Advertisement

Cara Mengaktifkan Asisten Virtual Google dengan Mudah

Rancakmedia.com – Untuk mengaktifkan asisten google virtual tentu saja tidak membutuhkan waktu lama, jika kamu ingin mempelajarinya silahkan simak artikel yang kami berikan dibawah ini ya.

Tidak butuh waktu lama untuk mempelajari cara menggunakan Google Asisten Virtual. Bagi pengguna perangkat Android, Google Asisten Virtual langsung terpasang dan beroperasi dan dapat digunakan kapan saja selama terhubung dengan internet secara konsisten.

Asisten Google Virtual adalah asisten virtual yang diaktifkan ucapan yang didukung oleh kecerdasan buatan dan dikendalikan oleh pengguna melalui perintah lisan (AI). Fungsi ini hanya tersedia di ponsel Android 5.0 dengan RAM minimal 1 GB.

Bahasa yang digunakan juga sesuai dengan preferensi masing-masing Android. Namun, tidak semua pengguna Android memanfaatkan dan memanfaatkan kemampuan ini. Jadi, mereka memilih untuk mematikannya.

Seperti asisten lainnya, Asisten Google mungkin juga sangat berguna. Google Now hanya memungkinkan kamu berbicara dengannya dalam satu arah, tetapi Asisten Google benar-benar memungkinkan kamu mengajukan pertanyaan.

Tidak ada batasan untuk apa yang dapat kamu tanyakan kepada Asisten Google. Mulai dari berapa harga makanan Korea, kamu bahkan bisa menyebutkan seberapa jauh jarak dari tempat tinggal kamu ke sekolah.

Melalui Google Asisten Virtual, kamu bahkan dapat bereaksi terhadap pantun dan menyalakan TV atau AC yang sudah terhubung ke ponsel.

Tanyakan saja, dan Asisten Google dapat menggunakan mikrofon ponsel kamu untuk membuka aplikasi seperti WhatsApp atau YouTube saat kamu mengucapkan perintah.

Berikut cara mengaktifkan dan menonaktifkan Google Asisten Virtual, dirangkum dari banyak sumber:

Cara Mengaktifkan Asisten Google

Dari support.google.com, berikut cara mengaktifkan ponsel Android kamu agar bekerja dengan Google Asisten Virtual:

Cara Mengaktifkan Asisten Google

 

  1. Tekan dan tahan tombol “Beranda”.
  2. Tombol beranda ponsel Android kamu harus ditahan selama beberapa detik sebelum Asisten Google muncul.
  3. Buka halaman Pengaturan Asisten. Buka Pengaturan Asisten, yang dapat dilakukan dengan mengatakan “OK Google, buka Pengaturan Asisten.”
  4. Aktifkan Asisten Google Buka Pengaturan > Umum > Asisten Google dan aktifkan dengan mengeklik Nyala. Namun, jika kamu ingin menonaktifkannya, sesuaikan ke Off.
  5. Ubah pengaturan agar Asisten Google mengenali suara kamu. Cara mengaturnya adalah dengan menyatakan, “Masukkan Pengaturan Asisten.” Kemudian gulir ke bawah dan pilih Voice Match pada menu Pengaturan Populer. kamu juga dapat memeriksa ulang apakah fitur “Hai Google” ponsel cerdas kamu berfungsi.
  6. Gunakan fungsi ‘Ketuk Mode Suara’ di perangkat kamu.
  7. Lakukan dalam mode Ketuk Suara dan terapkan latihan berulang kali dengan berbagai model suara.
  8. Buat rekaman audio.
  9. Gunakan metode yang diuraikan di sini untuk merekam suara.
  10. Sekarang setelah kamu selesai, Asisten Google siap digunakan.

Melatih Asisten Google untuk Mengenali Suara Kamu

  1. Buka setelan Asisten di ponsel atau tablet Android kamu, atau cukup ucapkan, “Setelan Asisten”, untuk mengaktifkan Asisten Google.
  2. Di bawah “Setelan populer”, tekan Voice Match.
  3. Pastikan OK Google diaktifkan.
  4. Aktifkan Asisten Google jika kamu tidak dapat menemukan Ok Google.
  5. Jika kamu masuk ke akun Google Workspace for Education di perangkat dan tidak dapat mengaktifkan “Ok Google”, admin kamu mungkin telah memblokir setelan yang penting agar “Ok Google” dapat beroperasi. Hubungi admin untuk informasi lebih lanjut.
  6. Ketuk model suara Instruksikan model suara baru tentang pengucapan yang benar.
  7. Ikuti prosedur untuk merekam suara.

