Pengertian dan Sejarah Surat Elektronik Email

Rancakmedia.com – Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengertian dan sejarah surat elektronik email yang mungkin saja kamu ingin mempelajarinya. Yuk simak artikel dibawah ini dengan teliti.

Orang-orang di Indonesia mungkin tidak menyadari manfaat besar dari penyimpanan data dan informasi di Cloud. Apalagi di era digital ini, ketika 80 persen populasi saat ini sangat bergantung pada teknologi yang kompleks namun mudah digunakan dalam tugas sehari-hari.

Saat kamu menggunakan layanan seperti Gmail, kamu menunjukkan ketergantungan kamu pada sistem Cloud Computing untuk kebutuhan penyimpanan data kamu.

Ketika lampiran email berukuran di atas 25 MB, Google akan meminta pengguna untuk mengunggah file ke Cloud Drive-nya. Gmail kemudian akan menyertakan tautan ke file tersebut alih-alih file sebenarnya itu sendiri dalam email.

Pengertian Surat Elektronik E-Mail

Pengertian Surat Elektronik Email

Email adalah singkatan dari Electronic Mail, atau Surat Elektronik (surel) dalam bahasa Indonesia, surat yang dikirim melalui sarana elektronik yaitu jaringan internet. Dengan surat elektronik atau email, seseorang dapat mengirim naskah teks, gambar, atau bahkan mengirim aplikasi atau file kepada seseorang yang jelas juga memiliki email (surat elektronik).

Karena email ini memanfaatkan jaringan internet, maka alamatnya juga menyesuaikan dengan penyedia layanan email di internet. Contoh penyedia layanan email antara lain yahoo.com, google.com, dll.

Sejarah Surat Elektronik Email

Surat elektronik mulai dimanfaatkan pada tahun 1960-an. Internet seperti yang kita kenal sekarang tidak ada saat itu; sebaliknya, hanya ada jaringan komputer yang terhubung. Pengertian e-mail sendiri awalnya dikemukakan oleh Ray Tomlinson, seorang insinyur komputer menjelang akhir tahun 1971.

Bolt, Beranek and Newman (BBN) adalah seorang kontraktor militer Amerika dimana Ray Tomlinson adalah seorang pekerja pada saat itu. Perangkat lunak bernama SNDMSg pertama kali digunakan oleh Ray untuk meninggalkan pesan di komputer sehingga orang lain yang menggunakan komputer dapat melihat apa yang tertinggal.

Aplikasi SNDMSG kemudian dapat mengirim dengan komputer lain di jaringan ARPnet melalui protokol file CYPNET. Itulah awal berdirinya e-mail.

Pesan email yang awalnya dikirim oleh Ray dan merupakan email pertama di dunia adalah “QWERTYYUIOP” Ray yang pertama kali menggunakan simbol @ untuk membatasi user id dari domain di alamat email pada tahun 1972.

Fungsi Surat Elektronik E-mail

Email dapat digunakan untuk tujuan berikut:

E-mail, yang sering disebut dengan surat elektronik, adalah sejenis surat menyurat elektronik dimana pesan dikirim secara singkat dan umum (komunitas).

Media Pengiriman

Dengan email kamu dapat mengirim data ke seluruh dunia dan tentu saja pengirim dan data yang dikirim sama-sama menggunakan alamat email, bukan alamat rumah. Tidak hanya itu, dengan menggunakan email kamu dapat mengirimkan informasi ke banyak orang hanya dalam hitungan menit atau bahkan detik.

Efektif, Efisien, dan Murah

Mengirim data melalui email sangat efektif, efisien, dan terjangkau. Ini menghilangkan kebutuhan untuk pergi ke kantor pos hanya untuk mengirim gambar atau mengajukan lamaran pekerjaan. Pengiriman cepat dan murah ke alamat yang kamu inginkan dapat dilakukan hanya dengan koneksi internet dan alamat email.

Jika kamu menjalankan perusahaan di internet atau bisnis online, kamu dapat mengirimkan promosi produk kepada pelanggan kamu dengan memanfaatkan daftar email pelanggan yang ada.

Melalui email, kamu dapat memperoleh informasi terbaru dari seluruh dunia yang kamu inginkan dengan menjadi pelanggan informasi dari media yang kamu tentukan.

Membuat Blog atau Website

Kamu dapat memulai blog atau situs web menggunakan email. Dengan e-mail, kamu dapat membuat koneksi dengan teman atau orang lain. Situs media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Google+ juga dapat digunakan sebagai pengganti metode email tradisional.

Jenis-Jenis E-mail

Tentu kita sudah mengetahui apa yang disebut dengan e-mail. Email telah berguna untuk berbagai hal dalam hidup kita, termasuk tugas sekolah, korespondensi terkait pekerjaan, dan sebagainya.

POP MAIL, Web-Based E-Mail, dan E-Mail Forwarding tampaknya merupakan metode email yang paling banyak digunakan, berdasarkan layanan yang ditawarkan. Ada keuntungan dan kerugian menggunakan berbagai jenis email.

Jenis-Jenis E-mail

POP MAIL Email Berbasis Pop

E-mail adalah e-mail yang memanfaatkan server POP, yaitu komputer yang dapat mengirim e-mail dari pengguna ke alamat e-mail yang dituju dan sebaliknya. Di server POP setiap email yang dikirim ke pengguna yang sudah memiliki akun di server akun akan disimpan dalam direktori.

Jadi ketika pengguna menghubungkan server, semua email yang ditujukan kepadanya akan dikirim ke komputer klien, sebaliknya ketika pengguna ingin mengirim email ke suatu alamat, email akan dikirim ke server POP dan akan kemudian diteruskan ke alamat tujuan.

Manfaat email berbasis POP adalah dapat dilihat secara offline (tidak terhubung ke internet). Komputer dapat diakses melalui internet, yang dapat dihubungkan ke server alamat email untuk mengunduh email, diikuti dengan pemutusan dari internet.

Kita bisa menyambungkan kembali komputer ke internet dan mengirimkan e-mail balasan yang baru saja kita tulis ketika kita sudah selesai membaca dan merespon. Dengan begitu, kita tidak perlu lama-lama terkoneksi dengan internet, sehingga biaya koneksi internet menjadi lebih murah.

Sebagai kelemahan menggunakan surat POP, kami tidak dapat mengakses email kami dari lokasi mana pun. Kami perlu mengatur ulang sistem di komputer lain sebelum kamu dapat melanjutkan.

Selain itu, jika kamu menggunakan akses internet yang perhitungan biayanya didasarkan pada file yang diunduh, tidak tergantung pada durasi koneksi, biaya yang dikeluarkan akan sama.

Aplikasi klien email, seperti MS Outlook, Eudora, MS Outlook Express, Pegasus, atau Netscape Communicator, diperlukan untuk mengambil email dari alamat email server dan mengirim email.

Web Based Mail Email Berbasis Web

Situs web yang menyediakan layanan surat, seperti yahoo mail (mail.yahoo.com), google gmail, dan hotmail, semuanya menyediakan surat berbasis web sebagai pilihan bagi penggunanya. Secara umum, surat berbasis web ditawarkan secara gratis oleh situs web yang menyediakannya.

Kami juga dapat mengakses email kami dari hampir semua tempat. Karena kenyataan bahwa email semacam ini hanya dapat dilihat secara online, maka diperlukan koneksi internet yang lebih mahal. Namun, situs web penyedia layanan email tertentu dilengkapi dengan layanan POP3.

Email Forwarding

Adalah layanan email yang meneruskan email yang diterimanya ke alamat email lain. Orang yang sering berganti alamat email akan menghargai kenyamanan format email ini. Penerusan email memiliki manfaat untuk mengaburkan alamat email pengirim yang sebenarnya.

Selanjutnya, jika kami mengubah alamat email kami, kami tidak perlu memberi tahu alamat baru. kamu hanya perlu memberikan alamat email penerusan. Kelemahan dari email semacam ini adalah bahwa ini hanyalah perantara dan harus mengirimkan email yang diterima ke alamat lain. Email membutuhkan waktu lebih lama untuk sampai ke alamat email asli.

Manfaat Surat Elektronik E-mail

Tidak dapat disangkal, email adalah salah satu alat paling penting dalam perdagangan internet. Tempat di mana kita dapat berkomunikasi secara teratur dan membangun hubungan dengan pelanggan potensial.

Ada beberapa keuntungan menggunakan e-mail dalam kehidupan sehari-hari, antara lain sebagai berikut:

  1. Email memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan siapa saja di internet, di mana saja di dunia, dengan biaya kartu kredit lokal.
  2. Dengan e-mail, materi dikirimkan secara elektronik sehingga mencapai tujuannya dengan sangat cepat.
  3. Kirim ke beberapa penerima sekaligus.
  4. Memiliki kemampuan memfasilitasi komunikasi dengan individu dari seluruh dunia.
  5. Metode berlangganan secara teratur ke jenis informasi tertentu.

Langkah-langkah Pembuatan Email Melalui Yahoo Mail

Untuk menyusun email, kamu harus melakukan hal berikut:

Langkah-langkah Pembuatan Email Melalui Yahoo Mail

  1. Bukalah situs www.yahoo.com
  2. Akan muncul halaman baru lalu pilihlah “sign in” di pojok kanan atas
  3. Klik “buat akun”
  4. Isikan semua data sesuai dengan identitas kamu
  5. Nama depan dan belakang diisi dengan nama yang akan kamu gunakan sebagai nama di akun Ymail kamu
  6. Nama pengguna yahoo, isi dengan nama atau kata sesuai selera kamu. Nama itulah yang nantinya akan digunakan sebagai nama email kamu
  7. Untuk kolom kata sandi, kamu isi dengan kata sandi yang akan kamu gunakan untuk akun yahoo kamu
  8. Di bagian bawah isikan nomor telepon kamu
  9. Untuk tanggal lahir, sesuaikan dengan tanggal lahir kamu
  10. Lalu pilih gender/jenis kelamin kamu
  11. Untuk nomor pemulihan opsional (tidak wajib diisi)
  12. Setelah semuanya sudah terisi dengan benar, klik buat account
  13. Dan jika muncul halaman yang memberitahukan bahwa email kamu berhasil dibuat, berarti kamu telah berhasil membuat email baru di yahoo mail.

Cara Membuat Surat Elektronik E-mail

Ada berbagai situs yang memberikan layanan email gratis. Maill, saya mengacu pada Gmail dan Yahoo!. Berikut cara membuat email, yaitu:

  1. Pertama, buka situs www.gmail.com
  2. Lihat di bagian pojok kanan atas,klik tombol masuk
  3. Lalu klik buat akun
  4. Lalu kamu akan disuruh mengisi formulir berdasarkan biodata kamu
  5. Untuk kolom “pilih nama pengguna”isi dengan nama atau kata (6-30 karakter). Nama atau kata tersebutlah yang nantinya akan menjadi alamat e-mail kamu.
  6. Jika muncul kata seperti ini “Nama Pengguna tersebut sudah digunakan orang lain” artinya kata atau nama yang kamu masukkan sudah dipakai oleh orang lain, maka carilah atau nama yang kira-kira belum dipakai orang lain untuk dijadikan sebagai alamat e-mail kamu.
  7. Untuk kolom “Kata sandi dan konfirmasi sandi kamu” isi dengan kata sandi kamu. Usahakan buatlah kata sandi yang mudah diingat namun susah untuk ditebak oleh orang lain.
  8. Dikolom “Tanggal lahir” isikan dengan tanggal lahir kamu, kolom tahun isikan dengan tahun kelahiran kamu. Dan untuk bulan isilah dengan bulan kelahiran kamu
  9. Pada kolom gender, pilih dengan jenis kelamin kamu
  10. Untuk kolom ponsel, isikan dengan nomor telepon kamu (tidak wajib)
  11. Pada kolom “alamat email kamu saat ini” tidak usah diisi
  12. Dan pada kolom “buktikan kamu bukan robot” lihatlah gambarnya lalu tulis apa yang ada pada gambar tersebut
  13. Untuk “lokasi” pilih Indonesia
  14. Lalu ceklis/centang “saya menyetujui persyaratan layanan dan kebijakan privacy google”
  15. Setelah itu, klik tombol “langkah berikutnya”
  16. Tunggu beberapa saat (akan muncul halaman baru)
  17. Disitu kamu akan disuruh untuk memverifikasi akun yang baru saja kamu buat. Pada bagian nomor telepon, isikan dengan nomor telepon kamu, dibawahnya centang “pesan saja (sms) setelah itu klik “lanjutkan”
  18. Langkah diatas bisa saja tidak akan kamu lalui karena terkadang google tidak menyuruh kamu untuk memverifikasi akun kamu.
  19. Lalu kamu disuruh untuk memasukkan kode verifikasi. Lihatlah sms yang masuk di hp kamu (ulangi langkah 17 jika sms belum juga masuk)
  20. Catat kode yang kamu terima d isms lalu masukkan kode tersebut di kolom yang tersedia
  21. Klik lanjutkan
  22. Lalu akan muncul halaman baru, dan akan muncul pilihan apakah kamu ingin membuat profil G+ atau tidak.
  23. Dan alamat email kamu telah bisa digunakan

Contoh Alamat Surat Elektronik E-mail

Contoh Alamat Surat Elektronik E-mail

Untuk menghubungi kotak surat tertentu di server surat, masukkan alamatnya di sini: Sahrudin@yahoo.com, nama server surat tempat pengguna ditujukan, rincian: Bila digunakan dalam konteks ini, istilah “subdomain” menunjukkan bahwa domain di komputer adalah bagian dari kategori bisnis/komersial.

Alamat email terdiri dari dua bagian, seperti pada contoh di atas, di sebelah kiri tanda @ disebut user id (paksiman), yang menunjukkan identitas pemilik email.

Bergantung pada pemiliknya, id pengguna ini bisa berupa apa saja mulai dari nama lengkap hingga nama panggilan atau bahkan nomor.

Sedangkan teks yang mengikuti simbol @yahoo.com disebut domain name/hostname yang menentukan identifikasi domain dimana e-mail (mail server) disimpan.

Mulai tahun 1980-an surat elektronik dapat dinikmati oleh seluruh penduduk. Saat ini, banyak perusahaan pos di banyak negara telah menurunkan keuntungan mereka karena konsumen tidak lagi menggunakan layanan surat.

FAQ

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan tentang email, sebagai berikut:

Apa Kegunaan CC Pada Email?

CC ini berfungsi untuk mengirimkan email ke beberapa penerima lain sekaligus secara bersamaan. Namun semua penerima dapat melihat bahwa yang lain juga memiliki salinanya, dan mereka dapat melihat alamat email satu sama lain.

Kesimpulan

Email adalah singkatan dari Electronic Mail, atau Surat Elektronik dalam bahasa Indonesia. Email adalah surat yang dikirim melalui sarana elektronik yaitu jaringan internet. Dengan email, kamu dapat membuat koneksi dengan teman atau orang lain.

Situs media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Google+ juga dapat digunakan sebagai pengganti email tradisional. E-mail telah berguna untuk tugas sekolah, korespondensi yang berhubungan dengan pekerjaan, dan sebagainya.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas

Adblock Detected

Please Turn OFF Your AdbLock Browser For Continue. Thanks / Mohon Matikan Terlebih Dahulu AdBlock Anda. Terima Kasih