Cara Mudah Merekam Layar Laptop Tanpa Aplikasi

Cara Mudah Merekam Layar Laptop Tanpa Aplikasi – Beberapa orang mungkin kesusahan dan bingung bagaimanakah cara merekam layar laptop. Sebelum ada Windows 10, langkah merekam layar laptop atau screen record di laptop merupakan hal yang cukup susah. Sebab kita harus memakai program pihak ketiga untuk merekam rutinitas pada layar laptop atau computer.

Namun, sesudah Windows 10 hadir, Microsoft bawa sebuah fitur baru yang diberi nama Xbox Game Bar. Fitur ini memungkinkannya pemakai untuk merekam layar di laptop tak perlu memasang program alat rekam monitor.

Langkah merekam layar laptop dengan memakai feature ini lumayan gampang. Cukup dengan beberapa kali click saja, maka hasil perekaman layar ini akan disimpan dalam laptop.

🔥TRENDING:  Ubisoft Store Gratiskan Game Far Cry 3 Untuk PC

Dengan demikian, para pemakai dapat membuat video tutorial, me-review sebuah program, atau feature pada Windows, sampai streaming langsung ketika bermain game. Ingin tahu kan, bagaimana cara merekam layar laptop tanpa program?

Cara Mengaktifkan Fitur Game Bar

Tapi sebelum merekam layar laptop, Anda harus mengaktifkan fitur Game Bar terlebih dahulu. Berikut ini cara aktifkan menu Game Bar:

  1. Masuk ke menu Settings dengan menekan menu Windows > Settings.
  2. Cari dan pilih menu Gaming.
  3. Pilih menu Game Bar, lalu aktifkan (On).

Cara Merekam Layar Laptop

Jika Game Bar sudah aktif, maka sekarang waktunya untuk melakukan perekaman layar. Berikut ini cara merekam layar laptop dengan mudah tanpa aplikasi.

  1. Tekan tombol Windows logo+G.
  2. Klik menu Capture (ikon webcam) dan akan muncul tab baru.
  3. Untuk mulai merekam layar laptop, klik tombol rekam (ikon titik besar).
  4. Untuk stop merekam klik tombol ikon kotak yang berwarna hijau.
🔥TRENDING:  Begini Cara Mudah Hapus Foto Dan Video di Aplikasi Whatsapp

Untuk melihat hasil rekaman video layarnya, Anda bisa langsung masuk ke folder Video > Captures. Cara ini cukup mudah bagi Anda yang tidak ingin ribet, terutama untuk pengguna laptop dengan Windows 10.

Sumber : suara.com

Back to top button