Advertisement

Cara Share Lokasi di WA Android dan iOS

Rancakmedia.com – Saat ini teknologi sudah berkembang pesat, termasuk berbagi alamat, jika kamu masih belum tahu caranya, yuk cari tahu cara share lokasi di wa berikut ini.

Masyarakat harus belajar berbagi lokasi (serlok) di WA akibat kemajuan teknologi yang membutuhkan skill ini. Dengan mobilitas yang besar, tentunya hal ini tidak dapat dicegah.

Metode tercepat untuk pergi ke mana pun di Australia Barat adalah membagikan lokasi kamu (serlok). Akan ada panduan perjalanan untuk semua orang yang membutuhkan berkat koneksi langsung aplikasi ini ke GPS.

Cara Share Lokasi di Whatsapp

Berbagi lokasi kamu (serlok) di WA adalah fungsi yang banyak digunakan. Karena kenyataan bahwa aplikasi ini menghilangkan kebutuhan pengguna untuk mengetahui lokasi yang tepat ke mana pesan akan dikirim, Terutama jika kamu tidak tahu apa yang kamu lakukan.

Cara Share Lokasi di Whatsapp

WhatsApp menyertakan alat berbagi lokasi dengan tujuan memudahkan pengguna berbagi lokasi dengan orang lain. Ada dua macam teknik berbagi, yaitu hanya dalam bentuk lokasi saat ini atau lokasi langsung.

Jika kamu memilih berbagi lokasi, penerima hanya akan mendapatkan lokasi yang ditetapkan, itu tidak akan berubah bahkan jika kamu memindahkan lokasi. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi mereka yang belum pernah berkunjung ke wilayah tersebut.

Di sisi lain, jika kamu memilih untuk membagikan lokasi langsung kamu, maka teman kamu akan mendapatkan lokasi yang bervariasi sesuai dengan posisi kamu. Pilihan ini tentu akan menjadi tantangan tersendiri bagi teman-teman yang akan berkunjung ke alamat tersebut.

Meskipun prosesnya cukup mendasar, tidak semua orang mengerti bagaimana menjalankannya secara efektif. Karena perbedaan jumlah poin, seringkali tidak tepat.

Menggunakan Aplikasi WhatsApp

Pendekatan pertama untuk berbagi lokasi (serlok) di WA tentunya menggunakan aplikasi WA secara langsung. Berikut cara berbagi lokasi.

Pastikan GPS pada ponsel diaktifkan terlebih dahulu. kamu dapat menggulir layar sampai kamu melihat menu GPS jika masih mati. Setelah kamu menemukan simbol GPS, tahan sampai kamu melihat kata “Aktif” di bilah status.

  1. Buka aplikasi perpesanan WhatsApp
  2. Arahkan ke nama kontak yang akan menerima lokasi tujuan melalui WA dan klik di atasnya.
  3. Untuk memasukkan lokasi dalam pesan kamu, klik simbol “klip” di kotak kirim pesan.
  4. 6 ikon alternatif akan ditampilkan. Pilih salah satu yang bertuliskan “lokasi” atau “lokasi”.
  5. Tunggu pengaturan untuk mengatur lokasi agar akurat hingga kamu melihat peta di layar.
  6. Lihat di bagian bawah peta, tertulis “Kirim lokasi kamu saat ini”. Tekan.
  7. Pada nama kontak yang akan dikirim, kamu mungkin melihat peta perjalanan yang harus dilakukan untuk sampai ke lokasi yang dituju. Penerima hanya menekan peta.

Cara Share Lokasi Menetapkan Lokasi Terdekat

Teknik share lokasi (serlok) selanjutnya di WA adalah share lokasi terdekat. Jika ternyata di serlok lokasi hanya menunjukkan lokasi kamu berada tanpa menyebutkan nama tempat yang tepat. Perhatikan cara di bawah ini untuk membagikan lokasi melalui WA dengan tempat yang akan dituju sekaligus.

Cara Share Lokasi Live di WA Menggunakan Google Maps

  1. Langkah pertama adalah memastikan bahwa GPS di ponsel dalam keadaan hidup. Jika tidak, aktifkan terlebih dahulu, agar fungsi ini dapat digunakan dan beroperasi dengan benar.
  2. Buka aplikasi perpesanan WA kamu.
  3. Masukkan nama kontak untuk berbagi lokasi.
  4. Lihat bilah kirim pesan di bagian bawah layar.
  5. Kamu akan melihat simbol “klip” yang menandakan akan disiapkan. Di sebelah ikon kamera, kamu akan menemukannya.
  6. Tekan gambar.
  7. Selanjutnya, layar ponsel akan menampilkan peta dan di bagian bawah akan disediakan nama-nama banyak tempat terdekat dengan lokasi yang dimaksud.
  8. Pilih apa yang kamu inginkan.
  9. Tunggu hingga proses pengiriman selesai.

Cara Share Lokasi WA Melalui GPS

Kedua cara berbagi lokasi (serlok) di WA di atas memanfaatkan aplikasi messaging WhatsApp secara langsung. Nah, cara yang akan diberikan di bawah ini adalah dengan memanfaatkan GPS yang sudah terpasang di ponsel kamu.

Dengan memanfaatkan aplikasi GPS, kamu dapat dengan cepat membagikan lokasi kamu. Untuk melakukan ini, ikuti panduan yang tercantum di bawah ini.

Pertama kali kamu menggunakannya, luncurkan aplikasi Maps di ponsel cerdas kamu.
Pastikan kamu mengaktifkan fungsi lokasi. Prosedur sherlock akan berjalan lebih lancar jika kamu segera menyalakannya jika belum.
Simbol untuk akun Gmail dapat dilihat di sudut kanan atas layar. Tekan.
Jika kamu akan membagikan lokasi kamu, centang kotak yang menyatakan demikian.
Pilih “Bagikan lokasi melalui WA” dari menu tarik-turun.
Temukan nama orang yang ingin kamu ajak berbagi lokasi.
Untuk mengirim pesan, klik tombol Kirim. Tunggu beberapa detik hingga prosedur berjalan.

Cara Share Live Lokasi di WA

Dengan cara berbagi lokasi (serlok) di WA ini, kamu akan mengomunikasikan lokasi yang sewaktu-waktu dapat berubah. Lokasi yang disebutkan mungkin berbeda sesuai dengan posisi ponsel sebagai titik titik.

Untuk berbagi lokasi saat ini secara real time, ikuti langkah-langkah yang diuraikan di bagian berikut.

  1. Untuk memulai, nyalakan GPS di ponsel kamu. Menekan ikon notifikasi GPS pada menu notifikasi HP adalah kuncinya di sini.
  2. Buka aplikasi WA kamu,
  3. Menggunakan percakapan WA pribadi, kirimkan alamat lokasi yang ingin kamu bagikan
  4. Tekan simbol “klip” yang menunjukkan kamu melampirkan sesuatu. Gambar ini dapat ditemukan di menu pengiriman pesan.
  5. Ketuk tombol “Lokasi”
  6. Kemudian pilih “Lanjutkan” ketika di layar ada prompt untuk konfirmasi lokasi pengiriman. Pastikan lokasi yang ingin kamu kirimkan secara langsung sudah benar.
  7. Kemudian, pilih tenggat waktu pengiriman lokasi langsung. Pilih dari 15 menit, satu jam, atau delapan jam. Ini menunjukkan bahwa lokasi langsung akan dilacak selama waktu yang disediakan.
  8. Tekan “tombol kirim” untuk mulai berbagi lokasi kamu saat ini dengan orang lain. Karena lokasi ponsel kamu berubah secara real time, penerima akan diberitahu tentang lingkungan kamu saat ini.

Cara Share Lokasi Live di WA Menggunakan Google Maps

Sebelumnya, hanya WA yang dapat digunakan untuk membagikan lokasi langsung, tetapi sekarang Google Maps juga dapat digunakan. Karena itu, kamu memerlukan dua aplikasi yang sudah ada sebelumnya di ponsel kamu.

Cara Share Lokasi Menggunakan Google Maps

Google Maps adalah aplikasi yang dirancang oleh Google untuk membantu orang mengidentifikasi area tertentu. Fungsi ini juga dapat mengungkapkan lokasi orang yang mengakses internet menggunakan fitur ini.

Simak langkah-langkah berikut di bawah ini.

