Advertisement

Fitur Baru iOS 16 yang Telah Resmi Rilis di WWDC 2022

Rancakmedia.com – Apple secara resmi mengungkapkan iOS 16 di WWDC 2022, dan menunjukkan sejumlah peningkatan dan fitur baru yang dibawa perusahaan ke sistem operasi untuk iPhone ini. Di musim gugur, perangkat seluler Apple, dari iPhone 8 hingga versi terbaru, akan dapat menjalankan iOS 16.

IPhone 14 akan dirilis pada September 2022, saat itulah iOS 16 diharapkan untuk debut.
“IOS 16 menawarkan berbagai fitur baru, kemungkinan penyesuaian, dan, tentu saja, tampilan layar kunci yang didesain ulang,” kata Wakil Presiden Senior Rekayasa Perangkat Lunak Apple Craig Federighi.

Daftar Fitur Baru Apple iOS 16

Berikut daftar fitur iOS 16 yang dirilis Apple:

Lock Screen

Di iOS 16, pengguna sekarang dapat mengubah font dan warna yang digunakan di layar kunci. Fitur tambahan termasuk kemampuan untuk menambahkan widget dan kemampuan untuk memasang beberapa layar kunci secara bersamaan.

Pengguna iOS sekarang dapat menyesuaikan tampilan layar kunci mereka hanya dengan menggesekkan jari mereka di atas layar.

Untuk memudahkan konsumen dalam menyesuaikan tampilan layar kunci, Apple juga telah menyediakan berbagai wallpaper untuk digunakan.

Notifikasi

Notifikasi di layar kunci, yang sebelumnya muncul bertumpuk tinggi di layar, juga sedang didesain ulang oleh perusahaan dan sekarang akan “bergulir” ke bawah layar.

Tidak hanya itu, Apple juga telah menyertakan fitur “live activities” yang akan menampilkan peringatan yang terhubung ke aplikasi, seperti skor pertandingan hingga perjalanan menggunakan Uber.

Fitur Baru iOS 16 Apple Maps

Live Text iOS 16

Alat Teks Langsung sekarang dapat digunakan untuk mengidentifikasi teks dalam video dan juga foto. Apple mengklaim bahwa berbagai pilihan tambahan akan tersedia ketika pelanggan menggunakan Teks Langsung dalam gambar atau video.

iCloud yang berbasis di Cupertino juga telah memperkenalkan perpustakaan gambar bersama, yang memudahkan pelanggan untuk bertukar foto dengan teman dan orang yang mereka cintai. Semua pengguna iPhone, iPad, dan Mac akan memiliki akses ke berbagi foto dan ide pengeditan.

Fitur Baru Messages iOS 16

Messages, aplikasi perpesanan default Apple, juga telah sepenuhnya didesain ulang. Pesan sekarang dapat diedit atau dihapus setelah dikirim di iOS 16.

Pengguna sekarang dapat menggunakan fungsi SharePlay di aplikasi Pesan. Selain itu, Apple kini telah memperkenalkan alat dikte ke aplikasi Pesan.

Safety Check

Pemeriksaan Keamanan, fitur baru di iOS 16, dirancang untuk membantu melindungi orang-orang yang menjadi korban kekerasan.

Ketika opsi ini dipilih, individu dapat menghapus akses ke informasi yang diungkapkan sebelumnya, seperti lokasi mereka saat ini.

Focus Mode

Mode Fokus sekarang dapat diaktifkan hanya dengan menggeser ke samping dari layar kunci. kamu juga dapat mengatur ulang widget dalam Mode Fokus.

iOS 16 juga memungkinkan pengguna untuk memfilter tab, akun, email, dan fitur dari aplikasi seperti Kalender, Mail, Pesan, dan Safari. Akibatnya, mode konsentrasi ini dapat disesuaikan dengan pengisi tertentu, seperti Pesan.

Fitur Baru Mail

Fitur baru di email Apple termasuk menjadwalkan email, membatalkan email, pengingat jika kamu lupa menambahkan lampiran, dan menampilkan kembali pesan sebelumnya dengan rekomendasi Ingatkan Nanti dan Tindak Lanjut.

Pencarian di aplikasi Mail juga telah ditingkatkan oleh Apple dan sekarang mengembalikan email dari beberapa hari terakhir serta kontak, dokumen, dan tautan.

Dictation, Live Text, Visual Look Up

Pengalaman dikte kata di iOS 16 telah ditingkatkan oleh Apple. Pembaruan baru ini memungkinkan pengguna untuk mendiktekan teks sambil tetap membuka keyboard mereka untuk menambahkan kata atau tkamu baca tertentu.

Teks Langsung sekarang memungkinkan pemirsa menghentikan film dan menyalin subtitle. Apple juga menghadirkan Kalimat Langsung dengan subtitle, yang berarti pengguna dapat langsung menerjemahkan teks dari kamera mereka.

Dengan iOS 16, pengguna sekarang dapat menggunakan kamera iPhone untuk mengambil gambar dan mengubahnya menjadi uang.

Fitur baru telah ditambahkan ke Visual Look Up untuk membuatnya lebih berguna. Untuk mentransfer file ke aplikasi lain, seperti Pesan, tahan tombol shift sambil mengetuk topik.

Selain tumbuhan dan hewan peliharaan, fungsi ini kini bisa mengenali burung, serangga, dan patung.

Fitur Baru iOS 16 Wallet

Dompet ini akan menawarkan kemampuan berbagi kunci dan ID sehingga pengguna dapat membagikan ID untuk alasan identifikasi atau verifikasi usia, misalnya.

Apple juga memungkinkan untuk membayar nanti. Ini dapat digunakan di mana saja yang menerima Apple Pay, baik online atau dalam aplikasi dan memanfaatkan jaringan MasterCard.

Apple Maps

Peta buatan Apple ini akan mendukung 11 negara lagi seperti Belgia, Prancis, Israel, Liechtenstein, Luksemburg, Monako, Belkamu, Selandia Baru, Palestina, Arab Saudi, dan Swiss.

Peta menawarkan fungsi berhenti untuk menambahkan hingga 15 pemberhentian ke setiap rute. Peningkatan terkait transit lainnya termasuk kemampuan untuk membayar transportasi umum menggunakan Apple Wallet dan kemampuan untuk menggunakan kartu transit di platform.

Daftar Fitur Baru Apple iOS 16

Apple News

Apple News sekarang memperkenalkan halaman Olahraga untuk pelanggan di Inggris, AS, Kanada, dan Australia. Dengan itu, pengguna dapat memantau kemajuan klub dan liga favorit mereka, skor keseluruhan, jadwal, dan klasemen.

Parental Control

Orang tua akan didesak untuk membatasi platform yang sesuai dengan usia anak mereka seperti aplikasi, film, buku, dan musik.

Anak-anak juga dapat meminta waktu perangkat tambahan melalui Pesan langsung dari orang tua mereka. Namun, permintaan ini mungkin ditolak atau diotorisasi.

Berbagi Foto di iCloud

Perpustakaan Foto Bersama iCloud akan hadir di iOS 16 yang memungkinkan pengguna berbagi foto dengan hingga lima akun lain. Foto-foto juga dapat diurutkan berdasarkan tanggal atau foto tertentu.

Keenam pengguna yang menjadi bagian dari fitur ini akan memiliki hak yang sama untuk menambah, mengedit, menghapus, atau menunjuk foto favorit dalam grup.

Kesimpulan

Apple secara resmi memperkenalkan iOS 16 pada konferensi pengembang tahunannya, WWDC 2022. iPhone 14 akan dirilis pada September 2022, saat itulah iOS 16 diharapkan untuk debut. Pengguna sekarang dapat menyesuaikan tampilan layar kunci mereka dengan menggesekkan jari mereka di atas layar.

Notifikasi di layar kunci juga sedang didesain ulang dan sekarang akan “bergulir” ke bawah dari atas. Aplikasi perpesanan default Apple, Pesan, sekarang dapat diedit atau dihapus setelah dikirim di iOS 16. Semua pengguna iPhone, iPad, dan Mac akan memiliki akses ke berbagi foto dan ide pengeditan.

Related Articles

Back to top button