Advertisement

Cara Cek Resi Shopee Express Standar, Instant dan Sameday

Rancakmedia.com – Berikut ini pembahasan detail untuk cek resi shopee melalui berbagai ekspedisi shopee express standard, instant dan sameday, jika kamu penasaran bagaimana caranya silahkan baca artikel ini sampai akhir ya.

Jika kamu suka berbelanja online dengan e-commerce Shopee, kamu sudah tahu semua seluk-beluknya. Namun bagi yang baru ingin memulai belanja online, mungkin akan bingung dengan berbagai cara contohnya cara memeriksa pembayaran. Apalagi bagi yang jarang mendengar seperti Shopee Express.

Apa Itu Shopee Express

Salah satu platform belanja online terbesar di Indonesia, Shopee, kini memiliki layanan pengiriman sendiri. Layanan pengirimannya adalah Shopee Express, ekspedisi resmi milik Shopee. Ini adalah opsi ekspedisi yang dapat kamu pilih saat menggunakan Shopee.

Tidak seperti layanan pengiriman lain yang bekerja sama dengan Shopee, Shopee Express sering menawarkan diskon pengiriman yang besar. Hal ini karena tim Shopee menangani sendiri jasa pengirimannya.

Apa Itu Shopee Express

Meski namanya mirip, Shopee Express berbeda dengan Standard Express. Standard Express adalah layanan pengiriman yang digunakan Shopee untuk pembelian dari luar negeri, seperti dari China. Sementara itu, Shopee Express dirancang khusus untuk pengiriman paket domestik.

Jenis-Jenis Shopee Express

Ada berbagai jenis paket pengiriman Shopee Express, yang berbeda sesuai dengan waktu pengiriman yang cepat atau lambat. Paket-paket tersebut adalah Shopee Express Standard, Sameday dan Instant. Besarnya biaya pengiriman juga bervariasi tergantung kecepatan. Jenis-jenis Shopee Express adalah sebagai berikut:

Standard

Shopee Express Standard merupakan paket dengan waktu pengiriman yang sama dengan jasa ekspedisi umum, yaitu dua hingga tujuh hari. Pengiriman tidak terbatas pada wilayah tertentu saja tetapi bisa juga dilakukan di luar pulau. Yang penting lokasi penerimaan masih terjangkau di salah satu agen Shopee Express terdekat.

Sameday

Shopee Express pengiriman langsung di hari yang sama di hari yang sama. Biasanya 6 jam atau lebih sejak kurir menerima paket. Namun, kamu hanya dapat memilih pengiriman ini jika penerima paket tinggal di dekat Jakarta. Biaya pengiriman dengan Shopee Express Sameday jauh lebih tinggi dari biaya standar.

Instant

Instan bahkan lebih cepat. Waktu pengiriman hanya 3 jam sejak kurir menerima paket. Tentu saja harganya juga lebih tinggi dari Shopee Express Sameday. Selain itu, Shopee Express Sameday dan Instant juga dapat ditawarkan cash on delivery atau cash on delivery.

Hemat

Shopee Express hemat merupakan salah satu layanan pengiriman Shopee Ekspress dengan tarif yang lebih murah dibandingkan dengan layanan pengiriman standar atau ekspres.

Jasa pengiriman murah dari Shopee ini juga bisa digunakan untuk pengiriman luar pulau Jawa. Sampai tulisan ini dibuat, wilayah pengiriman yang dicakup oleh Shopee Express Hemat adalah: Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Sumatera Utara

Daerah yang terjangkau adalah kota-kota besar seperti Samarinda, Makassar, Balikpapan, Palembang, Bandar Lampung, Padang, Manado, Medan, Pontianak dan tentunya kota-kota besar di Jawa dan Bali.

Cara Cek Resi Shopee Express

Kamu dapat memverifikasi tanda terima Shopee Express dengan beberapa cara. Kamu dapat memverifikasi tanda terima langsung dengan Shopee, melalui situs web resmi Shopee Express, dan dari situs web khusus untuk memverifikasi tanda terima. Lihat panduan untuk memverifikasi struk Shopee Express di bawah ini.

Melalui Aplikasi Shopee

Jika kamu sudah menginstal aplikasi Shopee, kamu dapat dengan mudah melihat status pengiriman. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke akun Shopee kamu dan klik “Akun Saya”.
  2. Dalam tampilan pesanan saya, tekan opsi “Terkirim” untuk melihat pesanan kamu
  3. Klik pesanan yang ingin kamu tinjau sehingga “Detail Pesanan” ditampilkan
  4. Ada tombol “Lacak” di kolom “Informasi Pengiriman”, klik tombol ini
  5. Kemudian muncul status pengiriman, jika ada update atau ada masalah dengan pengiriman akan langsung tertera di status

Jika kamu belum memiliki aplikasi Shopee dan berbelanja di situs Shopee, langkah yang perlu kamu ikuti pun tidak jauh berbeda. Buka website www.shopee.co.id dan ikuti langkah yang sama seperti di aplikasi, berikut cara cek melalui website resmi shopee.

