17 Aplikasi Perekam Layar yang Jernih di HP dan PC

nafa cahyani

Aplikasi Perekam Layar di HP dan PC

Rancakmedia.com – Ada banyak aplikasi perekam layar untuk hp dan perangkat lainnya, sebenarnya dalam setiap ponsel memiliki fitur bawaan dalam merekam layar, namun fitur yang disediakan kurang maksimal.

Oleh karena itu sangat penting untuk memanfaatkan aplikasi tambahan yang dapat diunduh, agar nantinya hasil yang kamu harapkan dapat lebih maksimal dan terlihat lebih praktis untuk digunakan.

Namun tentunya masih ada yang belum mengetahuinya kan? Untuk mempelajari tentang aplikasi perekam layar yang paling populer dan efektif, perhatikan apa yang kami katakan di paragraf berikut.

Bagaimana tidak, aplikasi semacam ini tentu sangat diperlukan untuk membantu proyek yang sedang kamu kerjakan, terutama yang terkait dengan video, materi, dan tujuan tertentu lainnya.

Perhatikan juga bahwa untuk aplikasi semacam ini ada dua versi, yaitu berbayar dan gratis.

Yang pasti, kamu dapat menyesuaikan halaman ini untuk memenuhi kebutuhan spesifik kamu; namun demikian, edisi premium dilengkapi dengan sejumlah kemampuan tambahan yang tidak dimiliki oleh versi gratisnya.

Tetapi kamu tidak perlu khawatir, karena ada puluhan aplikasi perekam layar versi gratis yang fantastis yang menawarkan kemampuan terbaik.

Daftar Aplikasi Perekam Layar di Handphone

Bagi kamu yang ingin menghasilkan screenshot foto atau video dengan hasil maksimal untuk keperluan proyek atau sekedar iseng, berikut kami berikan rekomendasi aplikasi perekam layar terbaik yang bisa kamu coba. antara lain yaitu:

1. Adv Screen Recorder

Nama aplikasiADV Screen Recorder
Versi4.8.1
Perlu Android versi5.0 dan yang lebih tinggi
Dirilis tanggal13 Agu 2015
Diupdate pada31 Des 2022
DeveloperByteRev
DownloadKlik Disini

Aplikasi perekam layar pertama adalah Adv Screen Recorder yang dapat menghasilkan kualitas suara dan video yang sangat tinggi dan kompeten, sehingga sangat cocok untuk kamu gunakan jika kamu memiliki proyek. Selain mudah digunakan, kamu dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis.

2. Az Screen Recorder

Nama aplikasiPerekam Layar AZ - Rekam Layar
Versi5.9.30
Perlu Android versi5.0 dan yang lebih tinggi
Dirilis tanggal11 Nov 2014
Diupdate pada30 Des 2022
DeveloperAZ Screen Recorder
DownloadKlik Disini

Kamu dapat merekam layar menggunakan Az Screen Recorder, alat tangkapan layar gratis terbaik yang tersedia saat ini. Tidak ada kesalahan tentang kualitas video yang dibuatnya. Yuk langsung download aplikasinya menggunakan link di bawah ini:

3. Background Video Recorder

Nama aplikasiBackground Video Recorder
Versi1.0.24
Perlu Android versi7.0 dan yang lebih tinggi
Dirilis tanggal28 Apr 2022
Diupdate pada28 Feb 2023
DeveloperDroidCoolApps
DownloadKlik Disini

Selanjutnya, aplikasi perekam layar dari Background Video Recorder memberikan dukungan antarmuka yang lugas dan mudah digunakan. Bagi kamu yang masih pemula, kamu bisa langsung menyadari nilai dari semua fungsi fitur yang disediakan di dalamnya. Silakan baca informasi berikut dengan seksama untuk mendapatkan link download.

4. DU Recorder X

Nama aplikasiDU Screen Recorder X
Versi1.5
Perlu Android versi5.0 dan yang lebih tinggi
Dirilis tanggal29 Nov 2020
Diupdate pada24 Jan 2023
Developer99 Mobi Apps
DownloadKlik Disini

Aplikasi perekam layar ini memiliki banyak keuntungan. Aplikasi DU Recorder X telah diunduh oleh lebih dari 100 juta orang di seluruh dunia.

