Advertisement

Apa Itu Google Adwords Pengertian Beserta Manfaatnya

Rancakmedia.com –  Apa yang kamu ketahui tentang apa itu Google Adwords? Jika kamu belum mengetahuinya sebaiknya simak artikel yang telah kami sediakan dibawah ini agar kamu lebih mudah memahaminya.

AdWords adalah layanan yang ditawarkan oleh Google yang memungkinkan penyertaan iklan ke dalam hasil alami mesin pencari. Istilah Google Adwords digunakan untuk menggambarkan tautan bersponsor yang muncul di samping hasil pencarian di Google.

Dengan menggunakan Google Ads, kita dapat membuat iklan yang hanya akan muncul ketika pengguna melakukan pencarian untuk produk atau layanan yang kita sediakan. AdWords telah berganti nama menjadi Google Ads.

pengusaha Internet yang telah meminta fitur-fitur baru-baru ini. Jadi, mari pahami artikel tentang Google Adwords di bawah ini dan cari tahu semua yang perlu diketahui tentangnya.

Pengertian Google Adwords Adalah

Pada zaman digital saat ini, sangat penting bagi setiap pemilik bisnis online untuk memiliki akses ke fitur yang memfasilitasi pengiklanan perusahaannya ke target yang dituju.

Faktanya, Google telah mengembangkan fitur yang disebut Google Adwords khusus untuk mengatasi masalah tersebut.

Pengertian Google Adwords Adalah

Google AdWords adalah fitur untuk beriklan di halaman pencarian Google dengan menggunakan kata kunci tertentu yang terkait dengan bisnis atau usaha kamu.

Tentu saja, fitur ini dipromosikan mampu menyelesaikan banyak masalah yang mengganggu pemilik bisnis internet.

Google Adwords secara resmi berganti nama menjadi Google Ads pada tanggal 24 Juli 2018. Meskipun namanya telah berubah tetapi, fitur-fiturnya dan fungsinya tetap sama.

Keuntungan dalam Menggunakan Google Adwords

Dengan mudah memiliki kesempatan untuk memperluas bisnis kamu ketika kamu memilih untuk memasarkan merek atau produk kamu menggunakan fitur Google Ads.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak perusahaan dan pengusaha yang memindahkan perdagangan mereka secara online.

Menggunakan fungsi Google Ads ini menunjukkan keberanian yang besar, karena menunjukkan bahwa kamu bersedia membawa perusahaan kamu ke era modern pemasaran digital.

Adapun beberapa keuntungan dari memanfaatkan Google AdWords, berikut beberapa di antaranya:

Google Menguasai Pasar Online

Jika kamu memiliki pertanyaan tentang apa pun, mulai dari tempat berbelanja hingga cara menemukan fakta yang paling tidak relevan, Google dapat membantu kamu menemukan jawabannya.

Menurut statcounter.com, Google sekarang memiliki 92,07 persen pangsa pasar global yang mengejutkan untuk mesin pencari. Menurut statcounter, Google telah berhasil mendominasi pasar mesin pencari Indonesia hingga 97,44%.

Google Menguasai Pasar Online

Memang benar bahwa ada mesin pencari lain selain Google, namun, pangsa pasar gabungan mereka hanya 0,93%, dengan Yahoo menerima 0,36% dan Bing mencapai 0,04%.

Dengan sumber daya Google yang luas, masuk akal bahwa mempromosikan perusahaan kamu menggunakan Google Ads akan memberikan hasil yang sangat baik.

Target Pasar Lebih Spesifik

Google Ads memungkinkan kamu untuk menargetkan pembeli ideal kamu secara spesifik. Pasar ini mungkin seluas Sabang sampai Merauke, atau bisa juga difokuskan pada satu kota atau area.

Iklan dapat dibatasi untuk ditampilkan hanya pada gadget tertentu, selain target yang dituju. Semua mata akan tertuju pada Google melalui desktop, notebook, tablet, dan ponsel.

Bagaimanapun, kamu dapat menjadwalkan iklan kamu untuk mulai muncul di semua perangkat ini sekaligus atau memilih dan memilih mana yang akan ditampilkan.

Iklan dapat ditargetkan berdasarkan lokasi, perangkat, dan waktu dalam sehari menggunakan Google Ads. Misalnya, kamu dapat menjadwalkan kapan iklan kamu akan terlihat.

Hal ini sangat membantu saat jam operasi dibatasi. kamu dapat menetapkan jadwal penayangan iklan kamu sendiri di sini, dengan mempertimbangkan hal-hal seperti jam operasi bisnis kamu (misalnya, Senin hingga Jumat, pukul 8 pagi hingga 5 sore).

Memiliki akun Google Adwords dan kemauan untuk memulai perusahaan online dan keinginan kamu untuk menciptakan bisnis internet, adalah kombinasi yang ampuh

Hemat Biaya

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa iklan Google AdWords mungkin agak mahal. Namun sebenarnya, iklan Google AdWords sangat murah, mulai dari 50.000 Rupiah saja.

Bahkan, jika kamu menggunakan pendekatan PPC atau Pay Per Click, kamu mungkin akan mengeluarkan biaya lebih sedikit lagi. Hanya ketika penerima yang kamu tuju mengklik, kamu akan dikenakan biaya.

Manfaat Google AdWords

Semakin banyak kamu belajar tentang Google AdWords, semakin kamu ingin tahu tentang bagaimana hal itu dapat membantu bisnis kamu berkembang.

Iklan adalah metode yang terbukti dapat memperluas pangsa bisnis. Iklan Google AdWords akan digunakan sebagai bagian dari rencana pemasaran. Keuntungan menggunakan iklan Google AdWords diuraikan di bawah ini.

Manfaat Google AdWords

Kemudahan Dalam Menargetkan Iklan

Pengguna Google AdWords memiliki banyak kontrol kreatif atas iklan yang mereka tayangkan. Di mana kamu dapat menargetkan mereka yang sudah tertarik dengan bisnis atau produk kamu. Istilah pencarian yang relevan untuk tujuan ini mencakup perusahaan kamu dalam penawarannya.

Dengan cara ini, jika calon pelanggan mencari apa pun yang terkait dengan bisnis atau produk kamu, itu akan muncul di hasil pencarian.

Selain menggunakan kata kunci, kamu dapat mempersempit audiens kamu berdasarkan wilayah, usia, bahasa, waktu, dan bahkan perangkat yang mereka gunakan untuk mengakses internet.

Traffic Akan Lebih Cepat Naik dan Tertarget

Harga iklan di Google AdWords ditentukan menggunakan model PPC (Pay Per Click). Oleh karena itu, di masa depan, pengunjung situs web kamu akan dikenakan biaya untuk iklan kamu dengan biaya per klik.

Katakanlah anggaran iklan harian kamu adalah Rp 100.000, dan biaya per klik adalah Rp 1.000. Akhirnya, kamu dapat membagi pengeluaran iklan harian kamu dengan jumlah pengunjung yang diharapkan dan sampai pada angka sekitar 100 klik per pengunjung.

kamu dapat menargetkan anggota audiens daripada sekadar kunjungan situs secara acak. Jika dulu kamu harus memasukkan demografi target dan kata kunci secara manual agar bisnis atau produk kamu muncul di hasil pencarian yang relevan, sekarang semuanya dilakukan secara otomatis. Dengan demikian, potensi untuk menarik klien baru ditingkatkan.

Reputasi Website dan Bisnis Akan Meningkat

Strategi optimasi mesin pencari (SEO), di mana kita meningkatkan situs web dengan berfokus pada kata kunci tertentu, juga merupakan hal yang lumrah di ranah pemasaran digital.

Jika kamu khawatir bahwa menggunakan Google Ads akan berdampak negatif pada SEO situs kamu, kamu tidak perlu khawatir. Selain itu, pengoptimalan situs kamu akan mendapatkan keuntungan dari iklan Google, jadi kamu akan menjadi yang terdepan.

Omset Penjualan Meningkat

Google AdWords adalah cara tertentu untuk meningkatkan bisnis perusahaan kamu. Karena pada akhirnya Google akan menampilkan bisnis atau produk kamu dalam hasil pencariannya.

Secara alami, itu akan meningkatkan kemungkinan kamu akan memiliki banyak pengunjung. Tujuan utamanya adalah agar mereka yang datang menjadi klien yang membayar seumur hidup.

Di sini kita akan membahas apa itu Google AdWords dan mengapa memanfaatkan iklan Google adalah ide yang bagus.

Sekarang kita hidup di era digital, pemasaran digital sering dianggap sebagai metode yang paling efisien dan bermanfaat.

Demikian pula, mengiklankan bisnis kamu dan iklannya di Google kemungkinan besar akan memiliki efek yang signifikan pada pertumbuhan bisnis kamu.

Cara Menggunakan Google Adwords

Sekarang setelah kita memiliki pemahaman bersama tentang apa itu Google Adwords dan mengapa itu berguna, kita harus mempelajari seluk beluk pemanfaatan Google Adwords secara efektif. Jadi, berikut ini adalah ikhtisar tentang cara memanfaatkan Google AdWords:

Cara Menggunakan Google Adwords

Buat Akun Google

Sebenarnya, kamu dapat menggunakan akun Google kamu sendiri untuk mengakses Google Ads. kamu dapat membuka akun Google terpisah untuk kebutuhan Google Ads kamu jika kamu tidak ingin dibanjiri email.

Pilih Goal

Setelah kamu masuk, kamu akan disambut dengan perintah untuk memilih target untuk iklan kamu. Akan ada tiga opsi untuk tindakan yang dapat diambil dalam sasaran, melakukan panggilan telepon, mengunjungi bisnis kamu secara fisik, dan melakukan aktivitas tertentu di situs web kamu.

Jika kamu ingin membaca ketiga sasaran tersebut terlebih dahulu, kamu dapat melakukannya dengan memilih teks “pock aim” di sudut kanan halaman.

Pilih Target Lokasi

Di sini, kamu dapat menyesuaikan target dengan kebutuhan kamu sendiri. Kamu dapat memodifikasi target pencarian kamu. Salah satu efek positif menggunakan Google Ads adalah ini.

Pilih Kategori Bisnis

Langkah selanjutnya adalah mengklasifikasikan produk atau layanan kamu ke dalam bisnis yang sesuai. Identifikasi jenis bisnis kamu jika kamu berada di industri bisnis dan bisnis atau kuliner.

Hal ini dilakukan agar pasar dan target yang tepat dapat dipilih di kemudian hari. Jangan membuat keputusan yang tergesa-gesa tentang jenis bisnis apa yang akan dimulai, karena hal ini akan memiliki konsekuensi yang luas.

Membuat Copy Iklan

kamu akan memerlukan kemampuan copywriting yang kuat untuk memanfaatkan halaman ini sebaik-baiknya. Karena kata-kata iklan sangat penting untuk keberhasilan setiap kampanye Google AdWords.

Google juga memiliki batasan pada jumlah karakter yang dapat kamu gunakan dalam teks iklan kamu. Iklan Google memiliki batasan 30 kata untuk judul.

Google membatasi iklan tidak lebih dari 80 kata dalam konten. Akibatnya, kamu perlu berhati-hati saat menulis iklan. Volume lalu lintas yang ditargetkan diharapkan tumbuh dengan cepat.

Harga iklan di Google AdWords ditentukan menggunakan model PPC (Pay Per Click). Oleh karena itu, di masa depan, pengunjung situs web kamu akan dikenakan biaya untuk iklan kamu dengan biaya per klik.

Katakanlah anggaran iklan harian kamu adalah Rp 100.000, dan biaya per klik adalah Rp 1.000. Akhirnya, kamu dapat membagi pengeluaran iklan harian kamu dengan jumlah pengunjung yang diharapkan dan sampai pada angka sekitar 100 klik per pengunjung.

kamu dapat menargetkan anggota audiens daripada sekadar kunjungan situs secara acak. Jika dulu kamu harus memasukkan demografi target dan kata kunci secara manual agar bisnis atau produk kamu muncul di hasil pencarian yang relevan, sekarang semuanya dilakukan secara otomatis. Dengan demikian, potensi untuk menarik klien baru ditingkatkan.

Memasukan Foto

Pilih gambar logo perusahaan kamu namun, hal itu sepenuhnya hanya opsional.

Dapatkan Penawaran Harga

Google Adwords memungkinkan kamu memilih harga per klik, tayangan, atau konversi sesuai kebijaksanaan kamu sendiri.

Kemampuan Google untuk menyiapkan sistem PPC, atau Pay Per Click, berarti kamu dapat berhenti menekankan tentang berapa banyak uang yang akan kamu keluarkan untuk iklan.

Hanya ketika orang benar-benar berinteraksi dengan iklan kamu, kamu harus membayar tunai. Penggunaan teknik ini dikatakan menghasilkan penghematan finansial yang lebih besar.

Terserah kamu berapa banyak yang ingin kamu belanjakan untuk iklan. Bagaimanapun, jika ini adalah pertama kalinya kamu bekerja dengan Google Ads, analisis efektivitas biaya harus diutamakan.

Memilih Pendekatan Pembayaran

Pilih metode pembayaran sebagai langkah terakhir. Pembayaran yang dilakukan melalui Google Ads dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk transfer bank dan pembelian kartu kredit. Transfer bank adalah alternatif kartu kredit untuk membayar Google Ads.

FAQ

Beberapa pertanyaan dan jawaban mengenai apa itu google adwards, sebagai berikut:

Jelaskan Apa Perbedaan antara Google Adwords dengan Google Adsense?

Perbedaanya adalah pemasaran iklan menggunakan Google Ads, sedangkan penerbit menggunakan Google AdSense. Dengan Google Ads, kamu dapat mempromosikan bisnis kamu di jaringan iklan Google (termasuk situs mesin pencari seperti AOL dan Ask.com).

Apa Keuntungan Menggunakan Google Adwords?

Keuntungan dalam menggunakan Google Adwords tidak hanya dapat membantu kamu mengumpulkan informasi pelanggan yang berharga, tetapi juga dapat meningkatkan visibilitas dan pengenalan produk. Kesadaran merek, yang mengacu pada seberapa terkenalnya produk kamu bagi calon pembeli, meningkat ketika orang lebih sering melihat situs web kamu di bagian atas hasil penelusuran mereka.

Kesimpulan

Google AdWords adalah fitur untuk beriklan di halaman pencarian Google dengan menggunakan kata kunci tertentu yang terkait dengan bisnis atau usaha kamu.

Demikian informasi tentang apa itu google adwords, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas