6 Cara Memperkecil Ukuran PDF Online dengan Website di Android

nafa cahyani

Cara Memperkecil Ukuran PDF Online Gratis

Rancakmedia.com – Untuk mengetahui cara memperkecil ukuran pdf kamu bisa menggunakan situs online dan bisa juga menggunakan aplikasi khusus, untuk menghindari pengiriman dokumen yang terlalu besar atau melebihi batasan ukuran file, kamu yang sering bekerja atau berinteraksi dengan dokumen PDF harus mempelajari cara memperkecil ukuran file PDF.

Di antara banyak penggunaan format dokumen PDF adalah aplikasi pekerjaan, sekolah, dan banyak tempat lain di mana file aplikasi tidak sesuai. Dengan format PDF, isi file dan tampilan tampak rapi dan sangat resmi.

Apakah kamu, di sisi lain, pernah mencoba mengunduh file PDF yang terlalu panjang? , atau mungkin tidak dapat menyediakan file PDF yang diperlukan karena alasan tertentu karena ukurannya terlalu besar?

Di sini, kami akan menunjukkan cara mengecilkan ukuran file PDF dengan hanya menggunakan situs web, bukan aplikasi perangkat lunak. Penasaran? Berikut cara kerjanya.

Cara Memperkecil Ukuran PDF Lewat Website

Sekarang kamu tidak perlu khawatir, karena ada solusi untuk memperkecil ukuran PDF dengan mudah, cepat, dan pasti realistis. Untuk melakukan ini, silakan berkonsultasi dengan situs web yang tercantum di bawah ini untuk informasi tentang cara mengompres file PDF menjadi ukuran yang lebih kecil:

1. Adobe Acrobat

  1. Untuk memulai, pastikan kamu memasukkan adobe com acrobat ke setiap browser web.
  2. Untuk mengirimkan versi PDF yang lebih kecil, pilih dan kemudian klik Pilih File PDF.
  3. Jika sudah diunggah kamu akan dihadapkan pada tiga pilihan kompresi.
  4. Kamu selalu dapat berubah pikiran setelahnya.
  5. Setelah kamu mengklik Kompres PDF, kamu harus menunggu sampai selesai.
  6. Lihat apa yang terjadi sekarang, dan semoga berhasil.

2. CleverPDF

  1. Pastikan kamu mengunjungi browser smartpdf com.
  2. Klik Pilih File atau masukkan File.
  3. Kamu dapat memulai proses kompresi dengan mengklik Mulai Konversi jika file kamu telah dikirimkan.
  4. Klik Unduh ketika kamu siap untuk memulai prosedur pengunduhan.
  5. Kamu juga dapat membuatnya dapat diakses oleh orang lain menggunakan alat yang disertakan di dalamnya.

3. iLovePDF

  1. Kunjungi ilovepdf com untuk mempelajari lebih lanjut.
  2. Pilih menu Kompres PDF.
  3. Kemudian pilih Select PDF File untuk mengirimkan dokumen yang akan diperkecil ukurannya.
  4. Jika sudah diupload maka akan muncul tiga pilihan kompresi, kompresi kualitas rendah dan kualitas tinggi, dan pilih sesuai dengan tuntutan yang dibutuhkan.
  5. Setelah itu, klik Kompres PDF dan duduklah dengan tenang saat melakukan tugasnya.
  6. Setelah kamu melakukannya, produk akhir akan terlihat sendiri.
  7. Di situs iLovePDF, file yang telah berhasil diproses akan langsung diunduh dan disimpan di folder Unduhan yang sesuai.
  8. Dokumen kemudian dapat dikonversi ke format lain atau digabungkan dengan file PDF lainnya.

4. FreePDFConvert

  1. Silakan kunjungi freepdfconvert com untuk mempelajari lebih lanjut.
  2. Setelah itu, pilih file yang ingin kamu gunakan dari penyimpanan perangkat yang dapat diakses dengan mengklik tombol Choose File lagi.
  3. Jika kamu ingin memperkecil ukuran file PDF dari Dropbox atau Google Drive, silakan pilih ikon kedua program di bawah opsi Pilih File.
  4. Jika sudah lanjut dengan memilih Compress maka akan muncul tiga pilihan kompresi.
  5. Pilih sesuai dengan keinginan kamu.
  6. Klik Kompres PDF.
  7. Saat unduhan selesai, klik Unduh untuk menyimpan PDF ke area penyimpanan perangkat kamu.

5. SmallPDF

  1. Silakan gunakan browser perangkat kamu untuk mengakses situs dengan mengetikkan URL smallpdf com.
  2. Untuk menurunkan ukuran file PDF, klik opsi Pilih File saat mengunggah dokumen baru.
  3. Tunggu hingga prosedur berlaku sebelum menyatakan kemenangan.
  4. Jika sudah berhasil silahkan langsung pilih opsi Download File Now.
  5. Lihat hasilnya, dan selamat mencoba.

6. PDFCompressor

  1. Untuk memulai, buka pdfcompressor com dan ketik URL web kamu.
  2. Setelah itu, kamu dapat memilih file PDF yang akan dikompres dengan mengklik tombol Unggah File.
  3. Tunggu hingga prosedur berhasil.
  4. Nantinya kamu bisa langsung mendownload file tersebut dengan memilih tombol Download.

Cara Memperkecil Ukuran PDF dengan Aplikasi

Kemudian di sini, selain dapat mengecilkan ukuran PDF tanpa aplikasi, kami juga telah mencantumkan beberapa program yang tepat untuk kamu gunakan sehingga kamu dapat membatasi pengiriman file agar tidak melampaui ukuran file stkamur yang telah didefinisikan.

Cara memperkecil ukuran PDF menggunakan aplikasi tentunya akan lebih simpel dan terlihat realistis karena menggunakan genggaman gadget pintar.

Di bawah ini, kita akan membahas cara mudah, gratis, dan dengan hasil yang tidak melebihi batas pengiriman maksimum, menginstal aplikasi terbaik untuk mengompresi PDF di perangkat apa pun. Ini termasuk smartphone dan PC.

Berikut ini yang harus dirujuk sebagai Cara memperkecil ukuran PDF menggunakan 11 perangkat lunak terbaik, seperti poin-poin berikut:

1. All PDF Reader

Nama aplikasiPembaca PDF, Penampil PDF
Versi6.0.12
Perlu Android versi5.0 dan yang lebih tinggi
Dirilis tanggal21 Des 2022
Diupdate pada1 Mar 2023
DeveloperRobert Londo
DownloadKlik Disini

Gunakan aplikasi All PDF Reader daripada terkecoh dengan nama aplikasi jika ingin mengecilkan file PDF ke ukuran yang bisa diatur. Selain kemampuan untuk membaca file PDF seperti e-book, aplikasi ini dilengkapi dengan sejumlah fungsi yang berguna.

Seperti yang mungkin kamu ketahui, Semua Pembaca PDF adalah aplikasi yang paling cocok dan sempurna untuk digunakan dalam kasus kamu karena dapat mengurangi file PDF hingga ukuran hanya 100 KB.

Jadi, jika kamu menginginkan PDF dengan ukuran file sekecil mungkin, buka aplikasi ini. kamu dapat menggunakan fungsi-fungsi yang ditampilkan dalam versi premium di sini, mulai dari PDF Split, PDF Editor, PDF Converter, PDF Edit Metadata, dan lain-lain.

Manfaat lain yang dimilikinya adalah sangat mudah digunakan atau antarmuka pengguna untuk semua pengguna, sehingga tidak akan ada kesalahpahaman dalam prosesnya.

2. Compress PDF

Nama aplikasiCompress PDF File - PDF Compre
Versi2
Perlu Android versi2.0 dan yang lebih tinggi
Dirilis tanggal17 No 2020
Diupdate pada19 Nov 2020
DeveloperSmart Photo Editor 2021
DownloadKlik Disini

Cara mengecilkan ukuran PDF menggunakan aplikasi pertama, Compress PDF. Aplikasi ini, seperti namanya, dirancang untuk mengurangi ukuran file PDF, oleh karena itu sangat direkomendasikan.

Menariknya, aplikasi kompres ini dapat mengimpor dokumen dari memori internal tetapi juga dapat ditautkan ke layanan cloud seperti Dropbox, Google, Drive, dan lainnya. Kompres ukuran file 3,5 MB PDF menjadikannya aplikasi yang relatif kecil dalam hal ukuran unduhan keseluruhan.

