Advertisement

Mengenal Bagaimana Cara Kerja Sistem Operasi Komputer

Rancakmedia.com – Tahukah kamu cara kerja bagian dalam sistem operasi komputer yang pernah di ajarkan semasa sekolah dasar, yuk simak untuk mengetahui kembali bagaimana caranya.

Umumnya sebuah sistem operasi komputer diperlukan untuk menghubungkan perangkat lunak (software) dengan perangkat keras (hardware) (perangkat keras).

Sistem operasi komputer sangat penting untuk fungsi keseluruhan perangkat. Sistem operasi adalah paket perangkat lunak yang memungkinkan komputer untuk beroperasi.

Hal ini karena, sistem operasi menawarkan perintah sekaligus mediator antara pengguna dan komputer. Mempelajari cara menggunakan sistem operasi komputer.

Apa Itu Kerja Sistem Operasi Komputer

Sistem operasi komputer adalah suatu sistem yang terdiri dari sejumlah komponen kerja hingga prosedur kerja. Bagian-bagian ini digunakan dalam transmisi komputer dan pengoperasian gadget elektronik.

Selain itu, sistem operasi komputer adalah komponen dan teknik fungsi yang ada di komputer. Fungsi utamanya adalah untuk menghubungkan komputer, perangkat lunak, dan perangkat keras bersama-sama untuk pengguna.

Apa Itu Kerja Sistem Operasi Komputer

Fungsi Sistem Operasi Komputer

Setelah mengetahui pengertian sistem operasi komputer, sekarang kita akan mendalami cara kerja sistem operasi komputer. Peran dasar dari sistem operasi komputer adalah untuk mengelola dan mengelola sumber daya pada komputer.

Selain itu, sistem operasi komputer bertanggung jawab untuk memberikan fitur dan fungsi penting kepada pengguna akhir. Anak-anak, akan lebih sederhana dan efisien jika menggunakan peralatan komputer. Peran penting dari sistem operasi komputer adalah untuk mengelola data yang tersimpan di komputer.

Cara Kerja Sistem Operasi Komputer

  1. Sistem operasi komputer melakukan manajemen proses atau melakukan penjadwalan, pembuatan file, dan lain-lain.
  2. Setelah menerima instruksi pengguna, sistem operasi komputer akan mulai bekerja.
  3. Jika instruksi telah diterima, instruksi tersebut diterjemahkan ke dalam data oleh perangkat lunak komputer.
  4. Setelah sistem operasi memproses dan menjalankan instruksi, tampilan komputer atau perangkat keras akan berubah.
Baca Juga:  Pengertian Sistem Operasi Komputer dan Fungsinya

Cara Kerja Sistem Operasi Komputer

Contoh Sistem Operasi Komputer

Windows, misalnya, adalah salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan saat ini. Sistem operasi ini terus mengalami kemajuan seperti Windows 10, Windows Vista, dan sebagainya.

Bukan hanya Windows karena ada juga sistem operasi Linux dan MacOS. Sistem operasi ini ditampilkan di banyak perangkat Apple, sistem operasi ini terus mengalami pengembangan. Mengutip dari buku (2020), peran mendasar sistem operasi adalah mengelola sumber daya di komputer.

Selain itu, sistem operasi berfungsi sebagai layanan kepada pengguna, sehingga memudahkan mereka untuk memanfaatkan banyak sumber daya komputer yang tersedia.

Selain itu, sistem operasi komputer bertanggung jawab untuk melacak semua data yang tersimpan di dalamnya, serta memastikan semua perangkat lunak dan perangkat keras berfungsi dengan baik.

Jenis Sistem Operasi Komputer

Dalam buku Pengembangan Smart Conveyor pada Pelacakan Barang Berbasis IoT (2020) karya Syafrial Fachri Pane, dkk, terdapat empat macam sistem operasi komputer, yaitu:

MS DOS (Disk Operating System)

MS DOS adalah sistem operasi komputer paling awal. Tampaknya berbeda dari sistem operasi komputer saat ini, karena instruksi disampaikan secara tertulis.

Manfaat utama MS DOS adalah tidak memakan banyak sumber daya komputer seperti RAM. Namun, masalahnya adalah bahwa petunjuk itu disajikan di atas kertas dan tidak ada gambar sama sekali.

Sistem Operasi Windows

Windows adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan secara global. Tidak hanya itu, Windows juga mudah ditemukan di berbagai desktop atau laptop.

Sangat mudah untuk menggunakan dan mengatur sistem operasi Windows. Virus adalah ancaman terbesar, tetapi ada bahaya lain juga.

Sistem Operasi Linux

Linux juga cukup umum digunakan oleh pengguna komputer, namun jumlahnya tidak sebesar sistem operasi Windows. Fleksibilitas sistem operasi Linux cocok untuk kustomisasi oleh pengguna akhir.

Baca Juga:  Pengertian Sistem Operasi Komputer dan Fungsinya

Manfaat mendasar dari sistem operasi Linux adalah dapat disesuaikan sesuai kebutuhan, tetapi ini hanya dapat dilakukan oleh seseorang yang paham teknologi. Masalah terbesar adalah bahwa teknik instalasi lebih sulit daripada Windows.

Fungsi Sistem Operasi Komputer

Sistem Operasi MacOS

Macintosh adalah nama lain dari Mac OS. Hanya mesin Apple yang dapat menggunakan sistem operasi ini. Pengguna MacOS secara substansial lebih sedikit daripada pengguna Windows dan Linux.

Manfaat utama dari sistem operasi MacOS adalah tidak mudah rentan terhadap virus. Kerugian terbesar adalah lebih sulit untuk menjalankan sistem operasi daripada Windows atau Linux.

Kesimpulan

Sistem operasi adalah paket perangkat lunak yang memungkinkan komputer untuk beroperasi. Windows, misalnya, adalah salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan saat ini. Anak-anak, akan lebih sederhana dan efisien jika kamu menggunakan perangkat komputer daripada ‘sistem operasi’.

Sistem operasi komputer bertanggung jawab untuk melacak semua data yang tersimpan di dalamnya, serta memastikan semua perangkat lunak dan perangkat keras berfungsi dengan baik. Ada empat jenis sistem operasi komputer: MS-DOS, Windows, Linux, Mac OS dan OS X. Sistem operasi komputer berisi empat fase cara pengoperasiannya.

Hanya dengan menerima instruksi dari pengguna, sistem operasi komputer dapat berfungsi. Windows, MacOS dan Linux adalah sistem operasi komputer yang paling banyak digunakan. Ada juga alternatif yang dimanfaatkan masyarakat, namun tidak sebanyak Windows.

Back to top button