Advertisement

14 Kelebihan dan Kekurangan Internet Explorer

Rancakmedia.com – Jika kamu ingin mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari internet explorer yang perlu kamu ketahui, simak informasinya dan baca artikel ini sampai habis ya.

Sebelum kami bahas mengenai kelemahan serta kekurangan internet explorer mari kita ketahui lebih luas tentang internet explorer dibawah ini.

Mengenal Apa Itu Internet Explorer

Definisi internet explorer merupakan satu broses situs web yang bisa kamu gunakan untuk tempat mengelilingi dunia digital, internet explorer ini bisa kamu dapatkan secara gratis dan jadi web browser bawaan dalam sistem operasi windows.

Mengenal Apa Itu Internet Explorer

Internet explorer di ciptakan dan dikembankan oleh perusahaan microsoft corporation sampai pada masa ini bisa dikatakan salah satu situs web browser paling lama dari pada lainnya.

Setelah perilisan selama empat tahun, presentase semua pengguna web browser ini mencapai angka 95% akan tetapi saat ini para pengguna internet explorer semakin berkurang karena semakin banyak web browser baru yang bermunculan.

Sejarah Internet Explorer

Microsoft Corporation berhasil mempopulerkan Internet Explorer dan terus berkembang hingga saat ini. Jumlah penggunanya sangat fantastis pada zamannya, mencapai 95%.

Internet Explorer dikembangkan dari browser web Mosaic Spyglass. Dengan melisensikan Mosaic, Microsoft akhirnya berhasil membuat web browser bernama Internet Explorer.

Pertamanya, Microsoft melihat pangsa pasar yang sangat besar di browser web. Selain itu, kurangnya browser web pada abad ke-19 mendorong Microsoft untuk mengambil inisiatif dalam mengembangkan Internet Explorer.

Microsoft tidak ingin menghabiskan waktunya menulis kode sumber untuk browser webnya dari awal. Itu sebabnya Microsoft bertemu Spyglass dan membeli lisensi Mosaic. Namun Microsoft tetap memodifikasi kode sumber di dalamnya dan menciptakan Internet Explorer.

Perkembangan Setiap Versi Baru Internet Explorer

Internet explorer merupakan salah satu web browser tertua sudah mengalami berbagai kemajuan di setiap versinya. Perkembangan masing-masing versi Internet Explorer dijelaskan di bawah ini:

Versi 1.0 Tahun 1995

Versi 1.0 Internet Explorer berhasil dirilis tepat ketika Microsoft menemukan Spyglass dan membeli lisensi Mosaic. Dengan memodifikasi kode sumber, browser web ini dibuat dan menjadi satu paket dalam sistem operasi Microsoft Plus.

Versi 2.0 dan 3.0 Tahun 1996

Internet Explorer versi 2.0 menambahkan dukungan untuk SSL, cookie HTTP, dan mendukung tabel HTML. Sementara itu, Internet Explorer versi 3.0 adalah browser web pertama yang menggunakan CSS.

Versi 4.0 Tahun 1997

Dalam versi ini, Internet Explorer mengalami banyak tragedi seperti litigasi antara Microsoft dan Amerika Serikat dan perang browser web pertama. Karakteristik yang dikembangkan pada versi ini adalah Dynamic HTML dan Favicon.

Versi 5.0 Tahun 1999

Internet Explorer menerima banyak perkembangan dan fungsi baru dalam versi ini. Evolusi ini menjadikannya fitur utama di Internet Explorer seperti Search Bar, Favorites, AutoComplete, Integaris, dan Hotmail.

Versi 6.0 Tahun 2001

Internet Explorer pada versi ini memiliki jangka waktu yang cukup lama, sekitar lima tahun, untuk melakukan update ke versi selanjutnya. Karena lamanya versi pemutakhiran, masalah keamanan serius muncul di Internet Explorer.

Versi 7.0 Tahun 2006

Perkembangan panjang dari versi sebelumnya mendorong Microsoft untuk menambahkan banyak fitur baru. Contohnya multi-tab, zoom halaman, integrasi kotak pencarian, dan dukungan CSS, DOM, dan HTML yang ditingkatkan.

Versi 8.0 Tahun 2009

Versi ini, Internet Explorer dapat lulus tes Acid2 dan mendapatkan skor yang baik. Microsoft menjelaskan bahwa dalam versi ini, Internet Explorer mengimprovisasi dukungan RSS, CSS dan Ajax.

