Advertisement

Jelaskan Apa Itu User ID, Pengertian dan Fungsinya

Rancakmedia.com – Jadi, sebenarnya apa sih “User ID” itu? ID pengguna atau nama pengguna adalah rangkaian kata yang terdiri dari beberapa huruf yang unik dan digunakan sebagai ID.

User id untuk mengakses situs tertentu di internet. Pernahkah kamu masuk ke situs web atau aplikasi? Jadi terlebih dahulu kamu harus menginput username dan password, yang mana jika kamu belum memiliki akun, maka kamu harus mendaftar terlebih dahulu pada situs atau aplikasi yang kamu kunjungi.

Kata sandi selalu digunakan bersama dengan nama pengguna ini. Kata sandi adalah tindakan keamanan yang dilakukan untuk mencegah individu yang tidak berwenang, seperti peretas, mengakses profil atau data pribadi pengguna.

Karena itulah password di internet akan berubah menjadi karakter bintang (*) saat kita menuliskannya, yang tujuannya untuk mengamankan data pribadi kamu.

Mengenal Apa Itu User

Apa itu User? user merupakan pengguna yang ada pada layanan atau suatu perangkat di dalam sistem teknologi informasi, user atau nama pengguna individu tidak akan pernah sama dengan milik orang lain. Oleh karena itu, user ID unik diperlukan untuk setiap pengguna. Lanjutkan membaca untuk mempelajari lebih lanjut.

Misalnya, ketika kamu menyelesaikan pendaftaran atau mendaftar jika user id yang kamu coba ketikkan tidak ada, itu menandakan bahwa itu telah digunakan oleh orang lain atau ada karakter yang dilarang di situs atau aplikasi yang kamu kunjungi.

Meskipun mesin pencari akan terus menyarankan User ID yang masih dapat diakses berdasarkan frase yang kamu masukkan. Nah, untuk memudahkan kamu memahami kali ini, kami akan membuat contoh User Id dan Password.

Contoh User ID Pada Bank

Kemarin kami memulai layanan m-banking dengan bank independen. Namun, ada batasan tertentu, di antaranya kami diwajibkan untuk membuat nama pengguna dan kata sandi saat mengakses aplikasi.

Contoh User ID Pada Bank

Ini berguna untuk menjaga saldo di akun kamu, untuk nama pengguna dan kata sandi yang dapat kamu atur, baik saat masuk secara langsung atau perlu memasukkan kembali kata sandi.

Untuk mengetahuinya, kami akan melalui beberapa langkah yang telah kami ambil untuk menjaga keamanan informasi pribadi kami kali ini.

  1. Panjang huruf pada password minimal 8 huruf dengan campuran huruf kapital, simbol, dan angka.
  2. Coba Kata Sandi yang Kuat
  3. Saat memasukkan kata sandi dan login, cobalah untuk tidak membiarkan orang lain melihatnya.
  4. Selalu ingat kata sandi kamu sehingga bahaya kehilangan akun kamu dapat dihindari.

Contoh User ID dan Password di Akun Facebook

User ID di Facebook adalah ilustrasi khas dari apa yang sering kita lakukan dengannya. Siapa yang tidak kenal dengan istilah facebook? Di sini kamu login dan logout dengan mudah.

Jika kamu tidak ingat kata sandinya, maka kamu akan dibawa ke halaman bantuan di mana kamu diminta untuk menjawab pertanyaan tertentu. Kata sandi baru akan diminta jika hal ini terjadi.

Cara Kerja User ID dan Password Pada database

Pernahkah kamu merenungkan mengapa jika kita mengaktifkan save username dan password, lalu ketika kita masuk dan keluar di website, nanti kita tidak perlu menginput username lagi? Itu karena username dan password sudah tercatat di database website yang kamu kunjungi.

Cara Kerja User ID dan Password Pada Database

Nama pengguna yang kamu kirimkan akan langsung dimasukkan ke dalam database phpMyAdmin. Demikian juga di browser, ketika kamu menerima untuk mengingat kata sandi dan nama pengguna, maka ketika kamu masuk kamu tidak lagi diharuskan memasukkan kata sandi atau kata sandi.

Akibatnya, cache dan cookie browser akan mencatat semua yang kamu lakukan, termasuk nama pengguna dan kata sandi kamu.

Jenis-Jenis User Interface (Tipe, Definisi, dan Contoh)

Informasi visual yang berfungsi sebagai penghubung antara sistem dan orang-orang yang menggunakannya disebut antarmuka pengguna (UI) atau antarmuka manusia-mesin (HMI).

Jenis-Jenis User Interface

Pertukaran informasi dua arah terjadi antara pengguna dan mesin. Seorang pengguna akan memasukkan data atau instruksi pada komputer, dan kemudian komputer akan mengirimkan kembali informasi tersebut kepada pengguna.

Tiga Jenis User Interface

Menurut data yang kami peroleh dari Wikipedia, ada sekitar 29 jenis UI, tetapi untuk posting ini kami akan menjelaskan secara singkat 3 jenis UI paling umum yang sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari saat ini.

Command Line Interfaces (CLI)

Command Line Interface (CLI) muncul pada hari-hari awal teknologi komputer. CLI masih digunakan dalam teknologi modern, tetapi hanya digunakan untuk tugas dan instruksi paling dasar. Akibatnya, gaya antarmuka pengguna ini tidak disarankan bagi mereka yang baru belajar cara menggunakan komputer.

Contoh pengguna CLI tipikal termasuk teknisi dan manajer jaringan. Banyak pengaturan dan tugas sistem harus diselesaikan oleh mereka. Hanya tipe antarmuka CLI yang dapat digunakan untuk melakukan aktivitas ini.

Graphical user interfaces (GUI)

Antarmuka pengguna grafis (GUI), atau kadang-kadang dikenal sebagai WIMP (Windows, Ikon, Menu, dan Pointer), masih banyak kita gunakan hingga saat ini.

Operator menggunakan perangkat penunjuk (seperti mouse, touchpad, atau trackball) untuk memanipulasi penunjuk, yang selanjutnya berinteraksi dengan item lain di layar. Ini memungkinkan pengguna berinteraksi dengan gadget melalui ikon grafis dan isyarat visual lainnya.

Penggunaan GUI pada barang-barang yang ada di pasaran, misalnya laptop atau komputer pribadi dengan sistem operasi populer seperti Windows, Mac, dan Linux.

Natural User Interface (NUI)

Antarmuka pengguna alami (NUI) adalah antarmuka yang bertindak seperti orang dengan menggunakan hal-hal seperti sentuhan, gerakan, dan ucapan.

Apa Itu User Natural User Interface (NUI)

Kata “alami” dalam terminologi NUI menekankan bahwa cara hubungan antara sistem dan penggunanya seperti perilaku kita pada umumnya, dimana manusia berkomunikasi dengan manusia lain melalui suara, gerakan, dan sentuhan.

Contoh antarmuka pengguna yang biasa disebut sebagai “alami” termasuk multi-sentuh pada smartphone atau gerakan untuk mengoperasikan perangkat Xbox Microsoft melalui Kinect. NUI telah dijuluki tingkat berikutnya dalam evolusi antarmuka pengguna.

Dibandingkan dengan antarmuka pengguna grafis standar, manfaat NUI adalah keterlibatan pengguna terasa menyenangkan, sederhana, dan alami karena pengguna dapat menjalankan kemampuan dasar manusia (interaksi yang terjadi melalui mouse dan keyboard). Bahkan jika kita tidak hidup di “dunia digital”, kita bertindak seolah-olah kita melakukannya.

Untuk gerakan-gerakan tertentu, kita mutlak harus belajar beradaptasi terlebih dahulu. Di iPad, misalnya, kamu dapat beralih di antara aplikasi dengan menggesekkan empat jari ke kiri atau kanan.

Menggesek dengan empat jari meminta kita untuk mencoba memahami hubungan antara gerakan dan tindakan berikutnya. Menggesekkan empat jari bukanlah kegiatan biasa yang dilakukan manusia dalam kehidupan nyata, sehingga perlu waktu untuk mempelajarinya sebagai kebiasaan.

Antarmuka pengguna numerik harus mempertimbangkan konteks pengguna saat memasukkan gerakan, suara, dan sentuhan dalam desain mereka, kata Bill Buxton (peneliti utama di Microsoft).

Bill Buxton mencatat bahwa antarmuka pengguna suara dapat bekerja untuk kita saat mengendarai kendaraan, tetapi tidak berfungsi dengan baik dalam skenario ketika kita sedang dalam penerbangan yang padat. Orang lain dapat mendengar apa yang kita katakan.

FAQ

Berikut ini adalah pertanyaan dan jawaban tentang user id, diantaranya:

Apa Itu User ID Email?

Nama pengguna adalah alamat email yang terdaftar di platform eProcurement.

Sementara itu, sistem eProcurement secara otomatis mengirimkan kata sandi melalui email yang didaftarkan oleh pemasok, dan kamu dapat mengubahnya sendiri jika kamu dapat login ke situs web eProcurement sebagai penyedia barang atau jasa.

Apakah Username dan ID Itu Sama?

Nama pengguna, ID, kata sandi, dan email adalah empat komponen yang melekat pada setiap pengguna layanan atau produk di dunia maya. Diskusi Pertanyaan di atas mengajak kita untuk membandingkan dan mengkontraskan empat aspek yang berbeda.

Bagaimana Cara Mengetahui User ID Bri yang Lupa?

  1. Buka email kamu yang terdaftar di internet banking BRI. Solusi menemukan id pengguna BR yang hilang
  2. Di area pencarian, masukkan kata pencarian: “user id bri”. Mencari user id bri di email
  3. BRI akan mengirimkan pesan ke komputer kamu melalui jendela pesan masuk.
  4. Buka email dan lihat ID pengguna IB BRI kamu. solusi bagaimana menemukan nama pengguna bri
  5. Internet banking bri yang salah tempat
  6. Silakan gunakan ID pengguna ini untuk login ke BRImo atau fasilitas internet banking BRI kamu.
  7. Gunakan kata sandi yang tepat.
  8. Selamat, sekarang kamu sudah bisa membuka usaha sendiri.

Kesimpulan

Apa itu user ID? id pengguna atau nama pengguna adalah rangkaian kata yang terdiri dari beberapa huruf yang unik dan digunakan sebagai user ID untuk mengakses situs tertentu. Kata sandi adalah tindakan pengamanan yang dilakukan untuk mencegah individu yang tidak berwenang, seperti peretas, mengakses profil atau data pribadi pengguna.

Itu saja yang dapat kami sampaikan tentang topik kali ini. Terima kasih telah membaca artikel ini, dan jika kamu menyukainya, silakan bagikan dengan teman media sosial kamu.

Tombol kembali ke atas