Advertisement

Aplikasi Taspen Otentikasi Dana Pensiunan PNS

Rancakmedia.com – Aplikasi yang dapat mempermudah klaim pembayaran pensiun bagi pensiunan, kamu dapat menggunakan aplikasi taspen otentikasi. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dibangun khusus untuk proses otentikasi dana pensiun.

Yang dimaksud dengan autentikasi di sini adalah proses pengukuhan seseorang sebagai penerima pensiun atau bukan. Ada banyak arti penting dalam proses otentikasi itu sendiri. Untuk memastikan bahwa uang pensiun sampai kepada penerima yang berhak dan tidak hilang dalam pengocokan, sistem ini diterapkan.

Oleh karena itu, setiap pensiunan wajib melakukan proses autentikasi sebelum memenuhi syarat untuk memungut pembayaran pensiun. Bagi kamu yang tidak bisa menarik pensiun orang tua, bisa jadi orang tua kamu belum memverifikasinya. Dan, sesuai aturan, otentikasi ini harus dilakukan setiap bulan.

Sekarang dimungkinkan untuk mengautentikasi hanya melalui aplikasi, yang merupakan proses besar. Aplikasi yang diluncurkan oleh PT TASPEN (PERSERO) ini sekarang dapat diinstal pada perangkat kamu.

Beberapa fakta tentang aplikasi otentikasi taspen dapat kamu temukan dari pembicaraan kami di bawah ini.

Tinjauan Aplikasi Taspen Otentikasi Aman dengan Taspen

Permohonan autentikasi taspen ini, sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, merupakan proses untuk memverifikasi keabsahan permohonan pensiun. Sedangkan proses autentikasi ini merupakan hal yang wajib dilakukan jika ingin memungut manfaat pensiun.

Tinjauan Aplikasi Taspen Otentikasi Aman dengan Taspen

Agar pensiunan dapat memverifikasi diri kapan saja dan dari lokasi mana pun, aplikasi ini dibuat khusus untuk mereka yang menggunakan ponsel. Pensiunan khususnya, dan mereka yang akan memasuki masa pensiun pada khususnya, harus menggunakan aplikasi ini.

Proses otentikasi dapat diselesaikan di Pos jika pensiunan mengalami masalah, seperti tidak memiliki smartphone atau kesulitan dengan aplikasi.

Aplikasi ini menggunakan tiga jenis gerakan campur aduk untuk memverifikasi identitas kamu selama proses login. Jika prosesnya gagal, maka akan ditawarkan opsi untuk mencobanya lagi.

Unduh Aplikasi Taspen Otentikasi

Jika kamu masih tidak yakin tentang cara mengakses aplikasi, kamu sebenarnya dapat mengunduhnya dari Play Store atau App Store, tergantung apakah kamu menggunakan aplikasi Android atau iOS. Atau, jika kamu mau, kami telah menyertakan tautan unduhan dan beberapa informasi aplikasi di bawah ini.

Aplikasi Otentikasi Taspen Untuk Android

Untuk pengguna Android, kamu mungkin menerima tautan unduhan untuk aplikasi di bawah ini.

  1. Nama Aplikasi Taspen Otentikasi
  2. Ukuran Aplikasi 8 MB
  3. Total Unduhan 1.000.000+
  4. OS Minimum Android 5.1.1 or higher
  5. Developer PT TASPEN (PERSERO)
  6. Versi V1.6.4
  7. Tanggal Rilis 31 Oktober 2018
  8. Terakhir Update 4 Maret 2021

Atau, kamu dapat pergi ke sini atau melakukan pencarian di Google Play store untuk mendapatkan aplikasi.

Aplikasi Otentikasi Taspen Untuk IOS

Kemudian bagi kamu yang yakin menggunakan iOS, kamu dapat menerima aplikasinya melalui tautan unduhan berikut.

  1. Nama Aplikasi Taspen Otentikasi
  2. Ukuran Aplikasi 35 MB
  3. Total Unduhan 1.000.000+
  4. OS Minimum IOS 9.0 or higher
  5. Developer PT TASPEN (PERSERO)
  6. Versi V1.3.2
  7. Harga Gratis
  8. Kategori Keuangan

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Otentikasi di Aplikasi Taspen

Saat kamu menginstal aplikasi, biasanya kamu akan diminta untuk memasukkan catatan terlebih dahulu. Setelah itu, akan ada proses autentikasi bagi individu yang baru pertama kali login.

