Advertisement

Kekurangan Microsoft Word Adalah

Rancakmedia.com – Berikut ini adalah penjelasan mengenai kekurangan microsoft word yang mungkin saja belum kamu ketahui. Microsoft Word adalah alat pengolah kata kontemporer atau pengolah kata yang diperkenalkan oleh Microsoft. Yuk simak artikel dibawah ini.

Tujuan utama Microsoft Word adalah untuk memungkinkan pengguna dengan cepat dan sederhana menulis berbagai jenis dokumen, termasuk makalah ilmiah, dokumen program, dan tugas sekolah.

Lebih dari itu, kami juga akan menjelaskan gambaran umum tentang sejarah Microsoft Word, fitur dan kegunaan Microsoft Word, serta kelebihan dan kekurangan Microsoft Word.

Dengan memanfaatkan Microsoft Word, tentu saja, kamu dapat menghasilkan berbagai jenis makalah secara efektif dan tidak menghabiskan tenaga ekstra untuk menulis di atas kertas.

Microsoft word merupakan penemuan baru untuk menghasilkan dokumen dengan cepat dan cepat, kemudian ms word juga dilengkapi dengan kemampuan printing atau pencetakan dokumen untuk membantu pengguna dalam mencetak dokumen.

Sejarah Singkat Microsoft Word
unplash @windows

Sejarah Singkat Microsoft Word

Pada tanggal 23 Oktober 1983, program pertama Microsoft Word tersedia untuk umum. Pada tahun tersebut program pengolah kata Microsoft Word ini dikenal dengan Multi-Tool Word yang penggunaannya hanya dapat dijalankan pada sistem operasi Xenix.

Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi, Multi-Tool Word memilih untuk bergabung dengan Microsoft Office System 2003. Oleh karena itu, Microsoft Word lahir pada tahun 2007 dari rebranding program multi-tool word. Program ini kompatibel dengan Windows dan Mac OS, tentu saja.

Fungsi Microsoft Word

Produk pilihan Microsoft, yang saat ini digunakan secara luas. Program Microsoft Word tidak diragukan lagi memiliki berbagai fitur dan tujuan yang disediakan untuk pelanggannya. Oleh karena itu, di bawah ini adalah tujuan dan fungsi dari Microsoft Word yang perlu kamu ketahui:

  1. Menulis artikel penelitian untuk jurnal akademik.
  2. Simpan dokumen dengan ukuran yang lebih kecil dan dalam format yang berbeda.
  3. Menghasilkan makalah untuk komunikasi yang digunakan secara formal maupun non-resmi.
  4. Dapat digunakan untuk mengedit dan menulis dokumen format PDF.
  5. Buat kertas cetak sebanyak yang kamu inginkan.
  6. Lebih efektif dalam mengurangi waktu saat menyelesaikan tugas.
  7. Memfasilitasi manajemen kata dan masalah administratif serta terkait dengan pelaksanaan tugas lain.
  8. Buat file dokumen lebih akurat dan cepat.
  9. Hemat uang dan manfaatkan kertas dalam jangka panjang.
  10. Menghemat waktu dan energi pengguna secara bersamaan.
  11. Kesalahan dalam makalah harus diminimalkan.
  12. Buat varian tulisan dengan format yang bervariasi agar lebih menarik.
  13. Berguna dalam pembuatan tipografi.

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Word

Terlepas dari kenyataan bahwa program pengolah kata semacam ini dapat dianggap sempurna, ada kelebihan dan kekurangan Microsoft Word yang harus kamu ketahui untuk meningkatkan keterampilan kamu. Diantaranya:

Fungsi Microsoft Word

Kelebihan Microsoft Word

  1. Tampilan yang mudah diinterpretasikan untuk pemula (user friendly).
  2. Program ms word dilengkapi dengan kemampuan dasar untuk pembuatan dokumen.
  3. Berbagai revisi dirilis secara berkala, masing-masing menambahkan fitur tambahan dan meningkatkan versi kompleksitas.
  4. Dapat menyimpan file dalam berbagai format yang dapat diakses menggunakan fungsi simpan sebagai.
  5. Sekarang ada menu referensi di MS Word 2007, yang tidak termasuk dalam MS Word 2003. Membuat daftar pusaka, indeks, atau daftar lainnya menjadi mudah berkat menu tersebut.
  6. Menu insert, menu clipart, menu insert, dan menu lainnya semuanya memiliki ukuran menu yang sedikit lebih besar untuk membuatnya lebih menarik secara visual.
  7. Memiliki fitur Office Button atau tombol office di pojok kiri atas program, yang sebagian besar digunakan untuk beralih antar fungsi menu file.
  8. Pengguna yang sudah terbiasa dengan pengaturan skrip akan lebih mudah menggunakannya untuk membaca file dari semua versi Microsoft Word yang berbeda.
  9. Versi Microsoft Word saat ini sekarang dilengkapi dengan pemuatan cepat dari versi sebelumnya, kemudian gaya penulisan atau font tambahan diperkenalkan dan diperbarui dan ukuran file diperkecil.
  10. Terdapat menu smartart, yang memiliki kumpulan template dokumen siap pakai, gratis, dan mudah digunakan.
  11. Dapat menempatkan file gambar dalam dokumen yang ingin kamu hasilkan.
  12. Ada fitur menu Quick Access Toolbar dimana ketika menu utama diketuk, banyak ikon akan muncul, yang dikenal sebagai pita.
  13. Untuk menghindari menghalangi lembar kerja yang kamu coba buat, bilah alat diposisikan secara vertikal.
  14. Di bagian Title Bar, dapat diakses di bagian tengah atas program yang memiliki 7 menu utama dan terlihat cukup mudah daripada versi MS Word sebelumnya.
  15. Terdapat preview pengaturan halaman dari setiap icon yang ada, seperti ketika pengguna menarik mouse lebih dekat ke icon yang dipilih.
  16. Dukungan komponen Multiple.Net, web untuk mobilitas yang lebih baik, dan desain baru yang menggabungkan alat penerbitan desktop dasar dan menekankan pada permintaan pengguna.
  17. Terdapat menu fitur untuk menjalankan persamaan yang digunakan untuk menulis rumus yang sesuai.
Baca Juga:  Cara Edit Dokumen PDF di Word dan Google Drive

