Advertisement

Pengertian Hardware Sound Card Fungsi dan Jenisnya

Rancakmedia.com – Hardware sound card merupakan salah satu yang sangat dibutuhkan di laptop atau pc masa kini. Ini membantu suara nada dan irama menjadi lebih baik, berikut detailnya.

Apakah ada di antara kamu yang pernah mendengarkan musik sambil menggunakan komputer atau perangkat seluler? Jika ini masalahnya, maka Sound Card melayani tujuan ini. Sebuah peralatan yang menghasilkan suara.

Secara default, setiap komputer atau laptop dilengkapi dengan Sound Card bawaan. Beberapa Sound Card dibangun ke dalam motherboard, sementara yang lain dapat ditambahkan secara terpisah (offboard) atau dengan cara yang mirip dengan kartu VGA.

Dengan cara apa Sound Card melakukan berbagai tugas? Untuk membuat segalanya lebih jelas, kita akan membahas semuanya di sini.

Apa Itu Hardware Sound Card?

Menurut Wikipedia, Sound Card adalah bagian dari perangkat keras komputer yang digunakan untuk membuat dan menyimpan sinyal audio untuk pemutaran dan perekaman.

Apa Itu Hardware Sound Card

Satu cara lebih lanjut untuk memikirkan Sound Card adalah sebagai perangkat keras komputer (hardware) yang terutama bertanggung jawab untuk menangani dan mengirimkan sinyal audio suara ke speaker. Saat kamu menggunakan headset laptop atau PC, Sound Card inilah yang membuat suara yang kamu dengar.

Slot ISA atau PCI pada motherboard digunakan untuk memasang Sound Card ini. Namun seiring dengan kemajuan teknologi, kini ada USB sound card yang bisa dimasukkan ke port USB di perangkat komputer atau laptop.

Fungsi Hardware Sound Card

Apa yang dilakukan Sound Card? Tugas utama Sound Card adalah mengubah data digital dalam file audio menjadi sinyal analog yang dapat dilihat oleh telinga manusia. Kemungkinan lain adalah bahwa Sound Card bertindak sebagai konverter digital-ke-analog.

Kemampuan Sound Card meliputi:

  1. Sebagai penghasil suara.
  2. Sebagai Antarmuka MIDI.
  3. Salah satu contohnya adalah menangkap ucapan sebagai penerjemah atau penerjemahan data analog ke digital.
  4. Mengeluarkan suara saat menggunakan headset atau melakukan panggilan suara adalah contoh data digital yang diterjemahkan atau diubah ke analog.
  5. Sebagai gadget yang meningkatkan suara komputer atau audio laptop.
  6. Sebagai alat untuk meningkatkan kualitas input atau output audio, seperti audio HD surround, home theater, dan cinema.
  7. Sebagai alat untuk memanipulasi audio, termasuk fitur seperti bass booster, suara 3D, suara teater, dan suara langsung.
  8. Sebagai alat bantu untuk proses editing dan pengolahan suara atau audio musik.

Tidak kalah penting untuk mengetahui lebih jauh tentang fungsinya. Seperti yang telah dikatakan, bagian komputer ini sebagian besar bertanggung jawab untuk memproses data audio.

Dengan mengenal banyak sekali kemampuan dan kelebihannya, maka akan bermanfaat bagi kamu yang bekerja tidak jauh dari komputer.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan merujuk ke fungsi umum di bawah ini.

Melakukan Konversi Sinyal Digital dan Analog

Dengan kata lain, komputer adalah cara yang menyenangkan untuk belajar tentang dunia digital. Namun, tentu saja, pengguna memerlukan perangkat yang berbeda untuk menikmati fungsionalitas sesuai kebutuhan.

Melakukan Konversi Sinyal Digital dan Analog

Hal yang sama berlaku jika kamu ingin menggunakan komputer sebagai generator suara. Sound Card akan mengubah informasi analog dan digital menjadi gelombang akustik. Langkah ini sangat penting jika kamu ingin membuat file audio berkualitas tinggi.

Meningkatkan Kualitas I/O Audio

Pertumbuhan musik yang diciptakan oleh seniman kontemporer saat ini tidak dapat dipisahkan dari perkembangan dunia komputer. Sound Card dengan spesifikasi yang ditingkatkan juga didukung.

Input dan output audio pengguna juga ditingkatkan oleh gear ini. Bioskop, teater rumah, dan sistem audio surround HD semuanya perlu ditingkatkan.

Menambahkan Fitur-Fitur Pengolahan Suara

Musik modern yang berkembang saat ini menuntut sound card yang sangat baik saat mengedit di komputer. Penambahan banyak elemen pemrosesan suara tidak akan mungkin dilakukan tanpa program ini. Diantaranya adalah suara 3D, bass booster, live sound, dan lain-lain.

Mengkonvesi Audio dari Piringan Hitam

Untuk menghasilkan audio berkualitas tinggi dari piringan hitam atau rekaman kaset, diperlukan pemrosesan khusus. Data akan diubah menjadi data audio digital oleh Sound Card sesuai kebutuhan.

Mengatur Equalizer Suara

Besaran volume atau pemerataan suara sangat penting untuk diperhatikan dalam bidang perekaman suara. Dengan SC yang baik, akan lebih mudah untuk mengontrol level suara yang masuk dan yang sedang diputar ulang.

Mengolah Data Suara Rekaman

Hasil rekaman tidak dapat didengar sampai Sound Card digunakan untuk memprosesnya. Alat ini digunakan untuk melakukan berbagai operasi pada rekaman data ucapan yang dikirimkan ke dalamnya. baik dengan berbicara langsung ke mikrofon, menggunakan headset, atau dengan menggunakan mikrofon eksternal.

Editing Suara atau Audio Musik

Gadget ini juga diperlukan untuk perkembangan industri musik saat ini. Jadi tidak mengherankan bahwa Sound Card memainkan peran penting dalam musik populer akhir-akhir ini. Komponen ini bertujuan untuk meningkatkan proses editing dan pengolahan audio menjadi lebih baik.

Penggunaan komputer akan menjadi sia-sia jika program ini tidak digunakan untuk memproses data audio. Ini akan membuat komputer tidak dapat membuat suara apa pun.

Apalagi saat ini perkembangan dunia multimedia sangat pesat. File audio akhir akan terdengar lebih baik jika kamu menggunakan Sound Card yang benar untuk pekerjaan itu.

Jenis-Jenis Sound Card

Perangkat keras ini dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan metode instalasi pada perangkat komputasi. Diantaranya adalah kartu suara on-board, kartu suara off-board dan kartu suara eksternal. Lihat ulasan di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Melakukan Konversi Sinyal Digital dan Analog

Sound Card Onboard

Sound Card terpasang yang secara fisik terhubung ke mainboard komputer. Sound Card ini menyerupai chipset karena sudah dipasang sebelumnya oleh pabrikan. Sound Card semacam ini sangat bagus untuk mendengarkan musik atau lagu dari mp3, video, atau film.

Sound Card Offboard

adalah sejenis Sound Card yang memiliki slot ISA atau PCI sehingga dapat dimasukkan ke dalam motherboard komputer. Saat ini sound card ini lebih dikenal dengan PCI Sound Card karena lebih banyak slot PCI yang beredar.

Sound Card ini memiliki kualitas suara yang lebih baik untuk merekam dan memutar audio daripada yang disertakan dengan komputer.

Sound Card USB

Sound Card USB, atau Sound Card eksternal, adalah sejenis Sound Card yang dihubungkan ke komputer atau laptop melalui port USB. Ini adalah jenis Sound Card terbaru yang sering digunakan untuk mengatasi kesalahan onboard atau offboard.

Selain itu, juga dapat digunakan untuk merekam suara. Sound blaster dan Creative Labs adalah produsen Sound Card paling sukses di Indonesia.

Cara Kerja Sound Card

Secara umum, Sound Card menggunakan tiga jenis sintesis suara untuk menjalankan tugasnya:

Frequency Modulation (FM)

Sintesis suara dengan cara ini adalah yang termurah tetapi tidak efektif. Untuk suara simulasi, algoritma tertentu digunakan untuk membuat gelombang sinus yang sedekat mungkin dengan suara sebenarnya.

Wavetable

Dalam mekanisme yang berfungsi ini, sampel suara yang direkam akan disimpan di Sound Card untuk menghasilkan kualitas suara terbaik.

Hardware Sound Card Physical Modeling

Cara kerjanya sangat sulit dan merupakan jenis sintesis baru di mana suara ditiru oleh proses pemrograman yang sangat rumit. Jika dilihat dari sudut pandang ini, Sound Card tampaknya menjadi perangkat dasar.

Hardware Sound Card Physical Modeling

Peralatan ini, di sisi lain, tidak beroperasi secara langsung. Ada mekanisme fungsi Sound Card untuk mengeluarkan suara. Di bawah ini adalah penjelasan prosesnya.

  1. Data digital dalam bentuk audio atau dengan konten audio dibaca dari hard drive dan dikirim ke CPU sehingga pengguna dapat mengambil tindakan terhadapnya.
  2. CPU akan melanjutkan data digital ke unit DSP pada Sound Card.
  3. Data digital selanjutnya diekstraksi oleh DSP.
  4. Setelah DSP mengeluarkan aliran data digital, rangkaian chip DAC akan mengubahnya menjadi sinyal analog yang dapat didengar melalui headphone atau speaker.

FAQ

Berikut ini adalah pertanyaan dan jawaban tentang hardware sound card, diantaranya:

Berapa Lama Baterai Kartu Suara Bertahan?

Ada dua varian chipset ini di pasaran. Salah satunya akan menjadi kartu internal PCIe, sementara yang lain mungkin menjadi kartu eksternal.

Kartu internal akan mendapatkan catu dayanya dari sumber soket motherboard kamu. Akibatnya, tidak diperlukan baterai. Beberapa perangkat eksternal dihubungkan ke PC melalui konektor USB untuk mendapatkan catu daya.

Apa Kartu Suara Terbaik?

Tidak selalu mudah untuk memilih kartu audio mana yang terbaik. Sangat penting untuk memiliki kartu audio yang benar, yang akan meningkatkan kemampuan suara surround dan juga akan memberikan hasil yang luar biasa.

Jika kamu ingin memiliki kartu suara gamer yang tepat, kamu dapat memilih dari daftar di bawah ini:

  1. Resolusi 4K Sound BlasterX G6
  2. Kartu Audio USB yang Diperkuat HyperX
  3. Audio FX PCIe Sound Blaster oleh Creative
  4. ASUS XONAR SE 5.1 ​​(Saluran Saluran)
  5. Sound Blaster Kreatif AE-7

Bagaimana Cara Memilih Kartu Suara?

Frekuensi sampling tipikal atau standar untuk kartu suara yang kompeten harus 44,1 kHz. Diinginkan untuk memiliki frekuensi sampel 96 kHz atau lebih besar. Kartu suara biasanya memiliki bit rate 16 bit hingga 32 bit. 16 bit terendah untuk kartu suara adalah 24, yang layak, dan 32 luar biasa.

Kesimpulan

Hardware sound card adalah bagian dari perangkat keras komputer yang membuat dan menyimpan sinyal audio untuk diputar ulang dan direkam. Beberapa Sound Card dibangun ke dalam motherboard.

Sementara yang lain dapat ditambahkan secara terpisah (offboard) atau dengan cara yang mirip dengan kartu video VGA. Pengguna memerlukan perangkat yang berbeda untuk menikmati fungsionalitas sesuai kebutuhan.

Sound Card akan mengubah informasi analog dan digital menjadi gelombang akustik. Demikian penjelasan lengkap tentang hardware sound card kami harap kamu dapat menggunakannya untuk melanjutkan pendidikan dan mendapatkan perspektif baru.

Tombol kembali ke atas