Advertisement

Cara Mengatasi Aplikasi Twitter Down di Semua Perangkat

Rancakmedia.com – Aplikasi twitter sedang down, dan para pengguna mengeluh bahwa mereka tidak dapat mengaksesnya, jika kamu belum tahu bagaimana cara mengatasinya silahkan simak penjelasannya dibawah.

Dengan menggunakan Twitter, kamu dapat mengirim, membaca, dan bereaksi terhadap pesan 140 karakter (dikenal sebagai “tweet”) di platform jejaring sosial. Twitter digunakan oleh lebih dari 22,8 persen pengguna Internet Indonesia.

Twitter diperkirakan memiliki 166 juta pengguna aktif harian per Minggu, 3 April 2021, dengan pangsa pasar 8,79 persen. Dengan pangsa pasar yang begitu besar, Twitter terus berupaya untuk menjaga agar aplikasi dan layanannya tetap stabil dan optimal saat digunakan.

Dalam keadaan yang jarang terjadi, ada pengguna yang terkadang mengalami kesulitan saat memulai aplikasi Twitter (loading terus menerus sampai ditutup paksa). Jika kamu melihat beranda Twitter di browser PC atau laptop, itu sama seperti kamu menggunakan aplikasi.

Aplikasi Twitter Down Pengguna Mengeluh

Layanan Twitter telah dilaporkan down atau down oleh sejumlah pengguna. Dikatakan bahwa mereka tidak dapat mengakses media sosial dan timeline diperbarui.

Aplikasi Twitter Down Pengguna Mengeluh

Tidak ada masalah dengan mengakses Twitter di perangkat seluler atau desktop. Saat mengawasi situs web Downdetector, ternyata ada beberapa keluhan yang masuk.

Pukul 23.00 WIB Kamis malam (26/8/2021), laporan down Twitter mulai ramai. Kemudian mulai ramai kembali pada Jumat pagi (27/8/2021) sekitar pukul 08.00 WIB.

Versi Android dari aplikasi Twitter bertanggung jawab atas hingga 63 persen masalah.31% memiliki masalah dengan komputer, sementara 31% memiliki masalah dengan perangkat iOS.

Menurut peta pemadaman Twitter, empat kota besar Indonesia Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Bali terkena dampak pemadaman.

Hal itu dilaporkan sejumlah pengguna lain di kolom komentar situs Downdetector. Mereka curhat kesulitan mengakses media sosial dengan lambang burung biru.

Aplikasi Twitter Down di PC atau Laptop

Jika Twitter tidak berfungsi, itu karena kelemahan aplikasi atau pembatasan yang diberlakukan oleh penyedia layanan atau pemerintah kamu.

Penyebab lain kegagalan aplikasi atau situs web termasuk koneksi internet yang tidak stabil, penumpukan file cache, dan pemfilteran penyedia layanan WiFi. Coba perbaikan cepat ini jika kamu mengalami masalah dalam menyelesaikan masalah ini.

Pastikan Koneksi Internet Stabil

Jika kamu mengakses Twitter menggunakan browser komputer atau laptop, maka pastikan koneksi internet di komputer atau laptop kamu sangat stabil. Karena memiliki koneksi internet yang cepat dan stabil sangat penting untuk mendapatkan hasil maksimal dari Twitter.

  1. Kunjungi situs web atau media sosial lain seperti Facebook, YouTube, Pinterest, dan sejenisnya untuk melihat apakah koneksi internet kamu berfungsi dengan baik.
  2. Gunakan fast.com/id/internet jika kamu ingin melihat seberapa cepat koneksi kamu sebenarnya. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui apakah koneksi internet yang kamu gunakan stabil atau tidak.
  3. Baik kamu menggunakan jaringan WiFi publik, seperti di kedai kopi atau universitas, periksa apakah administrator jaringan telah memblokir akses ke situs web atau aplikasi Twitter. Menggunakan jaringan pribadi virtual (VPN) adalah pilihan jika ini masalahnya. Poin ketiga memberikan penjelasan.

Kemungkinan Twitter Mengalami Down

Jika kamu yakin bahwa koneksi internet tidak menjadi masalah sama sekali, maka opsi lainnya adalah Twitter sedang down. Untuk memastikannya, tanyakan sekitar untuk melihat apakah ada orang lain yang dapat mengakses situs web Twitter.

Situs web downdetector.com memungkinkan kamu memverifikasi apakah Twitter memang sedang down. Jika itu masalahnya, maka kamu hanya bisa menunggu sampai Twitter kembali normal.

Coba Gunakan VPN

VPN (Virtual Private Network) adalah teknik koneksi jaringan yang sering digunakan ketika menghadapi masalah saat mengakses situs atau aplikasi yang dibatasi oleh pemerintah atau provider. Selain aman, VPN menyamarkan identitas pengguna menggunakan enkripsi dan penyamaran IP.

Jika kamu khawatir bahwa ISP, pemerintah, atau penyedia WiFi kamu mencegah kamu mengakses situs web atau aplikasi tertentu, jaringan pribadi virtual (VPN) mungkin menjadi solusinya. Kamu akan dapat mengakses situs web terbatas karena alamat komputer/laptop IP kamu akan dialihkan ke negara lain (dan dienkripsi).

Banyak VPN dapat diakses dalam bentuk ekstensi atau aplikasi. kamu dapat menemukan saran VPN terbaik dan gratis di sini.

Twitter Tidak Bisa dibuka di HP Android

Jika Twitter tidak dapat dibuka di ponsel Android kamu, periksa masalah berikut.

Twitter Tidak Bisa dibuka di HP Android

Update Aplikasi Twitter

Ada potensi adanya cacat pada aplikasi Twitter yang menyebabkan aplikasi tidak bisa dibuka atau error. Perbaikan bug, peningkatan kecepatan, dan aplikasi baru adalah bagian dari pembaruan perangkat lunak reguler (jika tersedia). kamu dapat membuka Google Play Store untuk memperbarui aplikasi.

  1. Di ponsel Android kamu, buka Google Play Store.
  2. Ketuk ikon [menu] tiga baris di bagian atas dan pilih Aplikasi & Game.
  3. Temukan dan pilih aplikasi Twitter.
  4. Jika pembaruan tersedia, kamu dapat menekan Perbarui dan menunggu proses pembaruan selesai.
  5. Selesai.

Hapus Cache Aplikasi Twitter

Saran selanjutnya adalah menjalankan aplikasi dengan cache kosong. Strategi ini sering berguna dalam menangani aplikasi yang tidak dapat dibuka atau error. File cache dapat dihapus dengan masuk ke administrasi aplikasi atau mengelola aplikasi.

Atau kamu juga dapat menggunakan aplikasi pembersih untuk menghapus cache sistem dan aplikasi pada memori internal dan RAM sepenuhnya. Ikuti petunjuk ini untuk menghapus cache browser kamu.

  1. Pengaturan ponsel Android kamu terletak di aplikasi Pengaturan.
  2. Pilih Kelola Aplikasi » untuk menemukan dan memilih aplikasi Twitter.
  3. Memilih “Hapus data” atau “Hapus cache” Silakan klik tombol OK untuk mengonfirmasi penghapusan.
  4. Selesai.

Hapus Data Aplikasi Twitter

Jika menghapus cache masih tidak membuat Twitter menjadi normal, coba hapus data aplikasi. Semua file sementara seperti cache, cookie, database, dan sejenisnya akan dihapus saat kamu menghapus data dari aplikasi Twitter.

Pendekatan ini tidak akan menghancurkan akun Twitter kamu itu hanya akan menghapus log pada aplikasi. Setelah keluar dari aplikasi Twitter, kamu dapat masuk kembali ke akun kamu.

  1. Pengaturan ponsel Android kamu terletak di aplikasi Pengaturan.
  2. Pilih Kelola Aplikasi » untuk menemukan dan memilih aplikasi Twitter.
  3. Memilih “Hapus data” Hapus semua data ” Pilih ‘OK’ untuk mengonfirmasi penghapusan.
  4. Selesai.

Install Ulang Aplikasi Twitter

Langkah selanjutnya adalah mencoba untuk menghapus dan menginstal ulang aplikasi Twitter. kamu harus menggunakan opsi ini jika aplikasi benar-benar gagal dan terjadi penutupan paksa saat dibuka. Silakan ikuti langkah-langkah yang tercantum di bawah ini untuk mencopot pemasangan aplikasi.

  1. Pengaturan ponsel Android kamu terletak di aplikasi Pengaturan.
  2. Pilih Kelola Aplikasi » untuk menemukan dan memilih aplikasi Twitter.
  3. Pilih Copot pemasangan lalu OK untuk mengonfirmasi pencopotan pemasangan.
  4. Selesai.
  5. Setelah menghapus aplikasi, kami sarankan untuk membersihkan cache dengan aplikasi yang lebih bersih.
  6. Setelah itu, restart ponsel Android kamu, lalu instal ulang aplikasi Twitter.

Twitter Mengalami Down

Seperti yang saya sebutkan di atas, ada potensi bahwa Twitter sedang down. Tapi ini masih belum pasti. Coba tanyakan kepada teman kamu apakah mereka memiliki masalah yang sama atau tidak.

Kamu juga dapat memverifikasi kebenaran Twitter sedang down dengan halaman web downdetector.com. Jika demikian, kamu harus menunggu hingga Twitter normal dan tersedia kembali.

Kunci Jaringan 4G Only

Bisakah saya membuka aplikasi Twitter meskipun tidak bisa dibuka? Coba atur jaringan kamu ke mode 4G. Karena dengan menguncinya, biasanya sinyal akan lebih stabil dan tidak akan beralih ke 3G.

Untuk mencegah akses tidak sah ke jaringan 4G di Android, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Arahkan ke menu Pengaturan.
  2. Pilih Kartu SIM & Pengaturan Jaringan Seluler.
  3. Pilih kartu jaringan internet yang ingin kamu gunakan.
  4. Tekan menu Priority Network Type.
  5. Pilih Prioritas LTE atau Hanya 4G.

Cek Gangguan Sinyal Simcard

Kamu harus sangat memperhatikan cara ini karena mungkin aplikasi Twitter tidak dapat diakses karena penyedia sedang mengalami masalah.

Cek Gangguan Sinyal Simcard

Biasanya tidak akan ada sinyal atau informasi seperti “tidak ada layanan”, “hanya panggilan darurat” atau informasi serupa ketika ada gangguan pada penyedia. Jika kamu masih tidak yakin, kamu dapat menjelajahi web atau menonton video di YouTube.

Kesimpulan

Twitter digunakan oleh lebih dari 22,8 persen pengguna Internet Indonesia. Versi Android dari aplikasi Twitter bertanggung jawab atas hingga 63 persen masalah, menurut peta pemadaman Downdetector (DETAILED) pada hari Kamis dan Jumat.

Memiliki koneksi internet yang cepat dan stabil sangat penting untuk mendapatkan hasil maksimal dari Twitter. Menggunakan jaringan pribadi virtual (VPN) adalah pilihan jika hal ini tidak terjadi. Situs web downdetector.com memungkinkan kamu memverifikasi apakah Twitter memang sedang down.

Back to top button