Advertisement

Inilah Komponen Sistem Basis Data, Wajib Tau

Rancakmedia.com – Pada artikel kali ini, kami telah menyediakan informasi mengenai komponen sistem basis data yang mungkin saja kamu belum mengetahuinya, simak artikel dibawah ini.

Istilah “database” mungkin masih asing di telinga kebanyakan orang. Namun di antara lembaga-lembaga, database merupakan sesuatu yang umum dijadikan acuan karena terhubung dengan pengolahan, pencatatan, dan penggunaan informasi dalam skala besar.

Komponen database juga disertakan dalam pembahasan artikel kali ini, bagian ini terdiri dari berbagai elemen yang bekerja sama untuk mendukung kinerja database secara keseluruhan dan berfungsi sebagai pusat penyimpanan data.

Berikut ini adalah ikhtisar singkat dari berbagai komponen dan definisi masing-masing. Mari kita perhatikan.

Pengertian Basis Data

Penyimpanan data virtual, seperti di komputer atau ponsel cerdas, memiliki kaitan erat dengan database, atau yang mungkin kamu dengar sebagai database.

Pengertian Basis Data

Jika kamu ingin memecah database, itu terdiri dari dua bagian: basis dan data. Basis dapat dilihat sebagai gudang, sedangkan data adalah catatan fakta dalam bentuk huruf, teks, gambar, suara, simbol, angka, atau kombinasinya.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa database memiliki banyak arti sekaligus, sebagai berikut.

  1. Penyusunan pengelompokan data yang saling terkait dan diatur sedemikian rupa sehingga setelah itu dapat digunakan kembali dengan mudah dan cepat adalah pekerjaan utama.
  2. Data atau informasi yang disimpan secara sistematis pada media elektronik yang dapat diambil oleh program komputer ketika data atau informasi tersebut diperlukan.
  3. Kumpulan data yang diatur sedemikian rupa sehingga dapat dengan mudah diperbarui, dikelola, dan diakses.
    Seperti yang kamu lihat dari banyak definisi di atas, database melayani database penting.

Di antara fungsi tersebut adalah untuk memudahkan pihak yang berkepentingan dalam menyimpan, menghapus, mengakses, atau memperbarui data.

Komponen Basis Data

Di sebuah sistem basis data terdapat komponen- komponen yang harus kamu tahu, berikut ini:

Komponen Apa Saja yang Harus Ada di Dalam Sistem Informasi

Pengguna

Komponen database awal adalah user atau pengguna. Pengguna ini dapat dilihat sebagai mereka yang memiliki otorisasi untuk berinteraksi dengan sistem database dan memerlukan informasi yang tersimpan di dalamnya.

Pengguna ini dapat dikategorikan ke dalam 4 kategori sebagai berikut.

  1. Application Developer atau Application Programmer adalah pengguna komputer yang tugasnya menulis program yang menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda untuk berinteraksi dengan database.
  2. Pemrogram aplikasi, serta pengguna nave, pengguna biasa, dan pengguna spesialis, semuanya termasuk dalam kategori pengguna akhir saat berinteraksi dengan sistem database.
  3. Desainer adalah orang yang bertugas membuat database.
  4. Administrator adalah individu yang memiliki kekuatan untuk mengontrol seluruh sistem basis data.

Data

Database tidak lebih dari kumpulan tabel dan file. Dengan mengacu pada komponen database yang satu ini, ada sesuatu yang disebut entitas dan atribut.

Entitas adalah gagasan, peristiwa, lokasi, atau bahkan orang yang informasinya akan disimpan. Ketika kita berbicara tentang kualitas, kita berbicara tentang nama untuk sesuatu.

Dalam hal ini, entitas tersebut adalah mahasiswa. Jenis kelamin, tempat tinggal, nomor orang tua, nama, dan sebagainya merupakan ciri-ciri siswa.

Informasi dari masing-masing arsip siswa dikumpulkan terlebih dahulu, kemudian informasi tersebut disatukan dengan informasi dari arsip kemahasiswaan lainnya untuk dijadikan data tentang kemahasiswaan.

Software DBMS

DBMS (Database Management System) adalah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengelola database.

Dengan DBMS ini, siapa pun yang berkepentingan dengan database dapat menyimpan, mengakses, dan mengontrol data dengan lebih mudah dan efektif.

Sebagai lapisan perlindungan data tambahan, program ini memiliki metode unik. Dengan tersedianya DBMS, pengguna yang masih baru juga dapat lebih mudah memanfaatkan data yang bersangkutan tanpa perlu khawatir memahami kerumitan struktur data.

Software Database Management System

Sistem Operasi

Ini adalah program yang memungkinkan kita untuk mengontrol semua sumber daya sambil melakukan aktivitas mendasar pada sistem komputer.

Sistem operasi ini tentunya harus sesuai dengan perangkat lunak manajemen basis data yang akan digunakan. Contoh sistem operasi antara lain Windows XP, Unix, Linux, Windows 9x, dan lain-lain.

Hardware

Ada banyak item yang beroperasi sebagai pendukung prosedur pengolahan data. Perangkat keras ini terdiri dari memori, terminal, dan peralatan komputer lainnya. Mengenai komputer, jika melihat data yang diolah, ada 3 macam komputer yang bisa dibedakan, yaitu:

  1. Komputer analog semakin banyak digunakan untuk mengontrol dan menjalankan mesin seperti monitor detak jantung, seismograf, dan pengukur komputer listrik.
  2. PC, atau komputer pribadi, lebih unggul daripada komputer analog dalam hal fungsionalitas karena mereka dapat melakukan operasi logika, menyimpan data, dan memproses data dengan lebih presisi.
  3. Sebuah komputer digital dan komputer analog datang bersama-sama untuk membentuk perangkat hybrid yang disebut komputer hybrid. Komputer jenis ini memiliki kinerja yang lebih cepat dan akurat, sehingga banyak digunakan sebagai mesin robot di pabrik-pabrik.

Software Pendukung Komponen Sistem Basis Data

Menggunakan perangkat lunak pendukung database ini sepenuhnya terserah kamu. Ini menunjukkan bahwa jika kamu benar-benar membutuhkan dan menginginkannya, kamu dapat menggunakannya; jika tidak, kamu tidak perlu menggunakannya.

 

Perangkat lunak pendukung juga sangat banyak, dan beberapa di antaranya tergolong alat tingkat tinggi, terutama Microsoft SQL Server, Oracle, XBase, dan MySQL.

Basis data sangat penting, terutama bagi organisasi yang perlu selalu mengumpulkan, menganalisis, dan menggunakan banyak data.

Software Pendukung Komponen Sistem Basis Data

FAQ

Berikut ini pertanyaan yang mungkin saja ada di benak kamu, simak dibawah ini:

Komponen Apa Saja yang Harus Ada di Dalam Sistem Informasi?

Sebuah sistem informasi terdiri dari komponen-komponen berikut:

Perangkat Keras

Hardware adalah suatu teknologi yang secara fisik berupa sistem informasi. Perangkat keras sistem informasi mungkin sekecil saku baju. Namun, ada juga yang sangat besar yang memenuhi struktur.

Perangkat Lunak

Komponen utama sistem informasi adalah perangkat lunak, yang berfungsi sebagai penerjemah antara perangkat keras dan data. Perangkat lunak sistem informasi adalah seperangkat instruksi tentang cara menangani data informasi.

Jaringan Telekomunikasi

Sebuah jaringan akan dibuat oleh komponen sistem informasi ini, yang akan menghubungkan berbagai bagian perangkat keras bersama-sama. Link yang digunakan oleh jaringan telekomunikasi mungkin dengan kabel atau nirkabel.

Basis data

Basis data merupakan pusat sumber informasi untuk semua data yang akan dibutuhkan oleh perusahaan yang akan menggunakan sistem TI.
Mengakses dan mengelola data secara efisien dimungkinkan melalui penggunaan perangkat lunak basis data.

Manusia

Contoh komponen terpenting dari sistem informasi adalah manusia. Siapa yang akan mengelola sistem informasi jika bukan manusia? Di sisi lain, manusia dalam pengaturan ini adalah orang-orang yang telah dilatih untuk mengelola sistem informasi dalam berbagai cara.

Unsur Unsur Apa Saja yang Terlibat Dalam SIM

Sebuah sistem informasi manajemen harus dikembangkan dengan banyak komponen yang terhubung dan berdampak pada satu informasi. Elemen-elemen berikut masuk ke dalam pembuatan SIM:

Manusia

Manusia memiliki peran penting dalam SIM. Pekerjaan orang-orang itu sendiri adalah merancang, memproses, menjalankan, membangun, dan memanfaatkan sistem.

Sehingga informasi yang dibuat pada SIM akan membawa keuntungan bagi masyarakat dan perusahaan yang dikelola. Sistem yang berfungsi dengan baik memerlukan penggunaan sumber daya manusia.

Unsur Unsur Apa Saja yang Terlibat Dalam SIM?

Manusia membuat sistem informasi manajemen untuk mengubah data mentah menjadi data yang dapat ditangani dan digunakan oleh perusahaan. Informasi yang relevan, komparatif, akurat, tepat waktu, dan akuntabel adalah apa yang kami cari dalam informasi ini.

Manusia

Informasi yang sesuai dengan kondisi di atas akan memberikan keuntungan yang sangat besar bagi masyarakat dan perusahaan tempat mereka beroperasi. Jika perusahaan diatur dengan SIM yang tepat, akan lebih mudah untuk memproses data dan mengujinya lebih teliti.

Informasi

Sistem informasi manajemen dibuat oleh manusia untuk menghasilkan informasi dari data mentah, yang menjadi data yang dapat diproses dan berguna bagi bisnis. Informasi yang berguna di sini adalah informasi yang relevan, dapat dibandingkan, sangat akurat, tepat waktu, dan dapat dipahami.

Informasi yang memenuhi persyaratan di atas menawarkan manfaat besar bagi orang-orang dan bisnis yang mereka jalankan. Pengolahan data dan informasi menjadi lebih mudah dan teruji ketika bisnis dikembangkan dengan SIM yang tepat.

Sistem

Sistem informasi manajemen (SIM) adalah sistem kompleks dari sistem terkait yang melakukan berbagai fungsi. Subsistem dari sistem informasi manajemen bertanggung jawab untuk mengumpulkan, memproses, dan menyempurnakan data untuk membuat informasi.

Organisasi Manajemen

Setiap perusahaan dan bisnis membentuk organisasi manajemen untuk memenuhi tujuan bisnisnya. Pengorganisasian, implementasi, perencanaan, dan pengendalian merupakan tanggung jawab manajemen organisasi.

Membuat keputusan

Pengambilan keputusan dapat dilakukan jika perusahaan memiliki informasi yang relevan dan dapat dipertanggungjawabkan. Seorang pebisnis atau pengusaha tidak bisa membuat penilaian yang cerdas jika tidak ada SIM sebagai platform untuk menangani informasi.

Salah satu cara untuk memulai proses pengambilan keputusan adalah dengan mengacu pada sistem informasi manajemen (SIM). Selain itu, informasi juga harus bermakna, memuat fakta, dan tidak mengandung bagian rekayasa.

Komponen Utama Basis Data

Ada komponen utama dalam database, termasuk untuk apa sistem operasi itu. Sistem komputer (sistem operasi). Sistem operasi adalah bagian dari perangkat lunak yang mengawasi penggunaan sumber daya komputer dan aplikasi database. Database lain yang memiliki keterkaitan dan hubungan dengan database itu sendiri.

Apa yang Dimaksud dengan Komponen Data?

Komponen adalah kumpulan data yang terorganisir dengan baik yang dapat dengan mudah disimpan, diakses, dan dimanipulasi. Sistem basis data dapat terdiri dari beberapa basis data dengan datanya masing-masing.

Kesimpulan

Nah itulah pembahasan mengenai komponen sistem basis data yang wajib kamu tahu, sebuah database terdiri dari berbagai elemen yang bekerja sama untuk mendukung kinerja database secara keseluruhan dan berfungsi sebagai pusat penyimpanan data.

Istilah “Database” mungkin masih asing di telinga orang kebanyakan, tetapi sering disebut karena terhubung dengan data dalam jumlah besar. Database Management System (DBMS) adalah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengelola database.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas