Advertisement

Berikut Ini Cara Mendatangkan Traffic ke Website Anda

Berikut Ini Cara Mendatangkan Traffic ke Website Anda – Tanyakan kepada pemasar atau pemilik usaha apa yang paling mereka gemari di dunia, dan mereka kemungkinan memberitahu Anda jika jawabnya ialah memperoleh semakin banyak konsumen setia. Untuk dapat memperoleh customer yang akan beli produk Anda, diperlukan traffic ke website Anda agar tingkatkan potensi untuk lakukan konversi.

Ada beberapa langkah untuk tingkatkan traffic di website Anda, dan dalam artikel hari ini, kami akan mengulas langkah datangkan traffic ke situs, terhitung salah satunya cara-cara untuk tingkatkan traffic situs secara organik.

Berikut 15 langkah terbaik untuk datangkan traffic ke website Anda:

  • Iklan Berbayar

Poin pertama ini sangat jelas. Namun, kita akan mendalaminya terlebih dahulu. Pencarian berbayar, iklan media sosial, dan display ads adalah cara terbaik untuk menarik pengunjung, membangun brand Anda, serta menampilkan situs Anda kepada pengguna internet. Sesuaikan strategi berbayar Anda agar dapat relevan dengan tujuan pemasaran Anda, seperti apakah Anda hanya ingin mendapat lebih banyak trafik, atau Anda juga ingin meningkatkan konversi? Setiap saluran berbayar memiliki pro dan kontra, jadi pikirkan baik-baik tentang tujuan pemasaran Anda sebelum menggunakan iklan berbayar.

Jika Anda berharap bahwa mendapat lebih banyak trafik ke situs Anda juga akan menghasilkan lebih banyak penjualan, Anda harus menggunakan kata kunci yang memiliki istilah komersial yang tinggi sebagai bagian dari strategi penelusuran berbayar Anda. Ya, persaingan untuk istilah penelusuran ini bisa jadi sangat ketat (dan mahal), tetapi hasilnya sepadan dengan yang Anda keluarkan.

  • Gunakan Media Sosial

Tidaklah cukup hanya menghasilkan konten yang bagus dan berharap orang-orang untuk menemukannya, Anda juga harus proaktif. Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan trafik ke situs web Anda adalah dengan menggunakan platform media sosial untuk mempromosikan konten Anda.

Twitter adalah platform ideal untuk tautan yang ringkas dan jelas, sedangkan promosi Google+ dapat membantu situs Anda muncul di hasil penelusuran yang sudah dipersonalisasi dan tampaknya sangat efektif di bidang B2B. Jika Anda adalah perusahaan produk B2C, Anda mungkin menemukan daya tarik yang hebat dengan platform media sosial yang penuh dengan gambar seperti Pinterest dan Instagram.

  • Kembangkan Konten Anda

Tidak ada resep rahasia untuk mendapatkan kesuksesan dari content marketing, terlepas dari apa yang sudah Anda percayai. Oleh karena itu, kombinsikan durasi dan format konten Anda agar bisa semenarik mungkin bagi berbagai jenis pembaca. Berikan selingan postingan blog berbasis berita yang lebih pendek dengan konten bentuk panjang serta video, infografis, dan potongan artikel untuk hasil yang maksimal.

  • Tulis Judul yang Menarik

Judul adalah salah satu bagian terpenting dari konten Anda. Tanpa judul yang menarik, bahkan entri blog yang paling komprehensif pun tidak ada yang membaca. Maka dari itu, kuasai seni menulis judul. Misalnya, penulis di BuzzFeed dan Upworthy sering kali menulis hingga dua puluh judul berbeda sebelum akhirnya menetapkan satu judul yang akan mengarahkan trafik paling banyak. Jadi, pikirkan baik-baik tentang judul tersebut sebelum Anda menerbitkannya.

  • Perhatikan On-Page SEO

Mengoptimalkan konten Anda untuk mesin pencarian masih merupakan praktik yang berharga dan bermanfaat. Apakah Anda memanfaatkan teks alt gambar semaksimal mungkin? Apakah Anda membuat internal link ke konten terbaru? Bagaimana dengan meta description Anda? Mengoptimalkan On-Page SEO tidak memakan waktu yang lama dan dapat membantu meningkatkan trafik organik Anda.

  • Gunakan Kata Kunci Long-Tail

Sudahkah Anda menggunakan kata kunci berkualitas tinggi dan basis kata kunci yang populer? Maka sudah waktunya untuk menggunakan kata kunci long-tail. Kata kunci long-tail menyumbang sebagian besar penelusuran situs web. Artinya, jika Anda tidak menggunakannya sebagai bagian dari penelusuran berbayar atau strategi SEO, Anda akan ketinggalan dari pesaing Anda.

  • Mulai Guest Blogging

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa guest blogging masih sering digunakan, terlepas dari apa yang mungkin pernah Anda dengar. Mengamankan postingan tamu di situs web yang memiliki reputasi baik dapat meningkatkan trafik ke situs web Anda serta membantu membangun brand Anda. Berhati-hatilah, standar guest blog telah berubah secara radikal selama delapan belas bulan terakhir, dan taktik spam dapat mengakibatkan hukuman yang berat.

  • Undang Orang Lain ke Guest Blog di Situs Anda

Guest blogging diibaratkan seperti jalan dua arah. Selain mem-posting konten ke blog lain, undang orang-orang yang ada di industri Anda untuk membuat blog di situs Anda sendiri. Mereka cenderung akan membagikan dan menautkan ke artikel tamu mereka, yang dapat membawa pembaca baru ke situs Anda. Pastikan Anda untuk mem-posting konten orisinal yang memiliki kualitas tinggi tanpa link berisi spam karena Google akan menindak tegas guest blog berkualitas rendah.

  • Repost Konten Lama Anda

Saat Anda menjalankan blog, Anda pasti hanya berfokus pada pembuatan postingan baru dan menampilkannya di hadapan sebanyak mungkin pengguna. Namun, jika Anda mencoba mencari cara untuk mendapatkan trafik ke situs web Anda, ada baiknya juga untuk memperhatikan konten lama Anda.

Singkatnya, makin lama waktu postingan blog diterbitkan, makin sedikit perhatian yang diterima secara alami dari pengunjung situs. Untuk mengatasinya, Anda dapat mem-posting ulang konten lama untuk mendapatkan lebih banyak pembaca dari waktu ke waktu. Misalnya, trafik baru dapat berasal dari anggota audiens yang belum hadir (atau belum melihatnya) saat pertama kali dipublikasikan.

Perhatikan bahwa penting untuk selalu berhati-hati dalam melakukan hal ini. Mem-posting ulang artikel berisiko terkena penalti ‘konten duplikat’ dari mesin pencarian, jadi Anda harus mengikuti beberapa praktik terbaik yang sudah terbukti. Maka dari itu, sangat direkomendasikan untuk menggunakan plugin seperti Revive Old Post jika Anda berpikir untuk menggunakan taktik ini.

  • Tambahkan Metadata Penting ke Postingan dan Halaman Anda

Search Engine Optimization (SEO) adalah proses menyesuaikan konten situs Anda agar lebih dipahami oleh mesin pencarian. Ini menjadikan SEO sebagai pendorong utama trafik karena memengaruhi seberapa sering konten Anda untuk direkomendasikan dalam pencarian yang relevan.

Namun, SEO bukan hanya tentang menggunakan kata kunci dalam postingan blog Anda (meskipun ini juga merupakan teknik sangat yang penting). Ini juga tentang mengoptimalkan ‘metadata’ di balik layar. Teknik ini mencakup setiap judul SEO dan meta description setiap postingan, serta ‘teks alternatif’ gambar dan detail lain yang penting untuk dipahami bot mesin pencarian.

Plugin yang berfokus pada SEO seperti Yoast SEO dapat membantu Anda untuk mengoptimalkan informasi ini. Selain itu, pengembang Yoast juga menawarkan panduan praktis untuk memahami jenis metadata yang paling penting untuk situs Anda.

  • Manfaatkan Email Marketing

Poin penting berikutnya tentang cara mendapatkan trafik ke situs web Anda adalah mulai menggunakan metode email marketing. Ini melibatkan pembuatan daftar alamat email pembaca atau pelanggan Anda serta mengirimkan pesan secara berkala.

Email marketing adalah alat yang sangat berguna di berbagai situasi. Alat ini dapat membantu Anda membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan Anda, serta memungkinkan Anda dengan mudah memasarkan produk atau menyampaikan promosi baru. Anda juga dapat berbagi berita dan informasi menarik lainnya dengan pelanggan Anda, dan segera memberi tahu mereka tentang kehadiran konten terbaru. Semua ini dapat berpengaruh signifikan pada tingkat trafik situs Anda.

  • Riset Kompetisi Pasar

Jika Anda belum pernah menggunakan software seperti BuzzSumo untuk memeriksa apa yang sedang dilakukan pesaing Anda, Anda sedang dalam kerugian besar. Layanan ini mengumpulkan kinerja sosial dari situs dan konten tertentu untuk memberi Anda pandangan sekilas tentang topik apa yang sedang beresonansi dengan pembaca dan, yang paling penting, “berkeliling” di media sosial. Cari tahu apa yang orang baca (dan bicarakan) dan tiru konten semacam itu untuk mendatangkan trafik ke situs web Anda.

  • Buat Kursus Online Gratis

Membuat kursus gratis adalah cara terbaik untuk mengarahkan trafik ke situs Anda. Anda dapat menggunakan situs seperti Udemy, Teachable, atau situs web apa pun di luar sana untuk melakukan hal ini. Pastikan kursus tersebut memberikan nilai yang sangat besar, lalu dorong dan hubungkan mereka ke konten dan penawaran tambahan di situs Anda.

  • Bermitra untuk Melakukan Giveaway Berbayar

Bermitra dengan perusahaan yang memiliki footprint besar adalah salah satu cara untuk mendorong minat pengunjung ke situs Anda. Anda harus memberikan sesuatu yang berharga di sini. Jika Anda memiliki sesuatu yang dapat Anda berikan, cari perusahaan lokal atau skala regional yang potensial dan dapat Anda ajak untuk bermitra.

  • Menggunakan Influencer Marketing

Influencer marketing adalah cara yang bagus untuk menyampaikan pesan Anda kepada jutaan orang tanpa memiliki audiens yang besar. Anda dapat memanfaatkan influencer di Twitter, Instagram, dan sejumlah media sosial lainnya. Temukan orang-orang yang mengakar di bidang atau industri Anda dan jangkau mereka. Cara ini tentu saja memerlukan biaya, tetapi berpotensi membawa pelanggan dan penjualan dalam waktu dekat.

Sumber : wartaekonomi.co.id

Tombol kembali ke atas