Advertisement

Contoh Ekonomi Digital di Indonesia

Rancakmedia.com – Perkembangan ekonomi digital di indonesia tumbuh sangat pesat, untuk itu agar kamu mengetahui apa saja contoh dan dampaknya, mari simak informasinya pada artikel yang telah kami sediakan dibawah ini.

Digitalisasi telah selesai untuk semua saluran perusahaan dan pemerintah. karena penggunaan teknologi digital telah terbukti lebih baik, lebih efisien, dan lebih murah. Selain itu, ekonomi digital tumbuh paling cepat di manapun di dunia, terutama di Indonesia.

Digitalisasi memfasilitasi semua transaksi, jadi ini layak. Jika dibandingkan dengan transaksi tradisional, transaksi ini lebih efisien dan menghemat waktu daripada alternatifnya. Dengan demikian, digitalisasi ekonomi sangat penting bagi kemajuan Indonesia.

Apa Itu Ekonomi Digital?

Ekonomi digital adalah semua jenis kegiatan ekonomi yang memanfaatkan dukungan teknologi informasi dan komunikasi. Misalnya, upaya pemasaran atau transaksi perusahaan seperti ini dapat berdampak pada perekonomian.

Apa Itu Ekonomi Digital

Digitalisasi ekonomi adalah perkembangan yang luar biasa. Karena transaksi cashless semakin mempersulit pencuri dan pencopet untuk melakukan kejahatan, Setiap transaksi akan lebih cepat, mudah, dan aman akibat perubahan ini.

Namun, digitalisasi tidak serta merta berdampak baik pada bottom line. Pasalnya, ekonomi berbasis digital membutuhkan banyak sistem keamanan agar tidak mudah dibajak oleh peretas. Karena sistem digital sangat rentan ditembus oleh orang jahat, mereka dapat menguras semua aset kamu.

Perkembangan Ekonomi Digital di Indonesia

Ekonomi digital Indonesia masih tumbuh dengan pesat. Hal ini terlihat dari banyaknya situs e-commerce yang menjamur. Bahkan, beberapa di antaranya mampu berkembang cukup pesat hingga menjadi perusahaan unicorn.

Digitalisasi ekonomi ini terbukti menjadi peluang baru bagi pelaku UMKM. Karena UMKM dapat menjual barang dan jasanya secara lebih luas, lebih sederhana dan murah, Walhasil, di saat krisis atau wabah sekalipun, UMKM ini bisa bertahan.

Jadi, dengan bantuan teknologi digital, sejumlah besar perusahaan dan bisnis bertahan dan berkembang. Pekerjaan dan tingkat pengangguran akan sama-sama diuntungkan sebagai akibat dari hal ini. Pada akhirnya, hal ini akan berdampak baik bagi perekonomian negara.

Perkembangan Ekonomi Digital di Indonesia

Menilik dari data Ernst & Young, bahwa peningkatan transaksi pada e-commerce mencapai 40% per tahunnya. Sedangkan jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 93,4 juta orang dan 71 juta di antaranya adalah pengguna smartphone.

Dari dua fakta di atas, dapat diproyeksikan bahwa e-commerce dan ekonomi digital ke depan akan mengalami kemajuan yang baik. Oleh karena itu, manfaatkan digitalisasi ekonomi secara efektif agar kebutuhan dan perusahaan kamu semakin berkembang.

Contoh Ekonomi Digital di Indonesia

Berbagai peraturan perundang-undangan dan lokakarya sedang digunakan oleh pemerintah untuk lebih mengembangkan dan mengintegrasikan ekonomi digital Indonesia saat ini.

Namun, praktik digitalisasi ekonomi sudah berlangsung lama di negeri ini. Berikut adalah beberapa contoh:

Go-Jek dan Grab di Bidang Transportasi

Go-Jek dan Grab, dua perusahaan transportasi terpanas di Indonesia, seharusnya menjadi nama rumah tangga sekarang. Kenyataannya, kedua perusahaan besar ini memiliki pengaruh ekonomi yang signifikan terhadap penggerak di Indonesia sehingga distribusi ekonomi masyarakat semakin meluas.

Dana, OVO, Link Aja, dan lainnya untuk Transaksi Pembayaran atau E-wallet

Seperti yang kita ketahui, e-wallet merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia saat ini.

Pasalnya, teknologi e-wallet mendukung berbagai bentuk transaksi. Oleh karena itu, perkembangan e-wallet semakin meningkat dari waktu ke waktu dan memakan banyak karyawan.

untuk Transaksi Pembayaran atau Ewallet

Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan lainnya untuk Belanja Online atau E-commerce

Selain e-wallet, ada bentuk digitalisasi ekonomi lain yang banyak digunakan di Indonesia, yaitu e-commerce. Sebenarnya ada e-commerce tertentu yang mampu berkembang sangat cepat dengan pangsa pasarnya sendiri di Indonesia.

Namun, bertahan di industri ini tidaklah mudah karena persaingan yang cukup ketat. Tentu masih banyak lagi contoh bentuk ekonomi digital di Indonesia.

Namun ketiga tipe yang sudah kita bahas sejauh ini adalah yang paling banyak digunakan dan paling mudah didapatkan oleh masyarakat urban di Indonesia.

Potensi Ekonomi Digital di Indonesia

Mengingat Indonesia termasuk dalam kategori negara berkembang, maka tidak heran jika negara kita memiliki potensi yang luar biasa dalam hal ekonomi digital. Karena masih banyak ruang dan aspek digitalisasi ekonomi yang belum tergarap sepenuhnya.

Alhasil, ekonomi digital Indonesia akan terus tumbuh sepanjang waktu dan dengan teknologi saat ini. Memang benar bahwa kamu dapat menyalin sejumlah perusahaan digital yang sudah ada di tempat lain, tetapi tidak banyak di Indonesia.

Dampak Ekonomi Digital di Indonesia

Pengaruh positif atau negatif dapat dimiliki oleh setiap perubahan, dan ini termasuk ekonomi digital. Beberapa kelemahan ekonomi digital tercantum di bawah ini:

Terkikisnya Beberapa Lapangan Pekerjaan

Beberapa pekerjaan mungkin hilang sebagai akibat dari kemajuan teknologi dan kemajuan ekonomi digital. Karena prosesnya menjadi mekanis, maka kebutuhan sumber daya manusia secara otomatis akan berkurang, misalnya seperti wartel, karyawan manufaktur tertentu, dan lain-lain.

Terkikisnya Beberapa Lapangan Pekerjaan

Butuhnya Proses Transformasi

Untuk memanfaatkan semua keuntungan yang ditawarkan ekonomi digital dalam hal mempercepat kegiatan ekonomi, diperlukan spesialis yang menguasai teknologi yang diperlukan.

Perlunya Modal yang Cukup Besar

Ekonomi digital menuntut infrastruktur yang solid, internet yang sangat berfungsi, jaringan seluler dan telekomunikasi yang kuat. Metode ini mungkin memakan waktu dan membutuhkan pengeluaran yang besar.

Karakteristik Ekonomi Digital di Indonesia

Untuk dapat bertahan dan memenangkan persaingan dalam ekonomi digital, kamu perlu memahami beberapa fitur yang mendasarinya. Ekonomi konvensional, seperti yang telah kita pahami sampai saat ini, sangat berbeda dengan ekonomi digital. Perusahaan yang ingin bersaing di dunia digital seringkali harus siap melakukan perubahan bisnis.

Dalam ekonomi digital saat ini, kita mungkin berharap untuk melihat hal-hal seperti:

  1. Pengetahuan (Knowledge)
  2. Serba digital (Digitization)
  3. Serba virtual (Virtualization)
  4. Menjadi molekul kecil (Molecularization)
  5. Terintegrasi (Integration/Internetworking)
  6. Tanpa perantara (Disintermediation)
  7. Menyatu (Convergence)
  8. Penuh inovasi (Innovation)
  9. Produsen sekaligus konsumen (Prosumption)
  10. Serba seketika (Immediacy)
  11. Mendunia (Globalization)
  12. Perpecahan (Discordance)

Manfaat Ekonomi Digital di Indonesia

Terciptanya beberapa tren dan konsep start-up baru merupakan salah satu keunggulan ekonomi digital. Google, Microsoft, Apple, dan Amazon hanyalah beberapa dari banyak raksasa global yang lahir di era digital. Ekonomi digital juga memiliki keuntungan sebagai berikut:

Mempromosikan Penggunaan Internet

Teknologi dan internet meroket dimulai di Amerika Serikat dan sekarang dapat diakses oleh semua orang di seluruh dunia. Ekonomi digital meyakinkan kita bahwa internet akan terus ada dan begitu juga perusahaan berbasis web.

Mempromosikan Penggunaan Internet

Lahirnya E-Commerce

Ekonomi digital mendorong gerakan e-commerce. Tidak hanya penjualan langsung, tetapi pembelian, distribusi, promosi, produksi, penjualan semuanya menjadi lebih sederhana dengan ekonomi digital.

Produk dan Layanan Digital

Lewatlah sudah hari-hari film DVD, CD, atau rekaman musik. Berbagai hiburan dalam bentuk media dapat diakses secara online, serta untuk barang-barang perbankan dan asuransi.

Transparansi

Dalam ekonomi digital, sebagian besar transaksi dan pembayaran dilakukan secara online. Transaksi menggunakan uang tunai semakin jarang.

Proses ini membuat sistem perekonomian suatu negara semakin terbuka karena setiap langkahnya dapat dilacak.

Kesimpulan

Ekonomi digital tumbuh paling cepat di dunia manapun, terutama di Indonesia. Setiap transaksi akan menjadi lebih cepat, mudah, dan aman sebagai akibat dari perubahan ini. Digitalisasi ekonomi sangat penting bagi kemajuan Indonesia. Praktik digitalisasi ekonomi sudah berlangsung lama di Indonesia.

Demikian artikel tentang contoh ekonomi digital di indonesia, semoa artikel diatas dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu semua.

Back to top button