Advertisement

Kenapa Tidak Bisa Download di Playstore, Ini Penyebabnya

Rancakmedia.com – Banyak sekali warganet yang bertanya kenapa tidak bisa download di PlayStore? Kamu tidak perlu khawatir karena kami akan membahas penyebab dan cara mengatasi tidak bisa download di PlayStore.

Mengunduh aplikasi di PlayStore terkadang tidak berfungsi, memakan waktu lama, atau menghadapi masalah lain karena berbagai faktor.

Tergantung pada akar masalahnya, ada banyak pendekatan untuk melewati hambatan ini. Pelajari cara mengatasinya secara efektif dengan membaca informasi di bawah ini!

Apa itu Google PlayStore?

Sebelum mengetahui kenapa tidak bisa download di PlayStore, kamu perlu mengetahui bahwa PlayStore adalah layanan distribusi digital yang dioperasikan sekaligus dikembangkan oleh Google.

Apa Itu Google Playstore_

Tak heran bila ada yang menyebutnya dengan istilah Google Play. Dulunya platform ini disebut dengan istilah Android Market.

Fungsinya sebagai toko aplikasi resmi untuk semua perangkat yang menggunakan sistem operasi Android. kamu dapat menelusuri dan mengunduh aplikasi yang dibuat dengan SDK Android atau Kit Pengembangan Perangkat Lunak yang ditawarkan oleh Google di Google Play.

Platform ini berfungsi sebagai toko aplikasi dan toko media digital. Di mana pengguna dapat menemukan berbagai macam media, termasuk musik, film, buku, bahkan acara televisi.

Ada aplikasi gratis dan premium yang tersedia untuk kamu pilih. Jumlah aplikasi sangat banyak dan bervariasi. Sebagian besar aplikasi ini sangat berguna untuk semua pengguna.

Google Play secara resmi diluncurkan pada 6 Maret 2012, menurut sejarah perusahaan. Instrumen ini merupakan kombinasi dari Android market, Google eBook Store, dan Google Music.

Jenis Layanan Google PlayStore

Layanan PlayStore mencakup berbagai pilihan karena menggabungkan beberapa instrumen:

Jenis layanan Google playstore

1. Google Play Books

Dalam bahasa Indonesia disebut juga Google Play Books. Sebelumnya, frasa yang digunakan adalah Google eBook.

Ini menandakan bahwa ini adalah aplikasi e-book yang diberikan oleh Google dengan jangkauan lintas platform. Pengguna dapat mengakses bagian buku audio PlayStore dari menu ini dan mengunduh atau membeli judul dari sana.

Ada jutaan e-book di platform ini, menjadikannya salah satu bursa buku terbesar di dunia.

Pengguna memiliki opsi untuk mengunggah PDF atau ePub mereka sendiri di akun penyimpanan awan Google Play Buku mereka selain mengunduhnya. Total ada 1.000 file yang bisa diunggah.

Situs ini sudah menyertakan jaringan afiliasi yang memungkinkan pengguna memperoleh royalti atau komisi dari penjualan buku.

2. Google Play Film & TV

Aplikasi yang dikelola Google untuk menonton film dan pemrograman di layar lebar. Layanan dapat berkisar dari pembelian hingga penyewaan, tergantung ketersediaan.

kamu mungkin mendapatkan banyak informasi berkualitas tinggi di situs ini. Bahkan, ada opsi video 4K ultra HD untuk kejernihan yang optimal.

Materi dapat dilihat di perangkat seluler yang menjalankan iOS atau Android, melalui ekstensi untuk browser Google Chrome, atau langsung ke situs web Google Play.

Jika kamu ingin mengunduh secara offline, ini hanya dapat dilakukan melalui aplikasi seluler dan mesin Chromebook.

3. Musik

Seperti namanya, di sini kamu dapat mengunduh dan mendengarkan streaming musik. Saat ini, ada aplikasi terpisah yang dapat dimuat di setiap perangkat pengguna dengan nama Google Play Music.

Pengguna memiliki pilihan untuk mendengarkan musik dan radio secara gratis atau membayar biaya berlangganan bulanan.

4. Google Play Apps and Games

Pengguna di seluruh dunia akrab dengan layanan utama ini. kamu dapat mengakses toko aplikasi Google dan mengunduh serta memperbarui aplikasi di sana.

Ada jutaan aplikasi dan game yang tersedia di platform ini. Beberapa dikenakan biaya, tetapi sebagian besar ditawarkan secara gratis.

Banyak aplikasi berbeda tersedia untuk berbagai macam gadget, tetapi hanya aplikasi yang memenuhi persyaratan minimum yang dapat diinstal.

Penyebab Kenapa Tidak Bisa Download di PlayStore

Sebelum mengunduh, pengguna harus membaca seluruh deskripsi aplikasi agar kompatibel dengan perangkat Android yang digunakan.

Selain itu, pengguna memiliki opsi untuk mendistribusikan aplikasi mereka sendiri dan memperoleh pendapatan dari iklan yang muncul di salinan aplikasi orang lain.

Penyebab Kenapa Tidak Bisa Download di PlayStore

Maraknya dunia digital mempengaruhi berbagai bidang kehidupan. Banyak organisasi sekarang takut tertinggal karena kemajuan teknologi. Mereka berlomba-lomba membangun aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Akibatnya, saat ini ada sejumlah besar aplikasi yang tersedia untuk membantu dalam berbagai upaya manusia. Melakukan pembayaran, misalnya, digunakan untuk keperluan penggunaan mata uang. Namun, saat ini ada berbagai aplikasi dompet digital yang mempermudah transaksi uang.

kamu dapat melakukan banyak hal dengan lebih praktis, efektif, dan efisien hanya dengan menggunakan aplikasi di smartphone kamu. Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu harus mengunduhnya terlebih dahulu dari Google PlayStore.

Mengunduh berbagai aplikasi dengan Google PlayStore cukup mudah. Namun, masalah memang muncul dari waktu ke waktu. Keterlambatan unduhan PlayStore, unduhan lama, atau bahkan unduhan yang gagal bisa menjadi contohnya.

Gan, kok di PlayStore gak bisa di download ya? Banyak faktor yang menjadi penyebab tidak bisa download di PlayStore. Berikut beberapa penyebab tidak bisa download di PlayStore yaitu:

  1. Koneksi jaringan internet terganggu atau terhambat
  2. Memori penyimpanan smartphone penuh
  3. Data cache terlalu penuh
  4. Terdapat banyak aplikasi tidak berguna dan tidak diperlukan di smartphone
  5. Terdapat pesan error yang masuk ke perangkat. Misalnya, pesan error 491 dan pesan error 403
  6. Pengaturan Google PlayStore bermasalah
  7. Smartphone tidak cocok atau support aplikasi yang ingin diunduh
  8. Ponsel mengalami masalah tertentu
  9. Google Play Service mengalami masalah

Selain beberapa alasan kenapa kamu tidak bisa menginstal aplikasi di PlayStore di atas, masih banyak lagi penyebab kamu tidak bisa mendownload dari PlayStore. Namun, kamu tidak perlu terlalu khawatir. Ternyata ada banyak cara untuk mengatasi PlayStore tidak bisa download.

Pendekatan yang digunakan dapat berbeda berdasarkan alasan mengapa kamu tidak dapat mengunduhnya di PlayStore. Untuk memperbaiki masalah tidak dapat mengunduh aplikasi dari PlayStore, kamu memiliki opsi untuk menggunakan salah satu dari beberapa metode.

Solusi Kenapa Tidak Bisa Download di PlayStore

Setelah menyetahui penyebab kenapa tidak bisa download di playstore, berikut solusi yang dapat kamu lakukan jika mengalami hal serupa, sebagai berikut:

Solusi Kenapa Tidak Bisa Download di PlaysStore

1. Periksa Kembali Koneksi Jaringan Internet

Mengunduh atau mendownload aplikasi di PlayStore jelas membutuhkan koneksi jaringan internet. Mengunduh aplikasi dari Google PlayStore mungkin memakan waktu lama atau bahkan gagal jika koneksi internet kamu tidak dapat diandalkan.

Alhasil, sebelum kamu mendownload aplikasi dari PlayStore, pastikan smartphone kamu memiliki koneksi internet yang aktif. Pastikan koneksi jaringan internet cepat, sehingga bisa digunakan untuk mendownload aplikasi dengan cepat.

Jika jaringan internet di tempat tersebut sangat buruk atau lambat, kamu dapat pindah ke lokasi yang dapat memperoleh jaringan internet yang lebih baik.