Untuk melakukan proses autentikasi ini, tentunya ada berbagai hal yang perlu kamu perhatikan. Proses itu, otentikasi akan berjalan tanpa hambatan. Mengenai beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, kamu bisa cek ulasannya di bawah ini.

Telah Melakukan Enrolment di Kantor Cabang Taspen atau Mitra Bayar

Sebelum memanfaatkan aplikasi autentikasi taspen untuk autentikasi, pastikan terlebih dahulu pensiunan tersebut telah mendaftarkan atau mencatat data biometrik di kantor cabang taspen atau mitra pembayaran taspen terlebih dahulu. Pensiunan akan dapat menggunakan aplikasi di masa depan untuk memverifikasi identitas mereka.

Lakukan di Ruangan yang Terang atau Cukup Cahaya

Karena proses verifikasi sering kali mendeteksi wajah, sebaiknya kamu berada di area yang cukup terang. Hal ini diperlukan agar aplikasi dapat membaca wajah pengguna dengan jelas.

Karena biasanya ada banyak laporan bahwa proses otentikasi gagal. Salah satu penyebabnya mungkin karena penerangan yang tidak memadai selama verifikasi.

Pastikan Koneksi Berjalan Dengan Lancar

Sebagai tindakan pencegahan tambahan, pastikan koneksi internet kamu stabil dan cukup cepat. Untuk alasan sederhana yang membuat proses otentikasi lebih mudah.

Data harus diserahkan ke pengembang karena proses otentikasi ini online. Hal ini tentunya akan membutuhkan koneksi internet yang stabil.

Spesifikasi Smartphone yang Mumpuni

Juga, pastikan bahwa ponsel cerdas kamu kamera terserah tugas. Ini karena kamera ini sangat penting selama proses otentikasi sesudahnya. Setidaknya, kamera yang kamu gunakan dapat menangkap cahaya yang cukup untuk melihat wajah subjek dengan jelas.

Sebelum menggunakan aplikasi autentikasi taspen, pastikan kamu telah mencentang semua item tersebut dari proses yang harus dilakukan. Semakin kamu memberikan perhatian khusus pada item-item ini, proses otentikasi akan semakin lancar dan efektif.

Cara Otentikasi Aplikasi Taspen Otentikasi

Untuk dapat menyalurkan pembayaran pensiun, tentunya pensiunan harus melakukan proses autentikasi terlebih dahulu. Aplikasi otentikasi taspen, yang telah kami jelaskan secara singkat sebelumnya, sekarang dapat digunakan untuk proses otentikasi ini.

Untuk menjalankan proses otentikasi dengan aplikasi otentikasi taspen, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Cara Otentikasi Aplikasi Taspen Otentikasi

  1. Instal Aplikasi Taspen Authentication di smartphone kamu jika belum.
  2. Luncurkan aplikasi.
  3. Pilih izinkan pada setiap izin yang ditampilkan.
  4. Masukkan NOTAS (Nomor Taspen) pada kolom yang diberikan.
  5. Kemudian Klik Otentikasi.
  6. Kemudian tatap telepon ke wajah pensiunan yang akan divalidasi. Pastikan bahwa wajah berada di tengah di dalam bingkai yang disediakan.
  7. Setelah sukses, biasanya aplikasi akan meminta gerakan tertentu untuk dilakukan.
  8. Ikuti saja 3 gerakan yang diminta selama proses login hingga berhasil. Mengucapkan huruf “A” atau mengedipkan mata adalah contoh bahasa tubuh yang menunjukkan persetujuan.
  9. Jika gagal, aplikasi akan ingin melakukan proses login lagi dari awal.
  10. Setelah itu aplikasi akan memproses perubahan data tersebut. Jadi pastikan kamu memiliki koneksi yang lancar.
  11. Aplikasi sukses otentikasi akan muncul di layar kamu ketika proses selesai. Karena aplikasi ini hanya digunakan untuk proses otentikasi. Rincian pensiunan dan keberhasilan atau kegagalan prosedur otentikasi akan diberikan oleh aplikasi.

Penyebab Proses Otentikasi Dana Pensiun Gagal dan Solusinya

Jika proses otentikasi melalui aplikasi gagal, maka ada banyak kemungkinan yang dapat dipastikan:

Traffic Penggunaan Aplikasi Sedang Tinggi

Salah satu penyebab proses otentikasi gagal adalah karena lalu lintas pengguna aplikasi yang padat. Data otentikasi akan menjadi lebih sulit untuk diproses di server seiring dengan berkembangnya aplikasi pengguna secara bersamaan.

Spesifikasi Smartphone Tidak Memadai

Selain itu, jika proses autentikasi gagal, kemungkinan disebabkan oleh karakteristik smartphone yang digunakan tidak memenuhi kriteria aplikasi autentikasi taspen.

Untuk pengguna Android minimal memiliki OS 5.1 (Lollipop) (Lollipop). Jika kamu pengguna iOS, kamu memerlukan setidaknya OS 9.0.

Kamera smartphone yang digunakan untuk proses otentikasi juga memiliki kapasitas minimal 8 MP (Mega Pixel) (Mega Pixel). Kemudian periksa juga apakah smartphone memiliki mikrofon yang berfungsi dengan benar.

Sedang Ada Perbaikan

Alasan lain kegagalan proses autentikasi pada aplikasi autentikasi taspen adalah kemungkinan bahwa aplikasi sedang dalam perbaikan atau pemeliharaan. Kemudian kamu harus memverifikasi ulang identitas kamu saat perbaikan selesai.

Bagi kamu yang memiliki kendala atau kendala dalam melakukan proses otentikasi menggunakan aplikasi otentikasi taspen. PT Taspen juga menawarkan solusi agar pensiunan dapat melakukan autentikasi di mitra pembayaran dari Taspen, seperti melalui bank. Proses autentikasi akan dipermudah kedepannya dengan kehadiran petugas.

Syarat Otentikasi Dana Pensiun

Untuk proses autentikasi ini juga terdapat berbagai persyaratan berbeda untuk setiap pensiunan yang diklasifikasikan ke dalam beberapa kategori. Otentikasi harus sering dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penerima Tunjangan Veteran dan Dana Kehormatan wajib melakukan verifikasi diri setiap bulan.
  2. Kemudian bagi penggugat Pensiun yang tidak memiliki ahli waris yang didukung, mereka perlu sering mengotentikasi setiap 2 bulan.
  3. Otentikasi berkala diperlukan setiap tiga bulan untuk Penerima Pensiun yang memiliki ahli waris yang disponsori.
  4. Jika pensiunan tidak melakukan autentikasi pada waktu yang ditentukan, pengeluaran uang pensiun akan dihentikan sementara selama 3 bulan dari waktu autentikasi yang ditentukan.
  5. Setelah pensiunan meninggal dunia, jika penerima dana pensiun tidak melaporkan kepada pihak berwenang, maka Taspen akan mengambil kelebihan pembayaran dana pensiun tersebut.
  6. Kemudian jika proses autentikasi menggunakan aplikasi autentikasi taspen gagal, pengguna harus memverifikasi karakteristik smartphone, lokasi yang akan diautentikasi, atau dapat melaporkannya ke Taspen.

Syarat Otentikasi Dana Pensiun

Ringkasan Aplikasi Taspen Otentikasi

Proses autentikasi pensiun dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi Taspen Authentication yang merupakan aplikasi resmi PT TASPEN (PERSERO). Dengan memvalidasi, uang pensiun akan didistribusikan.

Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini melalui URL unduhan yang kami sediakan di atas, yang khusus untuk setiap OS ponsel cerdas.

Untuk melakukan proses otentikasi dengan aplikasi otentikasi taspen, pastikan kamu memiliki karakteristik smartphone yang memenuhi syarat dan telah melakukan pencatatan biometrik terlebih dahulu di kantor cabang TASPEN atau mitra pembayaran.

Jika ada masalah saat mengautentikasi, pengguna dapat melaporkannya atau mengautentikasi melalui kantor resmi secara langsung.

Soal stkamur autentikasi harus dipenuhi secara penuh agar tidak terjadi keterlambatan pencairan dana pensiun atau hal-hal lain yang tidak diinginkan seperti yang telah kami sebutkan di atas. Saya harap ini membantu dalam memahami lebih lanjut tentang aplikasi otentikasi taspen. Terima kasih.

Kesimpulan

Aplikasi otentikasi taspen yang diluncurkan oleh PT TASPEN (PERSERO) sekarang dapat diinstal pada perangkat kamu. Aplikasi ini menggunakan tiga gerakan campur aduk yang berbeda untuk memverifikasi identitas kamu selama proses login.

Jika prosesnya gagal, maka akan ditawarkan opsi untuk mencobanya lagi. Jika kamu menggunakan iOS, kamu dapat menerima aplikasi menggunakan tautan unduhan berikut. Untuk melakukan proses autentikasi ini, tentunya ada berbagai hal yang perlu kamu perhatikan. Proses itu, otentikasi akan berjalan tanpa hambatan.

Related Articles

Back to top button