Advertisement

Daftar Software Manajemen Sistem Database Yang Populer

Rancakmedia.com – Ini adalah daftar software untuk manajemen sistem database yang paling banyak digunakan, silahkan kamu simak dalam artikel ini untuk mengetahui apa saja daftarnya.

Di era teknologi saat ini, ungkapan “database” sudah menjadi hal yang lumrah. Bahkan jika mereka tidak tahu bagaimana menggunakannya, banyak orang yang akrab dengan konsep fungsi database. Semua data dan informasi bisnis sekarang disimpan dalam database, bukan di atas kertas.

Ada berbagai solusi DBMS (Database Management System) untuk dipilih sesuai dengan tuntutan bisnis. Setiap bentuk database memiliki tujuan yang berbeda berdasarkan kebutuhan untuk penyimpanan data.

Misalnya, jika database masih relatif sederhana, kamu dapat menggunakan database dari Microsoft Access untuk mengelolanya, hanya dengan membuat beberapa kolom dan tabel dasar.

Pertanyaannya, apakah Microsoft Access bisa digunakan kembali jika datanya sudah besar?

Apa Itu Software Manajemen Sistem Database

Dengan menggunakan perangkat lunak manajemen basis data (DBMS), kamu dapat membuat basis data, menyimpan data di dalamnya, mencarinya, mengeditnya, dan mengambilnya kembali. Terkadang, perangkat lunak manajemen basis data juga biasa disebut sebagai sistem manajemen basis data.

Apa Itu Software Manajemen Sistem Database

Fitur utama perangkat lunak manajemen basis data mungkin melibatkan banyak hal, mulai dari pencadangan dan pemulihan data, pelaporan dan tampilan data, manajemen keamanan data, komunikasi basis data, penyimpanan data, dan kontrol akses multi-pengguna.

Mengenal Apa Itu Database

Jika kamu tidak tahu apa arti kata “database”, kamu harus tahu bahwa itu mengacu pada sekumpulan data yang diatur dalam database dan dapat diakses oleh perangkat lunak yang menggunakan data tersebut untuk membuat informasi.

Data yang disimpan berupa tabel, skema, objek, tampilan, kueri, dan sejenisnya, tergantung tipe datanya. Perangkat lunak Software untuk memproses data disebut DBMS. Software DBMS ini akan langsung berinteraksi dengan menghubungkan database yang tersimpan dengan pengguna.

DBMS memungkinkan kamu untuk mengakses database, membuat data tersedia, mengekspor data, dan mengelola database lainnya.

Daftar 10 Software Manajemen Sistem Database

Pada Februari 2020, ada 334 jenis database, menurut db-engines. Tentu saja, jika dibandingkan dengan jumlah total database, ini adalah jumlah yang sangat besar.

Daftar 10 Software Manajemen Sistem Database

Kami telah membuat daftar sepuluh database paling populer saat ini, sehingga kamu tidak tersesat di lautan pilihan. Database populer tentunya menawarkan beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan database lainnya.

Software Manajemen Sistem Database Oracle

Basis data populer pertama adalah Oracle. Sistem manajemen basis data relasional telah diproduksi oleh perusahaan yang berbasis di California ini sejak 1977. (RDBMS).

Moniker Oracle dikaitkan dengan database besar yang digunakan di perusahaan atau database yang rumit.

Meskipun database Oracle ini termasuk dalam kategori “premium”, pengembang yang menggunakannya untuk membuat database klien tidak perlu khawatir tentang berapa biaya lisensi di muka.

Namun, jika kamu menjual paket lisensi kepada pelanggan, itu mungkin juga bergantung pada persyaratan kontrak.

Software Manajemen Sistem Database MySQL

MySQL adalah database populer yang digunakan untuk Software situs web mulai dari penggunaan di rumah hingga penggunaan bisnis.

MySQL mendukung banyak bahasa pemrograman, sehingga sering digunakan oleh pengembang situs web. Selain itu, tidak ada biaya untuk menggunakan MySQL, dan tidak perlu membeli lisensi untuk melakukannya.

MySQL adalah database pilihan bagi banyak perusahaan terbesar di dunia, termasuk Facebook, Google, Adobe, dan lainnya.

Ini termasuk, tetapi tidak terbatas pada: PHP/Perl/MySQL/Java/Haskell/HaskellScript/JavaScript/Perl/Ruby dan banyak lagi.

Microsoft SQL Server

Adalah sistem manajemen basis data yang dikembangkan oleh Microsoft. Microsoft dikenal dengan sistem operasinya, tetapi juga membuat Microsoft SQL Server, yang membantu masalah basis data.

Ketika membandingkan Microsoft SQL Server dengan Microsoft Access, yang terakhir adalah database relasional komersial, sedangkan yang pertama adalah Software desktop saja.

SQL Server dapat digunakan untuk Windows Server, yang menawarkan fungsionalitas untuk manajemen database dan fungsionalitas server lainnya.

Software Manajemen Sistem Database PostgreSQL

PostgreSQL adalah sistem manajemen basis data yang banyak digunakan. PostgreSQL, sering dikenal sebagai Postgres, adalah database keempat dalam daftar ini. Basis data ini mirip dengan Microsoft SQL Server karena merupakan basis data relasional yang dapat digunakan untuk menyimpan dan mengambil data dengan aman.

PostgreSQL banyak ditemukan di perangkat Mac OS karena sudah menjadi norma bahwa semua perangkat dengan sistem operasi Mac OS menjalankan PostgreSQL. Tetapi kamu dapat menemukan PostgreSQL di perangkat Windows dan varian Linux lainnya.

Software Manajemen Sistem Database MongoDB

MongoDB adalah database dengan ide tanpa SQL. Database noSQL adalah database yang tidak menggunakan hubungan tabel seperti SQL dan tidak menyimpan data secara dinamis seperti database relasional.

Software Manajemen Sistem Database MongoDB

Dalam penyimpanan basis data, MongoDB menggunakan dokumen yang strukturnya sebanding dengan JSON. MongoDB menyediakan skalabilitas otonom, kinerja luar biasa, dan ketersediaan tinggi.

CRUD, agregasi, pengindeksan, dan fungsi basis data lainnya semuanya dilakukan menggunakan Javascript di MongoDB.

IBM DB2

IBM DB2 adalah database yang dimiliki oleh bisnis IBM. Sistem database relasional sudah didukung oleh IBM DB2 (DBMS relasional).

Tetapi telah diperbarui lagi untuk menyertakan lebih banyak dukungan untuk database relasional objek (DBMS relasional objek) dan non-relasional (XML).

Elasticsearch

Elasticsearch cocok dengan grup NoSQL, seperti MongoDB. Elasticsearch adalah database yang berfokus pada database mesin pencari, memanfaatkan mesin Apache Lucene, yang merupakan database mesin pencari dengan query tingkat rendah. Elasticsearch menawarkan manfaat bahwa kueri mudah digunakan karena didasarkan pada RESTful.

Redis

Basis data NoSQL, Redis, didasarkan pada penyimpanan nilai kunci. Data redis dapat diambil lebih cepat dari memori, tetapi data yang disimpan ke disk tidak kehilangan kemampuannya untuk tetap ada.

Query yang digunakan dalam redis mudah digunakan untuk menyimpan data dasar atau bahkan data yang rumit.

Bonus lainnya: redis memiliki dokumentasi yang sangat lengkap, sehingga kamu tidak perlu banyak mencari untuk memahami database.

Microsoft Access

Microsoft Access adalah sistem manajemen basis data relasional yang dapat digunakan untuk membuat dan bekerja dengan basis data dari semua ukuran.

MS Access sebagian besar digunakan untuk memproses database kecil dan menengah (UKM) dan database di rumah. Sebagai bagian dari suite Microsoft Office, kamu akan menemukan MS Access.

SQLite

SQLite menjadi database terakhir yang paling populer yang kita bahas. SQLite adalah sistem manajemen basis data relasional yang sesuai dengan ACID yang ditulis dalam bahasa pemrograman C.

Sebenarnya, SQLite adalah database yang sudah diinstal sebelumnya dengan sistem operasi tempat kita bekerja sekarang. Sebagian besar contoh SQLite dapat ditemukan di smartphone Android atau Apple.

Peringkat di atas berasal dari situs web db-engine.com dan didasarkan pada seberapa populernya peringkat tersebut di seluruh dunia.

Meskipun ada banyak developer di Indonesia, kamu mungkin bertanya-tanya mengapa database tidak lebih banyak digunakan di tempat lain.

MySQL masih merupakan database paling populer untuk situs web, dan layanan Dedicated Server IIX terbaik dan paling terjangkau menggunakannya.

Fitur Software Database Management

Dengan memanfaatkan perangkat lunak ini, pengguna akan dapat membuat Software berbasis web yang dipersonalisasi untuk keterampilan pengkodean mereka.

Fitur Aplikasi Database Management

Agar tim dapat mengerjakan proyek bersama dan berbagi file, program ini sering kali memiliki fitur yang memudahkan untuk bekerja sama dan mengedit.

Beberapa sistem bahkan menampilkan formulir yang dapat ditempatkan di situs dan dapat mentransfer data langsung ke database. Program dBase untuk mikrokomputer adalah salah satu contoh bagaimana perangkat lunak ini berhasil diterapkan.

Hal ini dimungkinkan untuk secara luas mengkategorikan perangkat lunak manajemen database menjadi empat jenis:

  1. Model relasional ini adalah model yang didasarkan pada normalisasi data dalam baris dan kolom tabel. SQL digunakan untuk mengedit model ini, yang disimpan dalam format yang telah ditentukan.
  2. Model jaringan ini memungkinkan kamu untuk mewakili interaksi yang lebih rumit seperti pesanan, hubungan, atau banyak hal lainnya. Entitas diatur ke dalam grafik hierarkis yang dapat dilalui oleh berbagai rute dalam arsitektur ini.
  3. Model hierarki sebuah struktur pohon mengatur data dalam model ini. Data diekspresikan menggunakan koneksi orang tua-anak.
    Paradigma berorientasi objek di mana data dapat disimpan dalam bentuk objek. Struktur yang disebut kelas menunjukkan data yang terkandung di dalamnya.

Kesimpulan

Perangkat lunak manajemen basis data adalah seperti apa. Ini memungkinkan kamu untuk membuat database, menyimpan data di dalamnya, mencarinya, mengeditnya, mengambilnya, dan mengambilnya kembali. Ada 334 jenis database, menurut database-engines.com.

Tidak perlu membeli lisensi untuk menggunakan Oracle, tetapi kamu mungkin perlu melihat ketentuan kontrak pelanggan kamu. Elasticsearch adalah database yang berfokus pada database mesin pencari, memanfaatkan mesin Apache Lucene.

Back to top button