Advertisement

2 Cara Cek Penghasilan TikTok Terbaru

Rancakmedia.com – Untuk cek penghasilan TikTok bisa dilakukan dua cara mudah yaitu melalui website TikTok atau langsung dari aplikasi, jika ingin tahu detailnya silahkan simak dalam artikel berikut ini.

Sebagai salah satu media sosial yang telah diunduh dan digunakan oleh lebih dari 100 juta pengguna, TikTok juga menawarkan fitur monetisasi untuk mencairkan penghasilan kamu.

Tidak bisa dipungkiri fitur monetisasi kini sudah merambah berbagai jenis media sosial, termasuk TikTok. Menurut Muhammad Fitri Rahmadana dalam buku Ekonomi Digital, monetisasi merupakan bentuk serapan dari kata “money” yang berarti uang dan frase “isasi” yang artinya proses.

Blog ataupun media sosial pada mulanya hanya digunakan sebagai media berekspresi atau untuk membagikan aktivitas sehari-hari. Dengan munculnya cara monetisasi, konten yang dibuat juga bertujuan untuk menghasilkan uang. Hal yang sama berlaku untuk aplikasi TikTok.

Menurut Raymond Wayne dalam buku “TikTok Marketing Profits” TikTok saat ini bisa menjadi media kreatif dan juga memberikan peluang makanan melalui fitur TikTok Creator Fund.

Kemudian juga TikTok bisa menghasilkan pendapatan melalui siaran langsung. Pengguna menerima sumbangan dari pemirsa selama siaran langsung. Tak heran jika sekarang banyak pengguna yang ingin memperoleh penghasilan tambahan melalui aplikasi TikTok ini.

Apa Itu TikTok Coin?

Jika kamu ingin mengenal lebih luas tentang koin TikTok, kamu bisa membaca informasi yang akan kami jelaskan disini. Berdasarkan informasi dari aplikasi, ada beberapa hal tentang saldo TikTok yang harus kamu ketahui, berikut detailnya

Apa Itu TikTok Coin

Saldo koin di dompet TikTok kamu bisa berasal dari pembelian atau pemberian koin dari pengguna lain.
Kamu bisa menggunakan balance koin tiktok untuk membuat gift virtual dan nantinya bisa kamu berikan kepada host ketika sedang siaran langsung atau LIVE.

Kamu bisa membuka halaman Saldo dan memilih paket koin yang ingin kamu beli jika kamu ingin mengisi koin tiktok. Opsi kedua bisa kamu lakukan selama sesi LIVE dengan mengklik ikon hadiah di sana dan memilih opsi “Beli Koin”.

Jika kamu kesulitan mengisi kembali saldo koin TikTok kamu, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Pertama, pastikan koneksi internet yang kamu gunakan stabil jika kamu memutuskan untuk menggunakan layanan pembelian koin. Kedua, pastikan metode pembayaran yang terkait dengan akun App Store atau Google Play kamu valid dan bisa digunakan dengan baik.

Jadi bagaimana cara memeriksa pendapatan TikTok? Berikut adalah deskripsi lengkapnya.

Cara Memeriksa Penghasilan TikTok di Aplikasi

Cara pertama yang bisa dipraktikkan untuk mengecek jumlah penghasilan akun TikTok adalah aplikasinya sendiri, berikut enam langkah sederhana untuk mengeceknya:

  1. Buka aplikasi TikTok di ponsel kamu.
  2. Klik pada ikon profil akun.
  3. Kemudian klik ikon tiga titik.
  4. Lanjutkan dengan mengklik Alat Pembuat Konten.
  5. Setelah itu, ketuk “TikTok creator fund”.
  6. Selesai, jumlah penghasilan kamu dari TikTok akan ditampilkan kepada kamu.

Cara Memeriksa Penghasilan TikTok di Situs Web

Selain dari aplikasi TikTok, kamu juga bisa melihat penghasilan kamu melalui situs web Likigram. Cara mengetahui penghasilan melalui website ini antara lain:

  1. Buka situs Likigram
  2. Selanjutnya, masukkan nama pengguna akun TikTok kamu di tempat yang disediakan.
  3. Lanjutkan dengan menekan Enter.
  4. Tunggu beberapa saat untuk melihat informasi tentang jumlah penghasilan, jumlah pengikut dan jumlah posting video.
  5. Selesai.

Apa Itu TikTok creator fund

Creator Fund adalah program untuk memberikan dana TikTok kepada tiktokers yang diluncurkan pada bulan Agustus tahun 2020 untuk memberikan dukungan finansial kepada para pengguna aplikasi TikTok.

Jika kamu sudah bergabung di aplikasi TikTok kemudian kamu menghasilkan uang dari setiap penayangan video TikTok kamu. Kemudian apa saja syarat dan kriteria kelayakan akun TikTok untuk mengikuti program Creator Fund? silahkan simak informasinya dibawah ini.

Cara Bergabung dengan TikTok Creator Fund

Ada beberapa syarat yang perlu diperhatikan agar kamu terpilih menjadi TikTok Creator Fund dan memperoleh penghasilan dari TikTok. Mengutip laman resmi TikTok, berikut caranya:

Cara Bergabung dengan TikTok Creator Fund

Syarat dan Ketentuan Fitur TikTok Creator Fund

Saat kamu membuka halaman tiktok, untuk menjadikan akun TikTok kamu sebagai ladang penghasilan tambahan melalui TikTok creator fund, kamu harus memenuhi persyaratan berikut:

    1. Usia minimal 18 tahun.
    2. Miliki setidaknya 10.000 pengikut dan jadilah pengikut sejati (tanpa bot dan yang lainnya).
    3. Mengumpulkan setidaknya 100.000 penayangan video dalam 30 hari terakhir.
    4. Konten video asli dan sesuai dengan pedoman komunitas TikTok.
    5. Berada di area di mana fitur TikTok creator fund diberlakukan, TikTok creator fund hanya berlaku di AS, Inggris, Jerman, Italia, Prancis, dan Spanyol.

Jika kamu ingin menghasilkan uang di TikTok dan kamu masih belum memenuhi persyaratan yang terakhir, masih ada beberapa langkah yang bisa kamu ambil.

Misalnya, kemitraan dengan merek dan mengiklankan produknya di TikTok atau menjual produknya sendiri melalui TikTok Shop. Kamu juga menghasilkan uang di TikTok Live saat penonton membagikan diamond, nantinya diamond yang terkumpul bisa ditukarkan dalam bentuk uang.

Manfaat TikTok Creator Fund

Seperti halnya fitur media sosial baru, ada banyak kelebihan dan kekurangan tentang TikTok creator fund. Dari kekhawatiran hingga manfaat yang mengejutkan, mari kita ketahui manfaat fitur tersebut terlebih dahulu:

Uang

Jadi mendapatkan uang dari TikTok merupakan keunggulan yang pasti. Walaupun jumlahnya sedikit, uang adalah penghasilan yang ada dan bisa memotivasi kamu untuk terus mengunggah video terbaik.

Uang yang Tidak Terbatas

Hal keren lainnya tentang creators fund adalah, TikTok ini tidak membatasi berapa banyak uang yang bisa dihasilkan oleh penggunanya. Jadi, jika kamu benar-benar menguasai platform dan masuk ke zona tampilan multiguna atau bermanfaat, kamu secara teoritis bisa mulai mengumpulkan uang yang banyak secara konsisten.

Teman dan Circle

Dana Kreator juga merupakan cara yang bagus untuk membangun komunitas dan memisahkan pengguna yang telah menunjukkan dedikasi mereka pada platform. Dari sudut pandang TikTok, ini juga cara yang bagus untuk mempertahankan pengguna berperforma tinggi seperti YouTube atau Instagram.

Kekurangan TikTok Creator Fund

Mari kita cari tahu apa kekurangan dari tiktok creator fund ini:

Konspirasi

Beberapa pengguna mengklaim bahwa tampilan mereka telah dipangkas (dengan algoritme?) sejak mereka mendaftar ke Dana Kreator. TikTok membantah teori ini, dengan menyatakan bahwa kepemilikannya dalam dana tersebut tidak ada hubungannya dengan algoritma.

Yang lain berpikir jumlah penayangan mungkin tampak lebih rendah karena lebih banyak penerima temuan membanjiri umpan.

Membuat Bingung

Meskipun mereka layak dengan analisis umum, TikTok sangat tertutup tentang bagaimana mereka menghitung pembayaran. Aturan 2-4 sen didasarkan pada desas-desus pengguna, seperti yang lainnya dari dana tersebut.

Faktanya, perjanjian pengguna menyatakan bahwa metrik pelaporan dan informasi pribadi lainnya tentang dana harus dirahasiakan.

Perjanjian

Rumor mengatakan bahwa potensi kerugian terbesar dari Dana Kreator adalah fakta sederhana bahwa untuk menghasilkan uang dari aplikasi ini, kamu perlu membuat banyak konten dan menjalankannya dengan sangat baik.

Bagi sebagian orang, itu mungkin membuat TikTok terasa lebih seperti pekerjaan daripada hobi yang menyenangkan.

Bisakah Saldo TikTok Cair?

Berdasarkan informasi dari FAQ Saldo TikTok, kamu bisa mencairkan Berlian TikTok yang kamu miliki di akun kamu. Caranya cukup sederhana, cukup klik menu Cash Out, setujui kebijakan penyedia aplikasi lalu login ke akun PayPal kamu.

Bisakah Saldo TikTok Cair

Setelah itu, masukkan jumlah yang ingin kamu tarik dan tunggu tim TikTok menyelesaikan proses verifikasi dan pembayaran akan segera diproses. Ternyata, perkembangan TikTok dengan koin TikTok ini cukup unik.

Tentu saja, insentif sosial secara bertahap akan beralih ke insentif keuangan yang lebih universal. Bagaimana menurut kamu, apakah ini hal yang positif atau akan mengarah pada hal yang negatif terkait penggunaan aplikasi TikTok yang kini digunakan oleh hampir seluruh anak muda di Indonesia?

FAQ

Berikut ini beberapa pertanyaan yang sudah kami kumpulkan yang kami temukan di media sosial, simak informasinya dibawah ini ya.

Syarat untuk Bisa Menghasilkan Uang dari TikTOK

Prasyaratnya kamu sudah memiliki lebih dari 1.000 pengikut dan sudah bisa memperoleh uang dari konten Tiktok yang telah memenuhi persyaratannya. Lalu pengikut bisa membeli koin yang ada di kamu secara langsung. Kamu, sebagai pembuat konten TikTok, menerima donasi atau koin yang bisa kamu tukarkan dengan uang asli.

Bisakah Video TikTok Berubah Menjadi Uang

Tentu saja bisa, siapa pun bisa menghasilkan uang jika ingin menggunakan aplikasi tersebut. Monetisasi TikTok sendiri memungkinkan pengguna menghasilkan uang dari aplikasi.

Manfaat Centang Biru di TikTok?

Kehadiran centang biru di TikTok sebenarnya memiliki fungsi yang sama seperti penggunaannya di media sosial lainnya. Ini berfungsi sebagai penanda jika akun tersebut asli dari pemilik yang bersangkutan dan telah diverifikasi oleh TikTok.

Manfaat Centang Biru di TikTok

Kesimpulan

Memeriksa penghasilan TikTok bisa dilakukan dengan mudah dari situs web TikTok atau langsung dari aplikasi. Cara memeriksa penghasilan akun TikTok kamu melalui aplikasi, dan website telah kami jelaskan di atas.

Oleh karena itu jangan lewatkan setiap barisnya agar kamu tidak ketinggalan informasi penting yang sudah kami sediakan, demikian artikel yang telah kami tulis di atas, jangan lupa untuk terus baca informasi terbaru yang kami berikan disini.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas