Advertisement

Cara Menggunakan Aplikasi Cek Bansos Kemensos

Rancakmedia.com – Jika kamu penasaran dan ingin cek bantuan dari pemerintah, kamu dapat menggunakan aplikasi cek bansos, berikut cara menggunakan aplikasi cek bansos kemensos yang dapat mepermudah langkah kamu.

Bagi individu yang membutuhkan karena pandemi atau kemiskinan struktural, pemerintah Indonesia tidak akan menghentikan program bantuan sosial.

Kamu akan menjelaskan cara menggunakan aplikasi dan situs web Kementerian Sosial untuk mendaftar atau memeriksa bantuan sosial di paragraf berikut.

Informasi Tentang Bansos Kemensos

Akhir tahun 2021 merupakan masa yang menyenangkan, khususnya bagi mereka yang mendapatkan bantuan sosial atau bansos dari pemerintah, dalam hal ini Kementerian Sosial (Kemensos).

Informasi Tentang Bansos Kemensos

Program bansos tahap 4 ternyata disalurkan oleh pemerintah melalui program PKH (Program Keluarga Harapan).

Bantuan sosial yang dikucurkan pada akhir tahun ini, Desember 2021, khusus untuk masyarakat yang terkena dampak wabah Covid-19.

Diharapkan dengan adanya bantuan dari Kementerian Sosial ini, beban yang mereka tanggung akan berkurang, sehingga mereka dapat membantu bertahan hidup di masa-masa sulit seperti sekarang ini.

Bantuan sosial atau bansos yang akan disalurkan pada Desember 2021 adalah Bansos PKH. Jadi, masyarakat yang dapat memperoleh bansos ini adalah mereka yang telah terdaftar dan telah diterima sebagai penerima bansos PKH oleh Kementerian Sosial.

Program bantuan cair akhir tahun ini merupakan bantuan sosial tahap keempat, lanjutan dari program sebelumnya. Namun jangan khawatir, menurut informasi resmi dari Kementerian Sosial, bansos ini akan tetap berlaku hingga tahun 2022.

Jadi, bagi kamu yang merasa berhak mendapatkan bansos namun ketinggalan berita, kamu bisa mendaftar di kesempatan berikutnya.

Nanti Kemensos yang akan memutuskan apakah kamu masuk dalam daftar DTKS atau Data Kesejahteraan Sosial Terpadu.

Cara Daftar Bansos Lewat Aplikasi Cek Bansos Kemensos Go Id

kamu juga dapat menggunakan aplikasi Cek Bansos untuk mendaftar secara online selain opsi yang disebutkan di atas.

Apa sebenarnya aplikasi ini? Kementerian Sosial mengembangkan aplikasi Cek Bantuan Sosial untuk memudahkan individu mendaftar dan memeriksa apakah mereka memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan sosial.

Ya, selain untuk memantau bansos, ternyata kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mendaftar sebagai penerima bansos. Melewati kantor desa, cara ini jelas lebih nyaman dan mudah.

Kamu hanya perlu menyiapkan dokumentasi yang diperlukan untuk mendaftar. Jangan lupa, karena ini online, kamu harus menghubungkan perangkat kamu ke koneksi internet yang layak. Hal ini penting, agar proses registrasi dapat berjalan dengan sukses.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mencegah kesalahan:

  1. Jika belum punya, kamu harus download aplikasi Cek Bansos di Google Play terlebih dahulu. Tidak perlu khawatir, ukurannya ringan dan bisa dipasang di hampir semua device Android
  2. Setelah aplikasi terpasang, buka dan jalankan aplikasi Cek Bansos
  3. Selanjutnya lakukan pendaftaran dengan memasukkan nomor KK dan KTP
  4. Jika proses registrasi berhasil, kamu bisa mengakses menu utama di aplikasi Cek Bansos
  5. Selanjutnya masuk ke menu Daftar Usulan dan pilih Tambah Usulan. Ini diperlukan agar kamu bisa mendatarkan diri sebagai penerima bansos
  6. Selanjutnya sistem data yang kamu masukkan (KK, NIK) akan disesuaikan dengan data milik Disdukcapil
  7. Setelah data dinyatakan sesuai, kamu bisa pilih salah satu program bansos yang diinginkan

Setelah kamu dinyatakan lulus sebagai penerima bansos Kemensos, halaman aplikasi Go Id Kemensos akan mengungkapkan nama, NIK dan status wilayah Dukcapil.

