Advertisement

Komunikasi Digital Menurut Para Ahli

Rancakmedia.com – Kini komunikasi digital sangatlah penting di era zaman sekarang yang semua teknologi sudah serba canggih untuk digunakan. Yuk simak artikel yang telah kami rangkum dibawah ini.

Komunikasi adalah interaksi antara dua orang atau lebih yang melibatkan timbal balik.
Memahami komunikasi.

Seseorang atau sekelompok orang dapat menemukan dan menggunakan berbagai jenis informasi untuk terhubung dengan lingkungan sekitar mereka dan memahami komunikasi dengan lebih baik.

Pengertian Komunikasi Digital

Pengertian Komunikasi Digital

Secara umum, komunikasi verbal efektif ketika semua pihak yang terlibat dapat mengikuti dan memahami apa yang dikatakan.

Para ahli sepakat bahwa komunikasi adalah bagaimana Anwar Arifin menggambarkannya. Menurutnya, komunikasi digital adalah aktivitas sosial yang erat kaitannya dengan apa yang dilakukan orang dan penuh dengan pesan dan pola perilaku.

Skinner juga mengatakan bahwa komunikasi digital adalah tindakan verbal atau simbolik yang dilakukan dengan tujuan untuk menyelesaikan sesuatu.

Forsdale menyatakan bahwa gagasan komunikasi digital adalah semacam proses mengembangkan, memelihara, dan mengubah sesuatu dengan tujuan untuk memastikan bahwa sinyal yang telah ditransmisikan sesuai dengan norma.

Diungkapkan oleh Gode, dalam pernyataan terakhirnya, bahwa komunikasi digital adalah kegiatan yang melibatkan membuat sesuatu dan kemudian menampilkannya kepada orang lain. Untuk informasi tambahan, kita akan mengeksplorasi tujuan dan fungsi komunikasi. Silahkan simak pembahasan berikut ini.

Pengertian Komunikasi Digital Menurut Para Ahli

Kami dapat berkonsultasi dengan pandangan sejumlah spesialis untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan komunikasi. Berikut ini adalah definisi komunikasi digital yang telah dijelaskan oleh para ahli yang berbeda:

Everett M. Rogers

Menurut Everett Rogers, itu adalah tindakan menyampaikan ide-ide dari satu sumber ke satu atau lebih penerima dengan tujuan memodifikasi perilaku.

James A. F. Stoner

Komunikasi menurut James A.F. Stoner adalah suatu proses dimana seseorang mencoba mengirimkan pesan kepada orang lain untuk menawarkan pengetahuan dan informasi.

H. A. W. Widjaya

Individu dan kelompok dikatakan berkomunikasi ketika mereka melakukan kontak fisik satu sama lain, menurut definisi komunikasi Widjaya.

Kenneth E. Anderson

Anderson mengatakan bahwa ide komunikasi adalah serangkaian langkah dinamis yang selalu berubah untuk mentransfer niat.

Lexicographer

Ini adalah upaya untuk menawarkan dan mencapai kesatuan, kata Lexicographer. Begitulah komunikasi. Tujuan yang ingin dicapai oleh kedua belah pihak akan terwujud jika mereka berkomunikasi dan memiliki pemahaman yang harmonis tentang informasi yang diberikan satu sama lain.

Aristoteles

Aristoteles mendefinisikan komunikasi sebagai bisnis yang berfungsi sebagai alat bagi orang-orang untuk mengambil bagian dalam demokrasi.

John B. Hoben

Hoben mengatakan bahwa ide komunikasi adalah proses berbagi pikiran, ide, dan gagasan yang diucapkan.

Redi Panuju

Menurut Redi Panuju, gagasan komunikasi adalah aliran sistem alami dan kinerja antara bagian-bagian organisasi yang mengeluarkan harmoni.

Pengertian Komunikasi Digital Menurut Para Ahli

Murphy dan Mendelson

Murphy dan Mendelson mengatakan bahwa komunikasi adalah upaya yang dilakukan untuk menjaga dan membangun hubungan dengan orang lain.

