Advertisement

Jenis Komponen Perangkat Keras Komputer

Rancakmedia.com – Berikut ini adalah penjelasan mengenai perangkat keras komputer yang mungkin saja belum kamu ketahui. Dalam bagian ini, kami akan membahas berbagai komponen perangkat keras komputer.

Perangkat keras untuk sistem komputer Ini adalah tempat yang bagus untuk memulai jika kamu ingin mulai belajar tentang komputer. Itu tempat yang bagus untuk memulai, tetapi juga menarik untuk diketahui hanya demi itu.

Mempelajari bagian-bagian komputer dan cara kerjanya dapat membantu kamu memahami bagaimana semua bagian penting bekerja sama. Selain mempelajari bagian-bagian komponen perangkat keras komputer, kamu juga akan mendapatkan pengetahuan tentang cara kerja setiap bagian.

Pengertian Perangkat Keras Komputer

Pengertian Perangkat Keras Komputer

Perangkat keras komputer adalah bagian perangkat keras dari sistem komputer. Dalam bahasa dasar, hanya bagian dari sistem komputer yang dapat dilihat atau disentuh manusia disebut perangkat keras komputer.

Perangkat keras komputer sering disebut sebagai “perangkat keras”. Sebuah sistem komputer tidak akan lengkap tanpa perangkat keras komputer, demikian sebutan dalam bahasa Indonesia. Kamu tidak dapat mengoperasikan komputer tanpa perangkat keras, dan tanpa perangkat keras, tidak akan ada sistem atau struktur komputer.

Kami harap kamu akan memahami dengan penjelasan sederhana tentang pentingnya perangkat keras komputer ini. Setelah itu, kami akan masuk ke detail tentang berbagai komponen perangkat keras komputer.

Daftar Komponen Perangkat Keras Komputer

Perangkat keras sistem komputer dapat dipecah menjadi beberapa komponen perangkat keras, yang akan kami bahas dalam beberapa paragraf berikut dengan contoh.

Kamu harus terbiasa dengan komponen perangkat keras komputer berikut:

  1. Mouse
  2. Keyboard
  3. Monitor
  4. Motherboard
  5. CPU
  6. RAM Memory
  7. ROM Memory
  8. Hard Disk Drive
  9. Optical Drive
  10. IO System
  11. Power Supply
  12. External Ports
  13. CPU Fan
  14. Sound Card
  15. Video Display Controller

Komponen Perangkat Keras Komputer

Komponen perangkat keras yang paling penting adalah motherboard, CPU, memori RAM, catu daya, pengontrol tampilan visual, sistem IO, bus, dan hard disk drive. Beberapa bagian umum dari perangkat keras yang kamu lihat, seperti mouse, keyboard, monitor, dan CPU, adalah komponen dasar dari sebuah komputer.

Komponen Perangkat Keras Komputer

Berikut ini adalah perangkat keras komputer beserta nama dan fungsinya:

Perangkat Keras Komputer Mouse

Mouse adalah bagian dari perangkat keras yang memungkinkan kamu memindahkan pointer atau kursor pada layar komputer.

Ini juga dapat digunakan untuk menjalankan program komputer, memilih sesuatu di antarmuka pengguna grafis, dan mengontrol objek di dunia komputer.

Beberapa contoh yang sering digunakan termasuk menekan tombol, menggulir layar ke atas dan ke bawah, memilih file, membuka direktori, dan sebagainya.

Perangkat Keras Komputer Keyboard

Keyboard adalah perangkat input yang kamu gunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer. Ini juga disebut perangkat input untuk komputer kamu. Ketika datang ke perangkat komputasi dari semua jenis, keyboard sangat diperlukan.

Ada beberapa jenis keyboard, tetapi yang paling umum adalah keyboard QWERTY. Sebuah keyboard QWERTY memiliki semua huruf dalam urutan abjad di atasnya. Berbeda dengan keyboard Dvorak atau Colemak, yang satu ini memiliki tata letak yang unik.

Jika kamu terbiasa dengan keyboard QWERTY, kamu akan melihat bahwa tombol yang satu ini diatur secara berbeda. Alhasil, mengetik di keyboard ini awalnya akan terasa seperti bahasa asing. Tapi jangan khawatir-setelah kamu terbiasa, itu terasa alami!

Jenis – Jenis Keyboard Komputer

Berikut ini adalah jenis-jenis keyboard yang jarang diketahui oleh sebagian besar pengguna, beberapa di antaranya mungkin bisa menjadi referensi kamu dalam mendapatkan keyboard yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

  1. Keyboard QWERTY
  2. Keyboard Wireless
  3. Keypad Numerik
  4. Keyboard USB
  5. Magic Keyboard
  6. Keyboard Backlit
  7. Keyboard Gaming
  8. Keyboard Mechanical
  9. Keyboard Membrane
  10. Keyboard Fleksibel
  11. Keyboard Multimedia
  12. Keyboard Virtual
Baca Juga:  Alat yang Digunakan Untuk Mengakses Internet, Ini Penjelasannya!

Perangkat Keras Komputer Monitor

Komputer pribadi menggunakan tampilan untuk menampilkan data, mengoperasikan perangkat lunak, dan berkomunikasi dengan orang-orang.

Monitor adalah perangkat yang menampilkan gambar di layar komputer atau laptop. Gambar, teks, video, game, dan halaman web semuanya dapat ditampilkan menggunakan teknologi ini.

Monitor tersedia dalam berbagai ukuran berdasarkan permintaan individu yang menggunakannya. Tampilan komputer datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Jenis monitor yang paling umum (light-emitting diode) adalah LCD (liquid crystal display) dan LED (light-emitting diode).

Motherboard

Motherboard komputer adalah komponen penting pada inti sistem. Di sini kita memiliki CPU, atau unit pemrosesan pusat. Ini menghubungkan semua komponen lain, seperti RAM dan kartu grafis, ke catu daya.

Motherboard

Motherboard adalah tempat semua kabel terhubung dan juga tempat kamu memasang RAM, yang merupakan memori kerja komputer kamu. Ini adalah motherboard yang membedakan satu komputer dari yang lain.

Transistor kecil di permukaan motherboard mengatur aliran daya melalui pipa tembaga. Transistor ini disebut Sirkuit Terpadu, atau IC, singkatnya.

CPU (Central Processing Unit)

Hardware komputer, yang disebut sebagai otak komputer, disebut CPU, singkatan dari Central Processing Unit, yang merupakan otak dari komputer. Adalah tugas CPU untuk memproses data dan menjalankan program.
Ia bekerja sebagai unit kontrol yang menjalankan program berdasarkan instruksi dalam memori programnya.

Unit pemrosesan pusat (CPU) terdiri dari bagian-bagian seperti register, unit logika aritmatika (ALU), dan logika kontrol.

RAM (Random Access Memory)

Random Access Memory, atau RAM, adalah sejenis komputer internal yang menyimpan data yang dapat langsung diakses oleh unit pemrosesan pusat (CPU).

Komputer mengandalkan memori utamanya untuk menjalankan program. Semakin banyak RAM yang kamu miliki, semakin banyak data yang dapat ditangani mesin kamu sekaligus. Ini akan membuat komputer kamu bekerja lebih efisien, yang berarti akan bekerja lebih baik untuk kamu.

ROM (Read Only Memory)

ROM, atau Read Only Memory, mengacu pada sejenis chip memori yang dapat dibaca oleh sistem tetapi tidak dapat ditulisi. Dengan kata lain, ini adalah metode penyimpanan data yang tidak dapat dimodifikasi setelah dikodekan.

Ini sering disebut memori “non-volatile” karena informasi yang disimpannya tetap ada meskipun perangkat tidak dihidupkan atau digunakan.

ROM digunakan untuk menyimpan perintah dan data komputer dalam hal-hal seperti komputer di mobil dan tabel data di kalkulator.

Hard Disk Drive

Hard drive adalah bagian dari hardware komputer yang menyimpan data. Hard disk drive adalah bagian dari perangkat keras di dalam komputer yang menyimpan informasi. Hard drive virtual mungkin digunakan saat perangkat lunak atau data perlu disimpan dengan aman tetapi tetap mudah diakses.

Dengan penyimpanan magnetik, tidak ada komponen yang bergerak—tidak seperti pemutar CD atau DVD, di mana kamu perlu memindahkan disk untuk mengambil data.

Kamu mungkin menganggapnya sebagai “lemari” di mana semua harta benda kamu disimpan dengan aman. Selama kamu memiliki kekuatan, kamu dapat memperoleh barang-barang kamu saat kamu membutuhkannya.

Optical Drive

Drive optik digunakan di PC untuk membaca dan menulis CD dan DVD. Drive Optik membaca informasi dari disk. Informasi ini kemudian dapat diubah menjadi file digital yang dapat dibaca oleh komputer.

Ini memudahkan untuk mencadangkan file, memutar musik atau film, atau mentransfer data dari satu disk ke disk lainnya. CD adalah singkatan dari “Compact Disc,” yang merupakan jenis drive optik paling umum di komputer saat ini.

Baca Juga:  Mengenal Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

Sebagian besar waktu, mereka digunakan untuk menginstal perangkat lunak di komputer kamu, mengirim data dari satu mesin ke mesin lain, atau membangun aplikasi baru.

Perangkat Keras Komputer IO System

Data dapat diakses menggunakan sistem IO, yang merupakan kumpulan perangkat.

Ada tiga aspek dasar dari sistem IO:

  1. Input
  2. Output
  3. Penyimpanan

Perangkat input, yang sering disebut “periferal input”, biasanya digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer untuk pertama kalinya.

Perangkat output adalah tempat data disajikan. Perangkat penyimpanan menyimpan data sehingga tidak perlu berada di memori atau diproses oleh CPU.

Power Supply

Komputer membutuhkan sumber daya untuk menyediakan komputer yang mereka butuhkan untuk menjalankan. Listrik digunakan untuk menyalakan komputer, dan catu daya membantu mengubah arus bolak-balik (AC) dari soket listrik menjadi arus searah (DC).

Power supply komputer dapat dibangun atau dihubungkan dari luar. Sangat penting bahwa power supply kamu aktif dan berjalan dengan benar.

External Ports

Port eksternal digunakan untuk menghubungkan komputer kamu ke perangkat eksternal seperti printer dan speaker, di antara banyak lainnya.

Port eksternal, di sisi lain, tidak semuanya dibuat sama. Port pada laptop dan desktop hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, memungkinkan kamu menggunakannya untuk berbagai kegunaan.

CPU Fan

Kipas CPU di komputer kamu adalah komponen yang sangat penting untuk PC kamu. Jika kipas CPU kamu berhenti bekerja, komputer kamu dapat menjadi terlalu panas, yang dapat merusak bagian lain dari sistem.

CPU Fan

Kipas CPU membantu mendinginkan CPU dan elemen internal komputer lainnya. Ini juga menghasilkan tekanan negatif dan menghilangkan debu dan kotoran dari dalam.

Sound Card

Chip komputer yang memproses dan memperkuat suara dikenal sebagai kartu suara. Speaker, headphone, dan perangkat output lainnya mendapatkan sinyal dari ini.

Kartu suara bisa juga disebut “kartu suara” atau “kartu audio”. Komputer dengan kartu suara dapat memutar file audio dan video, dan juga dapat digunakan untuk berbicara.

Pada 1980-an, kartu suara dijual sebagai tambahan untuk komputer pribadi. Dengan kemajuan mikroprosesor, kemampuan suara dimasukkan ke motherboard sepanjang tahun 1990-an. Ini sekarang menjadi fitur standar di hampir semua PC.

VDC (Video Display Controller)

Pengontrol tampilan video (sering direduksi menjadi VDC) adalah sirkuit yang ditemukan di kartu video yang mengontrol output visual komputer.

Controller bertugas untuk memastikan bahwa data yang dikirim ke layar atau TV dalam format yang benar.
hardware terpasang pada motherboard dapat digunakan untuk membuat pengontrol tampilan video, atau kartu terpisah dapat dihubungkan ke motherboard melalui slot.

Kesimpulan

Nah itu dia adalah bagian-bagian komputer dan pengoperasiannya dapat membantu kamu memahami semua komponen utama yang membentuk komputer.

Komponen hardware yang paling penting adalah Motherboard, CPU, memori RAM, catu daya, pengontrol tampilan visual, sistem IO, Bus, dan drive hard disk. Keyboard adalah perangkat input yang kamu gunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer.

Back to top button