15 Fitur Terbaru WhatsApp yang Wajib Kamu Coba

nafa cahyani

15 Fitur Terbaru WhatsApp yang Wajib Kamu Coba

Rancakmedia.com – Bagi kamu pengguna WhatsApp, tahukah kamu bahwa kini terdapat 15 fitur terbaru WhatsApp yang bisa kamu coba dengan gratis dan menarik banget loh, apa saja fiturnya? simak artikel ini hingga selesai ya.

Kali ini program yang diproduksi Meta dapat digunakan untuk bertukar reaksi melalui emosi terbaru, meningkatkan kapasitas ukuran saat berbagi file, dan menampung lebih banyak anggota dalam satu grup.

Kepala WhatsApp Will Cathcart berkomentar, “Ini benar-benar berorientasi komunitas di mana kamu menjadi bagian dari hidup kamu yang mencakup komunikasi pribadi.”

Tentang WhatsApp

WhatsApp Messenger atau WhatsApp merupakan sebuah aplikasi perpesanan (messenger) instan dan lintas platform pada smartphone yang memungkinkan pengguna mengirim dan menerima pesan seperti SMS tanpa menggunakan pulsa melainkan koneksi internet.

WhatsApp adalah aplikasi pengiriman pesan instan yang memungkinkan penggunanya untuk berkirim pesan teks, gambar, video, dan suara dengan mudah kepada teman dan keluarga yang juga menggunakan aplikasi tersebut.

WhatsApp menggunakan koneksi internet (wi-fi atau data seluler) untuk memastikan bahwa pesan dapat terkirim dan diterima dengan cepat dan efisien.

WhatsApp memiliki basic yang mirip dengan BlackBerry Messenger. WhatsApp dirilis pada January 2009. Tetapi, pada tahun 2014, WhatsApp resmi menjadi milik Facebook setelah melalui proses akuisisi selama 8 bulan.

Pada WhatsApp, Anda dapat mengirimkan teks, foto, audio, file dan gambar kepada pengguna lainnya, menelpon, video call, serta membuat story.

Daftar Fitur Terbaru WhatsApp

Di bawah ini terdapat daftar fitur terbaru WhatsApp yang bisa kamu gunakan, sebagai berikut:

1. Sembunyikan Status Online

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan status online saat menggunakan WhatsApp. Berikut cara penggunaannya:

  1. Masuk ke pengaturan
  2. Klik privasi
  3. Ganti opsi “terakhir dilihat & Online menjadi Nobody

2. Tinggalkan Grup Secara Diam-diam

Pengguna juga dapat meninggalkan grup tanpa ada yang tahu. Dalam masa lalu, saat meninggalkan grup semua anggota akan diberitahu, sekarang hanya admin yang akan diberi notifikasi.

3. Accidental Delete

Awalnya WhatsApp hanyaa menghadirkan fitur untuk menghapus chat, namun kini WhatsApp juga menambahkan fitur untuk membatalkan pesan yang tidak sengaja dihapus.

4. Komunitas

Tahun ini, WhatsApp menambahkan fitur Komunitas. Ini menjadi tempat bagi banyak pengguna untuk berkumpul dalam satu tempat. Satu komunitas dapat diisi dengan maksimal 5.000 akun.

5. Polling

WhatsApp juga menambahkan fitur polling di obrolan individual dan grup. Berikut cara penggunaannya:

  1. Buka obrolan individual atau grup
  2. Klik tombol lampiran
  3. Tekan ikon polling
  4. Buat pertanyaan, dan WhatsApp akan membuka pilihan polling hingga 12 opsi
  5. Tekan dan geser ikon hamburger untuk mengubah urutan opsi polling
  6. Klik Kirim

6. Anggota Grup Lebih dari 1000 orang

WhatsApp juga memperluas jumlah anggota dalam grup. Dari sebelumnya 256 akun menjadi 1.024 anggota.

7. Admin Dapat Menghapus Chat

Admin juga memiliki otoritas penuh untuk mengoperasikan grup. Admin dapat menghapus pesan yang tidak sesuai dengan aturan.

8. Telepon Hingga 32 Orang

Kini akan lebih banyak pengguna yang dapat bergabung dalam satu panggilan. Kapasitas panggilan grup meningkat hingga empat kali, menjadi 32 orang.

Bagi kamu yang belum mengetahui perbedaan calling dan ringing, kamu bisa mengetahuinya pada artikel yang sudah kami sediakan sebelumnya.

9. Kirim Pesan Saat Panggilan Grup

Saat melakukan panggilan grup, pengguna juga dapat mengirimkan pesan pada salah satu anggota. Ada juga fitur untuk menonaktifkan peserta saat panggilan sedang berlangsung.

10. Tautan Panggilan

Untuk memulai panggilan, pengguna dapat berbagi tautan dengan peserta grup. Inilah cara menggunakannya:

  1. Klik tab Panggilan
  2. Tekan Buat Tautan Panggilan
  3. Pilih antara panggilan video atau suara
  4. Tekan Salin Tautan, kemudian lanjutkan dengan Kirim Tautan melalui WhatsApp untuk berbagi di WhatsApp dan Berbagi Tautan melalui aplikasi lain.

11. Notifikasi Akun Baru Bergabung Panggilan Grup

Saat pada panggilan grup, pengguna akan menerima notifikasi jika pengguna lain bergabung dalam panggilan.

12. Pemutaran di Luar Obrolan

Sekarang pengguna dapat melakukan beberapa tugas atau membaca saat membalas pesan lain.

13. Pause atau Melanjutkan

WhatsApp memberikan kemampuan kepada pengguna untuk menjeda atau melanjutkan rekaman. Selain itu, untuk mengunci, pengguna dapat menggeser rekaman ke atas.

14. Reaction Emoji

Setiap obrolan baik dalam obrolan individual maupun grup dapat dibalas dengan reaksi emoji. Cukup tekan dan tahan pesan untuk bereaksi.

15. Avatar

Pengguna juga bisa membuat avatar sesuai keinginan. Avatar tersebut bisa digunakan untuk foto profil ataupun untuk stiker pada saat kamu sedang chatingan.

Kesimpulan

WhatsApp adalah aplikasi pengiriman pesan instan yang memungkinkan penggunanya untuk berkirim pesan teks, gambar, video, dan suara dengan mudah kepada teman dan keluarga yang juga menggunakan aplikasi tersebut.

WhatsApp menggunakan koneksi internet (wi-fi atau data seluler) untuk memastikan bahwa pesan dapat terkirim dan diterima dengan cepat dan efisien.

Demikian artikel tentang fitur terbaru WhatsApp yang wajib kamu coba, semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan membantu untuk kamu semua.

Baca Juga

Bagikan:

nafa cahyani

Saya merupakan seorang content writer SEO, Teknologi, Finansial, Wisata, Resep Masakan dan lain-lain, Semoga dapat bermanfaat untuk teman semua.