Advertisement

Apa Itu Control Panel Hosting?

Rancakmedia.com – Tahukah kamu apa itu control panel hosting? Jika kamu belum mengetahuinnya simak artikel yang telah kami sediakan dibawah ini agar kamu mendapatkan informasinya.

Control panel hosting adalah sistem manajemen web hosting yang dapat mempermudah pengelolaan semua layanan web hosting dari satu tempat. Ketika kamu membuat situs web, kamu juga memerlukan hosting.

Agar situs web dapat diakses oleh orang lain, hosting bertindak sebagai tempat di mana data dan tampilan situs web dapat disimpan dan dikelola.

Agar hosting kamu mudah dikelola, kamu perlu menggunakan control panel hosting. Penggunaan panel kontrol memiliki beberapa manfaat. Sangat penting untuk dapat dengan cepat dan mudah mengendalikan otomatisasi hosting situs web kamu.

Apa Pengertian dari Control Panel Hosting?

Control panel hosting adalah alat yang memfasilitasi pengelolaan situs web dan kebutuhan server kamu. Deskripsi lain dari control panel hosting adalah bahwa ini adalah panel kontrol yang membuatnya lebih mudah untuk mengelola web hosting kamu.

Utilitas ini dapat membantu pelanggan layanan hosting dalam mengontrol tugas administrasi hosting. Kegiatan manajemen dan administrasi yang sering kali sulit dikelola oleh pengembang dan bahkan orang non-teknis akan disederhanakan dengan control panel hosting.

Apa Pengertian dari Control Panel Hosting

Pengguna dapat dengan cepat menginstal sistem manajemen konten dan mengelola nama domain, database, dan backup situs melalui dasbor panel kontrol. Control panel hosting menawarkan navigasi, tombol, tautan, dan gambar yang diperlukan untuk membuat hosting dan manajemen file mudah dipahami.

Pengelolaan hosting secara manual sulit bagi pengelola situs web sampai alat ini diperkenalkan beberapa tahun yang lalu. Hal ini karena mereka harus memiliki pengetahuan dan kemampuan teknis yang lebih spesifik dalam struktur kode situs web.

Fungsi Control Panel Hosting

Banyak opsi manajemen situs web tersedia melalui control panel hosting. Beberapa layanan panel kontrol termasuk domain, email, dan manajemen basis data. Berikut ini adalah keseluruhan pertukaran.

Administrasi Akun

Kamu dapat mengelola akun dan layanan hosting kamu menggunakan panel kontrol, yang meliputi:

  1. Memeriksa, memodifikasi, dan menghapus profil penagihan.
  2. Memperbarui pendaftaran hosting dan domain.
  3. Mengatur ulang semua kata sandi kamu.
  4. Beberapa panel kontrol memiliki kemampuan untuk mengakses informasi kartu kredit kamu. Jika kamu menggunakan panel kontrol yang tidak aman atau tidak mutakhir, kamu berisiko menjadi korban kejahatan
  5. Siber yang mungkin mengakibatkan kerugian finansial.

Mengelola Domain

Kamu dapat mengelola apa pun yang terhubung ke domain kamu di control panel hosting. Yang termasuk diantaranya adalah:

Fungsi Control Panel Hosting

  1. Perpanjangan domain
  2. Edit DNS
  3. Informasi DNS
  4. Penerusan domain
  5. Manajemen subdomain
  6. Pendaftaran domain baru
  7. Alamat IP

Manajemen domain adalah salah satu komponen paling rumit dari sebuah situs web. Berkat panel kontrol, mengelola domain dan subdomain sangatlah mudah. Cukup isi kolom dan tekan tombol “Simpan”.

Install Aplikasi

Situs web modern membutuhkan banyak perangkat lunak pendukung. Dengan panel kontrol, kamu dapat menginstal banyak program dengan cukup mudah. Misalnya, ketika kamu perlu menginstal Sistem Manajemen Konten (CMS) seperti WordPress, Joomla, Drupal, atau Zencart.

Jika tidak ada panel kontrol, kamu harus mengunduh file WordPress dari wordpress.org, membangun database dengan tangan, dan kemudian mentransfer file melalui FTP ke server situs web. rumit, bukan?

Tetapi dengan panel kontrol, kamu hanya perlu melakukan beberapa klik dan mengisi beberapa kotak, dan WordPress akan langsung terinstal di hosting kamu. Jauh lebih sederhana jika kamu menggunakan instalasi satu-klik seperti SimpleScripts atau Fantastico.

Manajemen Email

Akses email sudah termasuk dalam mayoritas layanan hosting. kamu juga dapat mengelola email kamu menggunakan kontrol hosting kamu, yaitu dengan cara:

  1. Membuat alamat email baru
  2. Mengatur sistem penerusan email
  3. Menginstal perangkat lunak anti-spam.
  4. Mengelola akun email
  5. Buatlah daftar semua alamat email kamu dan hapuslah.

Mengelola email profesional di situs web menjadi mudah dengan kemampuan panel kontrol.

File Transfer Protocol (FTP)

Bagaimana jika kamu perlu mengunduh file dari server web ke komputer kamu? Mengunggah file dari PC ke server web, atau sebaliknya? Di sinilah File Transfer Protocol (FTP) berguna (FTP).

Transfer file antara komputer kamu dan server web dapat dilakukan dengan menggunakan FTP. Misalnya, ketika kamu membuat file HTML di komputer lokal kamu yang seharusnya menjadi skrip inti dari situs web kamu, Setelah skrip selesai, kamu harus mendaftar untuk web hosting sehingga situs web kamu dapat ditayangkan.

Langkah selanjutnya, tentu saja, adalah mengirimkan file HTML yang kamu siapkan sebelumnya ke server web yang kamu miliki dengan penyedia hosting. Hanya dalam beberapa detik, kamu sudah bisa memiliki file HTML kamu di web server melalui FTP. Segala sesuatu yang lain bekerja dengan cara yang sama.

Manajemen Database

Database diperlukan untuk menyimpan data di situs web. Juga diperlukan penggunaan panel kontrol untuk mengelola database situs web. Tindakan-tindakan berikut ini dapat dilakukan pada database dengan menggunakan panel kontrol:

File Transfer Protocol

  1. Memeriksa status database online atau offline.
  2. Memantau performa database.
  3. Menyelidiki kesalahan atau kegagalan dalam database dan server database kamu.

Kebanyakan panel kontrol saat ini menawarkan MySQL sebagai standar database situs web utama. Basis data lain, seperti PostgreSQL, didukung oleh beberapa.

Mungkin saja pilihan panel kontrol kamu mungkin lebih terbatas dan (sering kali) lebih mahal jika kamu menginginkan integrasi SQL Server.

Backup

Pencadangan adalah aspek penting dalam mengelola situs web. kamu harus memiliki salinan data situs web kamu di tempat lain. Ini akan memungkinkan kamu untuk memulihkan situs web kamu jika terjadi kerusakan yang tidak terduga.

Fungsi backup terintegrasi dapat ditemukan di sebagian besar control panel hosting. Untuk mencadangkan atau memulihkan file yang sudah ada, yang harus kamu lakukan adalah mengklik tombol dan memilihnya dari daftar. Ya, sesederhana itu! Tidak ada lagi perintah panjang dengan banyak baris argumen dan rute.

Control Panel Hosting Gratis Terpopuler

Berikut ini control panel hosting gratis terbaik, yaitu:

cPanel (Control Panel Hosting Terbaik)

cPanel pada dasarnya adalah control panel hosting berbayar. Banyak hosting dan pendaftar nama sekarang menyediakan cPanel sebagai panel kontrol terintegrasi. Ini menyiratkan bahwa langganan hosting kamu mencakup fitur cPanel gratis.

Hasilnya, daftar layanan yang kami rekomendasikan mencakup hosting cPanel. cPanel adalah panel kontrol berbasis web berbasis Linux. Dalam hal kinerja, estetika, dan fitur, cPanel adalah pemenangnya. Itulah mengapa banyak pengembang web memilih cPanel hosting sebagai opsi pertama mereka.

ISPConfig

ISPConfig adalah panel kontrol yang dibangun oleh ISPConfig UG. Dikembangkan menggunakan campuran PHP dan MySQL, ISPConfig adalah salah satu panel kontrol terbesar di bawah lisensi BSD. Panel ini mendukung Linux dan menawarkan antarmuka berbasis web dengan dukungan untuk 22 bahasa yang berbeda.

Control Panel Hosting Gratis Terpopuler

Ajenti

Sama seperti ISPConfig, Ajenti, juga, berada di bawah kategori control panel hosting open source. Manfaat utama Ajenti terletak pada kinerja dan kecepatannya, yang jauh lebih hebat daripada panel kontrol lainnya.

Dengan Ajenti, kamu dapat menginstal dan mengelola banyak server, seperti Samba, Squid, Munin, dan sebagainya. kamu juga dapat menginstal banyak bahasa pemrograman populer, seperti Python, Ruby, PHP, dan Node.js.

CentOS Web Panel

Pengguna Linux seharusnya dapat menyimpulkan panel kontrol ini hanya dengan melihat namanya. Ya, panel web CentOS adalah panel kontrol yang bekerja pada sistem operasi CentOS/RHEL 6.x dan CloudLinux.

Nilai jual utama panel web CentOS adalah tingkat keamanannya yang tinggi. Firewall Linux terhebat dapat ditemukan di panel web CentOS (CSF Firewall).

Panel web ini juga dilengkapi dengan pemantauan langsung, pencadangan otomatis, kontrol akses IP, dan fungsi-fungsi manajemen basis data yang paling ekstensif.

Virtualmin

Virtualmin adalah versi Webmin yang disempurnakan, salah satu control panel hosting paling populer di dunia. Virtualmin mendukung sistem operasi UNIX, distribusi Linux, dan ekstensi BSD.

Menggunakan versi GPL Virtualmin sepenuhnya open source dan gratis. Virtualmin Professional dan Cloudmin Professional adalah versi komersial dari panel kontrol ini.

Cara Konfigurasi Control Panel Hosting

Konfigurasi manual panel kontrol diperlukan jika panel kontrol tidak ada atau jika panel yang berbeda digunakan sebagai gantinya.

Cara Konfigurasi Control Panel Hosting

Di atas, kami telah menjelaskan apa itu cPanel. Kali ini kami akan membahas bagaimana cara menginstall cPanel pada sistem operasi CentOS. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan:

  1. Gunakan SSH untuk login ke web server kamu sebagai berikut: ssh root@ip, dimana ip adalah alamat ip server kamu.
  2. Install screen dengan perintah berikut: yum install screen.
  3. Gunakan perintah screen untuk memunculkan tampilan kamu.
  4. Atur nama host menggunakan perintah berikut: hostname domain.com, di mana domain.com adalah alamat domain website kamu.
  5. Lanjutkan dengan mendownload dan menginstall cPanel menggunakan perintah berikut: cd /home && curl -o latest -L dapat ditemukan di https://securedownloads.cpanel.net/latest && sh latest.
  6. Jendela instalasi akan muncul di layar kamu setelah download selesai. Klik Agree to All pada halaman Legal Documents.
  7. Pada layar berikutnya, masukkan alamat email dan nameserver kamu.
  8. Gunakan perintah restart dari WHM Management Page untuk me-restart server kamu.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, cPanel akan terinstal di server kamu. Lanjutkan dengan login cPanel, dan kamu akan dapat langsung mengelola akun hosting kamu, jangan khawatir, menggunakan cPanel sangat mudah karena antarmukanya yang dasar dan sangat intuitif.

Kelebihan Control Panel Hosting

Sebagai pengguna atau bahkan calon pengguna web hosting, kamu harus yakin dengan fasilitas layanan hosting yang diberikan. Control panel hosting memiliki kelebihan-kelebihan sebagai berikut:

Tampilan Antarmuka Pengguna yang Interaktif

Secara umum, control panel hosting memiliki desain dasar dan ramah pengguna yang mudah dipahami dan dikelola bagi orang yang belum pernah menggunakan control panel hosting sebelumnya.

Panel kontrol alat ini dapat dikustomisasi dengan berbagai cara untuk membuatnya lebih menarik bagi pengguna. Tentu saja, kamu akan ditawari berbagai opsi yang membuatnya lebih mudah bagi kamu untuk mengontrol semua tugas yang terkait dengan situs web dan server kamu.

Pengelola File yang Berkualitas

Panel kontrol yang menggunakan antarmuka berbasis GUI lebih menarik bagi para pengguna hosting daripada mengelola file situs web dengan memasukkan kode-kode panjang ke dalam command prompt.

Ini biasanya dimaksudkan untuk menjadi dasar, jadi tidak mengherankan jika seorang pemula dapat dengan mudah memahaminya.

Pengelola File yang Berkualitas

kamu dapat mengunggah, mengunduh, mengompres, menghapus, mengubah izin dan kepemilikan file, dan banyak lagi menggunakan program ini.

