Advertisement

Tips Membuat Konten di YouTube Agar Memiliki Kualitas

Rancakmedia.com – Banyak masyarakat yang membuat konten YouTube untuk mendapatkan uang tambahan, berikut tips membuat konten di YouTube agar video yang dibuat memiliki kualitas, simak di bawah ini hingga selesai ya.

Mempunyai kanal YouTube sekarang menjadi sumber meraup keuntungan. Sekarang, YouTuber jadi karier yang semakin diperhitungkan. Sekarang siapa pun dapat jadi YouTuber. Lewat cara membuat kanal YouTube, siapa saja dapat memperoleh keuntungan dari YouTube.

Ada banyak panduan bermanfaat untuk pastikan jika konten YouTube-mu akan sukses di kemudian hari.

Tips Membuat Konten di YouTube Di Jamin Sukses

Tips Membuat Konten di YouTube Di Jamin Sukses

Di bawah ini kami telah merangkum tips membuat konten di YouTube yang dapat dicoba, dan cocok untuk pemula juga lhoo, yaitu:

Rencanakan Konten

Sebelum membuat channel YouTube, kamu perlu memutuskan jenis konten video apa yang ingin kamu tampilkan. Kamu harus konsisten pada tema dan konsep yang kamu pilih.

Misalnya, banyak YouTuber sukses memiliki saluran khusus untuk perjalanan, tutorial, atau kehidupan sehari-hari mereka.

Biasanya penonton akan tertarik jika konten mewakili dirinya. Jadi berikan konten yang dibutuhkan dan mewakili banyak orang.

Bekali dengan Peralatan

Untuk menjaga kualitas konten, kamu mungkin memerlukan peralatan yang mumpuni. Menggunakan smartphone merupakan kebutuhan minimal untuk membuat konten. Tetapi jika kamu ingin penonton menikmati kontenmu, akan sangat membantu jika kamu berinvestasi dalam peralatan yang tepat.

Sebagian besar YouTuber menggunakan DSLR atau kamera mirrorless, bersama dengan aksesori penting lainnya untuk videografi seperti tripod, mikrofon, lensa, dan pencahayaan studio.

Cari Inspirasi

Ketika channel YouTube mulai berjalan, kamu mungkin lebih dituntut menghasilkan konten baru dan segar. Carilah inspirasi untuk konten yang berkualitas. Buat daftar ide dan seringlah mengeksplor konten-konten lainnya.

Rencanakan Konten

Mulailah dengan Software Pengeditan Sederhana

Kamu tak perlu software pengeditan yang muluk-muluk. Hanya karena kamu membuat video, bukan berarti kamu memerlukan perangkat lunak tingkat lanjut untuk mengedit konten.

Program perangkat lunak ini tidak serta merta meningkatkan konten, terutama jika kamu tidak mahir menggunakannya. Jika kamu baru mengenal pengeditan video, kamu bisa memanfaatkan aplikasi edit video sederhana seperti Windows Movie Maker atau Apple iMovie.

Optimalkan Video

Rahasia lain untuk memberi video lebih banyak penonton adalah dengan mengoptimalkan konten agar mendapat peringkat di YouTube.

Segera setelah kamu mengupload video pertama, berikan judul deskriptif yang kemungkinan besar akan dicari oleh penonton di kotak pencarian. Pastikan untuk memasukkan kata kunci utama atau frase kunci.

Selain itu, pastikan untuk menggunakan tag relevan yang akan membantu menempatkan videomu di bawah beberapa kategori terkait.

Bangun Jaringan

Meskipun tidak selalu dikategorikan sebagai situs jejaring sosial, YouTube adalah tentang menghubungkan, berbagi, dan berkolaborasi dengan pengguna lain.

Jadi, untuk menjadi sukses, kamu perlu membangun jaringan, terutama pada sesama YouTuber. Kamu bisa masuk ke komunitas YouTube. Membuat kolaborasi dengan YouTuber lain juga terbukti efektif dalam membantu mengembangkan channel YouTube-mu.

Selalu Terhubung dengan Penonton

Seiring waktu, perlahan-lahan kamu akan mendapatkan pengikut dan mendapatkan lebih banyak komentar dari penggemar di video. Kamu bahkan bisa mendapatkan pesan di akun media sosial pribadi. Sebisa mungkin, luangkan waktu untuk terhubung dengan penontonmu.

Bekali dengan Peralatan

Ingatlah bahwa akun media sosial adalah perpanjangan dari saluran YouTube, jadi cobalah untuk membagikan informasi menarik di platform sosial populer seperti Instagram, Twitter, dan Facebook.

Penting juga untuk mencoba membaca dan menanggapi semua tweet, komentar, dan pesan lain yang kamu terima. Berinteraksi dengan penonton juga dapat membantu mendapatkan inspirasi untuk ide konten baru.

Abaikan Semua Komentar Negatif

Tidak peduli seberapa besar atau kecil channel YouTube, akan selalu ada komentar negatif. Bagaimanapun, YouTube adalah sarang bagi orang-orang kejam yang bersembunyi di balik anonim.

Alih-alih membiarkan mereka memengaruhimu, anggap itu sebagai pengingat sederhana bahwa kamu tidak dapat menyenangkan semua orang. Jangan lupakan mereka yang menghargaimu. Carilah kekuatan dari orang-orang ini untuk melewati hal-hal negatif dan terus memproduksi konten terbaik.

Upload video secara berkala

Kiat penting lainnya adalah konsisten dengan unggahanmu. Beberapa pemilik saluran YouTube mempublikasikan video sekali atau dua kali seminggu dan mereka memberi tahu penontonnya tentang jadwal ini.

Hal ini memberi peluang lebih besar bagi channelmu untuk mendapatkan aliran penayangan yang stabil. Setelah mengetahui jadwal nyaman yang cocok, patuhi itu.

FAQ

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan tentang YouTube, sebagai berikut:

Video Apa Yang Banyak Di Cari Di YouTube?

Berikut jenis konten yang banyak dicari oleh masyarakat, yaitu:

  1. Daily vlog
  2. Kuliner
  3. Unboxing
  4. Eksperimen
  5. Cover music
  6. Komedi

Kesimpulan

Demikian artikel tentang tips membuat konten di YouTube agar memiliki kualitas, semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Tombol kembali ke atas