Advertisement

Kenapa Tidak Bisa Scan Barcode WhatsApp Web, Ini Penyebabnya

Rancakmedia.com – Banyak warganet yang mengalami kesulitan saat scan barcode WA Web dan banyak muncul pertanyaan, kenapa tidak bisa scan whatsapp web? Berikut penyebab dan cara mengatasinya.

Memang WhatsApp menawarkan kemampuan yang bisa digunakan di laptop dan juga di Android secara bersamaan. Whatsapp dapat diakses dan digunakan di laptop menggunakan whatsapp web.

Untuk cara masuk whatsapp web perlu melakukan langkah scan barcode, jika tidak dilakukan maka tidak akan bisa mengakses whatsapp web di laptop.

Namun, kesulitannya adalah barcode web WhatsApp tidak dapat dipindai selama prosedur pemindaian. Jika itu terjadi pada kamu, kamu mungkin ingin memikirkan untuk mengatasi masalah tersebut dengan cara yang akan saya jelaskan di paragraf berikut.

Penyebab Tidak Bisa Scan Barcode Whatsapp Web

Namun sebelum kamu mengatasi masalah tersebut, ada baiknya kamu mengetahui apa yang menyebabkan prosedur pemindaian barcode gagal/tidak berfungsi.

Penyebab Tidak Bisa Scan Barcode Whatsapp Web

Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab ketidakmampuan kamu menggunakan WhatsApp Web di laptop:

  1. Kemungkinan karena koneksi internet yang tidak stabil atau lemah
  2. Browser yang kamu gunakan menyimpan chache yang mana membuat kinerja whatsappp web menjadi tidak berfungsi
  3. Mungkin karena firewall dan pengaturan jaringan pada laptop kamu tidak mengizinkan pemuatan aplikasi whatsapp web
  4. Mungkin juga kamu menggunakan VPN pada koneksi laptop kamu yang mana di deteksi oleh whatsapp menjadi akses aplikasi yang tidak sah
  5. Proses scan membutuhkan kamera untuk memindai barcode , namun terkadang tidak bisa di lakukan karena memang kamera belakang kamu kotor sehingga aplikasi tidak bisa mendeteksi barcode
  6. Mungkin juga layar laptop kamu kotor sehingga kamera ponsel yang di gunakan tidak bisa membaca barcode tersebut

Jika sudah mengetahui masalahnya, maka lanjutkan ke cara memperbaiki tidak memindai scan barcode web WhatsApp.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Scan Barcode WhatsApp Web

Ketika datang untuk memecahkan masalah tertentu, ada berbagai pendekatan yang mungkin kamu gunakan, seperti yang saya katakan sebelumnya. Hal-hal yang perlu kamu lakukan agar whatsapp web dapat dilakukan jika kamu menghadapi masalah seperti itu adalah sebagai berikut:

Membersihkan Permukaan Pada Kamera Ponsel dan Juga Layar Laptop

Coba bersihkan lensa kamera dan layar laptop kamu sebagai solusi atas ketidakmampuan kamu memindai halaman web WhatsApp dengan benar.

Baca Juga:  Cara Pakai dan Link Download Stiker WhatsApp Pocky Love Viral

Jika layar kamera dan laptop sama-sama berdebu, tentu bisa membuat proses scan barcode sulit dioperasikan, kinerja kamera terganggu. Akibatnya, ia tidak bisa tampil maksimal. Harap luangkan waktu sejenak untuk menghapus layar ponsel cerdas dan laptop kamu.

Menghapus Chache Pada Browser Laptop Kamu

Browser pada laptop yang biasa menggunakan chrome dan mozilla firefox memiliki kemampuan caching. yang jika digunakan secara rutin dan tidak terhapus dan akhirnya menumpuk selain membuat browser menjadi lemot juga bisa menjadi penyebab tidak bisa scan barcode whatsapp web.

Untuk itu, silahkan hapus dulu cache yang tersimpan di browser kamu, jika kamu menggunakan chrome kamu dapat menghapus cache ini di pengaturan browser dan meletakkannya di tombol tiga titik di kanan atas browser.

Kemudian pilih pengaturan pada menu yang disajikan, silakan gulir ke bawah dan temukan submenu hapus data penelusuran. kemudian melakukan penghapusan.

Sedangkan jika menggunakan browser mozilla firefox, prosedur untuk menghapus cache adalah dengan mencari menu pengaturan. lalu pilih opsi privasi dan keamanan.

Jika sudah selesai, kamu akan menemukan cookie kamu di bawah data situs. Sekarang cache telah dihapus, klik tombol bersihkan cache.

Matikan koneksi VPN pada laptop kamu

Mungkin jika kamu menggunakan vpn untuk jaringan internet kamu karena suatu alasan. Akibatnya, barcode web whatsapp di laptop kamu mungkin tidak dapat dipindai

Sebagai pengguna yang tidak sah, WhatsApp dapat memblokir akses kamu ke akun kamu jika mendeteksi alamat IP dari layanan VPN kamu. Harap putuskan sambungan dari jaringan pribadi virtual (VPN), karena ini mungkin sumber masalahnya.

Baca Juga:  Langkah Membuat Screenshot Chat WhatsApp Menjadi Panjang

Jika sudah dimatikan, silahkan lakukan scan ulang pada browser kamu. tunggu sebentar sampai prosedur scan barcode berhasil.

Matikan firewall laptop kamu

Salah satu alasan mengapa WhatsApp Web tidak berfungsi di PC kamu adalah karena firewall atau pengaturan jaringan kamu memblokir situs WhatsApp agar tidak dimuat.

Harap minta administrator jaringan kamu untuk memasukkan domain ini ke daftar putih sehingga dapat digunakan di jaringan kamu jika kamu memilikinya.

  1. web.whatsapp.com
  2. web.whatsapp.com
  3. whatsapp.net

Setelah situs-situs ini disetujui, kamu akan dapat mengunjunginya dan menggunakan WhatsApp Web di PC kamu.

Periksa Koneksi Internet yang di Gunakan

Salah satu alasan mengapa WhatsApp Web tidak berfungsi di PC kamu adalah karena firewall atau pengaturan jaringan kamu memblokir situs WhatsApp agar tidak dimuat.

Jika ini masalahnya, kamu harus berbicara dengan administrator jaringan kamu tentang menambahkan domain berikut ke daftar putih jaringan kamu:

  1. web.whatsapp.com
  2. web.whatsapp.com
  3. whatsapp.net

Setelah situs-situs ini disetujui, kamu akan dapat mengunjunginya dan menggunakan WhatsApp Web di PC kamu.

Kesimpulan

Pada artikel di atas kami tidak hanya memberikan penyebab tidak bisa scan barcode whatsapp web saja, tetapi kami juga memberikan cara mengatasi tidak bisa scan barcode whatsapp web.

Demikian artikel tentang Kenapa Tidak Bisa Scan Barcode WhatsApp Web, Ini Penyebabnya. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Related Articles

Back to top button