Bagaimana Cara Kerja Asisten Google?

Secara umum, tugas Asisten Google adalah melakukan perintah dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pengguna. Namun jika ditelaah secara mendalam, ada aplikasi alternatif untuk Google Asisten Virtual ini. Berikut adalah beberapa contoh:

Bagaimana Cara Kerja Asisten Google

Baca Berita

Berita online dapat didengar dengan Google Asisten Virtual. Untuk memutar berita, cukup ucapkan, “Ok Google”. Kemudian Google akan secara otomatis membaca berita sesuai dengan preferensi kamu.

Sebagai Pengingat

Bagi yang sering lupa agenda yang sudah dibuat, kamu juga bisa meminta bantuan Google Asisten Virtual. Alat ini akan memberi tahu kamu ketika acara mendatang telah tiba.

Beri tahu Asisten Google, “Ok Google, setel pengingat untuk rapat mingguan kami.” Asisten Google akan secara otomatis merencanakan agenda. Dengan begitu, kamu tidak akan ketinggalan agenda yang telah ditetapkan.

Mengirim Pesan WhatsApp

Mungkin kamu sedang sibuk dan tidak sempat membalas pesan WA. Dengan Google Asisten Virtual ini, kamu tidak perlu khawatir pesan WA tidak dibalas.

Cukup ucapkan “Ok Google, kirim pesan teks melalui Whatsapp ke (penerima/nama kontak)”. Isi pesan harus ditampilkan pada titik ini juga. Sebelum mengirim pesan, Google Asisten Virtual akan memeriksa apakah pesan masih ingin diperbarui atau tidak. Pesan akan segera dikirim jika hal ini tidak terjadi.

Menerjemahkan Bahasa Asing

Terjemahan bahasa asing juga dimungkinkan dengan Google Asisten Virtual. Ini adalah alat yang hebat untuk siapa saja yang merencanakan perjalanan ke luar negeri atau yang mencoba belajar bahasa baru. Asisten Google ini dapat menerjemahkan sebanyak 188 bahasa yang berbeda.

Cara Menonaktifkan Asisten Google

  1. Pada ponsel cerdas Android, buka ‘Pengaturan’.
  2. Gulir ke bagian bawah ‘Aplikasi’ dan pilih ‘Aplikasi default’.
  3. Ketuk ‘Aplikasi Bantuan Perangkat’ atau ‘Asisten dan Masukan Suara’ (nama deskripsi dapat berbeda menurut perangkat). (Nama deskripsi mungkin berbeda tergantung pada perangkat)
  4. Pilih item di bawah menu, yaitu ‘Aplikasi Bantuan Perangkat’.
  5. Matikan Asisten Google dengan mengklik “Aplikasi Asisten Perangkat.”
  6. Pilih aplikasi bantuan lain atau tidak sama sekali saat ini.

Cara Mematikan Asisten Google di Android

Jika kamu tidak ingin menggunakan Google Asisten Virtual sama sekali, kamu dapat mematikannya sepenuhnya di ponsel Android kamu dengan mengikuti langkah-langkah ini.

Cara Mematikan Asisten Google di Android

  1. Buka aplikasi Google dan kemudian klik pada tiga titik di bilah alat bawah (). (diberi label “lebih”).
  2. Pilih “Pengaturan” untuk meluncurkan menu baru. Buka menu pengaturan kamu.
  3. Ketuk “Asisten Google” dan lanjutkan ke area Asisten. Buka tab “Asisten”.
  4. Di bagian “Perangkat Asisten”, pilih “Telepon”.
  5. Ketuk tombol sakelar untuk mematikan Asisten Google kamu. Alihkan sakelar untuk mematikan Asisten Google.

Google Assistant masih dapat diakses tanpa tombol home otomatis, bagi mereka yang memilih untuk tidak terganggu oleh aktivasi yang tidak disengaja.

Menonaktifkan tombol bantuan mungkin merupakan alternatif yang bagus untuk mematikannya sepenuhnya. Dengan cara ini, Google Asisten Virtualhanya dapat diakses dengan tidak sengaja membuka gadget Google Assistant.

Kekurangan Asisten Google

  1. Membutuhkan koneksi internet yang andal. Jika mudah untuk memutuskan sambungan dari jaringan internet di lingkungan kamu, sistem tidak bekerja dengan baik.
  2. Google Assistant tidak mendukung semua bahasa. Salah satunya adalah bahasa Hindi, yang masih tidak dapat diakses dan sistem mereka tidak dapat membalas.
  3. Saat mengaktifkan Google Assistant, ruang penyimpanan di ponsel harus berkapasitas besar dan didukung versi terbaru.

Kelebihan Asisten Google

  1. Google Assistant adalah produk dari mesin pencari terbesar, sehingga jawaban dari perintah pengguna kepadanya mungkin jauh lebih tepat dan menyeluruh.
  2. Bagi kamu yang terbiasa membuat agenda di smartphone, maka Google Assistant bisa membantu dengan ‘remind’ sebagai peringatan.
  3. Selain itu, Asisten Google dapat menautkan ke berbagai gadget rumah tangga, seperti remote control TV, AC, speaker, dan bahkan kunci rumah dengan sistem tertentu.

FAQ

Dibawah ini merupakan informasi seputar pertanyaan dan jawaban untuk google asisten

Apakah Google Asisten Termasuk AI?

Sejak Google Assistant baru-baru ini memulai debutnya, ada kemungkinan bahwa perusahaan saat ini sedang menguji banyak fitur baru dan mungkin akan memperkenalkan lebih banyak lagi dalam waktu dekat tetapi juga dapat menyimpulkan pertanyaan dari pertanyaan sebelumnya tanpa harus mengulangi semua hal yang spesifik lagi dan lagi.

Asisten Google Itu Apa Ya?

Google Asisten Virtual adalah teknologi dari Google yang dikembangkan untuk mempermudah konsumen. Saat menggunakan Google Assistant, kamu dapat melakukan berbagai tugas, seperti mencari tahu waktu, menyalakan/mematikan lampu, dan menyesuaikan level speaker, dan lain-lain.

Dalam hal kebutuhan rumah, Asisten Google dapat melakukan hampir semua hal selama item tersebut terhubung ke Google. Namun, ternyata, Asisten Google dapat membantu kamu lebih dari sekadar pekerjaan rumah. Berikut adalah beberapa petunjuk yang perlu diingat.

Untuk menggunakan Asisten Google, kamu harus terlebih dahulu memastikan bahwa ponsel kamu memiliki kemampuan ini.

Fungsionalitas ini dapat diakses secara otomatis pada ponsel yang menjalankan Android versi lebih tinggi dari 5.0. Dengan menekan tombol home dan mengucapkan “OK Google”, fungsi ini siap membantu. Sesederhana menekan bagian bawah Pixel 2, Pixel 3, atau 3A kamu untuk membangunkannya.

Gimana Caranya Biar Google Bisa Berbicara?

Untuk melakukan percakapan:

Gimana Caranya Biar Google Bisa Berbicara

  1. Ucapkan “Ok Google” dan ajukan pertanyaan atau ucapkan perintah.
  2. Dengarkan jawabannya.
  3. Ajukan pertanyaan atau beri perintah. Percakapan Berkelanjutan memungkinkan Asisten Google Virtual mendengarkan hingga 8 detik untuk setiap pertanyaan tindak lanjut yang mungkin kamu miliki.

Apa yang Bisa dilakukan Oleh Asisten Google?

Lima fitur multitasking untuk Asisten Google Virtual

  1. Memasang reminder
  2. Mengirim pesan
  3. Memberi tahu kondisi lalu lintas
  4. Membacakan berita
  5. Menerjemahkan kata

Kesimpulan

Asisten Google Virtual adalah asisten yang diaktifkan dengan suara yang dapat melakukan berbagai tugas seperti mencari tahu waktu, menyalakan/mematikan lampu, dan menyesuaikan level speaker. Ini juga dapat membantu kamu melaporkan kondisi lalu lintas dan tetap mengikuti perkembangan acara di dunia sekitar kamu.

Jika kamu tidak ingin menggunakan Asisten Google Virtual di ponsel Android kamu, kamu dapat mematikannya sepenuhnya dengan membuka aplikasi Google dan kemudian mengklik tiga titik di bilah alat bawah.

Back to top button