Advertisement

Perbaiki Notifikasi Instagram Yang Mati di Android dan di iPhone Dengan 10 Cara Ini

Perbaiki Notifikasi Instagram Yang Mati di Android dan di iPhone Dengan 10 Cara Ini – Tidak dapat dipungkuri, Instagram ialah sosial media yang paling terkenal. Bermacam feature yang tidak sekedar hanya share photo, membuat semakin banyak orang yang tertarik memakai basis garapan Facebook ini.

Bermacam feature seperti share video satu menit di feed, Instagram Story dengan bermacam feature dan sticker menarik, feature video panjang IGTV, dan feature shopping, membuat Instagram semakin memikat untuk digunakan.

Tetapi apa yang terjadi Instagram jika notifikasi tidak ada? Pasti benar-benar mengusik. Bayangkan buka program dan merefreshnya di tab notifikasi untuk tahu ada yang like posting dan kirim DM ke Anda.

Sayang, ini ialah permasalahan umum di basis Instagram. Notifikasi sering tidak tampil tanpa kita ketahui pemicunya apa. Ini semakin tidak nyaman jika profesi Anda menggantungkan diri ke platform ini, seperti media sosial officer, influencer, atau UMKM yang memakai IG untuk marketing produk dan berjualan.

Nah, di bawah ini ialah langkah untuk membenahi notifikasi Instagram yang hilang tanpa ada alasan, baik di iPhone atau Android.

  • Restart HP

Sebelum masuk ke berbagi solusi yang rumit, merestart HP adalah salah satu cara mudah untuk mengulang sistem yang mungkin ada kesalahan. Jika setelah merestart HP notifikasi sudah muncul, tak usah melakukan perbaikan lebih jauh, mungkin akun Anda hanya tersendat bug kecil.

  • Logout Dari Akun

Solusi sederhana lain adalah logout dari akun Instagram Anda. Untuk melakukan ini, Anda tinggal buka aplikasi IG Anda, klik tiga garis di kanan atas, dan pilih settings di kanan bawah. Jika sudah, pilih menu Log Out di kiri bawah.

  • Update Aplikasi

Ketika logout dan kembali login tidak menyelesaikan masalah notifikasi, nampaknya terdapat kesalahan di aplikasi yang terinstal di perangkat Anda. Cara memperbaikinya adalah dengan update.

Untuk melakukannya, tinggal ke App Store untuk iPhone atau Play Store untuk Android, cari aplikasi Instagram, dan klik tombol update. Jangan lupa terkoneksi ke wifi ya, karena ukuran aplikasi yang cukup besar.

  • Matikan Menu ‘Do Not Disturb’

Semua perangkat Android maupun iPhone dilengkapi dengan modus Do Not Disturb. Kerapkali hal ini merupakan biang kerok notifikasi tidak masuk, karena tujuan adanya modus ini adalah untuk pengguna tak terganggu adanya aktivitas yang masuk ke perangkat. Jadi, jika Do Not Disturb menyala, coba matikan lebih dahulu.

Di iPhone, menu ini ada di settings, sementara di Android, terdapat di Settings, lalu masuk Sound.

Selain Do Not Disturb, menu penghemat baterai atau modus Low Power juga tak memunculkan notifikasi. Hal ini karena di mode hemat baterai, aplikasi disetel tidak merefresh di latar belakang. Sehingga, notifikasi tak masuk. Jadi jika Anda suka menggunakan modus ini untuk hemat baterai, Anda perlu mematikannya lewat menu Settings lalu Battery baik di iPhone maupun Android.

  • Periksa Setting Notifikasi di Aplikasi

Instagram memberi beberapa setelan notifikasi yang bisa Anda pilih sesuai preferensi Anda. Seperti Anda bisa mematikan notifikasi DM, like, atau komentar. Nah, jika notifikasi Anda tak masuk, Anda perlu memeriksa setelan ini.

Berikut caranya:

  1. Klik menu tiga garis di kanan atas, lalu klik settings di pojok kanan bawah
  2. Pilih menu Notifications
  3. Jika sudah masuk, temukan menu ‘Pause All’, dan pastikan dalam keadaan mati
  4. Lalu masuk ke semua menu, dan pastikan notifikasi yang Anda inginkan menyala
  • Periksa Setelan Notifikasi di HP Anda

Semua HP baik iPhone maupun Android membiarkan pengguna untuk menyalakan atau mematikan notifikasi aplikasi dari sistem. Jadi, jika notifikasi masih belum muncul, coba cek setelan notifikasi dari HP Anda.

Berikut caranya:

iPhone: Masuk ke Settings, lalu Notifications, lalu cari aplikasi Instagram. Pastikan menu ‘Allow Notifications’ dalam keadaan menyala.
Android: Masuk ke Settings, lalu pilih Apps & notifications / Installed apps, lalu pilih Instagram. Pastikan menu ‘Show Notifications’ menyala.

  • Nyalakan Background Refresh (iOS)

Di iOS, terdapat menu background refresh yang jika dinyalakan setiap aplikasi akan selalu merefresh meski sedang tak digunakan. Jika menu ini dimatikan, bisa jadi aplikasi tak muncul. Namun memang, jika menu ini menyala baterai lebih boros.

Untuk menyalakannya, pergi ke menu Settings, lalu General, pilih menu Background App Refresh, dan pastikan milik Instagram menyala.

  • Clear Cache (Android)

Salah satu sumber masalah di smartphone Android kerap terjadi karena cache yang terlalu banyak. Jadi hanya dengan menghapusnya biasanya masalah sudah beres.

Berikut cara clear cache di Android:

  1. Masuk ke Settings, lalu pilih Apps & notifications / Installed apps
  2. Pilih Instagram dan klik Storage
  3. Pilih Clear cache.
  • Install Ulang

Jika di titik ini notifikasi masih belum muncul, mungkin Anda harus install ulang aplikasinya. Pasalnya, di awal ketika pertama kali menginstal aplikasi, kita ditanya apakah ingin menerima notifikasi, dan mungkin kita tak sengaja memencet ‘not now’.

Caranya adalah dengan pergi ke App Store atau Play Store dan benar-benar menghapus Instagram dari perangkat Anda. Jika sudah, ulangi install Instagram dan pastikan ketika ada dialog box soal notifikasi, Anda periksa dengan benar dan tak memencet tombol yang memblokir notifikasi.

  • Update Software HP

Cara paling pamungkas jika notifikasi Instagram masih belum muncul adalah melakukan software update. Hal ini dikarenakan sistem perangkat Anda sudah tak cocok dengan Instagram yang selalu memutakhirkan aplikasinya tiap waktu.

Sumber : merdeka.com

Cek Berita dan Artikel Rancakmedia.com Lainnya di Google News

Tombol kembali ke atas