Sayangnya, aplikasi kompres tidak menawarkan kompresi yang dimaksudkan untuk semua jenis file PDF. Namun, sepanjang penggunaannya hingga saat ini, semua file yang telah diuji dapat dikompresi dalam waktu yang cukup singkat. Kami telah menyertakan detail teknis dan tautan unduhan untuk kenyamanan kamu.

3. iLovePDF

Nama aplikasiiLovePDF - PDF Editor & Scan
Versi3.2.5
Perlu Android versi5.0 dan yang lebih tinggi
Dirilis tanggal23 Nov 2017
Diupdate pada7 Feb 2023
DeveloperiLovePDF
DownloadKlik Disini

Kini, selain bisa diakses dalam bentuk online atau website, kini kamu juga bisa menikmati versi mobile yang bisa kamu unduh dengan mudah dan tentunya gratis tanpa dipungut biaya apapun.

Aplikasi ini sarat dengan berbagai kemampuan menarik, salah satunya dapat meminimalkan ukuran file dari FDP itu sendiri sesuai kebutuhan.

Bagi kamu yang nantinya tertarik untuk menikmati semua fiturnya, kamu harus membayar lisensi yang telah ditawarkan dengan harga yang cukup masuk akal dan terjangkau untuk semua orang.

Tidak mungkin iLovePDF tidak memberikan dukungan antarmuka pengguna dalam 25 bahasa yang berbeda, tidak terkecuali bahasa Indonesia. Wah, luar biasa bukan?

Karena itu, tidak ada yang akan bingung, karena pilihan bahasa yang tersedia dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan masing-masing pengguna.

4. PDF Tools

Nama aplikasiPDF Tools - Merge, Rotate, Spl
Versi1.7
Perlu Android versi4.2 dan yang lebih tinggi
Dirilis tanggal24 Agu 2018
Diupdate pada6 Apr 2021
DeveloperPuna Devops
DownloadKlik Disini

Ada 20 fungsi menarik lainnya yang akan menemani setiap pengguna dalam aplikasi PDF Tools selain digunakan untuk mengecilkan ukuran PDF. Diantara kemampuannya adalah dapat membagi atau memecah file PDF menjadi beberapa halaman, menerapkan watermark, hingga dapat menggabungkan banyak file PDF hanya dalam satu file.

Ukuran aplikasi ini kurang lebih 6,4 MB dan dilengkapi dengan kemampuan yang sangat lengkap, oleh karena itu sangat disayangkan jika kamu tidak memanfaatkan aplikasi PDF Tools ini yang dapat kamu install dan install di perangkat Smartphone.

5. PDF Utils

Nama aplikasiUtilitas PDF: Gabung, Pisahkan
Versi14.0
Perlu Android versi5.0 dan yang lebih tinggi
Dirilis tanggal16 Apr 2017
Diupdate pada26 Feb 2023
Developershash9989
DownloadKlik Disini

Untuk saran aplikasi kompresi file PDF untuk pengguna Android, yang terakhir adalah PDF Utils. kamu dapat menggunakannya untuk memperkecil file dokumen PDF ke ukuran yang diinginkan. Selain mudah digunakan, kamu juga bisa mendownload aplikasi ini di Play Store secara gratis.

Namun dengan begitu kamu akan disuguhi dengan beberapa tampilan iklan, dan kamu dapat menghilangkannya jika telah mengonversi ke edisi premium. Berdasarkan aplikasi dari mereka yang telah menggunakannya, ini adalah aplikasi terbaik bagi mereka yang ingin segera mengunduh file PDF.

Di dalamnya ada kurang lebih 10 fungsi yang bisa membantu kamu mengecilkan ukuran file PDF itu sendiri, seperti menambahkan teks atau foto, memutarnya, hingga menghilangkan halaman PDF.