Versi 9.0 dan 10.0 Tahun 2011

Internet Explorer versi 9.0 kembali lolos uji Acid2, kali ini mendapatkan nilai fantastis yaitu 95 dari 100. Hal ini berkat penambahan dukungan Javascript, video HTML dan audio.

Di versi 10.0, Internet Explorer menerima banyak update. Seperti dukungan tata letak grid CSS3, tata letak kotak fleksibel, tata letak multi-kolom, gradien warna, dan akselerasi perangkat keras.

Versi 11.0 Tahun 2013

Microsoft mendesain ulang browser webnya dengan dukungan WebGL dan ditingkatkan untuk layar DPI tinggi. Dan dalam versi ini kamu akan mendapatkan pembaruan seperti dukungan API Orientation, CSS Flexbox dll.

Fitur yang Ada di Internet Explorer

Dibawah ini merupaka fitur-fitur yang berdampak besar terhadap penggunanya antara lain sebagai berikut:

Fitur yang Ada di Internet Explorer

  1. Mendukung WebGL, ini memungkinkan untuk desain grafis dalam melakukan rendering gambar 3D langsung didalam web browser.
  2. Mendukung video HTML5, kamu bisa menonton dengan menyesuaikan bandwith dari jaringan yang sedang terhubung.
  3. Bisa membuka sebanyak100 tab sekaligus, tentunya ini sangat bermanfaat untuk kita menulusuri informasi tanpa harus menutup situsnya.
  4. InPrivateBrowsing, pernggunanya sudah mendapatkan keamanan ketika menyimpan data berupa username dan password. Selain itu, kamu bisa menghapus jejak dari situs yang sudah pernah kamu kunjungi.
  5. InPrivateFiltering, kamu juga bisa memblokir konten dari pihak ketiga. Hal tersebut akan meningkatkan kenyaman para penggunanya saat menggunakan web browser yang satu ini.
  6. WebSlices, ketika kamu melakukan subscribe, maka alamat situs yang kita kunjungi akan terlihat pada Favourites bar.
  7. Tab Grouping, fitur yang satu ini membuat penggunanya bisa mengelompokkan tab yang beritanya nya saling terikat.
  8. Automatic Crash Recovery, fitur ini bisa meminimalisir hilangnya data pengguna saat terjadi crash di Internet Explorer. Kamu akan bisa memulihkan kembali tab atau situs yang sedang kamu kunjungi saat terjadi error.

Nah itulah artikel yang bisa kami sampaikan mengenai internet explorer, kini saatnya kami bahas kedalam inti yang sesuai dengan judul yaitu kelebihan dan kekurangan dari internet explorer, simak berikut ini:

Berikut Kelebihan dan Kekurangan Internet Explorer

Untuk mengetahu apa saja kekuatan dan kelemahannya baca terus informasi dibawah ini ya:

Berbagai Kelebihan Internet Explorer

Pada saat ini internet explorer tidak begitu populer lagi bagi pengguna komputer karena mereka lebih memilih browser yang lain seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan masih banyak lagi. Walaupun demikian, Internet Explorer juga mempunyai kelebihan yang luar biasa, antara sebagai berikut:

Berbagai Kelebihan Internet Explorer

Fitur Add Ons

Memiliki kelebihan ini dapat memungkinkan kamu agar bisa menambah banyak fasilitas lain yang ada didalam web browser. Kamu juga bisa meningkatkan faedah dan kinerja dari browser ini. Seperti pada fitur add ons tersedia seperti pdf reader, anti virus, safe search, flash player dan juga firewall.

Disediakan OS Windows

Kemudian situs web ini tidak dipungut biaya dan sudah tersedia di sebuah sistem operasi Windows. Apabila perangkat kamu memiliki OS Windows, maka secara langsung pasti mempunyai fasilitas yaitu Internet Explorer.

Sehingga kamu tidak harus mendownload lagi ketika akan menggunakannya. Walaupun web browser ini sama juga seperti web browser yang lainnya, yaitu dapat menjelajahi berbagai jenis internet dengan fitur yang telah tersedia.

Fitur Lengkap

Seperti pada pembahasan diatas yaitu mempunyai beberapa fitur yang sudah lengkap sehingga memudahkan kamu untuk dapat mengakses berbagai jenis informasi yang tersedia.

Internet Explorer pun menyajikan fitur yang tidak kamu gunakan bisa di nonaktifkan sesuai dengan apa yang kamu butuhkan.