Itu cukup keren, ya? Tentu saja, kamu akan mendapatkan video pengambilan yang memuaskan, dan videonya juga sangat jernih, sebagian besar berkat fakta bahwa setiap pengguna memiliki kendali atas pengaturan kualitas video.

5. Game Screen Recorder

Nama aplikasiGame Screen Recorder
Versi1.2.9
Perlu Android versi5.0 dan yang lebih tinggi
Dirilis tanggal6 Apr 2016
Diupdate pada3 Apr 2018
DeveloperDGenius Mobile
DownloadKlik Disini

Untuk gamer yang ingin merekam aksi layar mereka saat bermain video game, Game Screen Recorder adalah aplikasi yang sempurna untuk kamu.

Ini adalah aplikasi hebat untuk pengembang konten video game karena mudah digunakan dan menghasilkan video berkualitas tinggi.

Tidak hanya itu, kualitas suara yang dihasilkannya sangat jernih, jadi kamu akan senang dengannya. Pastikan kamu menggunakannya saat bermain game.

6. Rec Screen Recorder

Nama aplikasiRec. (Screen Recorder)
Versi1.8.9
Perlu Android versi4.4 dan yang lebih tinggi
Dirilis tanggal29 Nov 2013
Diupdate pada24 Nov 2020
DeveloperSPECTRL
DownloadKlik Disini

Rec Screen Recorder adalah aplikasi perekam layar video yang mampu memberikan kualitas video hingga 1080P, namun pastikan kamu memiliki smartphone yang mumpuni dan mendukung persyaratan. Untuk pengguna smartphone dengan spesifikasi yang buruk kamu tidak akan dapat melihatnya.

7. Super Screen Recorder

Nama aplikasiSuper Screen Recorder
Versi1.2.7
Perlu Android versi5.0 dan yang lebih tinggi
Dirilis tanggal5 Agu 2022
Diupdate pada29 Agu 2022
DeveloperDroid Space Tech
DownloadKlik Disini

Ketahuilah bahwa aplikasi perekam layar smartphone dari Super Screen Recorder cukup mudah digunakan, terutama fitur antarmuka yang dipadukan dengan tersedianya opsi pengeditan video yang akan membuat kamu kagum.

Selain itu, smartphone yang di-rooting tidak diperlukan untuk setiap pengguna. Proses perekaman juga tidak memiliki batasan waktu, menjadikannya pengalaman menyenangkan yang menawarkan opsi perekaman berkualitas tinggi dan berbagai resolusi. Bitrate dan frame rate, misalnya, sehingga kamu dapat menghentikan atau melanjutkan perekaman.

8. Mobizen

Nama aplikasiPerekam Layar Mobizen
Versi3.9.5.18
Perlu Android versi4.4 dan yang lebih tinggi
Dirilis tanggal9 Mei 2012
Diupdate pada2 Jan 2023
DeveloperMOBIZEN
DownloadKlik Disini

Adakah yang belum pernah mendengar tentang aplikasi perekam layar Mobizen? Aplikasi ini kami usulkan untuk kamu yang sedang mencari solusi untuk merekam video layar di smartphone. Tentu saja, ini gratis untuk digunakan, dan video yang dihasilkannya tidak lagi diperdebatkan, dengan unduhan mencapai lebih dari 100 juta.

9. X Recorder

Nama aplikasiPerekam layar - XRecorder
Versi2.2.2.3
Perlu Android versi5.0 dan yang lebih tinggi
Dirilis tanggal10 Mei 2019
Diupdate pada15 Feb 2023
DeveloperInShot Inc.
DownloadKlik Disini

Pada akhirnya, kamu dapat mencoba X Recorder, aplikasi untuk merekam layar video, untuk membuat video yang tepat untuk kamu. Tentu saja, ini gratis, dan menggunakannya semudah menggunakan aplikasi lain.

Daftar Aplikasi Perekam Layar Terbaik di PC

Selain telah kami uraikan berbagai macam aplikasi perekam layar di Smartphone, tentunya disini kami juga ingin menyajikan informasi tentang aplikasi yang mungkin kamu gunakan untuk merekam di perangkat PC atau Komputer.

Terutama bagi kamu yang berkutat dengan pembuatan konten atau proyek apa pun yang terkait dengan dunia kreatif beserta aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan video yang sangat baik melalui perekaman layar yang akan memudahkan setiap pengguna dalam proses pembuatannya.

Melakukan perekaman layar atau screen recording sama sekali tidak sesulit yang dibayangkan, kamu hanya membutuhkan teknologi atau software tertentu yang disebut dengan screen recording.

Kamu dapat menggunakan aplikasi perekam layar pada perangkat PC untuk merekam secara keseluruhan atau pada sebagian layar. Sebagai contoh, perhatikan proses mengetik diikuti dengan gerakan kursor. Lalu ada berbagai aplikasi untuk dipilih, sekali lagi tergantung pada situasinya.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan simak uraian aplikasi perekam layar gratis di perangkat PC berikut ini, sebagai berikut:

1. AceThinker

Pertama, aplikasi AceThinker atau perekam layar komputer berbasis web yang digunakan sangat sederhana. Di sini kamu dapat menggunakannya untuk merekam layar penuh atau hanya memilih area, juga memungkinkan untuk mengedit secara real time dan secara bersamaan merekam suara melalui mikrofon.

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk menyimpan dan mengonversi hasil dalam format MOV, MP4, dan API. kamu juga dapat menggunakannya di sini untuk langsung mengunggah rekaman layar ke Google, Google Drive, Dropbox ke Youtube.

Menariknya, aplikasi ini gratis dan fungsionalitasnya dapat diakses tanpa perlu terhubung ke internet. Silakan gunakan tautan ini untuk mendapatkan versi terbaru dari Perekaman Layar AceThinker Gratis untuk Windows.

2. CamStudio

Bagi kamu yang masih pemula, kami sangat menyarankan untuk berlangganan aplikasi CamStudio ini, karena tampilan internal sangat sederhana sehingga sangat mudah digunakan dan tentunya kapasitasnya yang ringan.

Dimungkinkan untuk merekam video dalam format AVI dan kemudian mengubahnya menjadi format SWF menggunakan aplikasi perekam layar.

Karena dukungan terbatas untuk kemampuannya, CamStudio tidak ideal untuk penggunaan profesional, meskipun sangat disarankan untuk pengguna pemula. Namun jangan remehkan kualitasnya, karena dapat menghasilkan tangkapan layar yang bagus.

3. DVDVideo Soft Free Screen Video Recorder

Nah, bagi kamu yang sedang mencari aplikasi tambahan untuk merekam layar pada perangkat komputer yang tampak ringan namun memiliki fungsi yang lengkap, jawabannya adalah perekam layar dari DVDVideo Soft Screen.

Pada dasarnya aplikasi ini diluncurkan untuk merekam pembicaraan Skype tanpa kendala apapun.

Itu sebabnya aplikasi ini cukup berguna untuk kamu wawancara Skype atau panggilan konferensi virtual.

Keuntungan dari Perekam Video Layar Lembut DVDVideo

  1. Ada editor gambar sederhana yang cukup mudah digunakan.
  2. Beberapa pengaturan tersedia untuk merekam layar yang berbeda.
  3. Memproduksi rekaman berkualitas tinggi ada dalam kekuatan mereka.
  4. Di situs web mereka, pengguna baru telah menulis instruksi tentang cara memanfaatkan platform.
  5. Dalam sepuluh bahasa yang berbeda.
  6. Format termasuk JPEG, TGA, MP4, GIF, BMP, dan PNG.
  7. Perekam Video Layar Gratis Untuk Windows 10 – Klik Di Sini untuk Mengunduh

4. Free Cam

Free Cam adalah aplikasi perekaman layar yang mudah digunakan untuk komputer dan laptop, lengkap dengan editor audio dan video terintegrasi.

Antarmukanya juga sangat menarik, oleh karena itu prosedur perekamannya sangat praktis dan sederhana. Terlepas dari kesederhanaannya, rekaman itu bebas tkamu air dan anti-iklan.

Keuntungan dari free cam

  1. Dapat membuat rekaman suara dan gambar dengan resolusi ultra tinggi.
  2. Video video dalam format WMV dapat disimpan dan diunggah ke platform Youtube secara langsung.
  3. Ada fungsi untuk menghapus fragmen video.
  4. Kemudian mungkin menghilangkan noise saat merekam.
  5. Terakhir, ada beberapa pengaturan efek audio untuk hasil yang optimal.

5. Screencast –O- Matic

Screencast-O-Matic adalah aplikasi perekam layar komputer online dengan kemampuan kamera dan perekaman layar.

Meskipun tidak mampu menghasilkan kualitas rekaman setinggi mungkin, program ini menyediakan opsi perekaman dalam resolusi seperti 800 x 600, 640 x 480, dan lainnya.

Kekurangan Screen-O-Matic

  1. Memiliki file video berukuran sedang di atasnya..
  2. Layar-O-Pro Matic dan Kontra
  3. Sempurnakan, gambar, atau tambahkan file video untuk pengguna (hamparan).
  4. Kamu juga dapat dengan mudah mempublikasikan temuan ke platform Youtube tanpa perlu aplikasi tambahan.
  5. Ketersediaan opsi baru untuk memanipulasi audio dan menyinkronkan rekaman dengan cuplikan video.

6. ShareX

Perekam layar bebas iklan berikutnya yang perlu dipertimbangkan adalah aplikasi ShareX, yang dapat digunakan di laptop.

Kemampuan di dalamnya juga memungkinkan fitur kelengkapan kustom open source yang sangat baik untuk digunakan oleh pengguna profesional.

Jika orang baru menggunakannya, tentu akan bingung karena terkesan sulit dan canggih.

Manfaat ShareX:

  1. Mampu merekam seluruh layar, monitor, region, window, freehand, dan scrolling.
  2. Untuk membuat segalanya lebih sederhana dan lebih cepat, setiap pengguna dapat menggunakan Hotkeys atau tombol pintas navigasi.
  3. Banyak tempat, mulai dari jejaring sosial hingga berbagi tautan, telah menerimanya.
  4. Mengimpor gambar, video, dan audio juga dimungkinkan.
  5. Terakhir, setiap pengguna memiliki opsi untuk menerapkan berbagai efek dan gradasi pada foto mereka.

7. Tiny Take

Perekam layar ini gratis, ringan, dan sangat mudah digunakan, yang membuat nama aplikasinya agak aneh. Tiny Take adalah aplikasi berikutnya dalam daftar kami.

Selain itu, Tiny Tak e memiliki kemampuan untuk merekam layar, menambahkan catatan, dan kemudian memposting rekaman langsung ke media sosial.

Dalam hal aplikasi perekam layar yang disarankan untuk perangkat komputer, desainnya yang ramah pengguna dan fungsinya yang komprehensif menjadikannya pilihan yang sangat baik bagi pendatang baru.

Di sini setiap pengguna juga dapat mengunggah gambar dari penyimpanan lokal untuk selanjutnya menghasilkan file anotasi.

8. OBS Studio

Untuk aplikasi terakhir, OBS Studio atau dikenal sebagai Open Broadcaster Software yang merupakan rekaman komputer tertentu peralatan tanpa biaya dan mudah digunakan. Selain itu, kamu dapat menyesuaikan proses perekaman dengan menetapkan tombol pintas ke aplikasi.

OBS Studio memiliki mixer audio built-in, yang memungkinkan untuk menghasilkan video berkualitas tinggi dan audio sejernih kristal. Bukankah itu menarik?

Mengapa OBS Studio Lebih Baik

  1. OBS Studio kompatibel dengan siaran langsung Twitch dan Youtube.
  2. Kamu memiliki pilihan untuk menyimpan pekerjaan kamu dan kembali lagi nanti.
  3. Terakhir, kamu dapat memasangkan rekaman dalam format FLV dan menyimpannya langsung ke memori penyimpanan.
  4. Akhirnya, harapan terbaik.

Ini adalah beberapa aplikasi perekam layar terbaik untuk kamu yang mengerjakan proyek yang membutuhkan video berkualitas tinggi dan audio yang jernih. Terserah kamu untuk memilih dan memilih yang menurut kamu paling tepat dan menarik untuk digunakan.

Kesimpulan

Setiap smartphone sudah dilengkapi dengan fitur perekaman layar, namun fitur tersebut tidak memberikan hasil yang sempurna dan membuat banyak penggunanya mengunduh aplikasi perekaman layar tambahan.

Demikian informasi tentang 17 aplikasi perekam layar yang jernnih di hp dan pc semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.