Rogers dan D. Lawrence Kincaid

Menurut Rogers dan D. Lawrence Kincaid, konsep komunikasi adalah suatu tahap ketika dua atau lebih individu saling berbagi informasi, yang pada intinya akan mengembangkan saling pengertian yang mendalam.

Baca Juga:  Pengertian Komunikasi Digital dan Peluang Karirnya

Claude Shannon dan Warren Weaver

Menurut Shannon dan Weaver, gagasan komunikasi adalah semacam hubungan manusia di mana keduanya memiliki ikatan dan mempengaruhi satu sama lain, baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Ekspresi wajah, teknologi, dan seni lukis berperan dalam komunikasi.

Raymond S. Ross

Raymond S. Ross mengatakan bahwa komunikasi adalah proses menyaring, mengklasifikasikan, dan menyampaikan simbol-simbol yang berbeda dengan cara yang memudahkan pendengar untuk memunculkan makna dan tanggapan yang sama dengan komunikator.

William Albig

Komunikasi, menurut William Albig, adalah urutan proses di mana kata-kata yang mengandung makna diteruskan dari satu orang atau lebih ke orang lain.

William I. Gordon

Komunikasi, dalam kata-kata William I. Gordon, adalah jalan dua arah yang melibatkan pertukaran pikiran dan perasaan.

M. Djen Amar

Menurut Djen Amar, konsep komunikasi adalah keterampilan mengkomunikasikan gagasan dan informasi yang dilakukan seseorang kepada orang lain.

William F. Glueck

Menurut William F. Glueck, pengertian komunikasi dapat dibedakan menjadi dua macam, antara lain:

Pertukaran informasi dan transmisi pengetahuan di antara dua orang atau lebih dalam kelompok kecil dikenal sebagai komunikasi antarpribadi (interpersonal communication).

Komunikasi dalam Organisasi (Organization Communications), didefinisikan sebagai proses dimana pembicara secara sistematis memberikan informasi dan mentransfer pemahaman kepada orang-orang di dalam organisasi maupun orang-orang dan lembaga di luar organisasi tetapi masih berhubungan dengan organisasi,

Tujuan Komunikasi Digital

Selanjutnya, kamu perlu memahami tujuan komunikasi setelah mempelajari apa yang dimaksud dengan komunikasi. Singkatnya, tujuan komunikasi adalah untuk mengembangkan pemahaman antara kedua belah pihak.

Namun, masih banyak alasan komunikasi yang perlu kamu ketahui.

Tujuan Komunikasi Digital

Akibatnya, pesan yang disampaikan dapat dipahami dengan jelas. Kesalahpahaman dapat dihindari dengan menggunakan definisi yang diberikan di atas saat mendiskusikan komunikasi. Untuk dapat memahami maksud dari perkataan orang lain.

Sehingga konsep, ide, dan pendapat pribadi dapat diterima oleh orang lain, terutama pada pertemuan-pertemuan tertentu. Memotivasi orang untuk mencapai sesuatu. Misalnya kegiatan pengabdian kepada masyarakat, sosialisasi dan lain sebagainya.

Fungsi Komunikasi Digital

Selain tujuan, fungsi komunikasi juga dapat membawa keuntungan yang luar biasa bagi kamu. Berikut ini adalah beberapa contoh fungsi komunikasi.

Untuk Mengirimkan Informasi

Sebagai sarana untuk menyebarkan ide-ide seseorang kepada khalayak yang lebih besar, sebagai semacam keterlibatan dengan individu lain.

Untuk memperbesar pemahaman seseorang tentang suatu subjek. Akibatnya, informasi akan dikirim dari satu pihak ke pihak lain melalui media komunikasi.

Pengisi waktu luang Contoh komunikasi semacam ini antara lain percakapan telepon, obrolan teks, dan panggilan video melalui media sosial. Sebagai sarana untuk meyakinkan dan mempengaruhi orang. Persuasi biasa terjadi dalam komunikasi semacam ini.

Untuk berkenalan dengan diri sendiri. Untuk menghilangkan stres atau meringankan suasana hati. Dalam suatu pertemuan, misalnya ketika terjadi perselisihan atau pertengkaran,

Demi hiburan. Misalnya, ketika kamu bosan, maka teleponlah teman yang jauh untuk mengobrol santai.

  1. Untuk selalu bisa bergaul dengan orang lain.
  2. Sebagai benteng diri agar tidak terkucil dalam masyarakat.
  3. Menyelidiki keadaan yang ada
  4. Ubah pikiran dan tindakan kamu.
  5. Mengawasi dan melakukan kontrol atas suatu kegiatan.
  6. Sebagai insentif bagi orang lain.
  7. Membuat pilihan yang benar
  8. Untuk melakukan tindakan tertentu
  9. Sebagai cara berekspresi
  10. Jauhi kesalahpahaman.
  11. Untuk menjaga persahabatan yang baik.
Baca Juga:  Pengertian Komunikasi Digital dan Peluang Karirnya

Macam-Macam Komunikasi Digital

Tahukah kamu bahwa ada beberapa jenis komunikasi? Jenis-jenis komunikasi yang mungkin kamu ketahui termasuk yang berikut ini.

Komunikasi Digital Berdasarkan Penyampaian

Lisan

Komunikasi lisan digambarkan sebagai komunikasi yang terjadi secara langsung tanpa ada batasan jarak. misalnya saat rapat, wawancara, atau diskusi santai.

Tulisan

Komunikasi tertulis adalah jenis media di mana komunikasi disampaikan melalui penggunaan kata-kata di halaman. Misalnya naskah, spanduk, undangan, dan lain sebagainya.

Komunikasi Digital Berdasarkan Tujuan

Komunikasi dapat dibagi menjadi beberapa jenis tergantung pada tujuan penggunaannya. Beberapa contoh dari jenis pekerjaan ini akan mencakup memberikan nasihat, presentasi, instruksi, dan kuliah. Peran komunikator dalam perjumpaan disorot dalam teori komunikasi semacam ini.

Macam-Macam Komunikasi Digital

Komunikasi Digital Berdasarkan Ruang Lingkup

Internal

Istilah “komunikasi internal” mengacu pada aliran informasi di dalam organisasi atau komunikasi. Interaksi di antara mereka yang termasuk dalam ruang lingkup, misalnya. Komunikasi internal dapat berupa komunikasi vertikal, horizontal, atau diagonal.

Eksternal

Istilah “komunikasi eksternal” mengacu pada semua jenis komunikasi yang terjadi di luar organisasi tunggal. Misalnya konferensi pers, pameran, publikasi, siaran televisi, dan bakti sosial.

Komunikasi Digital Berdasarkan Aliran

  1. Komunikasi satu arah, khususnya komunikasi yang bersumber dari satu pihak saja.
  2. Komunikasi dua arah, khususnya komunikasi yang memiliki aspek timbal balik.
  3. Komunikasi yang mengalir dari atas ke bawah dalam suatu organisasi disebut “komunikasi ke bawah”.
  4. Komunikasi langsung dari satu tingkat otoritas ke yang lain, yang dikenal sebagai komunikasi “ke atas”,
  5. Komunikasi menyamping pada dasarnya adalah komunikasi yang terjadi antara banyak orang secara setara.

Kesimpulan

Komunikasi adalah interaksi antara dua orang atau lebih yang melibatkan timbal balik. Komunikasi adalah jalan dua arah yang melibatkan pertukaran pikiran dan perasaan. Ekspresi wajah, teknologi, dan seni lukis berperan dalam komunikasi.

Contoh pekerjaan semacam ini akan mencakup memberikan saran, presentasi, instruksi, dan kuliah. Istilah “komunikasi internal” mengacu pada aliran informasi di dalam organisasi atau komunikasi.

Back to top button