6. Smallpdf

Nama aplikasiSmallpdf: PDF Scanner & Editor
Versi1.44.2
Perlu Android versi6.0 dan yang lebih tinggi
Dirilis tanggal6 Jan 2020
Diupdate pada25 Nov 2022
DeveloperSmallpdf
DownloadKlik Disini

Walaupun memiliki ukuran file yang sangat besar, namun hal ini sesuai dengan kelebihannya, karena dapat mengompres file PDF dengan cepat dan tentunya mudah. Selain itu, aplikasi ini berisi semua kemampuan yang kamu butuhkan, menjadikannya aset yang bagus untuk usaha kamu.

Di antara fungsinya adalah memodifikasi ukuran file PDF, menurunkan ukuran file tanpa mengubah kualitas default sedikit pun.

Dalam prosesnya, kamu akan memiliki kesempatan untuk memindai berbagai makalah penting menggunakan aplikasi. kamu akan dapat membuat pemindaian langsung hanya dengan satu bidikan.

7. ORPALIS PDF Reducer

Dengan unduhan gratis ORPALIS PDF Reducer, kamu dapat meminimalkan ukuran dokumen PDF di laptop dan komputer desktop. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk memodifikasi file PDF untuk hasil yang jauh lebih ringan, mengubah ukuran gambar, hingga menghapus materi itu sendiri.

Keuntungan yang lebih baik adalah kamu dapat menggunakan aplikasi ORPALIS PDF Reducer untuk mengompres banyak file secara menyeluruh pada saat yang bersamaan.

8. Free PDF Utilities

Nama aplikasiPDF Utilities
Versi2.5.0
Perlu Android versi4.1 dan yang lebih tinggi
Dirilis tanggal9 Jan 2014
Diupdate pada19 Jun 2020
DeveloperMDev Germany
DownloadKlik Disini

Bila kamu ingin mengirimkan file dokumen PDF karena alasan tertentu tetapi memiliki batasan ukuran yang melewati stkamur kriteria pengiriman, maka kamu dapat menggunakan aplikasi Utilitas PDF Gratis ini yang dapat kamu unduh dan instal secara gratis di perangkat PC atau Laptop.

Kami percaya bahwa aplikasi ini tepat untuk kamu gunakan jika kamu ingin mengumpulkan berbagai jenis e-book dengan kapasitas besar, tetapi tidak ingin memakan banyak ruang penyimpanan memori internal.

Utilitas PDF Gratis memiliki keuntungan karena ukurannya yang kecil dan ringan, dengan desain yang menarik namun mendasar, dan juga cukup mudah digunakan.

9. Reduce PDF Size

Nama aplikasiPDF Size Reducer
Versi1.0.15
Perlu Android versi7.0 dan yang lebih tinggi
Dirilis tanggal8 Jun 2022
Diupdate pada6 Des 2022
Developerfunqed
DownloadKlik Disini

Selanjutnya kamu juga bisa menggunakan aplikasi Reduce PDF Size untuk memodifikasi format ukuran file PDF yang dirasa terlalu over size dengan cara yang sangat praktis dan tidak membingungkan. Di masa mendatang, kamu akan dapat mengompresi file PDF sekaligus.

Dengan aplikasi Reduce PDF Size, setiap pengguna dapat memilih ukuran file PDF dari tampilan layar, kualitas default, kualitas rendah (untuk e-book), pracetak berkualitas tinggi, dan printer berkualitas tinggi, di antara opsi lainnya.

10. PDF Compressor

Nama aplikasiPDF Compressor - compress pdf
Versi14
Perlu Android versi2.0 dan yang lebih tinggi
Dirilis tanggal25 Jun 2019
Diupdate pada12 Des 2022
DeveloperPhedro Quan
DownloadKlik Disini

Terakhir, program PDF Compressor, yang memiliki ukuran file kecil dan tidak akan memperlambat PC kamu, dapat digunakan untuk mengurangi ukuran keseluruhan PDF.

Di sini setelah itu kamu cukup mengubah dan memvariasikan ukuran file PDF yang akan kamu kompres. Untuk fitur bawaan yang dapat kamu manfaatkan nanti, seperti Tercepat, Default, Tidak Ada, dan Maksimum.

Kesimpulan

Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi atau situs web untuk memperkecil ukuran PDF, namun aplikasi dan situs yang kami sediakan di atas sudah pasti memiliki keunggulan yang luar biasa.

Demikian artikel tentang 6 cara memperkecil ukuran PDF online dengan website di Android, semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.