Advertisement

Aplikasi Cek Bansos Kemensos dan Cara Menggunakan

Rancakmedia.com – Berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara untuk menggunakan aplikasi bansos dari kementrian sosial (Kemensos).

Sebelum kami bahas artikel ini apakah kamu sudah terdaftar sebagai penerima bansos Kementerian Sosial dan ingin mengecek hasilnya? Aplikasi Cek Go Id Bansos Kemensos memudahkan hal tersebut. Selain melalui aplikasi, kamu juga bisa mengeceknya melalui website unik Cekbansos.Kemensos.go.id.

Karena wabah atau mereka yang secara struktural miskin, pemerintah Indonesia tidak akan berhenti memberikan dukungan sosial kepada orang yang membutuhkan. Berikut ini akan ditampilkan cara mendaftar atau cek bansos menggunakan aplikasi dan website Kemensos.

Informasi Tentang Aplikasi Bansos Kemensos

Saat yang menyenangkan bagi masyarakat yang mendapat dukungan pemerintah, salah satunya dari Kementerian Sosial, pada akhir tahun 2021. Untuk menjawab pertanyaan kamu, pemerintah telah menyalurkan program bansos tahap 4 dalam program PKH (Program Keluarga Harapan).

Pembayaran bansos akhir tahun pada Desember 2021 hanya akan dialokasikan kepada masyarakat yang terkena dampak buruk wabah Covid-19. Bantuan Kementerian Sosial diharapkan dapat meringankan sebagian beban keuangan mereka, sehingga mereka dapat terus melakukannya di masa-masa sulit ini.

Bantuan Sosial PKH akan mulai dicairkan pada bulan Desember tahun itu. Jadi, masyarakat yang bisa mendapatkan bansos ini adalah mereka yang telah terdaftar dan telah disetujui sebagai penerima bansos PKH oleh Kementerian Sosial.

Dengan bantuan cair akhir tahun ini, kami melanjutkan inisiatif kami sebelumnya. Namun, Kementerian Sosial telah memastikan bahwa dukungan sosial ini akan diberikan setidaknya hingga tahun 2022.

Jadi, bagi kamu yang merasa berhak mendapatkan bansos namun ketinggalan berita, kamu bisa mendaftar di kesempatan berikutnya. DTKS atau Data Kesejahteraan Sosial Terpadu akan ditentukan Kementerian Sosial nanti.

Informasi Tentang Aplikasi Bansos Kemensos

Pesan Mensos Tahun 2022 Tentang Aplikasi Bansos Kemensos

Program bantuan sosial pemerintah akan berlangsung setidaknya hingga 2022, seperti yang dinyatakan sebelumnya. Karena dikatakan oleh Menteri Sosial sendiri, ini adalah informasi yang terverifikasi dan bukan rumor. Hal itu diungkapkan Belia saat ditanya awak media.

Tri Rismaharini, Menteri Sosial, dalam wawancaranya mengatakan, “Bantuan sosial untuk masyarakat miskin dan rentan terus berlanjut. Tidak tepat jika Kementerian Sosial menghentikan program bansos.

Sebanyak Rp 74,08 triliun telah disisihkan untuk bantuan sosial oleh pemerintah. Orang yang membutuhkan akan mendapatkan uang ini, yang akan dicairkan oleh pemerintah Indonesia.

Ini mungkin menjadi kesempatan bagi penduduk yang terkena dampak untuk mendapatkan hak-hak mereka. Jika kamu belum lulus sebelumnya atau terlambat untuk mendaftar, pada tahun 2022 kamu dapat mencoba. Mungkin, kamu akan dipertimbangkan untuk masuk dalam daftar DTKS Kemensos pada 2022.

Sejarah Singkat Bantuan Sosial PKH Kemensos

Sebelum kita menganalisa aplikasi Cek Bansos Go Id Kemensos, ada baiknya mengetahui sejarah PKH. Kita mungkin sudah mengetahui awal mula adanya dukungan sosial Covid-19 yang muncul sebagai akibat dari pandemi Covid-19 di penghujung tahun 2019.

Lalu ada PKH. Kapan program bansos Kementerian Sosial pertama kali ada? Jadi, Bantuan Sosial PKH sudah beroperasi sejak 2007. Bantuan Tunai Bersyarat adalah nama lain dari PKH yang digunakan di luar Amerika Serikat.

Cara ini terbukti mampu mengatasi bahkan mengatasi kemiskinan yang terjadi di banyak tempat. Jumlah orang yang hidup dalam kemiskinan telah menurun secara dramatis di negara-negara industri, namun masih ada secara teratur. Namun, di negara-negara berkembang, kemiskinan masih merajalela.

Nah, salah satu tujuan Program Bantuan Sosial PKH, khususnya di Indonesia, adalah untuk menyelesaikan masalah ini. Individu miskin dan rentan sekarang memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mendapatkan hal-hal yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup berkat bantuan ini.

Program Bantuan Sosial PKH memberikan bantuan gizi, pendidikan, kesehatan, pangan, dan bantuan kepada fakir miskin dan membutuhkan. Ini juga memberi mereka akses ke bentuk-bentuk bantuan sosial lebih lanjut.

Jika Program Bansos PKH tepat sasaran, maka akan benar-benar membantu masyarakat yang memang membutuhkan. Namun, data penerima yang dimiliki Kemensos lebih baik dari sebelumnya. Kenyataannya, sudah ada saran tandingan, agar masyarakat bisa keberatan jika ada data yang tidak bisa diterima.

Tujuan Utama Bantuan Sosial PKH Kemesos

Seperti yang kamu ketahui, Bantuan Sosial PKH memiliki tujuan utama pengentasan dan pengurangan kemiskinan yang meluas di Indonesia. Sekitar 28,01 juta orang dianggap miskin pada tahun 2016.

Dengan data ini, pemerintah Indonesia berharap dapat menurunkan tingkat kemiskinan menjadi 7 atau 8 persen. Salah satu strategi untuk mengentaskan kemiskinan dan ketimpangan di Indonesia adalah dengan memaksimalkan program PKH yang sudah tepat sasaran.

Keluarga yang memenuhi syarat untuk program PKH harus terdaftar di pusat kesehatan dan pendidikan dalam jarak berkendara. Mereka harus memeriksa bahan, memberikan vaksin dan nutrisi yang cukup untuk balita dan anak-anak prasekolah.

Tidak hanya di bidang kesehatan, penerima manfaat PKH Bansos juga memiliki tugas di bidang pendidikan. Artinya, mereka wajib mendaftarkan anak ke satuan pendidikan sesuai dengan usia anak.

Daftar Penerima Bantuan Sosial PKH Kemensos

Lantas, siapa saja yang berhak mendapatkan Bantuan Sosial PKH dari Kemensos, dan bagaimana cara pengajuannya? Wanita hamil dan anak-anak dari keluarga berpenghasilan rendah adalah penerima manfaat utama dari inisiatif ini. Tujuan akhirnya adalah untuk memberi mereka akses mudah ke perawatan medis berkualitas dan kesempatan pendidikan untuk anak-anak mereka.

Yang perlu kamu sadari adalah maksimal empat kategori per rumah tangga dapat menerima Dukungan Kementerian Sosial. Anggota keluarga lainnya tidak dapat dipertimbangkan untuk mendapatkan Bantuan Sosial PKH dari Kementerian Sosial jika lebih dari empat kategori.

Agar memenuhi syarat untuk mendapatkan Bantuan Sosial PKH, kamu atau keluarga kamu harus memenuhi persyaratan berikut sebelum kamu dapat mendaftar:

Karakteristik Keluarga

Rumah tangga miskin atau berisiko miskin mungkin memenuhi syarat untuk mengajukan Program Bantuan Sosial PKH. Artinya, tidak hanya keluarga miskin, tetapi keluarga yang mudah terancam kemiskinan (karena berbagai sebab) juga berhak mendaftarkan diri sebagai penerima Bantuan Sosial PKH.

Jadi, jika kamu yakin bahwa kamu adalah keluarga miskin atau terkena kemiskinan, segera datang ke kantor desa sesuai dengan domisili kamu untuk mendaftar. Lengkapi semua prasyarat untuk memastikan prosedur pendaftaran berhasil.

Harus Anggota KPM PKH

Mereka yang mendapatkan Bantuan Sosial PKH wajib menjadi anggota KPM PKH, dan yang lainnya tidak berhak. Dengan begitu, hanya mereka yang benar-benar layak mendapatkan manfaat PKH yang akan diberikan.

Wajib Memiliki Usaha

Calon pengguna Program Bantuan Sosial PKH juga harus memiliki suatu jenis usaha, apapun jenis usahanya. Sebelum mendaftar calon penerima diharuskan memiliki perusahaan seperti juru masak, penyalur, penjahit, peternak, pertanian dan lain sebagainya.

Daftar Penerima Bantuan Sosial PKH Kemensos

Besaran Bantuan Sosial PKH yang Diterima Berdasarkan Kategori

Besaran Bantuan Sosial PKH yang diterima pada tahun 2021 dapat bervariasi tergantung dari kebutuhan pengguna Bantuan Sosial PKH. Berikut daftar nilai nominal yang akan diterima oleh pengguna Bantuan Sosial PKH sesuai kategorinya masing-masing:

  1. Ibu Hamil dan Masa Nifas Rp 3.000.000 per tahun (Rp 750.000 per 3 bulan)
  2. Anak Usia Dini antara 0 hingga 6 tahun Rp 3.000.000 per tahun (Rp 750.000 per 3 bulan)
  3. Pendidikan untuk anak SD atau sederajat Rp 900.000 per tahun (Rp 225.000 per 3 bulan)
  4. Pendidikan untuk anak SMP atau sederajat Rp 1.500.000 per tahun (Rp 375.000 per 3 bulan)
  5. Pendidikan untuk anak SMA atau sederajat Rp 2.000.000 per tahun (Rp 498.000 per 3 bulan)
  6. Orang dengan disabilitas tingkat berat Rp 2.400.000 per tahun (Rp 600.000 per 3 bulan)
  7. Lanjut usia 60 tahun ke atas Rp 2.400.000 per tahun (Rp 600.000 per 3 bulan)

Cara mengecek apakah kamu diakui sebagai penerima bansos sebenarnya bisa dilakukan di aplikasi cek bansos Kemensos Go Id, begitu juga cara mendaftarnya. Jangan khawatir, di bawah ini kami akan menjelaskan teknik yang tepat.

Daftar Bansos Kemensos Langsung

Cara daftar langsung bansos 2022 ke Kemensos

Datang ke Kantor Kelurahan Langsung

Jika kamu ingin mendaftar langsung sebagai penerima bansos, kamu bisa datang ke kantor desa sesuai domisili kamu. kamu dapat segera menemui petugas yang hadir, dan menjelaskan kepada mereka persyaratan kamu untuk daftar bantuan sosial.

Serahkan Dokumen yang Dibutuhkan

KTP dan Kartu Keluarga kamu akan diminta untuk melengkapi proses pendaftaran. Selanjutnya petugas akan mengumpulkan data-data yang akan dilakukan pengecekan ulang. kamu dapat menunggu prosedur sampai pengumpulan data dan verifikasi selesai.

Ingat, jika kamu telah menerima program bansos lainnya, kamu tidak berwenang untuk mendaftar sebagai peserta Program Bansos PKH. Bantuan sosial tambahan tersebut antara lain BLT UMKM, BLT Subsidi Gaji, Sembako dan Kartu Prakerja.

Pendaftar PNS, Polri, dan TNI juga akan ditolak pendaftarannya. Segala bentuk program bantuan sosial dari pemerintah tidak ditujukan untuk PNS, Polri dan TNI.

Verifikasi

Petugas akan melakukan konfirmasi data dan kelengkapan data kamu saat sudah divalidasi. Kartu Keluarga Sejahtera yang akan kamu dapatkan jika data kamu ditemukan akurat dan lengkap adalah KKS.

KKKS selanjutnya akan menjadi instrumen transaksi yang digunakan sesuai arahan Kementerian Sosial. Himpunan Bank-Bank Milik Negara (HIMBARA) yang terdiri dari BNI, BRI, Bank Mandiri, dan BTN sejauh ini memberikan bantuan sosial kepada penerima manfaat yang memenuhi syarat.

Cara Daftar Bansos di Aplikasi Cek Bansos Kemensos

Selain opsi yang disebutkan, kamu sekarang dapat mendaftar secara online menggunakan aplikasi Cek Bansos. Apa sebenarnya aplikasi ini? Jadi, aplikasi Cek Bansos merupakan aplikasi yang dibuat oleh Kementerian Sosial untuk mempermudah individu dalam mendaftar dan mengecek bantuan sosial dari Kementerian Sosial.

Ya, kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk mendaftar sebagai penerima bantuan sosial selain untuk mengevaluasi kelayakan kamu untuk mendapatkan bantuan. Cara ini jelas lebih sederhana dan cepat, karena tidak perlu datang ke kantor desa.

Kamu hanya perlu menyiapkan dokumentasi yang diperlukan untuk mendaftar. Jangan lupa, karena ini online, kamu harus menghubungkan perangkat kamu ke koneksi internet yang layak. Hal ini penting untuk memastikan kelancaran prosedur pendaftaran.

Ikuti petunjuk di bawah ini untuk mencegah kesalahan:

  1. Jika belum memilikinya harus terlebih dahulu mendownload aplikasi Cek Bansos di Google Play. Tidak perlu khawatir, ukurannya kecil dan dapat dimuat di hampir semua smartphone Android.
  2. Setelah aplikasi terinstal, luncurkan dan jalankan aplikasi Cek Bansos.
  3. Kemudian, masukkan nomor KK dan KTP kamu untuk memulai.
  4. Jika prosedur pendaftaran berhasil, kamu dapat mengakses menu utama pada aplikasi Cek Bansos.
  5. Kemudian masuk ke menu Proposal List dan pilih Add Proposal. Hal ini penting agar kamu dapat mendaftarkan diri sebagai penerima bantuan sosial.
  6. Selanjutnya, data sistem yang kamu input (KK, NIK) akan diubah menjadi data yang berkaitan dengan Disdukcapil.
  7. Setelah data dianggap sesuai, kamu dapat memilih salah satu program bantuan sosial yang kamu inginkan.
  8. Laman aplikasi Go Id Bansos akan menampilkan nama, NIK, dan status wilayah Dukcapil saat kamu telah ditetapkan sebagai penerima bansos Kementerian.

Cara Cek Bansos Kemensos Tahun 2022

Pikiran ingin tahu apakah proposal dan pengajuan kamu sebagai penerima bantuan sosial disetujui atau tidak. Kabar baiknya adalah sekarang lebih mudah untuk memeriksa apakah kamu memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan sosial.

Kamu tidak perlu pergi ke kantor yang tepat untuk menanyakan hal ini sama sekali.. Semuanya dapat kamu lakukan dengan mudah secara online, terutama melalui situs web dan aplikasi. Karena yang harus kamu lakukan hanyalah memasukkan informasi pribadi kamu, ini adalah pilihan yang jauh lebih nyaman.

Bagaimana caranya? Lihat instruksi di bawah ini untuk panduan langkah demi langkah untuk memulai:

Cek Website Resmi Kementerian Sosial

Karena ini adalah prosedur online, koneksi internet yang kuat diperlukan untuk memastikan pemeriksaan yang lancar. Siapkan juga NIK (Nomor Induk Kependudukan) jika tidak mengingatnya, agar mudah dan tidak salah dalam menginput data.

Untuk melihat apakah kamu memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan pemerintah, kunjungi situs web resmi Kementerian Sosial. Berikut caranya:

  1. Pertama, buka browser yang biasa kamu gunakan, baik melalui PC maupun ponsel. kamu dapat menggunakan browser apa saja, dari Microsoft Edge, Google Chrome, Opera Mini, dan sebagainya.
  2. Buka website resmi Kementerian Sosial di https://cakbansos.kemensos/go.id/ untuk cek bantuan sosial.
  3. Setelah mengunjungi website, pilih Provinsi, Kota/Kabupaten, Kecamatan dan Desa sesuai dengan lokasi kamu tinggal.
  4. Selanjutnya, masukkan nama penerima bansos dan berikan kode captcha yang tepat. Jika tidak jelas, kamu dapat memperluas atau meminta kode captcha baru.
  5. Jika demikian, klik Pencarian Data dan tunggu hasilnya.
  6. Selanjutnya sistem akan mencari data yang diminta, dengan cara mencocokkan nama KPM (Keluarga Penerima Manfaat) dan lokasi yang ditentukan.
  7. Jika kamu disetujui sebagai penerima bantuan sosial, nama kamu akan muncul dalam pencarian.

Cek Lewat Aplikasi Cek Bansos Kemensos Go Id

Selain melakukan pengecekan melalui website resmi Kementerian Sosial, kamu juga dapat melakukan pengecekan menggunakan aplikasi Cek Bansos. kamu bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis dari Google Play. Tidak perlu khawatir, aplikasi ini sangat mudah digunakan, kamu dapat memeriksa bantuan sosial dengan cepat dan mudah.

Cek Lewat Aplikasi Cek Bansos Kemensos Go Id

Cara check in di Kemensos ikuti langkah sederhana ini aplikasi Cek Bantuan Sosial Go Id:

  1. Cek Bansos adalah aplikasi gratis, klik link ini untuk download.
  2. Buka aplikasi dan daftar setelah diinstal.
  3. Siapkan dokumen seperti KK, KTP dan NIK untuk pendaftaran.
  4. Selama proses pendaftaran, kamu akan diminta untuk mengambil foto selfie dengan ID foto kamu.
  5. Setelah registrasi, sistem akan mengirimkan nomor OTP ke email yang didaftarkan.
  6. Buka email untuk verifikasi data.
  7. Setelah verifikasi data selesai, kamu akan berhasil mengunjungi menu utama aplikasi Cek Bansos.
  8. Sekarang akses menu Cek Bansos dan input data Provinsi, Kota/Kabupaten, Kecamatan dan Desa sesuai domisili.
  9. Selesai, kamu akan dikirim ke hasil pencarian, di mana kamu akan melihat apakah kamu adalah penerima bantuan sosial atau tidak.

Kementerian Sosial Dengan menggunakan aplikasi Go Id Check, kamu dapat dengan cepat memeriksa apakah kamu memenuhi syarat untuk program bantuan pemerintah.. Segera setelah kamu ditunjuk sebagai penerima bantuan sosial, kamu dapat pergi ke bank anggota Himbara dan mengambil uang tunai kamu.

Kesimpulan

Aplikasi Cek Go Id Bansos Kemensos memudahkan hal tersebut. Selain melalui aplikasi, kamu juga bisa mengeceknya melalui website unik Cekbansos.Kemensos.go.id. Program bansos pemerintah akan berlangsung hingga 2022. Sebanyak Rp 74,08 triliun telah disisihkan untuk bansos oleh pemerintah.

Orang yang membutuhkan akan mendapatkan uang ini, yang akan dicairkan oleh pemerintah Indonesia. PKH adalah nama lain dari PKH yang digunakan di luar Amerika Serikat. Program Bantuan Sosial PKH memberikan bantuan gizi, pendidikan, kesehatan, pangan, dan bantuan kepada fakir miskin dan membutuhkan.

Tujuan Utama Kementerian Sosial adalah untuk mengentaskan dan mengurangi kemiskinan yang meluas di Indonesia. Sekitar 28,01 juta orang dianggap miskin pada tahun 2016.

Related Articles

Back to top button