Advertisement

Cara Melihat Spesifikasi Komputer Windows 7

Rancakmedia.com – Berikut ini adalah penjelasan mengenai spesifikasi komputer windows 7 kami dibantu dalam berbagai cara menggunakan teknologi. Yuk simak artikel dibawah ini dengan teliti.

Misalnya, kamu bisa melakukan pekerjaan kantor dari rumah (remote), bermain game dengan orang lain secara online, dan banyak hal lain yang tidak mungkin dilakukan beberapa dekade lalu.

Untuk melakukan salah satu hal di atas, kamu memerlukan komputer, jaringan komputer (seperti Internet), modem, dan periferal lain yang memenuhi persyaratan teknis tertentu.

Karena itulah kami melakukan riset dengan baik sebelum melakukan pembelian komputer atau komputer. Akibatnya, pertama-tama kami harus memutuskan bagaimana dan untuk tujuan apa kami ingin menggunakan komputer kami.

Kemudian kami ubah spesifikasi komputer yang ingin kami peroleh untuk melihat apakah akan sesuai dengan tuntutan kami nantinya.

Misalnya, jika kami ingin mendapatkan komputer komputer untuk digunakan bekerja dan bermain game online. Setelah itu, kami akan dapat mencari detail teknis di internet.

Membandingkan perangkat keras komputer kami dengan persyaratan minimal perangkat lunak atau game yang ingin kami manfaatkan adalah langkah selanjutnya dalam proses.

Jangan biarkan spesifikasi komputer kamu kurang dari apa yang dibutuhkan untuk menjalankan perangkat lunak dan game kamu secara maksimal.

Spesifikasi Komputer

Spesifikasi Komputer

Spesifikasi komputer meliputi fakta dan informasi tentang komponen komputer seperti perangkat keras (hard disk, RAM, CPU, motherboard, VGA) dan perangkat lunak yang menyertainya (driver dan sistem operasi).

Setelah kami mengetahui apa saja spesifikasi komputer tersebut, Lalu apa saja kelebihan yang bisa didapatkan jika kami melihat spesifikasi komputer tersebut?

Manfaat Melihat Spesifikasi Komputer

Sebagai sistem informasi dengan melihat spesifikasi komputer, kami mengetahui informasi tentang komponen-komponen komputer, termasuk hardware (harddisk, RAM, processor) dan software (driver dan sistem operasi), sehingga spesifikasi dari komputer dapat kami sesuaikan komputer untuk kebutuhan kami.

Instalasi Driver Perangkat keras komputer (seperti kartu suara atau VGA) mungkin terkait dengan driver perangkat lunak yang sesuai dengan melihat spesifikasi komputer.

Sehingga jika suatu saat kami harus mengganti komponen hardware lainnya, kami hanya perlu mendownload drivernya di website resminya agar hardware komputer dapat beroperasi dengan baik.

Lihat kualitas komponen. kami bisa mengetahui kualitas komponen komputer hanya dengan melihat spesifikasinya. Apakah komputer tersebut memiliki kapasitas RAM yang besar atau dapatkah VGA kami digunakan untuk bermain game online dengan presentasi visual terbaik?

Dan juga, jika kapasitas harddisk komputer kami cukup besar, bisa menyimpan banyak data. Dengan begitu, kami fleksibel. Demi menghindari penipuan.

Saat berbelanja komputer baru, beberapa pelanggan lebih memilih untuk bertanya langsung kepada pemilik toko komputer tentang harga, spesifikasi, dan sistem operasi komputer yang ingin kami beli. Bawa pulang setelah kamu menemukan yang paling cocok.

Kami dapat membandingkan spesifikasi komputer baru dengan yang ada di situs web resmi pabrikan, tetapi kami juga dapat melihat spesifikasinya dalam berbagai cara lain. Agar kami tidak tertipu jika ternyata komputer baru yang kami beli dengan merk tertentu adalah komputer rakitan.

Cara Melihat Spesifikasi Komputer

kami tahu apa kelebihannya jika kami melihat spesifikasi dari komputer tersebut. Kami akan membahas beberapa pendekatan berbeda untuk melihat spesifikasi komponen komputer di bagian berikut.

Manfaat Melihat Spesifikasi Komputer

Melalui Properties Explorer

Fitur bawaan pada komputer kami, terutama fungsi File Explorer Properties, adalah cara pertama untuk memeriksa spesifikasi komputer. Kami akan membahasnya lebih detail di bawah ini.

Cara melihat Spesifikasi komputer melalui Menu Properties File Explorer

  1. Pertama-tama kami Klik kanan pada Start Menu.
  2. Setelah itu kami Pilih File Explore.
  3. Kemudian Muncul lah Jendela File Explore.
  4. Lalu kami Klik kanan pada this PC.
  5. Selanjutnya kami Pilih Properties.
  6. Lalu Munculah Jendela System Properties yang berisi informasi tentang komponen pada windows seperti jenis sistem operasi (OS).
  7. Nama komputer yang terdaftar, dan Hardware yang terpasang seperti kapasitas RAM dan Processor.
  8. Selesai.

Melalui Menu Setting About

Spesifikasi komputer kami juga bisa dilihat di menu About Settings. Dalam pendekatan ini, kami dapat memeriksa pengaturan apa yang dilakukan pada sistem komputer.

Kami juga dapat melihat informasi tentang perangkat keras dan perangkat lunak apa yang diinstal pada komputer. Kami akan menjelaskan cara mencapainya di bawah ini.

Cara Melihat Spesifikasi komputer Melalui Menu Setting About

  1. Pertama-tama kami Klik Menu Windows yang ada di sebelah kiri layar komputer kami.
  2. Kemudian kami Klik Menu Setting.
  3. Setelah kami Masuk ke halaman Menu Setting kami Pilih opsi About.
  4. Kemudian munculah jendela Informasi yang berisi tentang komponen apa saja yang terpasang pada komputer kami seperti Sistem Operasi, kapasitas RAM, Processor dll.

Melalui Menu System Information

Menu Sistem Informasi adalah titik masuk ketiga komputer kami untuk melihat spesifikasinya. Hampir semua versi sistem operasi Windows sudah menyertakan kemampuan ini.

Dengan mengikuti beberapa prosedur sederhana, kami dapat dengan cepat menentukan spesifikasi komputer. Kami akan menjelaskan cara mencapainya di bawah ini.

Cara Melihat Spesifikasi komputer Melalui Menu System Information

  1. Pertama-tama kami Buka Star Menu pada komputer kami.
  2. Kemudian kami Ketikan System Information atau msinfo32 Pada kolom yang ada.
  3. Lalu kami Tekan Enter.
  4. Kemudian Munculah Jendela System Information yang berisi informasi tentang Hardware yang terpasang pada komputer kami beserta rangkuman sistem yang ada.
  5. Seperti Model dan jenis Sistem, Informasi model BIOS, hingga ukuran memori yang ada pada komputer milik kami.
  6. Selain itu kami juga bisa melihat info tentang kartu grafis yang terpasang pada komputer dengan cara melakukan expand di menu Komponen lalu kami klik tombol View.

Melalui Command Prompt (CMD)

Pengguna juga dapat memeriksa spesifikasi komputer yang kami beli menggunakan perintah Tool Prompt (CMD). Prompt sendiri adalah interpreter baris perintah yang dijalankan oleh sistem operasi. dan merupakan aplikasi yang diproduksi oleh Microsoft.

Perintah yang digunakan pada Command Prompt sendiri adalah systeminfo.exe. Nantinya, pengguna akan mengetahui informasi mengenai sistem yang terpasang di komputer. Prosedurnya seperti di bawah ini.

Cara Melihat Spesifikasi komputer Melalui Perintah Command Prompt (CMD)

  1. Pertama-tama kami Klik Menu Start.
  2. Pada kolom pencarian kami Ketik dan Tuliskan Command Prompt.
  3. Lalu kami Ketik perintah systeminfo dan Tekan Enter.
  4. Setelah itu kami pun akan mendapatkan informasi tentang konfigurasi pada hardware,system informasi, spesifikasi, informasi Update, Network Adaptor, BIOS, Memori dan informasi lainnya.

Melalui Menu Dx Diag

DxDiag, fungsi yang disertakan secara default di Windows, memungkinkan kami untuk melihat spesifikasi komputer.

Perangkat lunak Windows DxDiag (Alat Diagnostik DirectX) menguji fungsi Direct X dan memberikan informasi tentang sistem komputer dan memperbaiki masalah ketika ada masalah antara perangkat keras dan driver. Prosedurnya seperti di bawah ini.

Cara Melihat Spesifikasi komputer Melalui Menu Dx Diag

  1. Pertama-tama kami Buka Menu Run yang ada pada Windows. Atau juga bisa langsung menekan tombol Windows+R secara bersamaan pada keyboard.
  2. Lalu kami Ketik dan Tulis dxdiag pada kolom Run.
  3. Kemudian kami tekan Enter.
  4. Setelah itu munculah Jendela DirectX Diagnostic Tool yang menampilkan beberapa menu informasi tentang Spesifikasi komputer kami.

Adapun menunya adalah :

  1. System: Dengan menu ini kami bisa melihat informasi tentang nama komputer, sistem operasi, bahasa yang digunakan, jenis Bios, kapasitas Processor, Kapasitas RAM, Versi Direct X dan yang lainnya
  2. Display: Pada menu ini kami bisa melihat informasi tentang Jenis kartu grafis (VGA), Jenis monitor, Driver VGA, dan resolusi default monitor
  3. Sound dan Input Device: Pada menu Sound kami akan melihat informasi tentang jenis driver yang di gunakan pada Sound.
  4. Sedangkan pada Input device kami akan melihat jenis perangkat input yang terpasang pada komputer kami seperti Keyboard, Mouse, Modem USB dan yang lainnya.

Melihat Spesifikasi komputer Melalui Software CPU-Z

Untuk melihat spesifikasi komputer menggunakan kemampuan bawaan komputer, gunakan salah satu dari lima teknik di atas.

