Advertisement

FUP IndiHome Batas Terbaru, Lengkap dengan Cara Ceknya Mudah Tanpa Registrasi

Rancakmedia.com – Berikut ini informasi terbaru untuk cara cek batas fup indihome memudahkan kamu untuk melakukannya, silahkan simak informasi ini sampai habis untuk detail lengkapnya agar tidak ada informasi yang tertinggal.

IndiHome adalah penyedia layanan internet yang banyak digunakan orang untuk memberikan konektivitas di rumah atau di tempat kerja. Layanan internet pada langganan unlimited yang diberikan oleh IndiHome ternyata memiliki kebijakan penggunaan internet yang wajar atau dijuluki FUP IndiHome.

Apa yang dimaksud dengan FUP IndiHome batas? Berapa FUP pada layanan IndiHome terbaru? Apa cara terbaik untuk mengetahuinya? Apa yang terjadi jika penggunaan internet kamu melebihi kuota FUP kamu? Penggunaan internet seorang pengguna telah melampaui batas FUB.

Beberapa pertanyaan di atas merupakan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pengguna IndiHome, termasuk kamu. Kebijakan penggunaan kuota internet IndiHome dijelaskan selengkapnya pada artikel berikut. Simak terus informasinya sampai selesai!

Kenali FUP IndiHome Batas

Apa arti FUP di IndiHome? FUP adalah singkatan dari Fair Usage Policy. Kebijakan Penggunaan Wajar (FUP) IndiHome membatasi jumlah lalu lintas internet yang dapat dikirim dan diterima oleh rumah tangga dalam jangka waktu tertentu.

Kenali FUP IndiHome Batas

Terlepas dari kenyataan bahwa istilah “tidak terbatas” berarti “tidak terbatas” dalam bahasa Indonesia, penggunaan layanan internet tanpa batas tetap tunduk pada batasan tertentu. Ya, langganan internet semacam ini memang memiliki batasan konsumsi kuota yang ditetapkan atau dikenal dengan istilah FUP setelah digunakan.

Apa yang terjadi jika penggunaan internet kamu melebihi kuota FUB kamu? Kecepatan layanan internet akan cenderung berkurang jika internet telah digunakan melebihi batas kuota FUP yang ditentukan. Tidak menutup kemungkinan juga konsumsi internet pengguna berdampak pada penurunan kecepatan internet.

Kecepatan internet bahkan bisa turun hingga 40 persen jika penggunaan kuota internet terlalu banyak di atas batas FUP yang telah ditentukan.

Ketika konsumsi kuota internet bulanan pengguna mencapai batas FUP, kecepatan layanan internet mereka berkurang. Perhitungan FUP didasarkan pada atau setiap bulan. Setiap awal bulan, pemakaian kuota internet akan dihitung ulang mulai dari 0 GB.

Oleh karena itu, sebagai pelanggan layanan internet IndiHome, kamu perlu me-restart modem setiap bulan. Menggunakan paket layanan internet yang sedang digunakan, langkah ini akan mencoba mengatur ulang kecepatan internet.

Skema atau kebijakan limit FUP disediakan oleh PT Telkom Indonesia untuk menopang dan memastikan semua layanan klien IndiHome di berbagai wilayah Indonesia.

Semua pelanggan Telkom Indonesia IndiHome Fiber dengan batas kecepatan 10 Mbps atau di bawahnya tunduk pada kebijakan ini.

Pengguna UseeTV yang terhubung ke internet IndiHome tidak akan dikenakan pembatasan FUP. Ini menyiratkan bahwa Kebijakan Penggunaan Wajar ini tidak akan memengaruhi layanan UseeTV.

Jenis-Jenis Besarnya FUP IndiHome

Kebijakan FUP layanan IndiHome yang berlaku untuk paket internet dengan kecepatan minimal 10 Mbps. Peraturan FUP tidak berlaku untuk paket Internet dengan kecepatan download di bawah 10 Mbps.

Dua FUP terintegrasi menjadi satu paket internet di IndiHome. Beberapa kali jumlah FUP untuk layanan IndiHome berubah. Lalu, berapa FUP 2021 terbaru sekarang?

Berikut ini adalah macam-macam ukuran FUP IndiHome, yaitu:

Daftar FUP di Layanan IndiHome 10 Mbps

Paket layanan internet 10 Mbps mencakup batas penggunaan yang layak hingga 300 GB. Kecepatan internet akan berkurang hingga 75%, atau 7,5 Mbps, jika kamu menggunakan lebih dari jumlah tersebut.

Setelah itu, jika kamu menggunakan internet 400 GB setiap bulan, kecepatan internet kamu akan turun 40%, atau 4 Mbps.

Mencapai FUP 300 GB Meningkatkan Kecepatan Internet 7,5 Mbps atau 75 persen
400 GB 4 Mbps atau 40 persen

Daftar FUP di Layanan IndiHome 20 Mbps

Kuota internet 500 GB sudah termasuk dengan langganan internet 20 Mbps. Ketika kuota internet yang dikonsumsi lebih dari 500 GB, kecepatan internet akan diturunkan menjadi 15 Mbps atau sama dengan 75 persen.

Setelah itu, jika kuota internet terlampaui lebih dari 800 GB, kecepatan internet yang tersedia berkurang 40% atau setara dengan 8 Mbps.

Kecepatan Internet Penggunaan Internet Setelah Melewati FUP \s500 GB 15 Mbps atau 75 persen
800 GB 8 Mbps atau 40 persen

Daftar FUP di Layanan IndiHome 30 Mbps

Selain itu, ada dua batasan FUP yang disertakan dalam paket internet IndiHome 30 Mbps. Setelah menghabiskan lebih dari 75% kuota data bulanan kamu, kecepatan internet kamu akan berkurang menjadi 22,5 Mbps.

Kecepatan internet juga akan turun hingga 12 Mbps (40 persen) jika konsumsi internet mencapai lebih dari 1.200 GB.

Kecepatan Internet Penggunaan Internet Setelah Melewati FUP \s700 GB 22,5 Mbps atau 75 persen \s1,200 GB 12 Mbps atau 40 persen

Daftar FUP di Layanan IndiHome 40 Mbps

Jika kamu pelanggan langganan internet IndiHome 40 Mbps, maka informasi ini sangat penting. Kecepatan layanan internet akan berkurang hingga 30 Mbps atau 75 persen ketika kuota internet penggunaan tinggi telah melampaui 900 GB.

Penggunaan kuota internet yang berlebihan akan mengakibatkan penurunan kecepatan internet sebesar 40 persen, menjadi 16 Mbps.

Baca Juga:  Berikut 8 Cara Memperluas Jangkauan WiFi Indihome

Kecepatan Internet Penggunaan Internet Setelah Melewati FUP 700 GB 22,5 Mbps atau 75 persen
1.200 GB 12 Mbps atau 40 persen

Daftar FUP di Layanan IndiHome 50 Mbps

IndiHome juga menjual paket layanan internet 50 Mbps. Paket internet ini sangat ideal bagi kamu yang rutin mendownload file atau dokumen dalam jumlah yang banyak.

Layanan internet 50 Mbps juga dilengkapi dengan kebijakan FUP. Jika kuota internet yang dikonsumsi melebihi 1.200 GB, maka kecepatan internet akan diturunkan menjadi 37,5 Mbps atau 75 persen.

Saat kamu mengkonsumsi kuota internet lebih dari 2.000 GB, kecepatan internet akan turun hingga 40 persen atau setara dengan 20 Mbps.

Peningkatan kecepatan internet sebesar 75 persen setelah melewati FUP sebesar 1.200 gigabyte
20% atau 40% dari 2.000GB pada 20Mbps

Daftar FUP di Layanan IndiHome 100 Mbps

Paket internet IndiHome ini merupakan paket internet yang menawarkan kuota internet lebih besar dari paket internet sebelumnya. Selain itu, berlangganan internet IndiHome 100 Mbps memberikan kecepatan yang lebih besar atau lebih cepat.

Selain itu, paket internet ini memiliki berbagai keistimewaan dibandingkan dengan paket internet yang telah disebutkan sebelumnya. Perbedaannya terletak pada jumlah paket FUP.

Beberapa paket internet sebelumnya memiliki dua paket limit FUP, namun paket internet 100 Mbps hanya memiliki satu batasan. Jika kuota internet telah terlampaui 2.000 GB, kecepatan akan turun menjadi 50 Mbps, yaitu pengurangan 50%.

Penggunaan Internet 2.000 GB setelah melewati FUP dibatasi kecepatan 50 Mbps atau 50%
Sisa batas FUP IndiHome.

Cara Cek Sisa FUP IndiHome

Informasi besaran FUP pada layanan internet IndiHome sebagaimana tersebut di atas merupakan informasi penting dan harus dipahami oleh semua pengguna, termasuk kamu.

Selain itu, kamu juga harus mengetahui cara cek FUP pada layanan IndiHome. Mengapa demikian? Informasi tentang cara cek FUP sangat penting agar kamu dapat membatasi atau mengatur konsumsi kuota internet dengan lebih baik.

Bagaimana cara mengetahui apakah IndiHome FUP atau tidak? Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk memeriksa. Cara cek sisa FUP layanan IndiHome semudah ini:

Cek Sisa FUP Menggunakan MyIndiHome

Untuk memulai, buka aplikasi MyIndiHome di smartphone atau tablet kamu. Tentunya cara ini bisa dilakukan dengan cepat jika sudah ada aplikasi MyIndiHome di smartphone.

Akibatnya, pastikan kamu telah mengunduhnya di ponsel cerdas kamu. Gunakan Google Play Store atau Apps Store untuk mencari dan mengunduh aplikasi MyIndiHome di smartphone kamu. Program ini sepenuhnya aman dan legal untuk digunakan.

Cara Cek Sisa FUP IndiHome

Setelah itu, coba ikuti beberapa petunjuk di bawah ini, yaitu:

  1. Buka aplikasi MyIndiHome dan login atau login menggunakan akun yang terdaftar.
  2. Jika akun belum terdaftar, maka kamu dapat mendaftar atau mendaftar terlebih dahulu.
  3. Setelah itu, buka menu Internet dan pilih ikon tiga titik.
  4. Kemudian pilih opsi “Lihat Penggunaan”.
  5. Tunggu beberapa detik, dan kamu akan melihat berapa banyak FUP paket internet kamu yang sudah terpakai.
  6. Setelah kamu melakukannya, kamu dapat membandingkan batas FUP dengan berapa banyak FUP atau kuota internet kamu yang benar-benar habis.
  7. Dengan membandingkan penggunaan internet kamu, kamu dapat menentukan apakah kamu telah mencapai atau melebihi batas FUP kamu.

Cek Sisa FUP Melalui Website Resmi

Ada berbagai cara untuk mengecek sisa kuota FUP kamu selain menggunakan aplikasi MyIndiHome di smartphone kamu. Rahasianya adalah dengan masuk ke website atau website resmi IndiHome. Ya, cukup sederhana untuk menggunakan teknik ini.

  1. Buka browser apa saja, misalnya Google Crome, Mozilla FireFox, dan sebagainya.
  2. Ketik URL situs resmi IndiHome yaitu https://www.indihome.co.id.
  3. Gunakan akun yang sudah dibuat untuk masuk.
  4. Di IndiHome, buka opsi “Lihat Detail”.
  5. Setelah itu, informasi sisa jumlah FUP akan ditampilkan pada paket layanan internet yang digunakan.
  6. Bagi kamu yang tidak ingin repot menginstal aplikasi tambahan di ponsel cerdas kamu, ini adalah solusi ideal.

Cek Sisa FUP Melalui SMS

Jika kamu menggunakan layanan internet IndiHome, kamu juga dapat memeriksa sisa FUP menggunakan dua cara yang tercantum di atas. Pendekatan ini sangat mudah karena tidak memerlukan kuota internet. Ya, kamu dapat menggunakan layanan SMS di ponsel cerdas kamu.

  1. Buka smartphonenya.
  2. Masukkan nomor telepon kamu ke dalam aplikasi perpesanan SMS.
  3. Kirim pesan baru ke penerima 98108.
  4. Teks isi: ISP <spasi> IH <spasi> Kode Area + Nomor Telepon.
  5. Kirim pesan.
  6. Beberapa detik kemudian akan ada pesan masuk sebagai balasan.
  7. Pada pesan ini terdapat informasi mengenai sisa kuota FUP untuk layanan IndiHome.

Pendekatan ini memerlukan penggunaan nomor telepon yang telah didaftarkan sebelumnya, nomor ISP, dan kode area. Lebih buruk lagi, kamu akan membutuhkan uang untuk menutupi biaya Rp 350 per SMS.

Cara Melakukan Reset FUP IndiHome

Apa yang harus dilakukan jika penggunaan kuota internet telah melampaui batas FUB? Apakah ada cara untuk memperbaikinya agar kecepatan internet kembali normal dan stabil?

Baca Juga:  Telkom Sudah Perbaiki Kabel Laut Jasuka dan Jaringan Kembali Normal

Saat menggunakan internet ternyata konsumsi internetnya melebihi batas FUP, kecepatan internet mungkin turun atau terlihat lebih lambat. Itu akan sangat merepotkan, bukan?

Nah, agar aktivitas berselancar tidak terganggu, maka kamu bisa melakukan reset FUP. Manfaat atau keuntungan lain saat melakukan reset FUP, yaitu:

  1. Kecepatan internet sudah kembali normal.
  2. Harga benar-benar masuk akal.
  3. Ada tiga kerangka waktu untuk dipilih: satu hari, tiga hari, dan tujuh hari.
  4. Tidak bersalah dan sah.
  5. Memiliki beberapa cara pembayaran.

Bagaimana cara reset FUP layanan IndiHome? Untuk menyiasatinya, kamu harus memanfaatkan fitur Perbarui Kecepatan.

IndiHome menawarkan layanan yang disebut Renew Speed, yang dikelola oleh perusahaan itu sendiri. Setelah mencapai batas FUB, kamu dapat menggunakan layanan ini untuk meningkatkan kecepatan internet kamu tanpa batas. Kecepatan pembaruan IndiHome dapat disesuaikan agar sesuai dengan kebutuhan spesifik kamu berkat berbagai pilihannya.

  1. Periksa apakah smartphone kamu sudah memiliki aplikasi MyIndiHome.
  2. Gunakan akun yang sudah dibuat untuk masuk.
  3. Saat kamu melihat simbol tiga titik di menu, pilih “Internet.”
  4. Pilih opsi “Lihat Penggunaan”.
  5. Klik “Perbarui Kecepatan” untuk memulai kembali proses.
  6. Akan ada banyak pilihan paket.
  7. Pilih bundel yang kamu butuhkan.
  8. Setelah itu, klik “Beli” untuk melanjutkan pembelian dan melakukan pembayaran menggunakan metode yang kamu pilih.
  9. Reset FUP layanan IndiHome dapat dilakukan dengan membayar sejumlah tertentu berdasarkan plan yang dipilih.
  10. Biayanya Rp 30.000 untuk paket 1 hari. Dengan Rp 50.000,- kamu sudah bisa mendapatkan paket promo tiga hari.
  11. Ada paket tambahan dengan durasi 7 hari. Bundel ini dapat digunakan dengan membayar biaya sebesar Rp 100.000.
  12. Biaya tersebut di atas belum termasuk PPN 10 persen.

Cara Agar Tidak Cepat Terkena Batas FUP IndiHome

Batas FUP sebenarnya relatif besar sehingga penggunaan internet seperti streaming, download, dan browsing tidak akan segera melampaui batas FUP.

Jika ragu, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menghindari sanksi pembatasan FUP layanan IndiHome. Apa saja langkah-langkahnya?

Gunakan Proteksi Wi-Fi IndiHome

Aktifkan layanan perlindungan atau keamanan Wi-Fi Indihome dengan kata sandi. Prosedur ini dilakukan agar tidak ada orang lain yang memanfaatkan kuota internet kamu melalui Wi-Fi kamu.

Ya, karena jika banyak digunakan oleh pengguna lain, kuota internet akan cepat habis dan mendekati batas FUP setiap bulannya.

Matikan Modem Ketika Tidak Digunakan

Cara kedua ini cukup mudah dilakukan untuk menjaga kuota internet dan mencegahnya cepat mencapai batas FUP. Ketika kamu tahu kamu akan pergi untuk waktu yang lama, matikan modem kamu.

Mengatur Penggunaan Kuota Internet

Pendekatan selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan mengontrol penggunaan internet. Untuk mengelola penggunaan internet kamu dengan lebih baik, kamu harus sering memeriksa sisa kuota kamu.

Cara Agar Tidak Cepat Terkena Batas FUP IndiHome

Dalam hal kepuasan klien, IndiHome, penyedia layanan terbaik, tidak pernah kompromi. Salah satu kebijakan yang sangat berguna bagi klien adalah kebijakan batas FUP IndiHome.

Batas FUP untuk setiap bundel kuota internet berbeda-beda. Batas FUP meningkat berbanding lurus dengan kuota paket internet kamu. Ketika penggunaan internet melebihi batas FUP, kecepatan internet akan turun.

Oleh karena itu, sebagai pelanggan layanan internet dari IndiHome, kamu dapat menggunakan berbagai teknik yang diuraikan di atas untuk memverifikasi FUB yang tersisa. Mengecek sisa PUB akan memudahkan kamu dalam mengatur konsumsi internet agar kecepatan internet tidak menurun.

Regulasi FUP tidak berlaku untuk paket Internet dengan kecepatan download di bawah 10Mbps. Kecepatan layanan internet IndiHome 40 Mbps akan diturunkan hingga 30 Mbps atau 75 persen ketika kuota internet tinggi penggunaan telah melampaui 900 GB. Kecepatan internet juga akan turun hingga 12 Mbps (40 persen) jika konsumsi internet mencapai lebih dari 1.200 GB.

Kesimpulan

Fair Usage Policy FUP IndiHome batas jumlah lalu lintas internet yang dapat dikirim dan diterima oleh rumah tangga dalam jangka waktu tertentu. FUP adalah singkatan dari Fair Usage Policy atau Fair Internet Use Policy. Kebijakan ini berlaku untuk semua layanan klien IndiHome di berbagai wilayah di Indonesia.

Fair Usage Policy (FFP) IndiHome berlaku untuk paket internet dengan kecepatan minimal 10 Mbps. Kecepatan internet akan berkurang menjadi 7,5 Mbps jika kamu menggunakan 400 GB internet setiap bulan.

Back to top button