Advertisement

Cara Kerja Shopee PayLater untuk Pengguna Baru

Rancakmedia.com – Apakah kamu sudah mengetahu apa itu Shopee Paylater dan cara kerja nya? jika belum tahu dan kamu sedang mencari tahu maka kamu sudah ada di tempat yang benar, karena kami akan mebahas hal tersebut, ikuti terus informasinya disini ya.

Salah satu cara untuk melakukan cicilan di Shopee selain menggunakan kartu kredit adalah dengan membayar dengan Shopee PayLater. Metode pembayaran cicilan resmi Shopee menjadi pilihan bagi kamu yang ingin menyimpan barang di Shopee karena kredit untuk pembelian mungkin terbatas.

Jika kamu ingin menggunakan fitur Shopee PayLater ini nanti, kamu harus tahu dulu bagaimana cara kerja Shopee Paylater dalam artikel ini.

Jangan merasa tertipu ketika kamu harus membayar cicilan di shopee ditambah denda yang harus kamu tanggung untuk membayar tagihan berikutnya dari shopee. Jika nanti kamu baca syarat dan ketentuan yang berlaku di shopee pay, berarti kamu juga jadi orang pintar sebelum bertindak ya.

Beginilah Cara Kerja Shopee PayLater

Beberapa hal yang harus kamu ketahui terkait pembayaran pasca shopeepay adalah sebagai berikut:

Apakah Penjual Tahu Jika Menggunakan Shopee PayLater

Tidak Semua Pelanggan Shopee Bisa Menggunakan Shopeepay

Cara kerja shopee paylater yang pertama adalah, tidak semua pengguna shopee mendapatkan menu shopee pay later. Biasanya yang sering bertransaksi di shopee bisa memanfaatkan layanan ini.

Shopee PayLater hanya Ada di Aplikasi Shopee

Sebelum dapat menggunakan pembayaran dengan shopeepaylater, kamu harus mengaktifkan fungsi ini terlebih dahulu.

Nah, fitur Shopeepaylater ini hanya bisa diaktifkan melalui aplikasi Shopee. Tidak dapat melalui situs web resmi Shopee atau login web Shopee.

Verifikasi Identitas untuk Aktifkan Shopee PayLater

Jika nantinya kamu mengaktifkan shopeepay, kamu perlu menyiapkan EKTP kamu. Ini diperlukan untuk mengaktifkan shopeepaylater.

Setelah identitas kamu terverifikasi, shopeepay kamu nantinya aktif dan kamu akan mendapatkan credit limit dari shopee paylater.

Limit Shopee PayLater 750.000 dan Bisa ditingkatkan

Setelah shopee paylater aktif, kamu akan langsung mendapatkan limit kredit sebesar 750.000. Nah, jika kamu sering bertransaksi dan reputasi kamu baik, kamu dapat meningkatkan batas kredit kamu di shopeepaylater. Jadi jangan pernah membayar terlalu terlambat agar reputasi kamu baik.

Bunga dan biaya Pemrosesan

Jika kamu mengkredit shopee dan membayar sebelum tanggal 5 bulan berikutnya, maka tidak akan dikenakan bunga. Namun, masih ada biaya pemrosesan sebesar 1% dari nilai transaksi.

Informasi terbaru, dipungt bunga 2,95% juga. Jika kamu menggunakan cicilan 2 atau 3 bulanan sementara itu, kamu akan dikenakan bunga 2,95%. Tagihan muncul tanggal 25, 1 dan 5

Setiap tanggal 25, 1 dan 5 ada tagihan yang harus kamu bayar. Itu tergantung pada yang mana yang kamu pilih untuk kedaluwarsa. Faktur ini harus dibayar sebelum jatuh tempo. Atau paling lambat tanggal 5.

Keterlambatan Pembayaran dikenakan Denda 5%

Sama seperti Traveloka Paylater, Gojek Paylater, Ovo Paylater dan Paylater lainnya, keterlambatan pembayaran akan dikenakan denda. Jika kamu tidak ingin menambah biaya, silakan bayar tepat waktu.

Keterlambatan Pembayaran dikenakan Denda

Pengembalian Dana dikembalikan ke Shopee PayLater

Jika pesanan yang kamu bayarkan dengan shopeepaylater dibatalkan, uang akan dikembalikan dalam bentuk limit kredit shopeepaylater kamu bukan lewat shopeepay. Oleh karena itu, pengembalian dana Shopeepaylater tidak dalam bentuk uang tunai atau transfer bank.

Cara Menggunakan Shopee Paylater untuk Pengguna Baru

Bagi kamu yang ingin menggunakan Spaylater terlebih dahulu, kurang lebih langkah-langkahnya.

Daftarkan Shopee Paylater untuk Dapat Limit

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mendaftarkan Spaylater melalui aplikasi Shopee.

  1. Buka menu kami > lalu klik Spaylater.
  2. Isi data dengan lengkap dan lanjutkan proses pendaftaran hingga selesai.
  3. Setelah aplikasi kamu disetujui dan aktif, kamu dapat menggunakan batas kredit yang tersedia untuk kamu.