Jika kamu memiliki dua kartu SIM dengan penyedia koneksi internet yang berbeda, silakan coba alihkan jaringan internet ke penyedia koneksi internet lain. Juga, pastikan kamu memiliki bandwidth internet yang memadai untuk mengunduh aplikasi dari Google PlayStore sebelum kamu mulai mengunduh apa pun.

Sebenarnya download aplikasi di PlayStore juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet dari Wi-Fi atau Hotspot. Namun, pastikan jaringan WI-Fi atau Hotspot yang kamu gunakan juga memiliki koneksi internet yang cepat.

2. Periksa Kembali Pengaturan Jaringan di PlayStore

Kesalahan dalam pengaturan jaringan Google PlayStore adalah salah satu alasan paling umum untuk tidak dapat mengunduh aplikasi dari PlayStore.

1. Google Play Books

Ketika pengaturan jaringan Google PlayStore diatur ke Melalui Wi-Fi Saja, mengunduh aplikasi di PlayStore tidak dapat melalui jaringan internet biasa.

kamu harus memanfaatkan jaringan Wi-Fi atau Hotspot untuk mengunduh aplikasi di Google PlayStore.

Apa cara terbaik untuk mengubah opsi ini? kamu dapat menyesuaikan pengaturan jaringan di Google PlayStore. Mengunduh aplikasi dari Google PlayStore sekarang dapat dilakukan melalui Wi-Fi standar atau koneksi data seluler.

Di Google PlayStore, ikuti langkah-langkah ini untuk mengonfigurasi koneksi internet kamu:

  1. Buka Google PlayStore yang ada di smartphone
  2. Kemudian, buka bagian Setting dan kamu bisa langsung memilih App Download Preference
  3. Ubah pengaturannya menjadi Over Any Network agar download aplikasi di Google PlayStore dapat dilakukan menggunakan jaringan apa saja, baik itu jaringan Wi-Fi maupun koneksi data
  4. Setelah selesai melakukan pengaturan jaringan di Google PlayStore, silakan langsung mencoba untuk mengunduh aplikasi ya! Jangan lupa pastikan jaringan koneksi internet yang digunakan berjalan dengan lancar

3. Hapus Aplikasi di Smartphone yang Tidak Digunakan

Ada sejumlah besar aplikasi yang berguna setiap hari. Akibatnya, ada banyak sekali aplikasi yang menarik dan praktis di ponsel cerdas kamu.

Namun, memiliki banyak aplikasi di smartphone bisa membuat kapasitas penyimpanan menjadi penuh.

kamu tidak akan dapat mengunduh program tambahan jika penyimpanan kamu sudah penuh. Lalu kenapa kami tidak bisa mengunduhnya dari PlayStore? Google PlayStore juga tidak dapat mengunduh program karena kurangnya penyimpanan yang tersedia.

Apa jawaban untuk masalah ini? Aplikasi yang masih digunakan dapat dipilih kembali, demikian juga aplikasi yang tidak lagi diperlukan.

Setelah itu, hapus saja program yang tidak digunakan agar ruang penyimpanan dapat digunakan untuk mengunduh aplikasi baru.

2. Google Play Film & TV

  1. Buka bagian Pengaturan untuk masuk ke bagian App Management
  2. Pilih aplikasi yang akan dihapus. Pastikan aplikasi tersebut sudah tidak dibutuhkan dan digunakan lagi
  3. Setelah itu, langsung saja tekan bagian Uninstall agar aplikasi langsung terhapus dari smartphone
  4. Agar dapat download aplikasi di Google PlayStore mungkin kamu perlu menghapus lebih dari satu aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi. Jumlah aplikasi yang perlu dihapus tergantung besarnya ukuran aplikasi baru yang ingin diunduh

4. Hapus Cache Pada Semua Aplikasi

Sebagian besar pengguna smartphone sering mengabaikan cache yang berkembang di ponsel mereka. Padahal cache yang dibiarkan berkembang terlalu lama dan tidak pernah terhapus bisa menjadi penyebab Google PlayStore tidak bisa digunakan untuk mendownload aplikasi.

Ya tentu saja karena cache yang menumpuk bisa membuat memori penyimpanan ponsel penuh dan ponsel bekerja lambat.

Hal itulah yang menyebabkan ponsel tidak memiliki cukup ruang untuk aplikasi baru yang ingin diunduh oleh Google PlayStore.

Opsi yang bisa dilakukan adalah dengan segera menghapus cache yang telah dibangun di ponsel. Semua aplikasi di ponsel harus memiliki cache yang perlu dibersihkan untuk mengosongkan ruang penyimpanan.

Cara lainnya untuk menghapus cache semua aplikasi, yaitu:

  1. Buka ponsel dan masuk ke bagian Manajer File untuk memilih bagian Bersihkan Memori
  2. Kemudian pilih Semua Data Cache Aplikasi dan beri tanda centang untuk semua aplikasi yang ingin cache-nya dihapus
  3. Kemudian pada bagian bawah klik saja pilihan Hapus
  4. Sebenarnya kamu bisa menghapus cache satu per satu pada semua aplikasi, tetapi cara tersebut kurang efektif. Oleh karena itu, lebih baik langsung menghapus semua cache pada semua aplikasi yang ada di ponsel agar tersedia ruang penyimpanan cukup untuk mengunduh aplikasi baru

3. Musik

Setelah semua cache aplikasi dibersihkan, maka kamu dapat langsung mencoba mengunduh aplikasi baru melalui Google PlayStore.

5. Menghapus Proxy

Kesalahan 491 dan 403 hanyalah beberapa dari banyak alasan mengapa kamu tidak dapat mengunduh aplikasi dari PlayStore. Apa yang harus kamu lakukan jika kamu menerima pesan kesalahan?

kamu dapat menghapus proxy untuk mengatasi masalah tersebut. Hapus proxy untuk memperbaiki masalah tidak dapat mengunduh dari PlayStore:

  1. Buka pengaturan smartphone untuk memilih Dual SIM & Mobile Network
  2. Setelah itu, kamu harus membuka pengaturan koneksi di SIM Card yang digunakan, misalnya SIM1
  3. Kemudian pilih nama Access Point Name yang kamu gunakan, misalnya Indosat-SNS
  4. Setelah itu, kamu bisa langsung menghapus bagian proxy dan port-nya
  5. Selesai menghapus proxy, pastikan untuk memilih Simpan
  6. Setelah selesai menghapus proxy, maka kamu bisa kembali membuka Google PlayStore untuk kembali mencoba mengunduh aplikasi yang diinginkan

6. Menambah Kapasitas Penyimpanan

Alasan paling umum dari ketidakmampuan smartphone untuk mengunduh aplikasi adalah kurangnya ruang penyimpanan atau memori yang tersedia. Obatnya dapat dilakukan dengan menghapus semua cache aplikasi seperti yang ditunjukkan di atas.

Selain itu, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kamu dapat menghapus aplikasi yang tidak lagi digunakan atau tidak lagi diperlukan. Bagaimana jika, bagaimanapun, semua aplikasi ini masih sangat dibutuhkan? Lalu bagaimana?

Pendekatan lain yang mungkin dilakukan adalah dengan memperluas kapasitas ruang penyimpanan. kamu bisa mengganti kartu microSD dengan kartu microSD baru yang memiliki kapasitas lebih besar.

Namun, jika ponsel kamu memiliki dua slot kartu microSD, maka kamu hanya perlu menambahkan kartu microSD baru.

4. Google Play Apps and Games

Pastikan kartu microSD yang baru dipasang memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Idenya, tentu saja, adalah untuk membuat ruang penyimpanan di ponsel kamu lebih besar, sehingga kamu dapat mengunduh lebih banyak program melalui Google PlayStore.

7. Periksa Ketentuan Aplikasi yang Ingin Diunduh

Mengapa tidak mungkin mengunduh dari Google PlayStore? Alasan lain kamu tidak dapat mengunduh aplikasi di ponsel cerdas kamu adalah kondisi aplikasi yang ingin kamu unduh. Beberapa aplikasi hanya dapat diunduh pada ponsel dengan karakteristik tertentu karena persyaratan khusus mereka.

Terkadang aplikasi seperti ini masih dapat diunduh, tetapi tidak dapat digunakan pada smartphone yang tidak memungkinkan penggunaan aplikasi tersebut.

Berikut cara yang dapat kamu lakukan untuk memastikan apakah aplikasi yang ingin kamu unduh tersedia untuk ponsel kamu atau tidak, yaitu:

  1. Buka ponsel dan langsung buka aplikasi Google PlayStore
  2. Setelah itu pilih aplikasi yang ingin kamu unduh atau download
  3. Informasi lengkap tentang aplikasi tersebut akan muncul di layar
  4. Kemudian, carilah informasi apakah aplikasi tersebut dapat tersedia untuk perangkat kamu atau tidak
  5. Jika memang aplikasi tersebut tidak tersedia untuk perangkat, maka kamu tidak bisa mengunduh aplikasi itu

8. Mengatasi Permasalahan yang Ada Pada Google Play Service

Kinerja Google PlayStore, tentu saja, terkait erat dengan Layanan Google Play. Otentikasi ke layanan Google dimungkinkan menggunakan Layanan Google Play.

Selain itu, Layanan Google Play dapat dimanfaatkan untuk memperbarui aplikasi Google PlayStore. Salah satu kemungkinan penyebab ketidakmampuan kamu mengunduh aplikasi dari Google PlayStore adalah masalah dengan Layanan Google Play.

Tentu saja, Layanan Google Play akan menangani masalah ini. Memecahkan masalah Layanan Google Play semudah berikut ini:

  1. Buka ponsel dan langsung masuk ke bagian Pengaturan
  2. Setelah itu, kamu bisa langsung memilih bagian App Management
  3. Kemudian carilah aplikasi Google Play Service. Ketika tidak menemukannya, maka kamu bisa mencoba untuk mencari pada bagian Show All Apps
  4. Setelah menemukannya, silakan langsung buka Google Play Servicedan masuk pada bagian Storage
  5. Selanjutnya, silakan pilih bagian Clear cache dan juga Clear data
  6. kamu bisa menggunakan cara tersebut untuk membuat Google PlayStore kembali bisa digunakan untuk mengunduh aplikasi. Ketika cara di atas tidak berhasil, maka cobalah untuk menghapus Google Play Service
  7. Setelah itu, unduh kembali Google Play Service tersebut

9. Coba Restart atau Mulai Ulang Perangkat

Memulai ulang perangkat ponsel cerdas adalah opsi lain untuk mencoba membuat Google PlayStore berfungsi kembali untuk mengunduh aplikasi. Memulai ulang perangkat seluler adalah proses yang sederhana.

Harap tahan tombol daya selama beberapa detik untuk membuka menu daya. Setelah itu, kamu akan memiliki pilihan untuk me-restart atau mematikan komputer kamu. kamu dapat menggunakan opsi restart untuk me-restart perangkat smartphone.

1. Periksa Kembali Koneksi Jaringan Internet

Setelah perangkat aktif kembali, silakan masuk ke Google PlayStore dan coba unduh atau unduh kembali aplikasi yang diperlukan.

Ketika Google PlayStore masih tidak bisa digunakan untuk mendownload program, maka kamu membutuhkan teknik lain untuk memperbaikinya.

Pilihan terakhir adalah melakukan upgrade atau update ke Google PlayStore. Atau, kamu dapat mengunduh Google PlayStore dan menginstalnya kembali.

Mengapa tidak mungkin mengunduh dari Google PlayStore? Ada berbagai alasan mengapa Google PlayStore tidak dapat digunakan untuk mengunduh aplikasi.

Masing-masing faktor tersebut dapat langsung diatasi dengan teknik yang benar untuk menghadapinya.

kamu bisa langsung mencoba beberapa cara di atas untuk mengatasi Google PlayStore yang tidak bisa digunakan untuk mendownload aplikasi. Pastikan kamu menggunakan pendekatan yang tepat sesuai dengan penyebabnya.

Kesimpulan

Play Store adalah layanan distribusi digital yang dioperasikan sekaligus dikembangkan oleh Google. Tak heran bila ada yang menyebutnya dengan istilah Google Play. Dulunya platform ini disebut dengan istilah Android Market.

Pada artikel di atas kami tidak hanya membahas tentang penyebab kenapa tidak bisa download di playstore saja, tetapi kami juga membahas tentang solusi yang dapat kamu lakukan jika tidak bisa download.

Demikian artikel tentang Kenapa Tidak Bisa Download di Playstore, Ini Penyebabnya. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Related Articles

Back to top button