Cara Mengatasi Black Screen Pada Windows di Perangkat Anda

Cara Mengatasi Black Screen Pada Windows di Perangkat Anda – Pada jaman saat ini, kita sangat dekat dengan piranti seperti laptop atau computer. Dengan piranti itu kita dapat belajar dan bekerja lebih efisien. Tetapi, seiring waktu berjalan, keadaan piranti akan turun. Bermacam tanda-tanda kerusakan akan kerap tampil. Diantaranya yakni black screen.

Untuk pemakai laptop, barangkali sempat alami blue screen pada perangkatnya. Hal tersebut akan memperlihatkan jika ada suatu hal yang keliru dengan handphone Anda. Tetapi, akan berlainan saat laptop Anda mendadak cuman tampilkan layar hitam.

Keadaan black screen ini tidak tampilkan tulisan panduan atau gambar apa saja. Code kekeliruan juga tidak tampil hingga kita cuman dapat menerka apa permasalahannya. Keadaan monitor yang serba hitam ini bisa membuat orang menduga bila laptopnya masih pada kondisi mati.

Black screen dapat muncul karena bermacam argumen. Keadaan ini dapat berkaitan dengan permasalahan penyempurnaan driver grafis, atau bisa terjadi sepanjang penginstalan penyempurnaan feature yang meliputi permasalahan kompatibilitas.

berikut kami berikan bagaimanakah cara menangani black screen pada Windows :

Cari Tahu Apakah Komputer Anda Bekerja

Kemungkinan penyebab black screen adalah proses penyiapan selama penginstalan Windows belum selesai. Jika Anda memiliki file data besar dari penginstalan Windows sebelumnya, jangan kaget jika pemasangannya membutuhkan waktu berjam-jam.

Jika Anda tidak mengetahuinya, Anda pasti akan melanjutkan penggunaan laptop. Jadi jangan heran jika perangkat Anda tiba-tiba mengalami black screen. Cara mengatasi black screen ini adalah dengan mencari tahu apakah komputer masih berfungsi.

  1. Temukan LED yang menunjukkan aktivitas hard drive.
  2. Jika lampu ini berkedip-kedip, artinya proses pemasangan masih berlangsung. Dalam hal ini, yang harus Anda lakukan adalah menunggu sampai selesai.
  3. Jika tidak menyala, itu berarti proses pemasangan macet, dan tidak dapat melanjutkan lebih jauh.
🔥TRENDING:  5 Aplikasi Karaoke Terbaik 2021 untuk Android

Matikan Komputer

Karena proses pemasangan terhenti, maka Anda harus mencoba menginstal ulang kembali sebagai cara mengatasi black screen.

  1. Gunakan tombol daya untuk mematikan komputer Anda. Jika tidak bisa mati seperti biasanya, tekan dan tahan tombol daya selama sekitar lima hingga sepuluh detik.
  2. Putuskan sambungan dari internet dengan mencabut kabel Ethernet Anda dan mematikan semua adaptor nirkabel.
  3. Putuskan juga periferal lain, termasuk pengontrol permainan dan hard drive eksternal.
  4. Lepaskan juga kabel daya dari komputer Anda. Kemudian tunggu sekitar tiga puluh detik untuk melakukan semuanya lagi.
  5. Sambungkan kembali kabel daya, periferal, adaptor nirkabel, dan kabel Ethernet. Nyalakan komputer Anda dan instal kembali Windows.

Beralih ke Safe Mode

Jika akar masalahnya ada pada kinerja perangkat keras, maka hanya dengan memuat program yang penting dapat akan menyelamatkannya.

Untuk mem-boot sistem Anda ke Safe Mode, hidupkan PC Anda dan setelah Anda melihat layar mulai hidup, tahan tombol shift. Kemudian pilih tombol daya dan lanjutkan dengan mengklik Restart.

Bangunkan Tampilan Anda

Komputer Anda juga dapat menampilkan black screen jika Windows 10 tidak mendeteksi display Anda. Cara mengatasi black screen untuk masalah ini adalah dengan memaksa perangkat Anda untuk bangun. Cukup buka keyboard Anda, kemudian tekan:

  1. Pertama, tekan tombol Windows.
  2. Lalu tekan ctrl, shift dan B.

Pasang Kembali Video Card

Kemungkinan lain dari black screen adalah video card yang rusak. Cara mengatasi black screen untuk masalah ini adalah dengan menginstalnya kembali.

  1. Pertama, tekan tombol Windows dan pilih Device Manager.
  2. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan Display adapters. Lalu klik panah di sebelah kiri tulisan Display adapters untuk memunculkan isi dari Display adapters.
  3. Di sana, pilih adaptor tampilan Anda. Kemudian klik kanan dan pilih Uninstall device.
  4. Setelah dicopot, klik kanan pada bagian ini lagi. Kemudian pilih Scan for hardware changes untuk membuatnya muncul kembali agar dapat Anda instal ulang.
🔥TRENDING:  5 Aplikasi Data Recovery Android Terbaik

Perbarui Driver

Jika video card Anda tidak rusak, mungkin mereka membutuhkan pembaruan. Jika demikian, itu juga bisa menjadi penyebab black screen. Cara mengatasi black screen ini:

  1. Buka Device Manager.
  2. Lalu arahkan kursor ke Display adapters dan klik panah yang ada di sebelah kiri tulisannya. Pilih adaptor tampilan Anda dan klik kanan.
  3. Terakhir, pilih Update driver.

Hentikan Proses RunOnce

Jika Anda mendapatkan black screen setelah Anda masuk, masalahnya mungkin berasal dari proses yang sedang berjalan. Cara mengatasi black screen ini:

  1. Tekan tombol Windows dan luncurkan Task Manager.
  2. Anda juga dapat menekan ctrl dan shift dan esc untuk membuka Task Manager.
  3. Periksa proses RunOnce.exe. Jika sedang berjalan, klik kanan dan pilih Stop.
  4. Agar perubahan bisa diterapkan di perangkat Anda, restart komputer. Anda dapat melakukan ini dengan menekan tombol restart.

Pilihan lainnya adalah membiarkan Task Manager membuka jalan. Caranya:

  1. Buka File pada Task Manager.
  2. Pilih Run new task.
  3. Masukkan cmd dan tekan OK.
  4. Pada jendela command prompt ketik shutdown -r -t 01 dan tekan enter.

Sumber : merdeka.com

Back to top button