Cara Cek Bansos Kemensos 2022

Setelah kamu melamar dan melamar sebagai penerima bansos, tentunya kamu bertanya-tanya apakah lamaran dan pengajuan tersebut diterima atau tidak.

Kabar baiknya, hari ini kamu bisa mengecek bansos dengan mudah. Kamu tidak perlu datang ke kantor yang sesuai untuk menanyakan hal ini.

Segala sesuatu yang dapat kamu capai dengan mudah secara online, terutama melalui situs web dan aplikasi. Cara ini tentu lebih mudah, karena kamu hanya perlu memasukkan data diri dan hasilnya akan langsung muncul di layar.

Apa langkah-langkahnya? Lihat instruksi di bawah ini untuk panduan langkah demi langkah untuk memulai:

1. Cek Lewat Website Resmi Kemensos

Karena prosedur ini dilakukan secara online, maka diperlukan koneksi internet yang layak agar pengecekan dapat dilakukan dengan efisien. Siapkan juga NIK (Nomor Induk Kependudukan) kamu jika tidak mengingatnya, agar mudah dan tidak salah memasukkan data.

Jika sudah siap, website resmi cek bansos Kemensos siap dilakukan, caranya:

  1. Pertama, buka browser yang biasa kamu gunakan, bisa lewat PC maupun HP. kamu bisa menggunakan browser apa saja, mulai dari Microsoft Edge, Google Chrome, Opera Mini dan lain sebagainya
  2. Setelah terbuka, kunjungi website resmi Kemensos untuk cek bansos, yaitu https://cakbansos.kemensos/go.id/
  3. Setelah masuk ke website-nya, pilih Provinsi, Kota/Kabupaten, Kecamatan dan Desa sesuai alamat yang kamu tinggali
  4. Selanjutnya masukkan nama penerima manfaat bansos lalu masukkan kode captcha dengan benar.
  5. Jika kurang jelas, kamu bisa memperbesar atau meminta kode captcha baru
  6. Jika sudah, klik Cari Data dan tunggu hasilnya
  7. Selanjutnya sistem akan mencari data yang kamu minta, dengan mencocokkan nama KPM (Keluarga Penerima Manfaat) dan wilayah yang dimasukkan
  8. Jika kamu diterima sebagai penerima bansos, maka akan muncul nama kamu di pencarian

2. Cek Lewat Aplikasi Cek Bansos Kemensos Go Id

Selain menggunakan website resmi Kementerian Sosial, kamu juga dapat menggunakan aplikasi Cek Bansos untuk melakukan pengecekan.

Menggunakan Google Play, kamu bisa mendapatkan perangkat lunak ini secara gratis. Tidak perlu khawatir, aplikasi ini sangat mudah digunakan, kamu bisa cek bansos dengan cepat dan mudah.

Berikut langkah-langkah pengecekan di aplikasi Cek Bansos Go Id Kemensos:

  1. Download aplikasi Cek Bansos di Google Play
  2. Setelah aplikasi terpasang, buka dan lakukan registrasi
  3. Siapkan dokumen seperti KK, KTP dan NIK untuk registrasi
    kamu juga akan diminta untuk foto selfie dengan KTP saat registrasi
  4. Selesai registrasi, sistem akan mengirimkan kode OTP ke email yang terdaftar
  5. Buka email tersebut untuk verifikasi data
  6. Setelah verifikasi data selesai, kamu akan berhasil masuk ke menu utama aplikasi Cek Bansos
  7. Sekarang buka menu Cek Bansos dan masukkan data Provinsi, Kota/Kabupaten, Kecamatan dan Desa sesuai domisili
  8. Selesai, kamu akan diarahkan ke hasil pencarian, di sana akan terlihat apakah kamu termasuk penerima bansos atau bukan

Kesimpulan

Bantuan sosial atau bansos yang akan disalurkan pada Desember 2021 adalah Bansos PKH. Jadi, masyarakat yang dapat memperoleh bansos ini adalah mereka yang telah terdaftar dan telah diterima sebagai penerima bansos PKH oleh Kementerian Sosial.

Pada artikel di atas kami tidak hanya membahas tentang cara menggunakan aplikasi cek bansos saja, tetapi kami juga membahas tentang cara daftar dan informasi singkat mengenai bansos kemensos.

Demikian artikel tentang Cara Menggunakan Aplikasi Cek Bansos Kemensos, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas