Advertisement

Fungsi Keyboard Komputer Secara Umum Beserta Penjelasannya

Rancakmedia.com – Berikut ini adalah penjelasan mengenai fungsi keyboard komputer yang banyak sekali jenisnya. Mungkin saja belum kamu ketahui apa fungsi dari masing-masing jenisnya. Yuk simak artikel dibawah ini.

Pernahkah kamu mendengar istilah “keyboard”? Pernahkah kamu? Keyboard adalah salah satu komponen komputer. Pengguna komputer akan lebih sulit mengetik jika tidak memiliki akses ke keyboard.

Ya, keyboard memang biasa digunakan untuk mengetik karena bagian-bagian keyboard memang terdiri dari huruf, angka, simbol, dan lain-lain. Mari kami simak lebih dekat informasinya pada artikel berikut ini.

Pengguna komputer kemungkinan besar mengenal item ini, jadi mungkin saja kami sudah melihatnya belakangan ini. Bagi kamu yang penasaran dengan definisi keyboard, berbagai jenis, dan banyak fungsinya, debat ini cocok untuk kamu.

Pengertian Keyboard

Pengertian Keyboard

Keyboard adalah perangkat (hardware) pada komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data berupa huruf, angka, dan simbol.

Keyboard, di sisi lain, adalah bagian dari perangkat keras komputer berbentuk papan dengan berbagai jenis tombol di mana tombol memiliki berbagai tujuan berdasarkan penekanan yang mungkin menghasilkan proses sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Selain sebagai alat untuk memasukkan data, keyboard juga menyediakan berbagai operasi tombol dengan kombinasi tertentu. Dua jenis koneksi keyboard yang paling umum di komputer adalah PS2 dan USB.

Namun seiring kemajuan teknologi, opsi baru untuk keyboard telah muncul, termasuk model nirkabel dan nirkabel. Pelajari lebih lanjut tentang sejarah perkembangan komputer dan bagaimana memahami komputer.

Jenis-Jenis Keyboard pada Komputer

Berikut ini adalah jenis-jenis keyboard pada komputer, diantaranya:

Keyboard QWERTY

Konfigurasi tombol QWERTY keyboard

Tata letak keyboard ini dibuat pada tahun 1878. Pada tahun 1905, keyboard QWERTY diadopsi sebagai standar industri de facto untuk mesin tik komersial. Karena baris kedua tombol alfanumerik keyboard memiliki enam huruf berurutan, maka lahirlah moniker “QWERTY”.

Keyboard Dvorak

Susunan tombol pada keyboard Dvorak. Pada tahun 1932, keyboard khusus ini dirancang. Huruf-huruf pada keyboard Dvorak diatur dengan cara tertentu.

Pada keyboard ini, tangan kanan akan lebih berat dengan pekerjaan jika dibandingkan dengan tangan kiri. Tata letak keyboard Dvorak menempatkan 70% fokus pada baris beranda, yang membuat pengetikan tidak terlalu melelahkan.

Keyboard Alphabetic

Tombol-tombol pada keyboard alfabet ini diposisikan persis sama seperti pada keyboard QWERTY dan keyboard Dvorak, namun susunan hurufnya berurutan sama dengan urutan huruf alfabet. Karena ketidakmampuannya untuk mempercepat pengetikan, keyboard khusus ini jarang digunakan.

Keyboard Klockenberg

Keyboard Klockenberg diciptakan dengan tujuan untuk meningkatkan jenis keyboard saat ini. dengan membagi bagian kiri dan kanan keyboard. Tombol di sisi kiri dan kanan keyboard ini terpisah 15 derajat dan miring ke bawah. Selain itu, tombol pada keyboard ini diposisikan lebih dekat ke meja.

Keyboard Numeric

Keyboard numerik adalah jenis keyboard yang digunakan untuk memasukkan angka yang sangat tinggi. Orang lebih suka menggunakan tombol numerik yang tata letaknya dapat diakses dengan mudah dengan tangan, sehingga lebih menyenangkan untuk digunakan.

Fungsi Keyboard pada Komputer

Tugas utama keyboard komputer adalah menerjemahkan penekanan tombol menjadi sinyal digital, yang kemudian dikirim ke CPU (Central Processing Unit) untuk diproses. Jangan lupa juga untuk membaca tentang: Pengertian CPU dan Cara Kerjanya Lebih Dalam.

Kamu dapat melihat ulasan ini jika kamu penasaran dengan cara kerja keyboard komputer.

Baca Juga:  Inilah 21 Fungsi Keyboard Laptop dan Komputer

Tombol Delete

Sesuai dengan namanya, tombol delete fungsinya menghapus satu karakter yang ada di belakang kursor tapi kamu bisa juga loh menghapus karakter di depan kursor, kamu bisa memencet ctrl + delete

Tombol End

Fungsinya adalah untuk memindahkan kursor ke baris akhir tapi kalau kamu mencet nya CTRL + End maka langsung menuju ke bagian akhir lembar kerja

Tombol Enter

Dapat digunakan untuk menuju ke baris berikutnya atau untuk memberikan perintah ke komputer yang akan segera dijalankan.

Tombol Home

Adalah kebalikan dari tombol End, jadi jika kamu menekan tombol Home, penunjuk akan bergerak ke sudut kiri atau awal baris. CTRL + Home bisa digunakan untuk langsung menuju ke bagian awal lembar kerja.

Tombol Tab

Dapat memindahkan tabulasi ke arah kanan. Jika kamu mendorong secara konsisten, maka tab akan terus bergerak ke kanan.

Tombol Back Space

Jenis keyboard pada komputer

Dengan menggunakan tombol Back Space, satu karakter dapat dihapus dari bagian belakang huruf, angka, dan sebagainya. CTRL + Back Space bisa digunakan untuk menghapus satu karakter dari depan

Tombol Alt

Tidak dapat digunakan bersama dengan tombol lainnya.

Shift

Saat kamu meletakkan CD di drive CD-ROM, pastikan kamu menekan tombol SHIFT (ini mencegah CD-ROM diputar otomatis).

Backspace

Membuka folder satu tingkat lebih tinggi jika folder dipilih dalam kotak dialog Save As atau Open. (Membuka folder satu tingkat ke atas jika folder dipilih dalam kotak dialog Simpan Sebagai atau Buka.)

Logo Windows

Dengan menggunakan fungsi Logo Windows (Show/Hide Start Menu), bilah menu dapat dihidupkan atau dimatikan.

Shift + Delete

Menghapus item yang dipilih secara permanen tanpa menempatkan item dalam Recycle Bin.

Ctrl + F4

Close dokumen aktif dalam program-program yang memungkinkan kamu untuk memiliki beberapa dokumen yang terbuka secara bersamaan.

Shift + Delete

Menghapus item yang dipilih secara permanen tanpa menempatkan item dalam Recycle Bin.

Ctrl + F4

Menutup dokumen aktif dalam program-program yang memungkinkan kamu untuk memiliki beberapa dokumen yang terbuka secara bersamaan.

Alt + Huruf

Digarisbawahi dalam nama menu (Menampilkan menu yang sesuai) Surat digarisbawahi dalam nama perintah pada menu yang terbuka (Lakukan perintah yang sesuai).

Setelah kamu klik dua kali pada grid karakter karakter, kamu dapat bergerak melalui grid dengan menggunakan cara pintas tombolboard.

Spasi

(Beralih antara lebih besar dan normal saat karakter dipilih).

Ctrl + F4

Untuk menutup jendela konsol yang sedang terbuka, gunakan CTRL + F4. Ketika sebuah konsol hanya memiliki satu jendela konsol, jalan pintas ini akan menutup konsol)

Ctrl + Alt + Minus Sign

Membuat snapshot dari jendela aktif klien pada clipboard server Terminal dan menyediakan fungsi yang sama dengan menekan PRINT SCREEN pada komputer lokal.

