Advertisement

Apa itu CorelDRAW? Beserta Fungsinya

Rancakmedia.com – Berikut ini adalah penjelasan mengenai apa itu CorelDRAW? CorelDRAW merupakan software pengolah grafis yang bermanfaat untuk membantu para desainer dalam bekerja. Yuk simak artikel dibawah ini.

Corel Corporation, yang terletak di Ottawa, Kanada, membuat perangkat lunak ini. Menurut situs resmi perusahaan, solusi Corel memungkinkan lebih dari 90 juta orang menjadi lebih kreatif dan produktif.

Corel diciptakan pada tahun 1985 dan memiliki lebih dari 30 tahun keahlian dalam bisnis ini. Dikutip dari brosur berjudul “Sejarah Singkat CorelDRAW Merayakan 20 Tahun Inovasi dalam Desain” (PDF), versi pertama CorelDRAW diterbitkan pada tahun 1989 dan diberi judul CorelDraw 1.0.

Sistem operasi Windows 2.1 diperlukan untuk menjalankan perangkat lunak ini. CorelDRAW Graphics Suite 2021 adalah versi terbaru dari CorelDRAW. CorelDRAW versi 23 diterbitkan pada Maret 2021.

CorelDRAW Graphics Suite 2021 dapat diakses di seluruh platform dan perangkat, termasuk Windows, Mac, web, iPad, dan perangkat seluler, dengan kemampuan dan fitur yang lebih diperluas.

Pengertian CorelDRAW

Pengertian CorelDRAW

CorelDRAW adalah software pengolah grafis berbasis garis atau vektor. Item terakhir adalah gabungan dari banyak garis, baik lurus atau melengkung.

CorelDRAW bukan satu-satunya perangkat lunak pengolah grafis berbasis vektor di luar sana. Adapun software terkait, seperti Adobe Illustrator, Beneba Canvas, Macromedia Freehand, Metacreations Expression, dan Micrografx Designer,

CorelDRAW adalah alat yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi gambar dan teks dengan cepat dan mudah.

CorelDRAW mencakup opsi dan tata letak untuk berbagai produk. CorelDRAW sangat dikenal oleh karyawan desain grafis karena memberikan berbagai kemudahan, baik dalam fitur maupun kompleksitas kemampuannya.

Kegunaan CorelDRAW

Meskipun utamanya adalah perangkat lunak pengolah objek berbasis vektor, CorelDRAW mampu melakukan berbagai aktivitas yang terkait erat dengan desain grafis.

Mengenai beberapa produk yang dapat dibuat dengan CorelDRAW, antara lain sebagai berikut :

  1. Cover.
  2. Layout.
  3. Iklan.
  4. Brosur.
  5. Kalender.
  6. Leaflet.
  7. Stiker.
  8. Spanduk.
  9. Poster.
  10. Undangan.
  11. Kartu nama.
  12. Dan masih banyak lagi.

Dikutip dari buku Teknologi Informasi dan Komunikasi SMA/MA Kelas XII karya Eko Supriyadi dan Muslim Heri Kiswanto (PDF), CorelDRAW merupakan software berorientasi objek dan berorientasi layar.

Saat membuat gambar, salah satunya adalah saat membuat gambar yang diperbesar atau diperbesar. Berapa pun perbesaran yang dilakukan, gambar tidak pecah. Akibatnya, dalam hal menggabungkan desain, desainer memiliki kelonggaran yang lebih besar.

Fitur Unggulan Aplikasi CorelDRAW

Fitur dan kemampuan CorelDRAW sudah kamu ketahui. Mari kami lihat lebih dekat apa yang ditawarkannya.

Berikut informasinya untuk kamu: dirangkum dari situs resmi CorelDRAW.

Kolaborasi

kamu mungkin harus berkolaborasi dengan ilustrator lain pada beberapa proyek. Bagaimana membuat kerjasama lebih sederhana dalam prosesnya?

Di situlah karakteristik yang memfasilitasi kerja kelompok masuk. Tidak ada batasan jumlah pengguna yang dapat membaca dan memperbarui dokumen desain saat menggunakan aplikasi ini. Dengan begitu, proses koordinasi bisa berjalan lebih lancar. Tidak ada lagi kesalahpahaman.

Tool Tipografi Canggih

Apakah kamu secara teratur harus membuat font? Jika demikian halnya, maka CorelDRAW merupakan aplikasi yang patut diperhatikan.

Ketebalan font sumbu X dan Y dapat diubah. Tidak ada lagi batasan untuk menebalkan dan menipiskan huruf.

Kegunaan CorelDRAW

PowerTRACE™

Aplikasi grafik vektor, CorelDRAW, tersedia untuk komputer Windows dan Macintosh. Ini memiliki efek yang tidak menguntungkan dari membatasi ilustrator yang bekerja hanya di atas kertas untuk saat ini.

Bagaimana dia mengubah karya seni yang dipindai (yang merupakan bitmap) menjadi vektor? Tidak perlu khawatir karena PowerTRACETM sudah termasuk dalam aplikasi ini. Dengannya, kamu dapat dengan mudah memodifikasi grafik bitmap dengan mencari vektor.

Juga, efek pamungkasnya kurang tepat, kamu mengerti. Setelah menyaksikan kemampuan luar biasa ini, dapat dikatakan bahwa CorelDRAW adalah aplikasi desain yang sangat canggih.

Untuk alasan ini, kamu benar-benar harus memoles bakat kamu dengan hati-hati. Selain asal-usul desain, detail dan wawasan tambahan juga harus dipertimbangkan.

Tools dalam Aplikasi CorelDRAW

CorelDRAW juga menyertakan alat untuk melakukan pekerjaan desain selain fungsionalitasnya yang luar biasa.

Pick Tool

Pertama-tama, ada alat pick. Memilih item di kanvas kamu sangat mudah dengan alat praktis ini. Dalam artikel ini, jika kamu memilih kata atau frasa, kamu menggunakan Pick Tool.

Object Tool

Memang, CorelDRAW adalah aplikasi desain grafis profesional. Meski begitu, kamu tetap bisa menggunakannya untuk membuat bentuk dasar.

Ada pilihan untuk membuat bentuk sederhana seperti bintang dan panah. Kemungkinan lain adalah membuat kompartemen yang tertata rapi dengan gaya notepad matematika.

Pen Tool

Pada dasarnya, Pen Tool beroperasi seperti namanya. Ini adalah “pena” yang dapat kamu gunakan untuk menggambar di kanvas kamu.

Cara penggunaannya:

  1. Untuk menambahkan titik baru ke kanvas kamu, cukup klik di mana saja (titik X).
  2. Seret mouse kamu ke mana saja untuk membuat garis dari titik X ke mana saja.
  3. Ketika datang untuk membuat.
  4. Dalam garis lurus, klik tempat yang sesuai.

Garis lengkung:

  1. Jangan lepaskan mouse kamu pada posisi yang sesuai.
  2. Tahan klik sambil menggerakkan mouse kamu ke atas dan ke bawah untuk memodifikasi kurva.
  3. Klik dan lepaskan tombol saat kamu selesai.
  4. Dua panah akan muncul yang dapat kamu modifikasi untuk memvariasikan sudut kurva.
  5. Dengan kecerdikan, alat ini tidak diragukan lagi sangat berharga untuk pekerjaan grafis kamu.
  6. Tentu, sesuaikan penggunaannya dengan kebutuhan kamu.

Shape Edit Tool

Ingin membuat formulir yang telah kamu buat? Shape Edit adalah alat yang kamu butuhkan. Melalui alat ini, kamu dapat memperbaiki garis yang bengkok. Selain itu, kamu dapat mengubah garis lurus menjadi spiral.

Text Tool

Alat Teks CorelDRAW hanya itu: alat untuk menulis. kamu dapat memilih dari berbagai tipografi dan menggunakannya dalam pekerjaan kamu.

Selain untuk menulis, pada tool ini juga terdapat tool table yang memudahkan kamu dalam mendesain tabel.

Harga Aplikasi CorelDRAW

Apakah kamu ingin menggunakan aplikasi ini sekarang setelah kamu melihat manfaat dan fiturnya Kamu harus mengeluarkan uang tunai untuk mencapainya. CorelDRAW tersedia dengan harga sebagai berikut:

  1. Paket berlangganan berharga $ 399 USD per tahun (Paket berlangganan).
  2. 785 dolar di Amerika Serikat (skema harga).
  3. Membeli aplikasi ini secara langsung menimbulkan risiko keuangan yang signifikan.

Bagaimana jika kamu menemukan bahwa kamu tidak ingin menggunakannya? Kamu tidak perlu khawatir, karena CorelDRAW punya jawabannya. Kamu memiliki waktu 15 hari untuk mencoba versi uji coba aplikasi ini.

Aplikasi Alternatif CorelDRAW

Selain CorelDRAW, ada berbagai program desain grafis yang berbeda untuk dipilih. Mengutip eduCBA dan 99designs, aplikasi alternatif untuk CorelDRAW adalah:

  1. Adobe Illustrator.
  2. Inkscape.
  3. Affinity Designer.
  4. Apache OpenOffice Draw.
  5. DrawPlus.
  6. Skencil.
  7. dan lain-lain.

Fitur Unggulan Aplikasi CorelDRAW

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan dan jawaban terkait untuk Corel Draw.

Apakah CorelDRAW Termasuk Program Desain Grafis?

CorelDraw dan Photoshop adalah dua program desain grafis yang banyak digunakan untuk menambahkan aspek visual ke sebuah proyek.

Namun, meskipun keduanya merupakan software desain grafis, namun memiliki variasi yang beragam. Berikut adalah beberapa contohnya: Pada bulan Januari 1989, Corel meluncurkan perusahaannya sendiri, Corel.

Program Aplikasi CorelDRAW Termasuk Program Aplikasi apa?

Aplikasi penerbitan disertakan dengan paket aplikasi CorelDraw. Profesional percetakan dan penerbitan dapat mengambil manfaat dari kemampuan CorelDraw. CorelDraw dapat membuat gambar dengan kualitas yang sangat baik. CorelDraw adalah aplikasi untuk mengolah teks dan grafik.

Kesimpulan

Nah, untuk menjadi seorang desainer grafis yang kompeten, software modern saja tidak cukup. Tidak mungkin menghasilkan karya berkualitas tinggi tanpa pengetahuan mendalam tentang beragam konsep kreatif.

Tombol kembali ke atas