Advertisement

Perbedaan Alat Komunikasi Tradisional dan Modern

Rancakmedia.com – Di Indonesia, alat komunikasi telah diklasifikasikan menjadi dua kelompok yang berbeda, yaitu tradisional dan modern. Yuk simak artikel yang telah kami rangkum dibawah ini.

Alat komunikasi merupakan sarana penting untuk memperlancar kelancaran kegiatan sehari-hari. Sejak zaman dahulu hingga saat ini, telah digunakan berbagai bentuk alat komunikasi.

Dimulai dengan alat komunikasi lama yang masih menggunakan cara lama dan diakhiri dengan alat komunikasi modern yang dapat digunakan di seluruh dunia berkat teknologi.

Kali ini, sesuai dengan perkembangan zaman, kami mengundang teman-teman untuk berbagi alat komunikasi tradisional dan modern favorit mereka.

Pengertian Alat Komunikasi Tradisional dan Modern

Pengertian Alat Komunikasi Tradisional dan Modern

Secara umum, alat komunikasi adalah segala bentuk teknologi atau media yang digunakan untuk menyampaikan dan menyebarkan pesan informasi. Karena alat komunikasi telah berubah dari waktu ke waktu, sekarang ada dua kelompok yang terpisah: tradisional dan modern.

Perbedaan antara bentuk komunikasi tradisional dan modern cukup besar. Sementara komunikasi dulu terbatas pada area kecil, sekarang dimungkinkan untuk berkomunikasi dengan semua orang di dunia, di mana saja di dunia, menggunakan komunikasi.

Alat Komunikasi Tradisional

Alat komunikasi tradisional adalah alat komunikasi yang digunakan di daerah yang belum terpengaruh oleh teknologi modern.

Alat Komunikasi Modern

Alat komunikasi modern adalah alat komunikasi yang umum di dunia gadget berteknologi tinggi saat ini.

Perbedaan Alat komunikasi Tradisional dan Modern

Berikut ini ada beberapa perbedaannya, yaitu:

Alat Komunikasi Tradisional

Ada berbagai aspek alat komunikasi tradisional yang harus Anda ketahui:

  1. Serangkaian kemungkinan yang terbatas.
  2. Komponennya sederhana, murah, dan mungkin berasal dari alam.
  3. Mudah dibuat.
  4. Kurang beradaptasi.
  5. Penyampaian informasi tertunda, dan jangkauan informasi dibatasi.

Alat Komunikasi Modern

Sementara itu, alat komunikasi modern memiliki kualitas yang berbeda dengan alat komunikasi tradisional. Simak perbedaannya berikut ini:

  1. Peralatan kompleks.
  2. Jarak yang sangat jauh.
  3. Serbaguna dan bermanfaat.
  4. Sangat mudah untuk mendapatkan.
  5. Mewah dan sangat canggih.

Macam-Macam Alat Komunikasi Tradisional dan Modern

Berbagai alat komunikasi dapat diklasifikasikan menurut berapa lama mereka telah digunakan, berikut ini adalah macam-macam dari masing-masing alat komunikasi tradisional dan modern:

Macam-Macam Alat Komunikasi Tradisional dan Modern

Alat Komunikasi Tradisional

Berikut ini adalah macam-macam alat komunikasi tradisional:

Kentongan

Saat ini, banyak orang yang menggunakan alat komunikasi tradisional yang disebut kentongan untuk berkomunikasi. Suara unik yang dihasilkan oleh gong membuat alat ini langsung dikenali sebagai isyarat atau simbol untuk berkumpul orang.

Pada zaman dahulu, orang Indonesia memanfaatkan kentongan sebagai alat komunikasi massa dan sebagai tanda terjadinya peristiwa yang merugikan seperti perampok, gempa bumi, atau orang yang tewas.

Salah satu isyarat kentongan yang paling sering adalah ketika kamu mendengar ritme tempo yang lamban, yang menyiratkan bahwa itu aman. Sementara itu, jika kamu mendengar suara genderang yang ditabuh dengan tempo cepat, itu adalah pertanda bahwa bahaya sedang mendekat.

Lonceng

Lonceng adalah benda yang terbuat dari logam yang dapat mengeluarkan suara. Sama seperti kentongan, lonceng juga merupakan alat komunikasi tradisional yang dapat membantu pendengar memahami suatu peristiwa dan apa yang harus dilakukan.

Lonceng digunakan sebagai alat komunikasi di zaman kuno untuk mengumpulkan orang, mengingatkan orang tentang waktu ibadah, dan memperingatkan bahaya.

Teropong Kaleng

Meski mirip dengan mainan anak, teropong juga bisa digunakan sebagai alat bantu komunikasi dasar. Cara fungsi teropong juga sangat mendasar, menggunakan kaleng sebagai isolator suara dan benang yang diregangkan sebagai baling-baling suara yang menghubungkan dua orang.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari teropong kaleng ini, pastikan talinya tidak terlalu longgar atau kendur.

Asap

Menggunakan asap sebagai alat komunikasi adalah praktik kuno lainnya. Ketika seseorang tersesat di hutan, mereka sering beralih ke merokok sebagai sarana bertahan hidup.

Pada zaman nenek moyang kita, kepulan asap juga digunakan untuk memperingatkan orang-orang ketika orang-orang berbahaya mendekat.

Burung Merpati

Ada berbagai jenis hewan liar yang mungkin diajari menjadi pembawa pesan. Merpati, khususnya, sering menjadi pilihan. Hewan ini memiliki reputasi yang baik dalam hal akurasi dalam komunikasi jarak jauh.

Kamu tertarik mencobanya? Merpati boleh membawa pesan yang sudah tertulis di kertas kemudian diikatkan ke kaki atau badan burung.

Menurut catatan sejarah, raja sering menggunakan komunikasi semacam ini untuk menyebarkan informasi atau memberi perintah ke seluruh negeri tanpa harus khawatir orang menjadi bingung.

Daun Lontar

Daun lontar adalah alat komunikasi tradisional berikutnya dalam rangkaian alat ini. Daun lontar digunakan sebagai media tulisan untuk komunikasi sepanjang zaman kerajaan seperti Majapahit, Mataram, Sriwijaya, Tarumanegara, Pajajaran, dll.

Daun lontar sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan naskah.

Bedug

Bedug adalah alat komunikasi yang berasal dari kayu dan kulit berbentuk tabung. Kulit binatang seperti kambing, sapi, dan kerbau biasa digunakan. Di Indonesia, azan didahului oleh ketukan genderang. Alat komunikasi kuno ini masih digunakan di Jepang dan juga di Indonesia.

Gamelan

Selain sebagai alat musik, gamelan juga dapat dimanfaatkan sebagai alat komunikasi. Banyaknya suara gamelan dapat menjadi penanda setiap gerakan menari. Oleh karena itu, tolok ukurnya berasal dari irama gamelan.

Alat Komunikasi Modern

Berikut ini adalah macam-macam alat komunikasi modern:

Alat Komunikasi Modern

Telegraf

Telegraph adalah alat komunikasi jarak jauh berdasarkan kode Morse. Sebelum telepon, Samuel F.B. Morse, seorang penemu Amerika, merancang telegraf. Biasanya alat ini digunakan untuk mengirimkan berita atau perintah singkat.

Misalnya, organisasi polisi dan militer masih menggunakan telegram,

Telepon Kabel

Pada awal kemajuan teknis, telepon kabel sangat diminati sebagai alat komunikasi modern. Sesuai dengan namanya, telepon kabel menggunakan jaringan kabel untuk menghubungkan satu pengguna ke pengguna lainnya.

Jaringan telepon dapat didistribusikan lebih luas di daerah pedesaan karena biaya infrastruktur yang lebih rendah.

Telepon rumah, bagaimanapun, tidak memiliki banyak jangkauan. Seiring berjalannya waktu, individu mulai bergerak untuk memanfaatkan inovasi-inovasi baru yang lebih modern khususnya handphone atau handphone.

Faksimili

Faksimili adalah alat komunikasi tertulis yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dalam bentuk tertulis. Setiap hari, karyawan kantor yang perlu mentransfer kertas dari satu departemen ke departemen lain mungkin mendapat manfaat besar dari penggunaan peralatan ini.

Intercom

Alat komunikasi modern selanjutnya adalah interkom. Interkom adalah alat komunikasi nirkabel yang dapat digunakan untuk komunikasi melintasi jarak tertentu di suatu area.

Pengguna lain akan memperhatikan cara tombol ditekan dan kemudian diucapkan. Alat ini biasanya digunakan untuk komunikasi antar divisi, ruangan, atau untuk keperluan lokal lainnya.

Email

E-mail adalah padanan digital dari surat pos tradisional yang telah menjadi alat komunikasi modern yang populer. Email sebagian besar telah menggantikan penggunaan perangko dalam komunikasi tradisional. Perusahaan layanan email seperti Gmail, Outlook, dan Yahoo menangani pengiriman.

Smartphone

Telepon yang sebelumnya mengandalkan kabel telah menjadi nirkabel atau tanpa kabel sesuai dengan tren. Menara transmisi dan satelit komunikasi sekarang menjadi sumber utama sinyal yang digunakan oleh ponsel. Akibatnya, gadget ini menjadi mesin komunikasi modern yang sangat mudah beradaptasi.

Keberadaan smartphone juga banyak mempengaruhi pola komunikasi masyarakat. Menariknya, kita sudah bisa menggunakan ponsel untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Dimulai dengan bermain, belajar, bercakap-cakap, hingga memfasilitasi urusan pekerjaan.

Tidak dapat disangkal bahwa pesatnya pertumbuhan teknologi telah menjadi elemen kunci dalam evolusi alat komunikasi di seluruh dunia. Namun, sebagai pengguna, kita juga harus lebih berhati-hati dan penuh perhatian saat menggunakan alat-alat tersebut.

Misalnya, ketika kamu menggunakan smartphone untuk berbicara, browsing, atau berbelanja secara intens, sangat disarankan untuk menggunakan Virtual Private Network (VPN) dari Diego VPN sebagai dinding keamanan.

Selain dapat mengenkripsi data pribadi, layanan VPN tambahan yang juga banyak diminati adalah untuk menstabilkan koneksi internet serta menyusup ke firewall yang membatasi website dari luar negeri, seperti Netflix, Reddit, atau Vimeo.

Kesimpulan

Ini adalah beberapa alat komunikasi yang paling penting, baik tradisional maupun modern. Alat komunikasi adalah segala bentuk teknologi atau media yang digunakan untuk menyampaikan dan menyebarkan informasi.

Di Indonesia, alat komunikasi telah diklasifikasikan menjadi dua kelompok yang berbeda: tradisional dan modern. Semoga bermanfaat ya!

Back to top button