Mudah Disesuaikan dengan Kebutuhan Website

Fitur lain dari control panel hosting ini adalah mudah disesuaikan dengan kebutuhan identitas situs web kamu. kamu dapat menambahkan URL lain sebagai rencana pemasaran, mengembangkan HTML kustom yang dapat ditambahkan atau diperbarui, dan bahkan menambahkan logo perusahaan kamu untuk memberikan tampilan dan nuansa yang koheren pada situs web kamu.

Pengelolaan Akun yang Mudah

Panel kontrol membuatnya mudah untuk mengontrol dan mengelola semua masalah akun hosting kamu. Jika kamu mengelola situs web yang menjual produk, kamu dapat mengelola harga barang kamu dengan opsi ekstra seperti pengaturan diskon otomatis dan berbagai metode pembayaran.

Sebagai Akun FTP Tambahan

Kamu dapat membatasi akses pengembang lain ke folder tertentu dengan membuat akun FTP kedua. Hal ini menghemat beban kamu dalam menyediakan data akun panel kontrol untuk aktivitas pengembangan, sehingga lebih aman.

Pengelolaan database

Manfaat lain dari hosting panel kontrol adalah membuat konstruksi database, pembuatan akun pengguna, dan izin akses situs web menjadi sangat mudah.

Panel kontrol yang menggunakan PhpMyAdmin sebagai alat manajemen database berbasis web sederhana tidak jarang ditemukan secara online. kamu tidak perlu bergantung pada administrator basis data untuk melakukan tindakan tingkat tabel dengannya.

Backups

Pencadangan berkas sering dilakukan sebagai bagian dari sebagian besar panel kontrol. Jika tidak, konsumen akan memiliki akses ke solusi pencadangan pihak ketiga.

Ada fitur pencadangan dalam control panel hosting yang memungkinkan kamu membuat salinan baru serta mengambil salinan yang dibuat sebelumnya. Terkadang, panel kontrol juga dapat digunakan untuk memulihkan data cadangan jika ada.

Layanan Bantuan

Alasan lain untuk popularitas control panel hosting yang berkelanjutan adalah ketersediaan layanan pelanggan kelas satu yang cepat dan mudah didapat.

Jika kamu sedang dalam proses mencoba untuk mendapatkan panel kontrol web hosting yang baik, komponen layanan dukungan yang dapat dipercaya harus menjadi masalah penting untuk dipertimbangkan.

Biaya Murah, Bahkan Gratis

Yap, memang benar bahwa beberapa pemasok panel kontrol memberikan harga yang sangat murah, dan yang lain bahkan menyediakannya secara gratis.

Namun, kamu harus merencanakan dan mengelola anggaran operasional situs web kamu dengan hati-hati untuk mendapatkan control panel hosting yang sesuai dengan kebutuhan situs web kamu.

Apa Jadinya Jika Tidak Menggunakan Control Panel Hosting?

Pada dasarnya, menggunakan control panel hosting adalah opsional. kamu boleh menggunakannya atau tidak. kamu dapat mengakses akun web hosting dan server kamu tanpa menggunakan antarmuka khusus.

Terutama dengan teknik seperti SSH (secure shell-direct command line access) atau FTP (File Transfer Protocol) (Protokol Transfer File).

Tetapi sebagian besar waktu, hidup kamu akan lebih mudah dan pekerjaan akan selesai lebih cepat jika kamu menggunakan panel kontrol.

FAQ

Contoh kalimat tanya jawab mengenai control panel hosting, sebagai berikut:

Apa Faktor Penting yang dapat Digunakan untuk Menentukan Layanan Hosting?

Ada banyak faktor dalam menentukan tanda penting dalam memilih penyedia hosting yang tepat untuk situs web kamu. Akibatnya, sebelum memilih hosting provider, ingatlah faktor-faktor ini. Kriteria tersebut adalah skalabilitas, keamanan, kecepatan, termasuk dalam akronim 4S.

Apa Fungsi Control Panel bagi Penyedia Web Hosting?

Sementara itu, panel kontrol untuk penyedia web hosting berfungsi sebagai alat manajemen untuk semua layanan web hosting mereka.

Kesimpulan

Control panel hosting adalah alat yang memfasilitasi pengelolaan situs web dan kebutuhan server kamu. Pengguna dapat dengan cepat menginstal sistem manajemen konten dan mengelola nama domain, database, dan backup situs melalui dasbor panel kontrol. Control panel hosting menawarkan navigasi, tombol, tautan, dan gambar yang diperlukan untuk membuat hosting dan manajemen file mudah dipahami.

Demikian informasi tentang control panel hosting, semoga dapat bermanfaat untuk kamu semua ya!

Back to top button