Cara Melihat Spesifikasi Komputer

Nah, selanjutnya kami akan membahas cara melihat spesifikasi komputer menggunakan software bernama CPU-Z. CPU-Z sendiri merupakan freeware (perangkat lunak bebas) yang menawarkan informasi beberapa perangkat keras utama komputer melalui sistem. Berikut cara menggunakannya.

Cara Melihat Spesifikasi komputer Melalui Software CPU-Z

  1. Pertama-tama kami Download Software CPU-Z di situs resminya https://www.cpuid.com/softwares/cpu-z.html.
  2. Selesai di download kami Instal Software CPU-Z di komputer kami.
  3. Selesai di instal kami Buka Software CPU-Z.
  4. Kemudian muncullah beberapa menu yang menampilkan informasi tentang spesifikasi komputer kami seperti CPU, Motherboard, Graphic, Memori dan yang lainnya.
  5. Selesai.

Dengan tampilan informasi yang lengkap pada software CPU membuat kami kini sudah paham tentang spesifikasi komponen pada komputer kami.

Melihat Spesifikasi Komputer Menggunakan Software Speccy

Ada program gratis bernama “Software Speccy” yang menampilkan informasi tentang komponen perangkat keras yang dimuat di komputer secara keseluruhan.

Piriform Ltd. membuat dan memublikasikan software ini pada 21 Mei 2018. Ukuran software yang hanya 4,9 megabyte ini tentunya bisa menjadi pilihan pertama kami untuk mengkaji spesifikasi komputer. Prosedurnya adalah sebagai berikut:

Cara Melihat Spesifikasi komputer Menggunakan Software Speccy

  1. Pertama-tama kami Download Software Speccy di situs resminya https://www.ccleaner.com/speccy.
  2. Selesai di download kami Instal Software Speccy di komputer kami.
  3. Kemudian setelah selesai di instal Buka Software Speccy.
  4. Lalu Munculah jendela Speccy yang Menampilkan Informasi tentang spesifikasi komponen pada komputer kami.
  5. Bila kami ingin melihat spesifikasi RAM dan Sistem operasi maka kami Klik Menu Summary.

FAQ

Berikut ini adalah pertanyaaan dan jawaban tentang komputer windows 7, diantaranya:

Mengapa Windows 7 Jadi Lambat?

Laptop Windows 7 yang lambat biasanya disebabkan oleh banyaknya proses startup yang berjalan secara otomatis saat laptop dinyalakan, serta oleh spesifikasi hardware yang tidak cukup untuk mengoperasikan program atau aplikasi.

Selain itu, sistem operasi yang lambat mungkin disebabkan oleh penumpukan file sampah di registri sistem.

Apa Penyebab Laptop Lambat Loading?

Alasan ketiga laptop loading lambat adalah ada masalah dengan harddisk. Terlepas dari apakah ruang penyimpanan harddisk sudah terisi atau kapasitas harddisk sudah tercapai, karena harddisk sendiri memiliki batasan umur.

Apa yang Harus dilakukan Agar Laptop Tidak Lemot?

  1. Menggunakan Aplikasi Sebagai Kebutuhan Penggunaan RAM yang berlebihan merupakan salah satu penyebab laptop menjadi lambat.
  2. Bersihkan Desktop. Penyebab lain laptop lambat di desktop adalah banyaknya aplikasi yang berjalan secara bersamaan.
  3. Pemindai Virus Ketat Bekerja. Virus di laptop atau komputer juga bisa menjadi salah satu penyebab turunnya performa PC.
  4. Gunakan memori untuk aplikasi yang sesuai. Pengguna laptop pasti mengetahui spesifikasi dari laptop yang dimilikinya. Pengguna juga harus menginstal aplikasi yang sesuai dengan karakteristik laptop.
  5. Memperluas RAM sistem. Teknik paling ampuh untuk mengatasi penyakit lemot pada laptop adalah dengan memperbanyak kapasitas RAM.
  6. Membersihkan Interior Laptop Adanya debu pada laptop mungkin juga menjadi salah satu penyebab laptop lemot.
  7. Menggunakan Tempel Termoplastik Agar CPU tetap dingin, bahan yang dikenal sebagai pasta termal dapat diterapkan ke prosesor.
  8. Menggunakan Pendingin Netbook Jangan lupa untuk menjaga laptop tetap dingin dengan menggunakan pendingin netbook. Penggunaan kipas kedua menawarkan manfaat luar biasa untuk mengurangi suhu laptop menjadi terlalu tinggi.

Kesimpulan

Sebagai hasilnya, kami telah menguraikan apa itu spesifikasi komputer, mengapa berguna, dan tujuh cara berbeda untuk melihatnya. Dengan membaca informasi di atas, kami tidak akan bingung lagi bagaimana melihat spesifikasi komputer tersebut.

Untuk memenuhi spesifikasi minimal dari perangkat lunak atau game yang digunakan. Dan kami tidak akan tertipu jika harus membeli komputer baru.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas