bisa membatalkan pesanan yang salah.

Namun pembeli harus membatalkannya terlebih dahulu kemudian menunggu konfirmasi penjual sebelum pesanan dapat dibatalkan dan uang dikembalikan. Berikut langkah-langkahnya:

Oleh Pembeli

  1. Buka aplikasi Shopee
  2. Masuk dengan akun Shopee kamu
  3. Buka menu saya
  4. Klik opsi dikemas
  5. Klik pada item yang ingin kamu batalkan
  6. Klik tombol batalkan pesanan
  7. Klik tombol Ya untuk mengonfirmasi pembatalan pesanan

Cara Cancel Shopee Food yang Sudah Dibayar

Oleh Penjual

  1. Buka aplikasi Shopee
  2. Masuk dengan akun Shopee kamu
  3. Masuk ke profil saya
  4. Klik menu toko saya
  5. Buka halaman penjualan saya
  6. Klik item dengan status memerlukan pengiriman yang ingin kamu batalkan
  7. Klik item dan kemudian klik tombol balas
  8. Pilih alasan pembatalan lalu klik tombol Konfirmasi

Seperti dilansir situs Shopee, butuh waktu sekitar 1×24 jam untuk mengembalikan uang tersebut. Itu semua tergantung pada metode pembayaran yang kamu gunakan untuk membayar pesanan. Jadi bersabarlah!

Pembatalan Otomatis Shopee

Selain pembatalan yang bisa kamu lakukan, kamu juga dapat dengan mudah meninggalkan pesanan yang salah hingga pesanan dibatalkan secara otomatis.

Seperti yang kamu ketahui, setelah memeriksa pesanan kamu, kamu memiliki waktu 2×24 jam untuk membayar pesanan. Penjual diberi waktu 1×24 jam untuk memproses pesanan.

Jika dalam jangka waktu tersebut pembeli belum membayar pesanan atau penjual tidak merespon pesanan setelah jangka waktu yang ditentukan, sistem Shopee akan secara otomatis membatalkan pesanan tanpa konfirmasi dari kedua belah pihak.

Jadi jika kamu terlalu malas untuk membatalkan sendiri, kamu juga bisa menunggu batas waktu berakhir agar pesanan yang salah dibatalkan secara otomatis.

FAQ

Dibawah ini sesi tanya jawab yang akan kami berikan informasinya secara singkat dan jelas:

Bagaimana Jika Pesanan Shopee Food Tidak Sampai

Jika kamu belum menerima pesanan kamu tetapi status pesanan telah diselesaikan oleh driver ShopeeFood, silakan hubungi Customer Service ShopeeFood di 1500702.

Berapa Gaji Pengemudi Shopee Food

Gaji rata-rata pengemudi Shopee Food berkisar antara Rp100.000 hingga Rp175.000 per hari. Nilai nominal ini berasal dari pendapatan utama dan insentif. Sementara itu, tidak banyak pengemudi yang berpenghasilan Rp 200.000/hari.

Berapa Gaji Pengemudi Shopee Food

Siapa yang Membayar Diskon Shopee Food?

Promosi diskon menu sepenuhnya ditanggung oleh merchant dan komisi ditentukan berdasarkan harga promosi.

Apakah ShopeeFood Bisa Mendapatkan Gratis Ongkir

Fitur yang sama seperti Gofood dan Grabfood, Shopee Food juga menawarkan banyak promo untuk semua transaksi dalam upaya ini. Mulai dari 40.000 Kupon Makanan Shopee, potongan 100 Kupon Makanan Shopee hingga diskon 60% dan gratis ongkos kirim sepuasnya.

Kesimpulan

Jika pesanan di aplikasi Shopee food kamu salah, kamu dapat membatalkan pesanan di shopee sepenuhnya. Jika kamu seorang penjual maupun pembeli kamu dapat membatalkan pesanan Shopee yang belum dibayar.

Kamu bisa melakukannya dengan 2 cara yaitu melalui website atau aplikasi Shopee. Itulah artikel yang dapat kami sampaikan di atas, semoga informasi yang sudah kami berikan diatas bermanfaat untuk semua orang.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas