Advertisement

Cara Membuat Game Online di Hp Android

Rancakmedia.comCara terbaik untuk membuat game online di Android bisa saja kamu lakukan tetapi apakah kamu sudah mengetahui caranya? jika kamu butuh bantuan silahkan baca artikel ini.

Membuat video game menarik bagi khalayak luas. Berkat masuknya era smartphone dan gadget mungil lainnya seperti komputer tablet, kini semakin banyak individu yang lebih suka bermain game online.

Google Play Store adalah satu-satunya tempat kamu dapat mengunduh berbagai game dengan cepat, praktis, dan gratis. Ini adalah keberangkatan yang signifikan dari hari-hari ketika kami hanya bisa bermain video game dengan membeli atau menyewanya dari video arcade.

Banyak pengembang tertarik ke bidang pengembangan game oleh ini dan game lainnya, serta oleh keinginan luas untuk video game. Banyak pengembang dapat berinovasi dengan mengembangkan game Android multipemain meskipun infrastruktur server ada.

Orang-orang di seluruh dunia semakin menyukai game multipemain Android karena dapat dimainkan bersama orang lain dan umumnya terlihat lebih menghibur daripada game pemain tunggal.

Game sering digunakan untuk membuat game multipemain. Saat ini sudah ada sub-genre game RPG yang dikenal dengan game MMORPG.

Meskipun RPG lebih mudah dibuat, game jauh lebih kompleks. Ini karena game masih membutuhkan programmer berpengalaman untuk dibangun dengan banyak waktu, uang, dan tenaga.

Di sisi lain, game RPG Android multipemain sangat mudah dibuat. Bahkan ada teknik mengembangkan game internet di ponsel Android yang mudah dan tanpa coding!

Penasaran bagaimana cara mengembangkan game multiplayer Android? Mari kita simak bersama bagaimana cara mengembangkan game multiplayer Android paling sederhana dari kami pada postingan berikut ini. Selamat membaca!

Cara Membuat Game Online Multiplayer untuk Pemula : Ngoding dan Tanpa Ngoding

Proses pembuatan game multiplayer Android cukup mirip dengan proses pembuatan aplikasi Android pada umumnya. Namun jika ditelisik lebih jauh, terdapat perbedaan cara mengembangkan game online di ponsel Android dengan membuat aplikasi standar Android.

Cara Membuat Game Online Multiplayer

Game multipemain Android juga dikenal sebagai RPG. RPG adalah singkatan dari Role Playing Game. Banyak orang suka bermain permainan peran semacam ini dalam kelompok online atau di berbagai gadget seluler karena kemudahannya untuk dimainkan dalam banyak.

Game multiplayer RPG Android ini memiliki berbagai macam tema, antara lain Pokemon, Among Us, Mobile Legend, PUBG, dan masih banyak lagi. Apakah kamu ingin membuat game multiplayer Android sendiri?

Banyak orang berpikir bahwa jika ingin membuat game sendiri, mereka harus tahu cara membuat kode (menulis bahasa pemrograman) terlebih dahulu.

Namun, ternyata ponsel Android dapat mengembangkan game online tanpa memiliki pengetahuan tentang pemrograman. Seperti apa?

Di bagian selanjutnya, kita akan berbicara tentang cara membuat game Android multipemain dengan coding dengan Android Studio dan cara membuatnya tanpa coding dengan program RPG Maker.

Membuat Game Online RPG Tanpa Ngoding : RPG Maker

RPG Maker adalah perangkat lunak yang diperlukan jika kamu ingin mempelajari cara membuat game online untuk ponsel Android tanpa harus mengetahui kode apa pun. RPG Maker adalah perangkat lunak yang memungkinkan kamu membuat game Android multipemain sendiri dengan cara yang masuk akal.

Membuat Game Online RPG Tanpa Ngoding

Meskipun demikian, kamu tetap dapat mengembangkan game kamu sendiri meskipun kamu tidak memiliki atau tidak begitu mahir dalam mempelajari metode pengkodean dan bahkan membuat karakter dalam game RPG.

RPG Maker dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai game online untuk Android, iOS, Windows, dan HTML5 di browser. Pengembang game RPG dapat memanfaatkan berbagai kemampuan tambahan yang disediakan oleh program ini, termasuk grafis resolusi tinggi dan dukungan untuk kontrol mouse dan layar sentuh.

RPG Maker membutuhkan perangkat keras berikut agar berfungsi dengan baik:

  1. HDD 2GB
  2. RAM 2GB
  3. CPU Intel Core 2 Duo
  4. OS Windows 7 sampai 10 (32 bit atau 64 bit) atau Mac OS X versi 10.10 ke atas
  5. Display screen 1.280 x 768 ke atas
  6. Graphics OpenGLR

Karena RPG Maker sudah memiliki teknik pemrograman, menambahkan dan mengedit data dalam database game sangat mudah dengan aplikasi ini. Kamu dapat mengubah karakter pemain dan tampilannya dengan template saat ini dengan menggunakan salah satu kemampuan langsung yang telah diberikan.

Kamu juga dapat menambahkan kriteria untuk keterampilan karakter, senjata, dan aksesori karakter, serta lokasi, musuh, dan cerita ke permainan kamu. Sesederhana mengklik “tambah” atau “edit” untuk memulai!

Membuat Game RPG dengan Ngoding Simple: Android Studio

Jika kamu ingin mencoba membuat game Android multipemain sambil belajar coding, kamu dapat mencoba membuat aplikasi game dengan Android Studio. Android Studio adalah IDE terkenal yang digunakan untuk membuat aplikasi untuk perangkat Android.

Membuat Game RPG dengan Ngoding Simple

Misalnya, jika kamu sudah memiliki keahlian pemrograman dasar, kami sangat menyarankan untuk memperkuat pengetahuan kamu dengan menulis game multipemain sederhana menggunakan Android Studio.

Menginstal Android Studio dan Android SDK adalah suatu keharusan untuk membuat game multipemain dasar menggunakan Android Studio. Aplikasi Android tidak dapat dibuat tanpa Vulkan dan OpenGL API yang ditawarkan oleh kedua program ini.

Android Studio membutuhkan setidaknya pengetahuan tentang bahasa pemrograman Java. Kemudian, kamu dapat menggunakan perangkat lunak Unreal Engine atau Unity bersama dengan Android Studio IDE untuk membuat desain tampilan visual game yang memukau.

Kombinasi berbagai perangkat lunak membuat proses pembuatan game Android berbeda dan sedikit lebih rumit daripada saat mengkodekan aplikasi Android standar.

Mesin Unreal dan Unity memiliki tujuan yang beragam, tergantung pada jenis game yang ingin kamu buat. Untuk game virtual 2D dasar yang tidak terlalu menguras baterai, Unity menggunakan bahasa pemrograman C#. Sedangkan Unreal sangat ideal untuk membuat game 3D dengan elemen visual yang lebih kompleks.

Kamu sekarang dapat mulai menggunakan alat-alat ini untuk membuat game jika semua prasyarat telah dipenuhi. Kamu harus mulai dengan membangun “tubuh” aplikasi pada awalnya (sisi backend) menggunakan Android Studio dan bahasa pemrograman Java.

Kemudian, layout diselesaikan dengan memprogram presentasi (front end) game menggunakan Unity atau Unreal. Di sini juga, kamu dapat menambahkan efek tambahan seperti logo pengembang, efek suara, musik, dan sebagainya.

Apa konsep permainan kamu, genre yang ingin kamu bawa dalam permainan, dan masalah serta narasi apa yang harus dihadapi para pemain?

Dari sana, setelah itu, kamu dapat menemukan berbagai manfaat dan orisinalitas dalam game yang kamu rancang. Untuk mempercepat produksi game, sebaiknya memiliki ide untuk game sebelum kamu mulai mencari teknologi untuk digunakan. Apakah kamu siap dengan tantangan membuat game online berbasis Android?

Kami menghargai minat dan partisipasi kamu dalam topik ini. Temukan artikel dan sumber daya tambahan tentang pengembangan game dan game teknologi informasi lainnya dengan melakukan pencarian online. Kami akan menyusul kamu di edisi publikasi berikutnya.

Cara Bikin Game Sendiri di Android dengan Aplikasi Draw Your Game

Telepon Draw Your Gaming untuk ponsel Android memungkinkan kamu membuat video game sendiri. Untuk alasan unik, kamu tidak perlu membuat desain yang rumit atau membuat kode apa pun.

Yang harus kamu lakukan adalah menggambar menggunakan spidol berwarna di atas kertas putih dan memotret. Penasaran seperti apa gamenya nanti? Perhatikan baik-baik ini dulu.

Cara Bikin Game Sendiri di Android dengan Aplikasi

  1. Download dan install program Draw Your Game terlebih dahulu.
  2. Pertama, rancang lingkungan permainan kamu dengan membuat sketsa di atas kertas HVS menggunakan ketentuan berikut: Hitam untuk lantai dan dinding, hijau untuk trampolin yang dapat membuat kamu terpental, biru untuk benda yang bergerak atau jatuh saat disentuh, dan merah untuk benda mematikan yang dapat membunuh kamu jika kamu menghubunginya.
  3. Kemudian, luncurkan program Draw Your Game yang telah kamu instal sebelumnya.
  4. Klik “Buat” setelah kamu membuka aplikasi.
  5. Perhatikan apa yang tertulis. Cukup klik tombol Berikutnya.
  6. Klik “Oke.”
  7. Kemudian, pilih “Foto” untuk mengambil gambar langsung dari ponsel Android kamu. Atau klik “Galeri” untuk melihat galeri di ponsel Android kamu.
  8. Gambar yang telah kamu hasilkan
  9. Setelah itu, kembalikan robot Android ke tempat sebelum kamu memulai. Setelah itu, cukup tekan tombol Play di tengah layar.
  10. Sudah bisa di mainkan

Itu saja untuk membuat game Android kamu sendiri. Gameplay yang diberikan dalam program ini sangat mudah. Imajinasi kamu dalam membuat peta diperlukan untuk membuat game ini menarik. Penempatan benda warna-warni, bentuk, dan jalur; kamu dapat mendesain sendiri untuk menjadikannya game yang menarik.

Begitulah cara mengembangkan game multiplayer dasar Android. Yang terbaik adalah memulai dengan konsep untuk game smartphone Android multipemain sebelum mengimplementasikan game lainnya. Tentukan ide permainan yang ingin kamu buat sebelum melakukan hal lain.

Kesimpulan

Google Play Store adalah satu-satunya tempat kamu dapat mengunduh berbagai game dengan cepat, praktis, dan gratis. Bahkan ada teknik mengembangkan game internet di ponsel Android yang mudah dan tanpa coding!

Mari kita simak bersama bagaimana cara mengembangkan game multiplayer Android paling sederhana. RPG Maker adalah perangkat lunak yang memungkinkan kamu membuat game Android multipemain sendiri dengan cara yang masuk akal.

Related Articles

Back to top button