Gunakan Shopee Paylater untuk Bayar Barang

  1. Pilih item yang ingin kamu beli.
  2. Masuk keranjang belanja.
  3. Periksa pesanan.
  4. Masukkan alamat, metode pengiriman dan yang terpenting metode pembayaran menggunakan SPAylater.
  5. Tentukan jangka waktu cicilan, apakah mau 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan atau 12 bulan.
  6. Jika ya, silakan lakukan pemesanan.
  7. Tunggu paket dikirim ke alamat kamu.

Paket diterima dan Invoice Muncul

  1. Pesanan akan dikirim ke alamat kamu.
  2. Setelah menyelesaikan pesanan, kamu kemudian akan menerima faktur.
  3. Faktur akan muncul 10 hari sebelum tanggal jatuh tempo yang kamu pilih.

Bayar SPayLater Sebelum Jatuh Tempo

  1. Silakan bayar cicilan sebelum jatuh tempo.
  2. Atau saat jatuh tempo.
  3. Tujuannya agar tidak dikenakan denda dan sanksi lainnya.
  4. Nah, itulah kurang lebih panduan singkat cara menggunakan Spaylater untuk pemula.

Cara Kerja Shopee Paylater untuk Penjual

Untuk penjual tidak ada perbedaan. Apakah pembeli ingin membayar dengan Spaylater, Cash on Delivery, Shopeepay, Transfer Bank, Indomaret, Alfamart, Kartu Kredit dll?

Cara Kerja Shopee Paylater untuk Penjual

  1. Tidak mempengaruhi waktu pembayaran dana.
  2. Semua sama.
  3. Penjual menerima uang ketika pesanan selesai.
  4. Salah satu tanda bahwa pesanan telah selesai adalah pembeli mengklik tombol “Konfirmasi Pesanan”.
  5. Setelah itu, uang masuk ke rekening penjual.
  6. Tepat kemudian akan dibayarkan dari saldo penjual ke rekening bank.
  7. Atau transfer ke shopeepay.

Shopee Paylater Saat Tidak digunakan

Saat kamu mengajukan dana Spaylater, kamu akan diberikan batasan. Misalnya limit yang kamu dapatkan adalah 15 juta. Limit ini belum dihitung sebagai utang, jadi kamu tidak perlu mencicil setiap bulannya.

Limit ini hanya max cap, limit tertinggi yang bisa kamu gunakan untuk berbelanja di shopee. Hanya jika kamu menggunakan 1 juta untuk berbelanja, misalnya, adalah 1 juta plus bunga dan biaya apa yang harus kamu bayar.

Bukan 15 juta, jadi jika kamu tidak pernah menggunakan Shopee Paylater, tidak akan ada tagihan cicilan. Jadi pastikan hal ini ya.

Apakah Shopee Paylater Aman?

Demi keamanan, jangan pernah memberikan kode OTP kepada pihak ketiga atau ke orang lain. Dalam banyak kasus, orang asing mengirim pesan melalui WA atau SMS atau hubungi kamu melalui telephon.

Kemudian menawarkan kamu hadiah dari shopee mengaku sebagai karyawan Shopee syaratnya kamu harus memberikan kode OTP dll. Jangan pernah memberikan kode OTP, kata sandi, dll. Karena digunakan oleh orang tersebut untuk berhutang pada shopee paylater.

Maka kamu harus membayar di akhir meskipun kamu tidak menerima uang. Sudah banyak kasus penipuan yang mengatasnamakan Shopee seperti ini, jadi jaga keamanan akun kamu sendiri.

FAQ

Dibawah ini merupakan beberapa pertanyaan perihal Shopee Paylater yang mungkin kamu masih bingung, simak pada artikel berikut ini untuk mengetahui informasinya:

Bagaimana Jika SPayLater Tidak Cukup untuk Bayar?

Jika batas SPayLater kamu saat checkout kurang dari jumlah total pembayaran, kamu dapat membayar sebagian dengan SPayLater dan sisanya dengan metode pembayaran lain.

Apakah Shopee Paylater Aman

Perbedaan ShopeePay dan Shopeepaylater?

Perbedaan lain antara ShopeePay dan Shopee Paylater adalah ShopeePay adalah uang elektronik yang kami miliki sedangkan Shopee Paylater adalah fasilitas kredit yang disediakan Shopee kepada penggunanya yang memenuhi persyaratan yang dijelaskan di atas.

Apakah Penjual Tahu Jika Kita Menggunakan Shopee PayLater?

Tidak, shopee akan memberikan informasi secara lengkap dan penjual tidak akan mengetahui pesanan tersebut dibayar menggunakan shopeepaylater dan akan memprosesnya seperti biasa.

 

Kesimpulan

Dapat kami simpulkan bahwa shopee paylater ini merupakan metode beli sekarang atau bayar nanti yang diberikan Shopee kepada pelanggannya. Jatuh tempo untuk melakukan pembayrannya tanggal 25, 1 dan 5 setiap bulannya.

Demikian informasi yang dapat kami berikan di atas, jangan lupa untuk selalu dukung kami dengan cara membaca informasi yang sudah tersedia di website kami, karena kami akan memberikan informasi ter update yang bermanfaat untuk kamu.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas