Advertisement

Cara Menyimpan VN WhatsApp ke Galeri

Rancakmedia.com – Seperti yang kita tahu whatsapp memiliki fitur Voice Notes (VN) banyak warganet yang bertanya cara menyimpan VN WhatsApp ke Galeri, berikut kami akan memberikan cara menyimpan VN WhatsApp.

Salah satu fitur tambahan yang tidak boleh diabaikan adalah dapat digunakan untuk menyampaikan pesan suara atau Voice Notes.

Pengguna WhatsApp sering mengirim pesan ini satu sama lain. Saya tidak yakin apakah itu untuk komunikasi yang serius atau hanya untuk kesenangan belaka. Voice Notes juga dapat digunakan untuk merekam pembicaraan yang sulit diterjemahkan.

Cara Menyimpan VN WhatsApp

Terkadang voicemail ini juga dimanfaatkan sebagai alternatif untuk mengirimkan pesan saat keyboard HP rusak atau mengalami kesulitan.

Tidak seperti jenis file lainnya, kami tidak dapat mengakses pesan suara di WhatsApp langsung melalui galeri atau pemutar musik di ponsel kami karena pesan suara ini tidak dapat diidentifikasi secara instan.

Cara Menyimpan Pesan Suara WhatsApp

Apakah lokasi file pesan suara WhatsApp yang saya sebutkan di atas sudah menjadi perhatian kamu? Jika kamu belum melakukannya, cari lokasi file di hard drive komputer kamu. Dengan prosedur di atas, kamu seharusnya dapat mengakses audio dari rekaman pesan suara.

Jadi, pertanyaan logis berikutnya adalah: apa yang terjadi jika tidak ditemukan? Mungkin kamu belum mengaturnya dengan benar di pengaturan WhatsApp kamu.

Jadi silakan coba ikuti petunjuk ini, yaitu:

  1. Buka WhatsApp
  2. Kemudian klik icon titik tiga di sebelah kanan atas, dan pilih Setelan
  3. Jika sudah, masuk ke menu Penggunaan Data dan Penyimpanan dan cek di bagian Unduhan Otomatis Media
  4. Disini pastikan Audio sudah tercentang di pengaturan pada Data Seluler dan juga WIFI
  5. Selesai, sekarang voice note atau pesan suara WhatsApp akan secara otomatis tersimpan saat kalian menerima pesan audio

Cara Menyimpan Pesan Suara WA ke Galeri

Bahkan jika rekaman pesan suara ini telah dibuat, ponsel Android tertentu tidak dapat mengenali format audio. Tetapi kamu masih dapat menemukan file musik di ponsel kamu, caranya adalah:

  1. Buka aplikasi File Manager
  2. Kemudian masuk ke Memori Internal
  3. Buka folder WA
  4. Kemudian buka foluder Voice Note atau pesan suara
  5. Di folder tersebut kalian akan menemukan kumpulan pesan suara yang pernah kalian terima, kalian juga akan melihat format file pesan suara tersebut yaitu OPUS

OPUS adalah jenis Audio yang sering ditemukan di Internet. File jenis ini sangat cocok untuk menjalankan berbagai Audio, recorder di WhatsApp adalah salah satu yang memakai format file OPUS.

Cara Memutar Pesan Suara WhatsApp

Meski sebelumnya sudah saya sebutkan bahwa ada ponsel tertentu yang tidak mendukung format file suara di WhatsApp, bukan berarti kamu tidak bisa mengakses file tersebut.

kamu dapat membuka pesan suara atau Voice Notes dalam berbagai metode, dan masing-masing metode sederhana. Selanjutnya, kamu harus mempelajari cara mengonversi vn ke mp3.

1. Menggunakan MX Player

Penggunaan MX Player adalah tempat yang baik untuk memulai. MX Player merupakan aplikasi pemutar video dengan berbagai fitur yang cukup bermanfaat bagi penggunanya.

Akibatnya, tidak mengherankan bahwa aplikasi ini adalah salah satu pemutar video yang paling banyak digunakan. Selain memutar file video, MX Player juga dapat menangani file audio.

Bagaimana kamu bisa memutar ulang Voice Notes yang telah kamu rekam sebelumnya menggunakan MX Player? Langkah-langkah yang harus diikuti:

  1. Buka Google Playstore
  2. Kemudian cari dan Instal aplikasi MX Player
  3. Jika sudah, buka file dengan menggunakan File Manager
  4. Masuk ke tempat audio WhatsApp disimpan, seperti yang sudah saya jelaskan tadi
  5. Setelah itu pilih atau ketuk audio yang ingin kalian putar
  6. Setelah itu pilih Buka Dengan dan pilih MX Player
  7. Setelah itu kalian bisa mendengarkan audio WhatsApp tersebut dan berhasil di putar dengan aplikasi MX Player

Cara Menyimpan Pesan Suara WA ke Galeri

Catatan: Selain MX Player, ada beberapa software lain yang juga dapat digunakan untuk memutar pesan audio atau suara melalui WhatsApp. Seperti prosedur terakhir, tidak ada banyak perbedaan dalam prosedur ini.

2. Ubah Format Voice Note

Opsi lain yang dapat kamu gunakan untuk memutar pesan suara WhatsApp adalah dengan mengubah jenis file pesan suara.

Mengubah format tidak akan merusak format audio ini, jadi kamu tidak perlu khawatir kehilangan data.

Itu sebabnya kamu dapat mencoba format file pesan suara WhatsApp ke dalam bentuk lain, misalnya MP3. ke mp3, ikuti langkah-langkah sederhana ini.

  1. Buka aplikasi File Manager
  2. Dan masuk ke direktori pesan suara WhatsApp
  3. Setelah itu ketuk dan tahan file audio yang ingin kalian ubah formatnya, setelah itu pilih Ubah Nama
  4. Setelah itu, di bagian belakang nama file tersebut ubah menjadi .mp3
  5. Selain itu kalian juga bisa mengubahnya menjadi format file lain yang penting format tersebut adalah format file audio

Namun biar mudah saya menggunakan format .MP3 karena format ini merupakan yang paling umum digunakan.

Sangat mudah, caranya dengan ketuk file audio tersebut atau bisa juga menggunakan pemutar musik yang ada di HP kalian. Karena seharusnya file audio tersebut akan secara otomatis muncul di sana.

Untuk mempermudah dalam memutar dan mengubah file, jangan lupa untuk mentransfer file audio ke folder lain dan mengubah nama sesuai pilihan kamu.

3. Memakai Aplikasi Converter

Teknik mengubah format file menggunakan aplikasi File Manager ini telah dijelaskan sebelumnya, namun berpotensi merusak data. Misalnya, memutar file setelah dimodifikasi tidak menghasilkan suara.

Menggunakan konverter, di sisi lain, adalah aplikasi lain secara keseluruhan. Dimungkinkan untuk mengonversi file Audio ke format lain yang didukung oleh aplikasi ini tanpa memasukkan kesalahan ke dalam file sumber. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama silahkan kalian download dan instal terlebih dahulu aplikasi OPUS to MP3 Converter
  2. Setelah aplikasi terpasang, silahkan buka aplikasi tersebut
  3. Pilih Select OPUS File untuk memilih file pesan suara yang ingin diubah atau di convert
  4. Setelah itu akan muncul File Manager, silahkan kalian masuk ke direktori pesan suara atau voice note WhatsApp
  5. Pilih file audio pesan suara yang ingin kalian convert dan pilih Oke
  6. Jika sudah, silahkn ketuk Convert to MP3
  7. Setelah itu atur nama file, pilih tempat menyimpan file dan tekan Convert

Setelah itu tunggu sampai proses convert selesai dilakukan. Jika sudah selesai kalian bisa langsung membuka file tersebut lewat aplikasi pemutar musik di HP kalian atau bisa juga langsung lewat File Manager tempat dimana audio tersebut disimpan.

Kesimpulan

Pada artikel di atas kami telah memberikan cara menyimpan VN WhatsApp, dan tidak hanya itu kami juga memberikan cara memutarpesan suara WhatsApp menggunakan aplikasi tambahan.

Demikian artikel tentang Cara Menyimpan VN WhatsApp ke Galeri, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Back to top button