Melalui Website Resmi

Selain itu, kamu dapat memverifikasi ini dengan membuka situs web resmi Shopee Express. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka browser internet dan buka www.spx.co.id
  2. Masukkan nomor tanda terima kamu di kotak pencarian dan klik opsi “Lacak”.
  3. Progres dan status pengiriman ditampilkan di halaman

Cara Cek Resi Shopee Express

Customer Service Shopee

Selain di aplikasi dan website resmi, kamu juga bisa cek struk Shopee Express melalui layanan pelanggan Shopee lho! Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu lakukan:

  1. Buka aplikasi Shopee.
  2. Klik menu “Saya” di pojok kanan bawah.
  3. Gulir ke bagian bawah layar lalu klik menu Chat with Shopee.
  4. Klik Chat dengan Agen Langsung, pilih Pembeli dan klik Berikutnya.
  5. Pilih Shopee Xpress Instan di bawah, lalu klik Konfirmasi.
  6. Klik Chat dengan Customer Service Shopee lagi.
  7. Tunggu beberapa saat untuk mengobrol langsung dengan agen Shopee. Saat terhubung, beri tahu petugas bahwa kamu ingin memverifikasi struk Shopee Express.
    CS akan segera memproses permintaan kamu.

Media Sosial Shopee

Selain cara di atas, alternatifnya bisa dengan verifikasi struk Shopee Express melalui media sosial Twitter di akun @ShopeeID atau @ShopeeCare. Kamu dapat mengirim pesan langsung atau pesan langsung di media sosial Twitter.

Perwakilan layanan pelanggan akan membalas pesan kamu mengenai nomor label paket yang diperlukan. Begini cara cek struk Shopee Express dengan mudah. Semoga bermanfaat, ya!

Dari Situs Resi Yang Lainnya

Selain website dan aplikasi resmi, kamu juga bisa mengetahui status pengiriman melalui website verifikasi resi tidak resmi. Halaman resi ini biasanya bisa menampilkan lebih dari satu jenis jasa pengiriman, sehingga kamu tidak perlu repot mencari cek resi untuk setiap ekspedisi. Apalagi kalau paketnya banyak.

Perhitungan Ongkos Kirim Shopee Express

Untuk menghitung ongkos kirim, kamu memerlukan timbangan agar dapat mengetahui berat dan dimensi sesuai perhitungan Shopee. Jika perhitungan ongkos kirim melebihi ongkos kirim yang tertera di aplikasi, selisih ongkos kirim akan dibebankan ke penjual.

Sedangkan berat setelah pengepakan atau packing akan dihitung berdasarkan berat akhir setelah penambahan bubble wrap atau pengepakan produk.

Dengan pengiriman yang cukup kompetitif, tidak heran jika Shopee menjadi pilihan para penjual dan pembeli toko online. Untuk mengetahui pengiriman Shopee Xpress 2022, kamu dapat menggunakan biaya pengiriman

Ini adalah perhitungan ongkos kirim Shopee Xpress untuk wilayah Jabodetabek

Layanan Standard

BeratTarif Ongkir
Kurang dari atau sama dengan 3 kgRp 9000 per kg
3-6 kgRp 35.000 (flat)
Diatas 6 kgRp 35.000 (fixed) + Rp 7000 per kg setelah 6 kg

Layanan Same Day

BeratTarif Ongkir
Kurang dari atau sama dengan 3 kgRp 19.000 (flat)
Diatas 3 kgRp 19.000 (fixed) + Rp 6000 per kg setelah 3 kg

Layanan Shopee Instant

Jarak
Tarif Ongkir
Kurang dari atau sama dengan 7kmRp 18.000 (flat)
Lebih dari 7kRp 18.000 (fixed) + Rp 2500 per km setelah 7km

Misalnya, kamu ingin mengirimkan barang menggunakan layanan standar. Barang yang kamu coba kirimkan memiliki berat 9 kg. Jadi 7 kg ditambah 2 kg.

Cara hitungnya berarti ongkos kirimnya Rp 35.000 plus Rp 7.000 x 2 kg.

Ongkos kirim = Rp 35.000 + (Rp 7.000 x 2)

= Rp35.000 + Rp14.000

= Rp 49.000

Hal ini terjadi ketika kamu ingin menghitung pengiriman Shopee Xpress untuk wilayah Jabodetabke secara manual. Namun, ada cara yang lebih mudah, ikuti saja cara di bawah ini.

Cek Ongkir Shopee Express Melalui Aplikasi

Sayangnya, sepengetahuan kami, hanya mungkin untuk memeriksa harga Shopee Xpress melalui Shopee Xpress. Situs web resmi hanya menampilkan cek struk atau tracking struk untuk Shopee Xpress.

Tapi itu tidak masalah, karena yang menggunakan Shopee Xpress biasanya adalah penjual dan pembeli Shopee itu sendiri. Jadi, penjual dan pembeli bisa menggunakan aplikasi untuk cek pengiriman Shopee Xpress.

Perhitungan Ongkos Kirim Shopee Express

Periksa Pengiriman Shopee Ekspres Sebagai Penjual

Sebagai penjual, kamu dapat memeriksa biaya pengiriman dari halaman Tambahkan produk

  1. Buka halaman Tambah Produk
  2. Pada halaman Tambahkan produk, klik Ongkos Kirim
  3. Klik Product Weight dan masukkan berat barang yang dipesan dalam gram
  4. Hati-hati dengan layanan pengiriman yang diaktifkan, pastikan Shopee Xpress diaktifkan
  5. Biaya pengiriman untuk produk ditampilkan

Periksa Pengiriman Ekspres Shopee Sebagai Pembeli

Untuk melihat biaya pengiriman, kunjungi halaman detail produk

  1. Buka halaman Detail Produk
  2. Pilih bagian Informasi Pengiriman
  3. Selain melalui detail produk, kamu juga dapat melihatnya di halaman checkout
  4. Setelah memasukkan informasi pembelian, kamu akan dibawa ke halaman checkout
  5. Ongkos kirim tertera di opsi pengiriman

Potongan Harga Layanan Pengiriman

Sebagai penjual, sudah sewajarnya melayani konsumen dengan sebaik-baiknya. Salah satu pilihan adalah pengiriman gratis. Ini juga merupakan nilai tambah dari produk kamu. Jadi pembeli lebih cenderung memilih untuk membeli dari kamu daripada dari penjual lain.

Jika ada pengiriman gratis, penjual harus membayar biaya pengiriman, bukan? Jangan khawatir, Shopee juga membantu mengatasi biaya pengiriman dengan program cash back Delivery Service.

Pengiriman dengan Shopee Xpress Standard dapat menerima cashback untuk layanan pengiriman setelah menyelesaikan pesanan. Selain Shopee Xpress, ada juga beberapa Ekspedisi lain yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan cashback misalnya: J&T Express, Ninja Express, Sicepat, JNE regular dan Indopaket.

Perbedaan Shopee Express Standard, Sameday, Instant dan Hemat

Pengiriman standar, instan, dan murah Shopee Express pada hari yang sama berbeda dalam pengiriman. Pengiriman standar memiliki waktu pengiriman 1 hingga 3 hari. Sedangkan Shopee pengiriman hari yang sama akan dikirimkan dalam waktu 24 jam.

Hal ini berbeda dengan Shopee Express instan yang dikirimkan dalam waktu maksimal 3 jam setelah pengambilan barang. Hemat memiliki waktu pengiriman 2-14 hari. Untuk berat bawaan maksimal untuk luar Jawa adalah 50 kg.

Sedangkan standar pengiriman di Jawa adalah 200 kg.  Ini berbeda dengan Shopee Express hari yang sama yang memiliki berat maksimum 7kg. Shopee Instant Delivery sendiri memiliki berat pengiriman maksimal 20 kg.

Hemat memiliki berat maksimal 50kg untuk pengiriman dalam dan luar pulau Jawa. Ada juga perbedaan dalam kemasan produk. Kemasan standar Shopee Express memiliki waktu 2 hari. Sementara itu, Shopee Sameday dan Instant memiliki batas waktu pengemasan 1 hari.

Untuk kurir Shopee, hari yang sama, instan dan biaya rendah dengan kurir Shopee Express. Ini berbeda dengan Shopee Express standar, yang bekerja dengan wahana, operator, dan Sicepat Express untuk mengirimkan produk.

Kelebihan dan Kekurangan Shopee Express

Beberapa kelebihan dan kekurangan Shopee Express berikut ini akan menjadi topik utama dalam pembahasan artikel yang akan kami berikan yang tersedia pada link ini, untuk informasi lebih lengkapnya silahkan klik link berikut ya.