Ctrl + Alt + Plus Sign

Membuat snapshot dari seluruh area jendela klien pada clipboard server Terminal dan menyediakan fungsi yang sama dengan menekan ALT + PRINT SCREEN pada komputer lokal.

Susunan Tombol Keyboard

Berikut ini adalah susunantombol keyboard, diantaranya:

Fungsi keyboard pada komputer

Main Typing Keypad

Itu adalah keyboard pertama yang memiliki huruf A sampai Z, tanda baca, dan angka 1–0, yang digunakan untuk memasukkan teks ke dalam sistem komputer, misalnya saat mengetik di Microsoft Office atau di browser internet.

Directional Keys

Karakter panah pada keempat tombol ini mengarah ke segala arah. Penunjuk dan layar dapat dipindahkan ke arah yang diinginkan dengan menekan tombol ini.

Baca Juga:  Fungsi Keyboard Laptop pada Tombol F1 Hingga F12

Numeric atau Directional Keypad

Ada tombol yang berisi angka dan tombol kursor bergerak yang biasanya terletak di sisi kanan papan ketik utama.

Agar tombol dapat beroperasi, kamu harus terlebih dahulu mengaktifkan tombol fungsi tombol Numerik pada keyboard kamu. Tombol-tombol ini mungkin memudahkan kamu untuk memasukkan dan memasukkan angka ke dalam sistem.

Function Keys

Tombol tersebut berada di atas keypad pengetikan utama dan dapat dilihat dari simbol F1 hingga F12. Tombol-tombol ini berfungsi untuk mengatur berbagai instruksi, seperti menyimpan dokumen, membuka menu bantuan saat mengetik di Microsoft Word, dan sebagainya.

Special Keys

Tombol Home, Delete, Page up, Page down, Insert, Print Screen, Stop Break, dan End semuanya terletak di Tombol Khusus, yang terletak di atas tombol arah.

Modifier Keys

Tombol Ctrl, Alt, dan Shift terletak di keypad ini. Seperti namanya, ketiga tombol ini akan mengubah atau memodifikasi fungsi tombol lain pada keypad dan dapat ditekan bersamaan dengan tombol lainnya untuk memunculkan perintah.

Menyalin data yang dipilih pada tampilan semudah menekan Ctrl + C pada keyboard kamu. Tombol pintas adalah nama yang diberikan untuk kombinasi tombol ini.

Lampu status adalah indikasi lampu yang menandakan bahwa tombol sedang digunakan untuk mengatur fungsi. Misalnya, tombol caps lock memungkinkan data dimasukkan dalam huruf kapital dan tombol number lock digunakan untuk mengaktifkan tombol angka.

Windows Keys

Biasanya pada keyboard komputer Windows terdapat tombol yang berisi gambar logo Microsoft Windows itu sendiri. berfungsi untuk memunculkan menu pada jendela windows pada komputer.

FAQ

Berikut ini adalah pertanyaan dan jawaban tentang fungsi keyboard pada komputer, diantaranya:

Apa yang Kamu Ketahui Tentang Keyboard Komputer?

Teks, simbol, angka, dan karakter lainnya dapat dimasukkan ke dalam komputer, laptop, atau smartphone menggunakan keyboard sebagai perangkat input.

Keyboard Komputer Namanya Apa?

Versi awal keyboard komputer adalah keyboard komputer standar. Keyboard ini adalah keyboard paling sederhana untuk ditemukan di pengecer komputer.

Apa Perbedaan antara Shift dan Caps Lock?

Caps lock, kependekan dari capital lock, adalah tombol pada keyboard yang mengubah semua karakter tertulis menjadi huruf besar. Di sebagian besar tata letak tombol, caps lock dapat ditemukan di antara tombol Tab dan Shift, di sebelah kiri A.

Kesimpulan

Demikian artikel penjelasan mengenai fungsi keyboard pada komputer yang wajib kamu ketahui fungsinya. Tugas utama keyboard komputer adalah menerjemahkan penekanan tombol menjadi sinyal digital, yang kemudian dikirim ke CPU (Central Processing Unit).

Back to top button