Kekurangan Microsoft Word

  1. Microsoft word adalah sejenis software yang memiliki lisensi premium atau penggunaanya tidak gratis
  2. Setiap versi baru telah meningkatkan kinerja, namun ini hanya memiliki sedikit pengaruh untuk desktop atau laptop yang menjalankan Windows dengan persyaratan sederhana.
  3. Selalu memiliki versi terbaru dari waktu ke waktu, jadi jika pengguna ingin menggunakan MS Word terbaru, kamu harus terlebih dahulu mengubah spesifikasi laptop atau komputer yang ingin digunakan.
  4. Setidaknya kamu harus menggunakan sistem operasi Windows XP SP2, untuk ini tampaknya kamu tidak perlu khawatir karena sebagian besar perangkat komputer atau laptop saat ini setidaknya telah menggunakan os Windows 7.
  5. Butuh waktu untuk proses penyesuaian sistem, ini karena Microsoft Office terus-menerus melakukan upgrade dan memiliki versi terbaru.
  6. Jenis file default adalah .docx yang tidak akan dapat diakses di Microsoft Word 2003. Tetapi kamu dapat mengecohnya menggunakan fungsi save as.
  7. Ukuran installer program Microsoft Word sangat besar di versi terbaru, ini tentu saja akan menuntut kuota yang tinggi juga.
  8. Spesifikasi mesin yang memiliki CPU 500 MHz dan RAM 512 MB tidak diragukan lagi cukup besar untuk menjalankan program Microsoft Word versi saat ini.
  9. Microsoft Word versi 2019 hanya dapat digunakan di Windows 10 dan 8, jika di bawah versi Windows tersebut tidak dapat diinstal dan digunakan.
  10. Prosedur pemasangan lisensi yang cukup berbelit-belit dan memakan waktu, tentu akan menyulitkan konsumen jika belum terbiasa. Namun, hal ini tidak berlaku bagi orang yang sudah paham dan merupakan pengguna bajakan.
Baca Juga:  Cara Edit Dokumen PDF di Word dan Google Drive

FAQ

Berikut ini adalah pertanyaan dan jawaban tentang microsoft word, diantaranya:

Apa Saja Fungsi dari Microsoft Word?

Membuat Dokumen Program Microsoft Word digunakan untuk menghasilkan dokumen yang dapat dicetak pada berbagai ukuran kertas.

Mengedit Dokumen Program Microsoft Word dapat digunakan untuk memodifikasi dokumen lain, baik dokumen yang ditulis dari aplikasi Microsoft Word itu sendiri maupun dari perangkat lunak pengolah kata lainnya.

Memformat Dokumen Microsoft Word memungkinkan pengguna menghasilkan dokumen yang lebih profesional dengan berbagai jenis dokumen. Misalnya ukuran kertas, jenis huruf, warna font, catatan kaki, penomoran, hingga rumus matematika.

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Word
unplash @surface

Apa Saja yang Ada di Microsoft Word?

  1. Quick Acces Toolbar : Ikon ini terletak di pojok kiri atas. Simbol ini bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam mengakses perintah yang secara realistis sering digunakan, seperti save, undo, rudo, dll.
  2. Title Bar : Fitur ini penting untuk menampilkan nama atau judul dari “Document”. Bagian ini diposisikan di tengah atas lembar kata.
  3. Page Status : Menyediakan untuk menunjukkan berapa banyak halaman, kata-kata dan juga bahasa yang digunakan. Bagian ini diposisikan di sudut kiri bawah lembar kerja kata.
  4. Menu Bar : Tujuan dari fitur ini adalah untuk sekelompok menu yang memiliki peran bervariasi untuk mengubah pengaturan dalam laporan.
  5. Ribbon Toll : Fitur ini adalah “konten” dari tab menu, maka ikon untuk setiap fungsi akan berada di pita.
  6. Scroll Bar : Bagian kecil di kanan dan bawah lembar kerja yang memungkinkan kamu untuk menggulir kata ke atas dan ke bawah.
  7. Zoom Menu : Area ini ada di kanan bawah yang tujuannya untuk zoom.
  8. Windows Menu : Minimalkan untuk membaca kata di latar belakang, maksimalkan atau pulihkan untuk mengubah ukuran tampilan kata adalah semua opsi.

Apa Saja Manfaat dari Microsoft Word Bagi Pelajar?

  1. Mempermudah menyelesaikan pekerjaan.
  2. Meningkatkan Pemahaman Komputer.
  3. Membantu Siswa Menulis Esai.
  4. Membuat Dokumen dengan Variasi.
  5. Menambahkan Gambar ke Dokumen.
  6. Dapat membuat tabel.

Kesimpulan

Nah, itulah gambaran kami tentang fitur, kelebihan dan kekurangan Microsoft Word dan pengetahuannya. Semoga makalah ini dapat memberikan informasi dan menambah wawasan bagi para pembaca.

Back to top button