Ketentuan Standar Shopee Express untuk Produk yang Dilarang

Shopee memiliki beberapa ketentuan dalam standar pengiriman Shopee Express, seperti:

  1. Makhluk hidup yang diawetkan dalam pengiriman dan penjualan yang dilarang pemerintah.
  2. Uang, surat berharga seperti obligasi, sertifikat, dan benda peledak seperti alkohol.
  3. Disediakan dalam bentuk cair kecuali dikemas dengan benar dan disertai dengan pemberitahuan barang penjual.
  4. Barang-barang yang melanggar hukum nilai moral, seperti film porno atau barang-barang yang dapat mengganggu stabilitas keamanan dan ketertiban yang diawasi oleh pemerintah.

Syarat Penggunaan Shopee Express

Shopee memiliki ketentuan untuk penggunaan Shopee Express Sameday yang memiliki tempat tinggal dengan total area cakupan pesanan maksimum 7 kg. Sedangkan untuk penggunaan Shopee Express hemat, total berat pesanan maksimal 50 kg.

Kelebihan dan Kekurangan

Untuk pemakaian Shopee Express standar, total muatan maksimum adalah 50 kg untuk pengiriman dalam pulau Jawa dan 200 kg untuk pengiriman luar pulau Jawa. Untuk penggunaan Shopee Express instant dengan coverage area dengan total berat pesanan maksimal 20 kg.

Pengiriman hewan dengan Shopee Express hanya ditujukan untuk hewan kecil dan tidak berbahaya yang perdagangannya tidak dilarang oleh hukum yang berlaku.

Selain itu, klaim atas hewan yang hilang atau rusak tidak berlaku untuk sistem pengembalian Shopee. Hal ini dilakukan agar tidak ada perdagangan hewan peliharaan yang melanggar undang-undang pemerintah. Kamu juga bisa menggunakan Shopee Express terdekat untuk pengambilan produk.

Cara Menghubungi Shopee Express

Untuk menghubungi Shopee Express kamu bisa menggunakan sistem live chat yang terhubung dengan tim Shopee Express. Selain itu, Shopee Express dapat dihubungi melalui email, nomor telepon Shopee untuk dapat menghubungi Shopee Express.

Bahkan, Shopee Indonesia juga menawarkan layanan pengiriman ekspres yaitu Shopee Express. Jika kamu memiliki masalah mis. B. pengiriman, kamu dapat menghubungi customer service Shopee Express Indonesia.

Menghubungi kurir Shopee Express juga tidak sulit. Kamu hanya perlu menghubunginya melalui alamat email help@support.shopee.co.id atau hubungi 1500702 dan ikuti langkah-langkah di atas.

Nah, itulah beberapa cara mengajukan komplain ke Shopee Indonesia yang bisa kamu lakukan. Intinya jangan panik sebelum menghubungi nomor resmi Shopee Indonesia. Selanjutnya selain nomor resmi yang disebutkan di atas, kamu harus selalu waspada dan hati-hati dengan nomor yang mengatasnamakan Shopee Indonesia, ya!

FAQ

Berikut ini pertanyaan yang sering kami temukan mengenai pembahasan yang telah kami jelaskna di atas, simak dibawah ini untuk mengetahui jawabnnya ya:

Apa yang Dimaksud dengan Kode SPX

Shopee Express, atau disingkat SPX, adalah layanan pengiriman resmi Shopee. Shopee biasanya menawarkan promosi seperti potongan biaya pengiriman ketika pengguna menggunakan layanan Shopee Express. Selain itu, Shopee Express juga menawarkan pelacakan barang yang dikirim secara online melalui nomor pelacakan.

Pengiriman Kurir Shopee Express Sampai Jam Berapa?

Jadwal operasional mulai pukul 09:00 – 23:00 WIB adapun jadwal penjemputan sebagai berikut. Pengambilan pesanan pada pukul 00.00 – 12.59 WIB akan diambil oleh kurir pada hari yang sama pada pukul 13.00 – 23.00 WIB.

Shopee Express Reguler Pakai Ekspedisi Apa?

Layanan pengiriman Shopee Express reguler sudah bergabung dengan J&T dan SiCEPAT.

Berapa Gaji Kurir Shopee?

Misalnya, jika kurir dapat terus mengirimkan 80 paket per hari bekerja 24 hari per bulan, gaji kurir Shopee per bulan adalah Rp 117.040 x 24 = Rp 2.808.960 per bulan.

Kesimpulan

Shopee Express adalah salah satu platform belanja online terbesar di Indonesia. Ada berbagai jenis paket pengiriman Shopee Express, yang berbeda menurut waktu pengiriman cepat atau lambat.

Jika kamu penasaran dengan cara cek resi, silahkan baca artikel di atas sampai selesai. Demikian artikel yang dapat kami sampaikan semoga informasin yang sudah kami berikan di atas dapat bermanfaat untuk semua kalangan, sekian dan terimakasih.

Back to top button