Cara Menyambungkan Modem WiFi Ke Komputer dengan Mudah

nafa cahyani

Cara Menyambungkan Modem WiFi Ke Komputer dengan Mudah

Rancakmedia.com – Untuk kamu yang belum tahu bagaimana cara menyambungkan modem WiFi ke komputer, pada artikel kali ini kami akan memberikan informasinya secara detail dibawah ini.

Kami sekarang dapat menggunakan Internet tanpa harus bergantung pada koneksi tertambat berkat WiFi. WiFi dapat digunakan di berbagai perangkat, termasuk komputer, karena hal ini. Cara menghubungkan WiFi ke komputer dapat dilakukan dengan beberapa langkah yang cukup mendasar.

Beberapa komputer memiliki koneksi internet menggunakan kabel Local Area Network (LAN). Ini menyiratkan bahwa beberapa komputer ini tidak dapat langsung terhubung ke WiFi. Tapi jangan khawatir, kamu bisa menghubungkan modem WiFi di komputer kamu dengan cara berikut ini.

Kita membutuhkan sebuah gadget yang dapat merekam sinyal wifi agar dapat menggunakan wifi saat terhubung ke komputer. Banyak orang masih tidak yakin bagaimana menghubungkan modem wifi ke komputer. Jadi, apa langkah-langkahnya?

Ketika tidak ada wifi seperti sekarang ini yang hadir di berbagai area wifian (cafe, resto, halte, bandara, dll), dulu ketika ingin mengakses internet harus menggunakan kabel LAN.

Kita tidak bisa lagi memasang wifi di rumah kita tanpa terlebih dahulu mendaftar layanan dari salah satu dari beberapa penyedia internet seperti Indihome, Biznet, MyRepublic, dan lain-lain, yang masing-masing mengenakan biaya sewa bulanan.

Pengertian Modem Pada Komputer

Modulator demodulator atau lebih dikenal dengan singkatan modem adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk menghubungkan perangkat seperti komputer, laptop, ponsel, atau perangkat lainnya ke internet.

Modem bekerja dengan mengubah atau memodulasi data digital dari perangkat komputer menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut kemudian dikirimkan melalui jaringan telekomunikasi.

Saat sinyal analog tersebut tiba kembali di perangkat komputer, sinyal tersebut akan diubah kembali atau didemodulasi menjadi data digital agar dapat dibaca oleh perangkat komputer. Dengan cara tersebut, modem memungkinkan perangkatmu untuk terhubung ke internet.

Hal Penting yang Perlu Disiapkan

  1. Layanan wifi dari provider internet.
  2. ONT Modem (bawaan dari provider).
  3. Router
  4. Wifi adapter
  5. Kabel LAN

Hal pertama yang bisa kamu ikuti ialah membeli adaptor WiFi (WiFi receiver) untuk komputer, karena pada komputer tidak memiliki adaptor seperti Laptop.

Ada berbagai desain yang bisa kamu pilih, termasuk versi Adaptor USB dan PCI (Peripheral Component Interconnect Adapter). Terlepas dari namanya, fungsinya sama: menerima sinyal yang dikirim oleh modem atau router.

  1. Model USB Adapter
  2. Model PCI Adapter
  3. ONT Modem dari provider

Modem adalah perangkat keras yang digunakan untuk terhubung ke jaringan penyedia layanan dan mengakses internet.

Adalah umum untuk menyewa modem jika kamu berlangganan wifi, tetapi mungkin juga diberikan oleh operator jika kamu membeli layanan ini.

Untuk ONT sendiri biasanya sudah memiliki pemancar wifi, jadi ketika kamu pasang wifi tidak perlu membeli router kembali. Kecuali ketika modem tersebut tidak memiliki pemancar sinyal wifi secara tidak langsung kamuharus membeli router.”

1. Router

Dengan menggunakan router, kamu dapat membagi jaringan menjadi beberapa jaringan yang lebih kecil, atau menghubungkan satu jaringan yang lebih besar.

Ada cukup banyak router yang tersedia, yang masing-masing memiliki berbagai tujuan. Router di sini adalah opsional, karena dalam skenario ini modem ONT sudah menyediakan sinyal wifi.

2. Diagram atau Alur Konektivitas WiFi

Koneksi internet dimulai dengan penyedia internet yang dicolokkan ke modem, kemudian dikirim ke router, yang akhirnya terhubung ke berbagai komponen termasuk PC, telepon, TV, dll.

Gambar berikut menggambarkan bahwa koneksi NBN kekurangan sinyal wifi. Akibatnya, router akan diperlukan.

Cara Menyambungkan Modem WiFi ke Komputer

Langkah-langkah berikut akan menunjukkan kepada kamu bagaimana menghubungkan komputer kamu ke jaringan WiFi:

1. Pasang Wireless Adaptor

Wireless Adaptor harus diinstal di komputer. Adaptor nirkabel adalah perangkat yang memungkinkan komputer terhubung ke jaringan tanpa memerlukan kabel.

Adaptor nirkabel internal dan eksternal adalah dua jenis utama adaptor nirkabel. Hanya Adaptor Nirkabel yang mampu 150Mbps yang dapat digunakan untuk menghubungkan WiFi ke komputer. Driver untuk Kartu Antarmuka Jaringan wifi.

Driver WiFi juga harus diinstal di komputer selain Adaptor Nirkabel. Umumnya, instruksi untuk menginstal driver WiFi diterima saat kamu memperoleh Adaptor Nirkabel.

2. Pasang Driver WiFi

Cara menginstal driver WiFi cukup mudah. Masukkan CD driver, lalu pilih ‘Autorun’ dan mode operasi TP-Link. Kamu harus menunggu sebentar sampai instalasi selesai. kamu dapat melanjutkan ke tahap berikut setelah prosedur selesai.

3. Hubungkan Komputer pada WiFi

Dimungkinkan untuk menghubungkan komputer kamu secara langsung ke jaringan WiFi jika Adaptor Nirkabel dan driver WiFi sudah diinstal di dalamnya.

Aktifkan koneksi WiFi dengan mengklik simbol WiFi di sudut kanan bawah layar. Setelah itu, pilih jaringan WiFi mana yang akan digunakan.

4. Selesai

Komputer telah terhubung ke jaringan WiFi dan siap digunakan untuk menjelajah Internet. Kamu juga dapat menggunakan Panel Kontrol untuk menghubungkan modem WiFi ke komputer selain metode yang tercantum di atas.

Cara Menghubungkan WiFi ke Komputer Melalui Control Panel

Control Panel juga membantu untuk menghubungkan modem WiFi di komputer atau laptop. Windows memiliki fitur Control Panel untuk memudahkan pengguna dalam memantau pengoperasian perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak.

Berikut cara menghubungkan WiFi ke komputer menggunakan Control Panel

  1. Untuk mengakses menu mulai Windows, klik ‘Mulai
  2. Setelah itu, cari ‘Control Panel’ di bilah pencarian
  3. Klik ‘Start’ untuk membuka menu pada Windows
  4. Setelah itu, cari ‘Control Panel’ pada tab pencarian
  5. Lanjutkan dengan memilih ‘Network Connection’.
  6. Selanjutnya, kamu akan melihat jaringan WiFi yang tersedia di sekitar kamu. Apabila jaringan WiFi belum muncul, kamu bisa me-refresh nya
  7. Kemudian pilih salah satu jaringan WiFi yang tersedia
  8. Lalu klik ‘Connect’ dan masukkan kata sandi WiFi
  9. Selesai

Sekarang setelah komputer kamu terhubung ke jaringan WiFi, kamu dapat segera mulai menggunakannya.
Jika koneksi jaringan tidak dapat diandalkan, kamu dapat meletakkan komputer di dekat jaringan WiFi.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan utilitas penguat jaringan WiFi untuk mempertahankan koneksi Internet yang andal.

Cara Menghubungkan ONT Modem dengan LAN ke Komputer

Kamu akan menemukan kabel LAN yang disertakan dengan modem wifi Indihome kamu. Jadi tidak perlu beli lagi.

  1. Siapkan kabel LAN, biasanya sudah satu paket dengan modem wifi Indihome. Jadi tidak perlu beli lagi.
  2. Instal LAN driver untuk menghubungkan.
  3. Pasangkan kabel ke koneksi hub LAN, cari pada 4 titik warna kuning.
  4. Colokkan kabel ke modem dan kemudian ke port komputer, nanti akan terkoneksi secara otomatis.
  5. Selesai.

Ada solusi yang mencegah sinyal wifi muncul kembali jika komputer terhubung dengan kabel LAN. Akibatnya, jaringan wifi kamu tidak akan terganggu oleh tetangga yang usil. Di sisi lain, ini mencegah kamu terhubung ke wifi, yang diperlukan untuk sinyal ponsel.

Fungsi Modem Pada Komputer

Berikut ini adalah beberapa kemampuan modem:

  1. Salah satu alat perantara yang menghubungkan perangkat komputer ke jaringan internet.
  2. Sebagai konverter digital-ke-analog untuk komunikasi dua arah.
  3. Untuk menautkan perangkat dalam jaringan.
  4. Untuk mengompresi data yang disampaikan oleh sinyal.
  5. Melaksanakan prosedur modulasi dan demodulasi.

Jenis-Jenis Modem Pada Komputer

Ada beberapa macam modem, antara lain:

1. Modem Eksternal

Modem internet komputer dimungkinkan dengan penggunaan modem eksternal. Data digital dari komputer diubah menjadi data analog melalui konversi sinyal.

Sebuah komputer akan memproses data analog yang diterima oleh modem dan mengubahnya menjadi sinyal digital untuk diproses lebih lanjut.

2. Modem Internal

Modem Internal adalah jenis modem yang diposisikan di dalam dimana sinyal analog yang masuk akan diubah menjadi sinyal digital dan diberikan langsung ke komputer.

3. Modem ISDN

Modem Integrated Service Digital Network (ISDN) (ISDN) Dalam jaringan digital, suara, data, dan gambar semuanya dikirimkan satu sama lain melalui jaringan telekomunikasi dan kemudian digabungkan.

Jaringan ini memungkinkan konektivitas Digital ujung ke ujung untuk memungkinkan keragaman layanan yang lebih luas.

4. Modem GSM

Modem GSM adalah jenis modem yang menggunakan telepon seluler sebagai saluran untuk pengiriman data. Dalam kebanyakan kasus, kartu koneksi GSM digunakan untuk menawarkan modem semacam ini.

5. Modem Analog – Modem Pada Komputer

Modem Analog adalah bentuk modem yang berfungsi sebagai alat yang mengubah impuls analog menjadi sinyal digital.

6. Modem ADSL

Asymmetric Digital Subscribe Line, atau ADSL, adalah sejenis modem yang memungkinkan kamu mengakses internet dan melakukan panggilan modem analog secara bersamaan. Splitter atau perangkat penghubung lainnya cukup bermanfaat saat menggunakannya.

Tujuan Splitter adalah untuk mengurangi interferensi sehingga dapat beroperasi secara bersamaan, seperti menggunakan internet dan dapat menggunakan telepon biasa. Tidak mungkin keduanya memiliki banyak kesamaan.

7. Modem Kabel

Cable Modem adalah sejenis modem yang digunakan untuk menerima data langsung dari penyedia layanan seperti TV kabel.

8. Wireless Modem

Modem seperti yang terlihat pada remote control TV, yang mengirimkan data melalui gelombang radio atau sinar inframerah, dikenal sebagai “modem nirkabel”.

9. Modem CDMA – Modem Pada Komputer

Modem CDMA adalah jenis modem yang menggunakan frekuensi CDMA 1x atau CDMA 800 MHz. Untuk jenis modem CDMA terbaru, frekuensi EVDO Rev-A mirip dengan 3G.

Cara Kerja Modem Pada Komputer

Mula-mula frekuensi sinyal digital yang dikirim dari komputer diubah menjadi sinyal analog terlebih dahulu oleh modem kemudian ditransmisikan melalui kabel telepon untuk dikirim ke komputer lain dan sebaliknya pada saat menghubungkan komputer ke kabel telepon untuk digunakan sebagai internet, komputer akan mengirimkan data.

Setelah itu, data digital akan diubah menjadi data analog oleh modem dan dikirim melalui saluran telepon (atau kabel lainnya). Ketika data dialamatkan, modem kembali dan mengubahnya dari bentuk analog ke digital.

Hal ini juga terjadi saat mendownload data dalam bentuk analog, sehingga dapat ditampilkan, modem mengubahnya menjadi digital. Ini adalah bagaimana internet di seluruh dunia dapat berkomunikasi satu sama lain.

Komponen Modem Pada Komputer

Perangkat yang terhubung ke jaringan, kartu antarmuka jaringan (NIC) berfungsi sebagai perantara untuk komputer. Sambungkan kabel jaringan ke NIC setelah kartu dipasang dan kamu siap untuk berbagi file antar komputer.

1. Network Interface Card

Bagian ini adalah penguat sinyal digital. Sebagai sinyal, intensitas sinyal yang diterima tumbuh. Repeater juga digunakan sebagai penghubung antara berbagai media selama metode aksesnya sama.

2. Repeater

Sebagai bagian fisik dari komputer atau sebagai jaringan pusat untuk kombinasi kabel untuk mencapai jarak yang sangat jauh.

3. HUB

Komponen ini meningkatkan sinyal dan mengelola data. Bagian belakang HUB memiliki lubang atau port.

4. Switch

Sesuai dengan namanya, komponen ini melakukan jaringan LAN joiner. Hal ini dimungkinkan untuk menjembatani jaringan menggunakan repeater dan HUB tetapi kesulitan yang berkembang sebagai akibat dari penggunaannya paling baik ditangani oleh switch.

5. Access Point

Fungsinya pada dasarnya sama dengan HUB yang digunakan sebagai media penghubung melalui wifi.

6. Bridge

Komponen modem dapat disesuaikan dan juga pintar dibandingkan dengan repeater. CSMA atau CD, tergantung pada antarmuka jaringan, digunakan untuk mengangkut data.

7. Router

Komponen modem seperti router juga disertakan, dan mungkin lebih pintar daripada komponen modem lainnya. Tugas router adalah mentransfer data yang memiliki alamat jaringan terpisah.

Keuntungan dan Kekurangan Modem Internal

Di bawah ini terdapat keuntungan dan kekurangan dari modem internal, yaitu:

Keuntungan

Berikut ini adalah beberapa keuntungan modem internal, antara lain:

  1. Cara lain untuk menghemat ruang.
  2. Lebih terjangkau dari segi biaya.
  3. Karena sudah terpasang ke dalam CPU, tidak perlu adaptor eksternal.
  4. Sistem ini terasa lebih ringkas tanpa banyak kabel yang berseliweran yang mungkin terlihat berantakan.

Kekurangan

Berikut ini adalah beberapa kelemahan modem internal:

  1. Tidak ada indikasi seperti yang terlihat pada modem eksternal. Akibatnya, relatif sulit untuk memeriksa keadaan modem (meskipun dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak).
  2. Karena tidak memiliki sumber tegangan sendiri, itu harus ditenagai oleh catu daya CPU.
  3. Suhu enklosur CPU mungkin meningkat. Hasil dari sirkuit modem internal menjadi terlalu panas.

Kesimpulan

Modem adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk menghubungkan perangkat seperti komputer, laptop, ponsel, atau perangkat lainnya ke internet.

Demikian informasi tentang cara menyambungkan modem WiFi ke komputer dengan mudah, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.