  1. Buka aplikasi Google Maps yang terpasang di perangkat seluler kamu.
  2. Tentukan lokasi yang kamu tuju.
  3. Klik tiga titik di pojok kanan atas layar. Pilih opsi “Bagikan lokasi kamu”.
  4. Pembagian lokasi secara real-time ditampilkan pada tampilan smartphone berikut. ada dua kemungkinan yaitu live location selama 1 jam atau sampai dinonaktifkan. Pilih salah satu opsi pada daftar.
  5. Lanjutkan dengan memilih aplikasi perpesanan yang akan digunakan untuk membagikannya. Kali ini pilih WA.
  6. Ada pemberitahuan tentang berbagi tautan. Bagikan adalah opsi yang ingin kamu gunakan.
  7. Kamu akan dapat memilih dari daftar kontak yang tersedia di ruang obrolan di layar. Pilih nama penerima dari menu tarik-turun. kamu akan diberitahu tentang lokasi penerima secara real time. Untuk mengirim pesan, klik tombol Kirim.
  8. Untuk melindungi privasi kamu saat menggunakan Google Maps untuk membagikan lokasi kamu saat ini secara real time, ingatlah hal-hal ini.
  9. Dengan mengetuk simbol – atau + di sebelah kanan waktu, kamu dapat memilih jumlah waktu yang ingin kamu bagikan.
  10. Pengurangan dari 1 jam akan menjadi 15 menit.
  11. Sedangkan ekstra akan sebanyak 1 jam.
  12. Penerima tautan yang kamu bagikan akan dapat melihat gambar dan nama kamu.
  13. Penerima akan dapat melihat lokasi kamu saat ini secara real time menggunakan Google Maps untuk jangka waktu yang kamu pilih. kamu bahkan dapat melihat saat kamu tidak menggunakan perangkat lunak ini.
  14. Beberapa informasi mungkin diketahui oleh penerima, seperti tujuan yang baru saja kamu kunjungi, kapasitas baterai, dan jalur yang kamu tuju.
  15. Jika kamu tidak memercayai orang yang kamu bagikan lokasi kamu, kamu harus berpikir dua kali sebelum melakukannya. Sebab, fungsi ini kemungkinan akan dieksploitasi.

Cara Share Suatu Lokasi Yang Akan Dituju

Cara berbagi lokasi (serlok) di WA berikut ini adalah jika kamu berencana untuk pergi ke lokasi yang sama, di mana kamu dan teman kamu tidak berada di lokasi tersebut. Jika kamu tahu nama lokasi yang kamu tuju, kamu bisa melakukannya.

Ikuti petunjuk ini untuk membagikan lokasi dengan cepat. Pertama dan terpenting, pastikan koneksi internet penerima stabil agar pesan dapat diterima dengan jelas.

  1. Untuk memulai, buka aplikasi browser ponsel kamu.
  2. Dalam pencarian browser, masukkan nama lokasi dan bulan tertentu. Setelah itu, kamu akan melihat peta yang bergerak ke arah itu.
  3. Ketuk gambar peta hingga ukurannya menjadi dua kali lipat.
  4. Tentukan nama lokasi yang akan dituju.
  5. Di bagian bawah layar, kamu akan menemukan banyak pilihan menu. Geser ke kiri pada pilihan hingga kamu menemukan ikon bagikan. Ketuk pilihan itu.
  6. Kemudian kamu akan diberikan beberapa alternatif untuk membagikannya. Pilih ikon WA berwarna hijau. Mengetuk.
  7. Setelah itu, kamu akan melihat jendela obrolan dengan teks “kirim ke” di dalamnya. Pilih nama lokasi yang ingin kamu kirimi peta tujuan kamu. Kemudian ketuk simbol kirim pada layar di bawah ini.
  8. Klik tombol “kirim”. Pada layar obrolan pribadi dari kontak yang kamu pilih, tkamu peta akan berubah menjadi deskripsi area dan alamatnya yang dapat dikunjungi melalui Google Maps.
  9. Selanjutnya, orang yang kamu kirim hanya menekan alamat yang telah diberikan. Ini akan muncul kembali di layar sebagai peta, dan kamu dapat menggunakannya untuk instruksi sejak saat itu.

Cara Share Lokasi Yang Akan Dituju Tanpa Nama

Mungkin kamu pernah ingin berbagi lokasi (serlok) di WA, tapi ternyata tidak ada nama yang menunjuk lokasi tersebut. Jangan khawatir, kamu tetap bisa membagikannya melalui WA meski tanpa nama.

Cara Share Lokasi WA Melalui GPS

Lihat opsi berikut di bawah ini untuk membagikan alamat atau lokasi yang tidak memiliki nama. Jangan lupa cek kestabilan koneksi internet.

  1. Pastikan GPS kamu aktif atau “On”.
  2. Buka ruang obrolan dengan nama teman yang ingin kamu ajak berbagi lokasi.
  3. Kemudian tekan simbol “klip” pada bilah pengiriman pesan. Gambar kamera bersebelahan dengan tkamu bukti kerusakan ini.
  4. Layar akan menampilkan banyak pilihan yang akan kamu pin ke menu pesan di ruang obrolan. Pilih lokasi.
  5. Layar kemudian akan menampilkan peta dengan beberapa pin. Kotak di dalam lingkaran dapat dilihat di sudut kiri atas.
  6. Selanjutnya pilih pin merah. Mengetuk.
  7. Cukup pindahkan pin ke lokasi yang diinginkan.
  8. Perbesar peta sehingga jelas rute atau tempat yang kamu kenal. Jika kamu yakin, atur pin di lokasi yang ditentukan.

Setelah kamu menyematkan lokasi tertentu di peta, lihat ke bagian bawah layar yang bertuliskan kirim lokasi ini. Di sana akan tertulis alamat tempat pin dimasukkan. Lanjutkan dengan mengklik “kirim lokasi ini”.

Cara Share Lokasi Menggunakan Google Maps

Cara berbagi lokasi (serlok) di WA kali ini memanfaatkan bantuan aplikasi Google Maps. Hal ini sering dilakukan jika lokasi yang akan dituju terletak jauh dari tempat kamu berada.

Ini sepotong kue. Untuk membagikannya ke teman, cukup ikuti petunjuk yang diuraikan di bawah ini.

  1. Di ponsel kamu, luncurkan aplikasi Google Maps.
  2. Kamu dapat menjelajahi area lebih jauh atau menggunakan fitur pencarian peta untuk menemukan lokasi tertentu.
  3. Jika tidak terdeteksi, kamu dapat menjalankan pencarian menggunakan pin.
  4. Untuk memindahkan pin, tahan tombol ketuk lama pada pin yang ingin kamu pindahkan.
  5. Di bagian bawah layar, sentuh nama atau alamat lokasi yang ingin kamu tuju.
  6. Pastikan alamatnya akurat dan sesuai dengan alamat saat ini.
  7. Setelah itu, klik opsi “bagikan”, yang terlihat seperti kabel.
  8. Jika ponsel kamu tidak memiliki ikon, tekan tiga titik di sudut kanan layar, lalu pilih Bagikan.
  9. Kemudian layar ponsel akan memberikan berbagai kemungkinan aplikasi yang dapat digunakan sebagai media tempat kamu membagikan tautan. Pilih aplikasi WA.
  10. Kamu kemudian akan melihat ruang obrolan dari berbagai pengguna.
  11. Pilih orang yang ingin kamu ajak berbagi.
  12. Untuk mengirim pesan, klik tombol “Kirim”. Tautan Google Maps akan dikirim ke penerima.
    Nyalakan Sistem Pemosisian Global (GPS).

Cara ShareLok Kamu di iPhone atau iPad

Berbagi Lokasi dibangun ke dalam Keluarga Berbagi di iOS, sistem operasi yang berjalan di iPhone dan iPad. kamu harus mengaktifkan Layanan Lokasi dan Keluarga Berbagi, tetapi setelah selesai, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Ketuk Pengaturan.
  2. Ketuk nama kamu (pada versi iOS yang lebih lama, lewati langkah ini).
  3. Ketuk Keluarga Berbagi atau iCloud (kedua opsi berfungsi, tetapi mungkin berbeda tergantung pada versi iOS kamu).
  4. Ketuk Bagikan Lokasi Saya atau Bagikan Lokasi (apa yang kamu lihat bergantung pada apakah kamu memilih Keluarga Berbagi atau iCloud di langkah 3).
  5. Pindahkan penggeser Bagikan Lokasi Saya ke / hijau.
  6. Pilih anggota keluarga yang ingin kamubagikan lokasi kamu. (Untuk menghentikan berbagi lokasi, geser penggeser kembali ke /putih.)

Kesimpulan

Cara tercepat untuk pergi ke mana pun di Australia Barat adalah dengan mempelajari cara membagikan lokasi kamu(serlok). Ada dua macam teknik berbagi, yaitu hanya berupa lokasi saat ini atau lokasi langsung.

WhatsApp menyertakan alat berbagi lokasi bagi pengguna untuk membagikan lokasi mereka. Langkah pertama adalah memastikan bahwa GPS di ponsel kamu dihidupkan sebelum berbagi lokasi dengan orang atau tempat lain. Selanjutnya share lokasi dengan tempat-tempat terdekat dengan lokasi yang dimaksud.

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas