TEKNO

Berikut Ini Cara Untuk Resize File Foto KTP Menjadi 2 MB Syarat Daftar Kartu Prakerja

Berikut Ini Cara Untuk Resize File Foto KTP Menjadi 2 MB Syarat Daftar Kartu Prakerja – Salah satu persyaratan registrasi Prakerja gelombang 12 ialah menyertakan photo Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan ukuran file maksimal 2MB. Bila ukuran file melewati batasan, pendaftar perlu mengecilkannya.

Ada batasan maksimal ukuran file photo KTP itu dimaksudkan supaya proses upload ke sistem dapat lancar dilaksanakan. Dalam kata lain, jika ukuran melebihi batasan, file bisa saja ditolak secara automatis oleh sistem.

Walau demikian, bila ukuran file photo KTP kurang dari 2MB proses upload juga masih dapat dilaksanakan. Di bawah ini diuraikan tiga tool online yang dapat digunakan untuk memperkecil ukuran file photo KTP sebagai salah satunya persyaratan registrasi Prakerja.

  • Kraken.io

Cara mengecilkan ukuran file foto KTP di Kraken.io dapat dilakukan dalam tiga langkah, yaitu Choose File, pilih mode Optimasi Image, dan pilih Size. Kraken.io akan menampilkan informasi ukuran file foto setelah dikompres pada menu Summary.

Lalu tinggal tunggu sejenak prosesnya, kemudian unduh saat selesai. Kraken.io juga memungkinkan untuk mengecilkan file foto dari non-folder komputer, yakni dari layanan cloud seperti Drive, Box, dan Dropbox. Mengenai outputnya nanti berupa file format ZIP.

  • Image Optimizer

Cara mengecilkan ukuran file foto KTP di Image Optimizer dengan klik menu Choose File dari laman utama situs ini untuk mengambil file JPG dari folder komputer, lalu pilih Size (piksel) dan Quality, mulai Minimum hingga Best.

🔥TRENDING:  Jadwal Pertandingan Grup MSC 2021

Kemudian, klik Optimize Now! untuk proses selanjutnya. Tunggu sejenak hingga tuntas, kemudian unduh file yang telah dikompres ukuran file-nya. Selesai.

Lain itu, Image Optimizer juga menawarkan software untuk komputer yang bisa di-download gratis untuk penggunaan lebih praktis saat perangkat tak sedang terhubung dengan internet.

  • Pixlr

Cara mengecilkan ukuran file foto KTP di Pixlr juga tidak kalah praktis dari Kraken.io dan Image Optimizer. Cara menggunakan situs web Pixlr dimulai dari klik menu OPEN IMAGE dari laman utama situs ini untuk mengambil foto dari folder komputer. Berikutnya klik tombol SAVE yang letaknya pada pojok kanan bawah.

Di menu SAVE ini proses mengecilkan ukuran file foto KTP bisa dilakukan. Pada menu Quality geser bar ke persentase yang diinginkan, sambil memperhatikan output ukuran file foto yang terletak di bawah indikator kualitas LOW MED HIGH.

🔥TRENDING:  5 Aplikasi Karaoke Terbaik 2021 untuk Android

Jika bar digeser ke kiri, ukuran file foto akan secara otomatis semakin mengecil dan sebaliknya. Bila sudah dirasa mencapai 2MB, silakan klik tombol DOWNLOAD untuk menyimpan hasil kompres foto ke komputer.

Ketentuan Ukuran dan Format File Foto

Prakerja adalah salah satu bantuan yang dilanjutkan oleh pemerintah di tahun 2021. Pembukaan pendaftaran Prakerja gelombang 12 akan diumumkan melalui media sosial resmi Kartu Prakerja.

Pihak pelaksana program ini mengimbau agar masyarakat berhati-hati terkait informasi soal Prakerja gelombang 12. Pendaftaran Prakerja gelombang 12 hanya dibuka melalui alamat resmi di www.prakerja.go.id.

Berikut ketentuan ukuran dan format file foto untuk pendaftaran Prakerja:

  • Bukan Fotokopi dan Seluruh Bagian KTP Berada Dalam Foto

Salah satu penyebab gagalnya upload foto KTP ke akun Prakerja saat melakukan pendaftaran bisa juga disebabkan oleh foto yang tak sesuai ketentuan pendaftaran. Tim pelaksanaan Program Prakerja mengimbau agar pendaftar memastikan seluruh bagian dari KTP ada dalam foto yang diunggah.

🔥TRENDING:  Pada 2021 Aplikasi WhatsApp Tidak Akan Berfungsi di Smartphone Ini

Adanya sebagian sisi KTP yang tak terlihat atau tak tampak, juga berpengaruh dalam proses verifikasi data nantinya. Selain itu pastikan foto KTP yang diunggah saat mendaftar adalah asli dan bukan fotokopi.

  • Foto KTP Berukuran Maksimal 2MB

Jika sudah mendapatkan foto KTP, pastikan ukuran file foto yang diunggah tak lebih dari ukuran 2 MB. Ukuran file foto yang melebihi ketentuan akan secara otomotis ditolak oleh mesin.

  • Format Foto JPEG atau PNG

Pastikan format foto yang di-upload adalah JPEG atau PNG. Jika format foto yang diunggah di luar dua format di atas maka mesin otomatis akan menolak unggahan.

  • Koneksi Internet

Jika semua syarat dokumen KTP sudah terpenuhi dan masih gagal mengunggah KTP, pastikan koneksi internet stabil. Sebaiknya mendaftar menggunakan laptop atau komputer bagi yang memiliki. Jika tak punya, pastikan koneksi pada ponsel juga stabil.

Sumber : tirto.id

Back to top button