Advertisement

Apa yang Dimaksud dengan User Interface?

Rancakmedia.com – Berikut ini adalah penjelasan mengenai apa yang dimaksud user interface, karena persaingan di media digital, banyak perusahaan saat ini mencoba membuat aplikasi bisnis dan situs web kamu terlihat dan berfungsi sebaik mungkin.

Elemen tampilan visual dari sebuah aplikasi atau website inilah yang oleh para pengembang dan desainer web disebut sebagai user interface (UI).

Antarmuka pengguna adalah komponen penting sekaligus pendekatan yang tepat untuk menyajikan bentuk situs atau aplikasi dengan cara terbaik sehingga pengalaman pengguna (UX) optimal.

Seolah-olah antarmuka pengguna adalah satu-satunya hal yang membentuk kesan pertama pengguna terhadap sistem.

Pengguna mengharapkan desainer UI untuk merencanakan dan merancang bagian visual perangkat lunak dengan hati-hati karena bagian tersebut sangat penting bagi perangkat lunak.

Kali ini, kami akan membahas informasi penting tentang UI, mulai dari definisi, fungsi, fitur, dan contoh penggunaan yang baik.

Dengan begitu, kamu mungkin lebih sadar bahwa antarmuka pengguna adalah aspek penting dari pengalaman atau aplikasi online yang menyenangkan pengguna.

Pengertian User Interface

Pengertian User Interface (UI)

User Interface adalah bagian dari komputer, situs web atau aplikasi yang memungkinkan orang melihat dan berinteraksi dengannya. Tujuannya adalah membuat penggunaan komputer, situs web, atau aplikasi menjadi lebih mudah dan lebih intuitif.

  1. Kamu mungkin melihat contoh dasar UI di tampilan menu Windows.
  2. Ketika kamu mengklik simbol Windows di sudut kiri bawah layar pada komputer atau laptop Windows, pilihan berikut akan muncul.
  3. Antarmuka pengguna terdiri dari dua komponen utama karena sangat penting untuk keseluruhan pengalaman.
  4. Yang pertama adalah desain visual, yaitu tentang bagaimana perangkat lunak terlihat dan terasa secara keseluruhan.
  5. Yang kedua adalah desain antarmuka, yang merupakan kumpulan fitur fungsional dan logis dari produk perangkat lunak.

Cara lain untuk mengatakannya, antarmuka pengguna adalah tentang bagaimana sesuatu terlihat dan apa yang dapat dilakukan untuk pengguna akhir yang dapat melihatnya.

UI biasanya memiliki elemen visual seperti palet warna, animasi, tipografi, tata letak dan komposisi, foto, ikon dan elemen desain UI lainnya.

Desain dan tata letak antarmuka pengguna harus bekerja dengan ukuran sistem dalam kaitannya dengan perangkat yang dimaksudkan untuk digunakan.

Jenis User Interface (UI)

Untuk sebagian besar, antarmuka pengguna dapat berbentuk perangkat keras atau perangkat lunak. Contoh UI berupa perangkat keras antara lain berupa keyboard, mouse, microphone, kamera, display, speaker, printer, dan jenis perangkat lainnya.

Ketika datang ke perangkat lunak atau situs web, user interface dapat mengambil banyak bentuk yang berbeda, seperti:

  1. Form-based UI, merupakan tampilan antarmuka yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam program atau aplikasi yang menawarkan pilihan terbatas.
  2. Graphical UI, merupakan perangkat input yang dapat menghasilkan output berupa visual, contohnya keyboard dan monitor.
  3. Menu-driven UI, merupakan UI yang menggunakan daftar pilihan agar bisa menavigasi program atau web. Misalnya pada ATM, perangkat tersebut menggunakan UI menu-driven ini sehingga user (nasabah) dapat menggunakannya dengan mudah.
  4. Touch UI, merupakan antarmuka yang bisa dioperasikan dengan sentuhan. Kamu bisa menemukan jenis UI ini pada sebagian besar smartphone, tablet, dan perangkat apapun yang menggunakan layar sentuh dengan input haptic.
  5. Voice UI, merupakan bentuk perangkat yang menggunakan perintah auditori atau suara agar terjadi interaksi antara manusia dan mesin. Contohnya pada perangkat virtual assistant, talk-to-text, GPS, dan lain sebagainya.

Fungsi User Interface (UI)

Dengan kata lain, tujuan utama antarmuka pengguna adalah membuat keterlibatan dengan sistem sesederhana, efektif dan semenyenangkan mungkin bagi orang-orang yang menggunakannya.

Dengan kata lain, UI sangat penting untuk memenuhi harapan pengguna dalam keberhasilan pengoperasian aplikasi atau situs web.

Jelas bahwa antarmuka pengguna adalah arsitektur yang sama pentingnya dengan kode perangkat lunak untuk pengembangan teknologi yang kita gunakan saat ini.

Aplikasi atau situs web yang tidak memiliki UI akan sulit digunakan, sehingga membuat frustrasi pengguna, terutama kamu yang tidak paham teknologi.

Antarmuka pengguna grafis (GUI) program merupakan bagian integral dari kegunaannya secara keseluruhan, dan UI memainkan peran penting dalam hal ini.

Antarmuka yang layak juga dapat memengaruhi lalu lintas situs web karena banyak orang akan mengunjungi situs lebih lama.

Apalagi jika website yang kamu miliki adalah website perusahaan, user interface merupakan elemen yang membantu keberhasilan proses pemasaran bisnis.

Karakteristik User Interface yang Baik

Jenis Antarmuka pengguna

Fungsionalitas dan grafik UI yang baik akan sangat penting untuk membangun merek kamu dan mengenal pengguna kamu.

Akibatnya, pelanggan akan lebih loyal terhadap produk kamu dan merasa bahwa produk kamu benar-benar dapat menguntungkan kamu.

Selain itu, orang lebih cenderung senang dengan suatu produk jika terlihat bagus, bahkan jika produk tersebut tidak melakukan apa yang seharusnya dilakukan. Terlepas dari apakah produk itu digital (perangkat lunak) atau fisik (perangkat keras), ia harus:

Valuable

Tidak sesuai fungsi dan desain cantik. Faktor pertama dan paling penting dalam antarmuka pengguna adalah apakah produk kamu dapat memenuhi permintaan pengguna atau tidak.

Jadi, sebagai pemilik produk (baik perangkat keras atau perangkat lunak), kamu perlu mengidentifikasi basis pelanggan ideal kamu.

Yang terpenting, pastikan bahwa produk kamu dapat memahami dan mengatasi masalah audiens target sehingga kamu ingin menggunakan produk kamu.

kamu tidak perlu khawatir tentang detail produk sampai kamu tahu apa tujuan utama kamu dan kepada siapa kamu ingin menjualnya.

Memuaskan

Pengguna seperti apa yang tidak menghargai aplikasi atau perangkat lunak yang secara visual menarik dan menyenangkan untuk digunakan?

Antarmuka pengguna yang menarik dan dapat diakses, elemen desain yang menarik biasanya menjadi pertimbangan utama untuk terus menggunakan aplikasi atau program.

Akibatnya, pelanggan dapat mengembangkan pengalaman fantastis dari sistem kamu, jadi jangan ragu untuk menjadi pengguna setia.

kamu dapat menggunakan tata letak halaman yang berbeda, animasi, informasi yang dapat berinteraksi dengan kamu, desain grafis, dan pola serta warna yang menarik.

Mudah Diakses

Ciptakan produk yang akan menarik khalayak seluas mungkin dengan berfokus pada orang-orang yang paling diuntungkan.

kamu harus mendefinisikan semua pelanggan sasaran dengan jelas, mengidentifikasi pelanggan sasaran yang memiliki tuntutan paling jelas dan khusus.

Setelah pengguna target utama puas, kamu dapat meningkatkan atau merombak produk sehingga dapat menjangkau pengguna target tambahan.

Kesenangan pengguna dengan antarmuka berhubungan langsung dengan seberapa baik antarmuka dengan rekan-rekannya.

Hasilnya, kamu akan memiliki gagasan yang lebih baik tentang cara membuat produk kamu lebih ramah pengguna.

Intuitif

Setiap orang yang bekerja pada perangkat keras atau perangkat lunak perlu memikirkan bagaimana pengguna akan berinteraksi dengan produk. Ini dapat memastikan bahwa pengguna akan menyelesaikan penggunaan produk dengan benar.

Karena konsumen tidak boleh memikirkan apa yang kamu lakukan saat berinteraksi dengan suatu produk. Cukup, meskipun, untuk mencapai tujuan produk yang dinyatakan.

Jelas dan Ringkas

Atribut ini menunjukkan bahwa kesederhanaan antarmuka pengguna adalah kuncinya. Jika pengguna ingin mencapai tujuan itu, kamu memerlukan penjelasan singkat dan jelas tentang bagaimana antarmuka itu dimaksudkan untuk digunakan.

Fitur desain yang menghemat waktu pelanggan ketika kamu menggunakan produk harus digunakan sebanyak mungkin, seperti halnya yang mengurangi jumlah informasi yang diduplikasi.

Konsisten

Selain dari halaman rumah, harus ada lebih banyak halaman dalam program atau situs web. Kamu tidak boleh membuat terlalu banyak perbedaan dalam desain antarmuka antara halaman utama dan halaman lain karena dapat menyebabkan kebingungan dalam cara program mengirimkan datanya.

Dengan kata lain, gunakan tata letak umum untuk membangun antarmuka yang konsisten dan minimal.

Contoh Desain User Interface yang Kreatif

Fungsi User Interface

Sekarang kamu memiliki bekal untuk dapat membangun desain UI yang sangat baik dan menyenangkan pengguna.

Setelah itu, kami akan menunjukkan beberapa konsep antarmuka pengguna favorit kami. Mungkin bisa menginspirasi desain untuk aplikasi atau website kamu.

Notion Product Onboarding

Notion adalah aplikasi web dan perangkat lunak manajemen proyek yang memudahkan untuk melacak produktivitas tim atau individu yang bekerja secara digital dan jarak jauh. Dengan Notion, kamu dapat membuat catatan, membuat agenda kerja, dan daftar tugas.

Kami memilih Notion sebagai salah satu contoh terbaik dari desain antarmuka pengguna karena sebagian besar halaman untuk memulai sudah jelas dan disatukan dengan baik. Hampir semua kemampuannya akan tercakup dalam instruksi manual yang mudah digunakan.

Orang yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara menggunakan Notion juga dapat menonton video dan membaca artikel pelatihan.

FlowMapp Interface Rapi

Pengguna baru akan menyukai tampilan halaman proyek yang mudah digunakan dan detail penting proyek ditampilkan dengan bersih dan rapi. kamu juga akan menyukai bahwa Notion disertakan.

Antarmuka pengguna FlowMapp dibuat lebih jelas dan sederhana karena penggunaan desain palet warna putih netral dan menu terstruktur.

Proses fungsional produk yang lebih cepat didukung oleh desain antarmuka pengguna ini, memungkinkan konsumen untuk menggunakan kemampuan khusus.

Figma Panduan Pengguna Pemula

Saat pengguna membuat file baru di Figma untuk pertama kalinya, tooltip animasi muncul untuk menjelaskan cara kerja setiap fungsi. Animasi tooltip ini disediakan dalam pop-up dengan tombol Next berwarna ungu cerah.

Keuntungan menawarkan fungsi panduan di antarmuka pengguna adalah meningkatkan pemahaman pengguna baru program sehingga kamu tidak perlu mengulang banyak pelajaran.

Dengan begitu, faktor kebahagiaan pengguna akan semakin besar dan pengguna cenderung untuk terus menggunakan program tersebut.

Drink Half Past Palet Warna yang Konsisten

Situs web Drink Half Past adalah contoh bagus lainnya dari situs web yang dirancang dengan baik dengan antarmuka pengguna yang bagus.

Situs web ini menonjol dengan mengadopsi skema warna konstan putih, merah muda, oranye, hijau, dan kuning. Penggunaan warna-warna pastel tampak menarik secara estetis dan menyampaikan semangat ceria merek tersebut.

Menurut statistik, sekitar 85 persen pengunjung situs web memilih warna sebagai alasan utama kamu memilih untuk membeli produk di situs web e-niaga.

Typeform Galeri Menu Template

Saat pengguna siap untuk mulai mendesain formulir baru, Typeform, alat online untuk membuat dan mengkustomisasi formulir, menampilkan galeri templat yang dibuat sebelumnya.

Typeform menyediakan serangkaian desain template yang disarankan yang banyak digunakan pengguna lain, sehingga pengguna dapat menghemat waktu dalam menentukan penggunaan template.

Dengan menggunakan template, pengguna akan belajar lebih banyak daripada sebelumnya karena informasi yang diberikan kepada kamu.

Strategi desain ini dapat mempermudah dan mempercepat pengguna untuk memahami cara kerja fitur aplikasi.

Karakteristik User Interface

User Interface adalah Pintu Pertama Kepuasan Pengguna

Barang digital dengan antarmuka pengguna yang baik memberi perusahaan keunggulan di dunia yang terus berkembang dan di mana perusahaan menjadi lebih sadar akan pentingnya pengalaman pengguna yang baik.

Jadi antarmuka pengguna adalah cara terbaik dan terindah untuk menunjukkan seberapa baik item digital bekerja. Ini juga memainkan peran penting karena ini adalah pertama kalinya pengguna berinteraksi dengan barang sistem untuk memenuhi kebutuhan kamu dan mencapai tujuan kamu.

Buat antarmuka pengguna yang menempatkan kemudahan penggunaan program kamu di urutan teratas daftar prioritas sehingga pelanggan kamu dengan senang hati menyebarkan berita tentangnya kepada teman dan keluarga kamu.

Dengan cara itu, situs web atau aplikasi kamu akan memperoleh trafik pemanfaatan tinggi dan membantu perusahaan kamu berkembang secara optimal.

Terakhir, dari sisi kami, kami harus terus berinovasi untuk menciptakan antarmuka yang user-friendly sehingga orang mengerti bahwa antarmuka pengguna lebih dari sekadar tampilan desain perangkat lunak.

Kesimpulan

Antarmuka pengguna dari suatu perangkat lunak adalah antarmuka antara pengguna akhir dan program yang membuatnya.

Antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) adalah dua elemen yang tidak dapat dipisahkan karena saling terhubung, meskipun tujuan penerapannya berbeda.

Kunci dari antarmuka pengguna yang baik adalah untuk dapat menyajikan dan berinteraksi dengan perangkat lunak dengan cara yang memudahkan pengguna untuk menemukan informasi dan mencapai tujuan kamu.

Back to top button