Macam-macam fitur yang tersedia di Internet Explorer contohnya delete browsing history, search box, search suggestions, caret browsing, inprivate filtering, web slices, proteksi preferensi user dan masih banyak lagi lain-lainnya.

Hadir Versi Mobile

Sama seperti pada browser yang lainnya, keunggulan internet explorer dengan fasilitas yang sudah microsoft sediakan ternyata mempunyai versi mobile, versi ini akan lebih mudah di akses pengguna untuk mengakses internet dengan gesit.

Tentu saja bisa kamu akses dengan menggunakan berbagai macam jenis smartphone sehingga pengguna dapat lebih nyaman dan bahagia jika menggunakan web browser ini lebih mudah lagi dengan versi mobile tersebut.

Memiliki MSN dan Bing Default

Internet Explorer ini memiliki MSN dan Bing default pada versi Internet Explorer 11. Versi ini baru dan memiliki MSN dan Bing default yang memungkinkan para pengguna merasa lebih nyaman ketika di gunakannya.

Banyak manfaatnya yaitu lebih aman, lebih gesit untuk membuka situs, mempunyai perlindungan yang lebih kuat, halaman yang bisa meningkat, dan masih banyak lagi.

Fitur Keamanan

Internet Explorer juga memiliki sebuah fitur keamanan sehingga bisa memberikan tingkat kenyamanan untuk para penggunanya. Karakteristik keamanan tersebut yang ada dalam Internet Explore yaitu Framework.

Fitur ini bisa memberikan perlindungan pada zona dengan kondisi dan batasan tertentu. Keunggulan Internet Explorer ini mempunyai layanan tambahan yang dapat muncul ketika lagi download file.

Kamu juga bisa berfikir untuk meneruskan installan ataupun membatalkannya. Biasanya muncul apabila file yang lagi proses terunduh mempunyai potensi resiko berbahaya bagi keamanan.

Bisa Akses File HTML dan Javascript

Nyatanya Internet Explorer ini lebih mudah untuk kamu akses pada file HTML dan Javascript. Contohnya di dalam Internet Explorer di versi 9 lalu ke atasnya menggunakan HTML 5 yang bisa meningkatkan pengalaman ketika kamu menggunakan internet.

Hal tersebut akan memungkinkan pengguna untuk menonton dan mendengarkan audio dan video tanpa download plugin tambahannya. Internet Explorer jadi salah satu web browser senior. Hal tersebut terjadi karena bisa mendukung berbagai macam aplikasi.

Berbagai Kekurangan Internet Explorer

  1. Skrip CSS pada halaman web yang dibuka tidak dapat dibaca.
  2. Tidak mendukung sistem operasi Windows XP (terutama Internet Explorer 9)
  3. Keamanan browsing masih diragukan
  4. Tidak ada penjelajahan tab, sehingga pengguna tidak dapat membuka banyak situs web dalam satu jendela browser.
  5. Kecepatan buka web lambat karena tidak ada fungsi tab.
  6. Kurang gigih, sehingga mudah diserang virus dan menjadi sasaran serangan peretasan.
  7. Beban berat saat mulai.

Berbagai Kekurangan Internet Explorer

FAQ

Pada pembahasan kali ini kami sudah menyediakan juga berbagai pertanyaan dan disediakan juga jawabannya, simak dibawah ini:

Apakah Internet Explorer Masih Bisa digunakan?

Microsoft secara permanen mengakhiri dukungan untuk Internet Explorer untuk beberapa versi Windows pada Rabu, 15 Juni 2022. Hampir 27 tahun telah berlalu sejak dirilis pada 24 Agustus 1995.

Kenapa Internet Explorer ditutup?

Basis pengguna mulai berkurang drastis karena pesaing lain merilis browser baru dengan antarmuka pengguna yang lebih baik, kecepatan internet yang lebih cepat, dan kinerja yang lebih lancar.

Internet Explorer ada dimana?

Internet Explorer dapat ditemukan di bawah “Aksesori Windows” di bawah “Semua Aplikasi” di Mulai. Itu tidak disematkan ke Mulai atau bilah tugas. Klik Semua Aplikasi. Klik pada “Aksesoris Windows”.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas apakah kamu sudah mengenal hingga mengetahui informasi tentang internet explorer? demikian itulah informasi yang bisa kami sampaikan semoga artikel ini dapat bermanfaat, jangan lupa untuk berkunjung kembali, terimakasih.

Back to top button