Advertisement

Cara Download Android Studio di Windows

Rancakmedia.com – Berbicara tentang Android Studio, kita akan membahas cara download android studio di Windows dengan cara yang paling komprehensif dan mudah. Yuk simak artikel dibawah ini dengan teliti.

Saat ini, Android Studio seharusnya menjadi nama yang terkenal di antara kamu yang ingin belajar cara mengembangkan.

Untuk mendesain aplikasi Android, kamu memerlukan perangkat lunak khusus. Android Studio adalah perangkat lunak yang terkenal dan mudah digunakan. Dalam posting ini, kami akan menjelaskan secara rinci cara mendownload Android Studio di Windows.

Berikut ini adalah persyaratan minimum untuk komputer kamu:

  1. RAM minimal 3GB. Direkomendasikan 8GB RAM.
  2. Minimal 2 GB penyimpanan yang tersedia. Direkomendasikan 4 GB (500 MB untuk IDE dan 1,5 GB untuk Android SDK dan sistem emulator)
  3. Resolusi layar minimum 1280 x 800.

Cara Download Android Studio

Cara Download Android Studio

Jika mesin kamu memenuhi persyaratan minimum, kamu dapat melanjutkan penginstalan Android Studio dengan mengikuti petunjuk yang diberikan di bawah ini. Untuk mengaktifkan dan menjalankan Android Studio, ikuti dua langkah berikut:

Download SDK Android Studio

Di bawah ini kita akan membahas dua fase penting secara rinci.

Setup Android Studio

Langkah pertama untuk mengaktifkan dan menjalankan Android Studio adalah mendownload langkah-langkah yang tercantum di bawah ini:

Download Android Studio

File Android Studio harus diunduh dan diinstal terlebih dahulu sebelum kamu dapat melanjutkan instalasi. File dapat diunduh dengan membuka URL ini dan mengklik tombol Unduh Android Studio.

Install Android Studio

Setelah selesai mengunduh file Android Studio, buka file tersebut dan ikuti langkah-langkah instalasi di bawah ini:

Halaman yang mirip dengan yang ditunjukkan di bawah ini akan muncul pertama kali. Klik Next untuk melanjutkan dengan prosedur instalasi.

Pilih Komponen Tambahan

Sisa Android Studio dapat diinstal dengan memilih tambahan yang sesuai dari menu install-down. Mengonfigurasi perangkat yang kompatibel dengan emulator Android menjadi mudah dengan fitur AVD (Android Virtual Device).

Sesuaikan komponen tambahan yang dipilih seperti pada gambar di bawah ini. Jika sudah, klik Next untuk melanjutkan instalasi.

Tentukan Lokasi Instalasi

Selanjutnya, pilih tempat untuk mendownload Android Studio di komputer kamu. Kami akan meletakkannya di C:Program FilesAndroidAndroid Studio untuk saat ini. Klik Berikutnya untuk melanjutkan setelah kamu memilih lokasi penginstalan untuk Android Studio.

Tentukan Nama Aplikasi Android Studio

Sebenarnya kamu bebas mengubah nama program Android Studio yang akan ditampilkan di Start Menu. Namun, demi kemudahan saat mencari program ini, kami sarankan menggunakan istilah “Android Studio”. Untuk melanjutkan, klik Instal.

Mulai Proses Instalasi

Setelah mengatur nama aplikasi Android Studio, kamu dapat memulai proses instalasi Android Studio. Instalasi Android Studio dapat dilihat pada gambar di bawah ini; harap bersabar sementara itu selesai.

Download SDK Android Studio

Install SDK Android Studio

SDK adalah kumpulan alat dan paket perangkat lunak yang digunakan oleh pengembang untuk membangun aplikasi untuk platform tertentu.

Sebelum mendownload Android Studio SDK, pastikan perangkat kamu terhubung ke internet. Mengingat fakta bahwa komponen Android Studio SDK harus diunduh, Berikut cara mendownload Android Studio SDK.

Install SDK Android Studio

Sebelumnya, kamu telah berhasil menginstal Android Studio. Buka aplikasi dan ikuti langkah-langkah instalasi SDK di bawah ini:

Halaman yang mirip dengan yang ditunjukkan di bawah ini akan muncul pertama kali. Klik Next untuk melanjutkan dengan prosedur instalasi.

Pilih Tipe Instalasi

Selanjutnya, pilih jenis instalasi. kamu memiliki dua pilihan berikut:

Opsi ini mencakup Android Studio tetapi tidak menyertakan pemasangan khusus apa pun.

Kustom: Untuk pilihan kustom, kamu dapat memilih hanya pengaturan dan komponen tambahan yang kamu butuhkan.

Untuk menghindari instalasi program asing, kita akan menggunakan Custom dalam tutorial ini. Untuk melanjutkan instalasi, klik tombol Next pada toolbar installer.

Pilih Tampilan Android Studio

Dasbor Android Studio sekarang dapat dikustomisasi menggunakan tema yang kamu pilih. Ketika datang ke tema Android Studio, kamu memiliki dua pilihan:

Darcula: Warna bertema: Gelap (Hitam)

Cahaya berwarna dengan tema tertentu (Putih)

Dalam pelajaran ini, kami menggunakan tema Darcula. Untuk melanjutkan, klik Berikutnya.

Pilih Komponen SDK Tambahan

Hanya jika kamu memilih Instalasi khusus, kamu akan diberikan opsi untuk memilih komponen SDK. Karena semua komponen SDK telah dipilih sebelumnya di Android Studio saat kamu memilih jenis penginstalan Standar, kamu tidak akan dapat memilih mana yang akan diinstal.

Sesuaikan komponen tambahan yang dipilih seperti pada gambar di bawah ini. Instalasi kemudian akan dilanjutkan jika kamu mengklik Next.

Tentukan RAM untuk Emulator

Hitung RAM selanjutnya. Untuk menghindari memperlambat emulator saat menjalankan aplikasi kamu sendiri, kami sarankan kamu menggunakan setidaknya 4GB RAM. Untuk melanjutkan instalasi, klik tombol Berikutnya pada bilah alat penginstal.

Review Pengaturan Instalasi

Kemudian, kamu akan disajikan informasi mengenai komponen SDK lain dan ukuran unduhannya. Klik Finish untuk memulai proses download komponen tersebut.

Proses Download dan Install SDK Android Studio

Setelah proses pengunduhan komponen SDK dimulai, kamu hanya perlu menunggu hingga pengunduhan selesai.

Prosedur mendapatkan dan menginstal file komponen SDK cukup panjang karena ukuran file cukup tinggi. Jadi, pastikan koneksi internet kamu stabil agar tidak ada masalah saat menginstal.

Setelah unduhan dan instal selesai, kamu akan melihat sesuatu yang mirip dengan tangkapan layar di bawah ini.

Setelah itu, kamu dapat mulai mengerjakan proyek Android Studio pertama kamu.

Cara Install Android Studio di Windows

Jika sebelumnya kamu mengunduh file.exe (disarankan), klik dua kali untuk menjalankannya.

kamu juga dapat mengunduh file the.zip, unzip, memindahkan direktori android-studio ke direktori Program Files, membuka direktori studio android bin, dan menjalankan studio64.exe (untuk sistem 64-bit) atau studio.exe ( untuk sistem 32-bit).

Ikuti prosedur penyiapan di Android Studio dan instal paket SDK yang disarankan.

Saat alat baru dan API lain tersedia, Android Studio akan mengingatkan kamu melalui jendela pop-up, atau kamu dapat memverifikasi ketersediaan pembaruan dengan memilih Bantuan – Periksa Pembaruan.

Cara Install Android Studio di Windows

Cara Instal Android Studio di Mac

  1. Luncurkan file DMG Android Studio.
  2. Seret dan lepas Android Studio ke folder Aplikasi di Mac kamu untuk memulainya.
  3. Pilih jika kamu ingin mengimpor pengaturan saat ini untuk Android Studio, lalu klik OK.
  4. Wizard Penyiapan Android Studio akan memandu kamu melalui langkah penyiapan berikutnya, seperti mengunduh komponen Android SDK yang diperlukan untuk pengembangan.
  5. Saat alat dan API baru tersedia, Android Studio akan memberi tahu kamu melalui jendela pop-up. kamu juga dapat memilih Android Studio – Periksa Pembaruan untuk melihat apakah pembaruan tersedia.

Cara Instal Android Studio di Linux

  1. Ekstrak file .zip yang telah kamu unduh ke direktori yang tepat untuk program kamu, misalnya di /usr/local/untuk profil pengguna kamu, atau /opt/untuk pengguna bersama.
  2. Jika kamu menjalankan Linux versi 64-bit, kamu harus menginstal perpustakaan untuk PC 64-bit terlebih dahulu.
  3. Luncurkan Android Studio dengan mengetik studio.sh di jendela terminal yang dibuka di direktori android-studio/bin/.
  4. Pilih jika kamu ingin mengimpor pengaturan saat ini untuk Android Studio, lalu klik OK.
  5. Wizard Penyiapan Android Studio akan memandu kamu melalui langkah penyiapan berikutnya, seperti mengunduh komponen Android SDK yang diperlukan untuk pengembangan.
  6. Pustaka yang diperlukan untuk sistem 64-bit kamu harus menginstal pustaka 32-bit dengan baris berikut: sudo apt-get install libc6: i386 libncurses5: i386 libstdc++6: i386 lib32z1 libbz2-1.0: i386.
  7. Jika kamu menggunakan Fedora 64 bit, perintahnya adalah sudo yum install zlib.i686 ncurses-libs.i686 bzip2-libs.i686.
  8. Saat alat baru dan API lain tersedia, Android Studio akan mengingatkan kamu melalui jendela pop-up, atau kamu dapat memverifikasi ketersediaan pembaruan dengan memilih Bantuan – Periksa Pembaruan.

Cara Instal Android Studio di Chrome OS

  1. Di File kami, buka folder Unduhan dan cari paket DEB yang kamu unduh sebelumnya.
  2. Klik kanan paket DEB dan pilih Instal dengan Linux (Beta).
  3. Pilih jika kamu ingin mengimpor pengaturan saat ini untuk Android Studio, lalu klik OK.
  4. Wizard Penyiapan Android Studio akan memandu kamu melalui langkah penyiapan lainnya, seperti mengunduh komponen Android SDK yang diperlukan untuk pengembangan.
  5. Setelah penginstalan selesai, mulai Android Studio dari Peluncur atau melalui terminal Chrome OS Linux dengan menjalankan studio.sh di direktori penginstalan default: /opt/android-studio/bin/studio.sh
  6. Selesai. Saat alat baru dan API lain tersedia, Android Studio akan mengingatkan kamu melalui jendela pop-up, atau kamu dapat memverifikasi ketersediaan pembaruan dengan memilih Bantuan – Periksa Pembaruan.

Kesimpulan

Sangat mudah bukan untuk download Android Studio di windows? Sekarang setelah Android Studio terinstal, kamu siap untuk mulai membangun aplikasi Android pertama kamu.

Ini adalah tutorial untuk download Android Studio di windows. Silakan mendaftar menggunakan kolom yang diberikan untuk mendapatkan konten terbaru yang dikirim ke email kamu segera.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas