Advertisement

Cara Mengetahui Sandi WiFi Tanpa Aplikasi

Rancakmedia.com – Untuk mengetahui password atau kata sandi wifi yang telah kamu lupakan dengan mudah dan tanpa aplikasi, yang bisa kamu ikuti caranya tanpa ribet dalam artikel ini, baca samoai bawah untuk mengetahui detailnya.

Karena  di era digital saat ini menghadapi dilema serius dengan berkurangnya kuota dan meningkatnya permintaan akan sumber daya pencarian dan internet. Dapat dimengerti bahwa orang ingin belajar cara melewati batasan Wifi dan menggunakan internet hanya untuk tujuan menjelajah tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan apa pun.

Jaringan nirkabel atau Wifi saat ini tentunya dapat dengan mudah ditemukan di berbagai fasilitas umum, tempat kerja, kafe, bahkan rumah pribadi. Namun sayangnya, tidak semua mengizinkan akses gratis dan mengenkripsinya dengan kata sandi sehingga tidak dapat dilihat.

Ulasan untuk Mengetahui Sandi WiFi

Mendapatkan koneksi internet gratis tentu menjadi dambaan setiap orang, apalagi jika aktivitas online yang dilakukan terbilang padat. Sebelum mengobrol tentang cara masuk ke Wifi tanpa aplikasi, penting untuk mengetahui apa yang disebut Wifi itu sendiri.

Ungkapan Wifi memang sudah cukup populer di kalangan pengguna internet, meski begitu mungkin masih ada orang yang masih belum mengetahui tentang Wifi. Wireless Fidelity, singkatan dari Wifi, dapat diartikan sebagai jaringan nirkabel yang memungkinkan perangkat terhubung ke internet melalui akronim Wifi.

Dengan koneksi Wifi ini, perangkat HP dan PC dapat terhubung ke internet, memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai aktivitas online. Mulai dari berbagi informasi, mengirim pesan, gambar, video, dokumen, streaming dan lain-lain.

Akses internet wifi biasanya tersedia di lokasi yang tidak terlalu jauh. kamu dapat melihat jaringan Wifi di area terbuka hingga 100 meter jika jangkauannya bagus. Namun jika lingkungan cenderung sempit dan banyak bangunan, jangkauannya cenderung berkurang, hanya sekitar 10-35 meter.

Untuk dapat mengakses sinyal atau jaringan Wifi, perangkat harus berada di titik akses atau hotspot jaringan nirkabel. Jika titik akses atau hotspot berada di dalam, jangkauannya biasanya 20 meter atau kurang; jika berada di luar, jangkauannya mungkin jauh lebih besar.

Apa Tujuan dari Wifi LAN?

Koneksi internet Wifi sebelumnya diindikasikan sebagai kebutuhan untuk mengakses berbagai informasi dan aktivitas online. Berikut adalah beberapa fitur Wifi penting yang harus diperhatikan.

  1. Koneksi Perangkat ke Internet
    Salah satu peran kunci Wifi adalah untuk menghubungkan perangkat seperti smartphone atau PC dan laptop ke jaringan internet. Tanpa perlu kabel, PC, laptop, dan ponsel semua dapat terhubung ke internet melalui Wifi.
  2. Berbagi Data atau File
    Konektivitas Wifi juga berfungsi sebagai metode untuk berbagi data dan file di antara perangkat berkemampuan Wifi dengan cara yang lebih praktis.
  3. Menghubungkan antar Perangkat
    Dengan Wi-Fi, perangkat dapat dengan mudah dihubungkan satu sama lain. Misalnya, kamu dapat melewati penggunaan kabel USB saat menghubungkan smartphone ke PC atau laptop. Tetapi prasyaratnya adalah kedua mesin mendukung perangkat Wifi.
  4. Sebagai Modem Ponsel
    Wifi juga memiliki kemampuan untuk mengubah smartphone menjadi modem. Dengan demikian, perangkat smartphone tidak hanya menerima sinyal Wifi tetapi juga dapat berupa modem portabel yang berfungsi untuk memancarkan sinyal Wifi.

Jenis LAN Wifi

Jaringan internet saat ini telah menjadi salah satu tuntutan utama karena hampir semua kegiatan pendidikan, pekerjaan dan perdagangan membutuhkan koneksi internet. Jaringan Wifi dianggap sebagai pilihan terbaik untuk mendapatkan koneksi internet yang lebih kamul.

Kecepatan internet downstream dan upstream adalah dua cara untuk memikirkan seberapa cepat kamu bisa mendapatkan internet internet. Sementara itu, tergantung pada kecepatan penggunaan gelombang radio, jaringan internet dapat dibagi menjadi GPRS, 3G, 4G dan HSPA.

Sedangkan Wifi internet merupakan teknologi jaringan nirkabel yang berhubungan dengan stkamur 802.11 yang pada awalnya dirancang untuk penggunaan LAN (Local Area Network). Namun, saat ini jaringan Wifi dapat diakses oleh perangkat portabel melalui Wifi Hotspot.

Tipe Dan Jenis Kecepatan Wifi

Kamu harus mengetahui jenis dan jenis kecepatan Wifi berikut:

  1. Wifi tipe 802.11a dengan kecepatan internet 54 Mbps, kompatibilitas A pada frekuensi 5 GHz.
  2. Wifi tipe 802.11b dengan kecepatan internet 11 Mbps, kompatibilitas B pada frekuensi 2,4 GHz.
  3. Wifi tipe 802.11g dengan kecepatan internet 54 Mbps, kompatibilitas B dan G pada frekuensi 2,4 GHz.
  4. Wifi tipe 802.11n dengan kecepatan internet 100 Mbps, kompatibilitas B, G, dan A pada frekuensi 2,4 GHz.

Cara Kerja Wifi

Pada dasarnya cara kerja Wifi adalah dengan memanfaatkan gelombang radio. Berbagai macam data yang dikirimkan oleh pengguna akan diledakkan melalui udara melalui gelombang radio. Untuk dapat menerjemahkan data tersebut diperlukan wireless adapter agar terhubung dengan Wifi.

Router yang berfungsi sebagai decoder atau penerjemah kode, menerima gelombang radio dalam bentuk sinyal. Jika data telah diterjemahkan, koneksi ethernet akan digunakan untuk mengirimkannya ke jaringan internet.

Manfaat Menggunakan Layanan Internet Wifi

Jika dibandingkan dengan bentuk koneksi internet seluler lainnya, menggunakan layanan internet Wifi menawarkan beberapa keuntungan. Beberapa manfaat yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Koneksi internet dengan Wifi lebih cepat dan dapat dikamulkan.
  2. Tidak perlu menggunakan perangkat telepon untuk mengaksesnya.
  3. Saat menggunakan hotspot Wifi, kamu mungkin mengharapkan koneksi yang mulus, cepat, dan otomatis.
  4. Mengunduh file video, bermain game online, dan aktivitas intensif data lainnya dapat dilakukan dengan browser ini.
  5. Karena kamu tidak perlu mengisi jatah internet kamu sesering mungkin, ini adalah pilihan yang lebih hemat biaya.
  6. Instalasi mungkin gratis, namun ini bergantung pada penyedia layanan.
  7. Kuota internet tidak akan tiba-tiba habis.

Apakah Mungkin untuk Mengetahui Sandi WiFi tanpa Aplikasi

Menggunakan akses internet melalui Wifi umumnya dipilih karena koneksi jauh lebih cepat dan dapat dikamulkan. Itulah mengapa begitu banyak orang bereksperimen dengan berbagai metode untuk terhubung ke Wifi terdekat dan menerima akses internet gratis.

Seorang pengguna harus memiliki kata sandi atau kata sandi yang telah diinstal untuk dapat terhubung ke Wifi yang telah dilindungi dengan kata sandi. Tidak masalah jika kamu tidak memiliki kata sandi. kamu dapat mencoba aplikasi yang tercantum di bawah ini untuk mendapatkan akses ke jaringan WiFi tanpa menggunakan perangkat lunak apa pun.

Cara Mengetahui Sandi WiFi di Handphone

Cara pertama yang dapat kamu coba untuk masuk ke WiFi yang telah di-password adalah dengan memanfaatkan pengaturan IP Address pada perangkat smartphone Android. Untuk bisa meretas Wifi tanpa aplikasi menggunakan handset Android, caranya adalah sebagai berikut.

  1. Pertama, silakan sambungkan ke jaringan Wifi.id yang biasanya menampilkan deskripsi Speedy Instant@wifi.id, atau yang lain.
  2. Kemudian pilih jaringan Wifi dan klik opsi Ubah Konfigurasi Jaringan.
  3. Mengubah alamat IP ke 192.168.1.2 dan menyimpan perubahan akan memperbaiki masalah.
  4. Lanjutkan dengan membuka browser dan memasukkan alamat IP 192.168.1.254 untuk melihat pengaturan modem Wifi.
  5. Pada menu login, silahkan masukkan username dan password dengan pilihan ADMIN atau USER.
  6. Kemudian pilih opsi Setting/Pengaturan > Wifi.
  7. Cari opsi SSID Name dan SSID Passphrase untuk mengetahui apa saja username dan passwordnya.
  8. Ini semudah mencolokkannya ke router Wifi jika kamu sudah memiliki kata sandinya.

Cara Mengetahui Sandi WiFi di Perangkat PC atau Laptop

Selain memanfaatkan perangkat smartphone Android, cara hack Wifi juga dapat digunakan untuk pengguna PC atau Laptop. Salah satu opsi adalah menggunakan Command Prompt bawaan di Windows itu sendiri.

Jika ingin mengetahui password Wifi menggunakan CMD maka prosedur yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Pertama, silakan tekan kombinasi tombol Windows + R untuk meluncurkan jendela Run Administrator di PC atau laptop kamu.
  2. Cukup masukkan cmd dan tekan Enter untuk meluncurkan Command Prompt.
  3. Kemudian masukkan perintah netsh wlan show profile (Wifi Name) key=clear lalu tekan Enter.
  4. Untuk mengetahui apakah kata sandi Wifi atau kata sandi lainnya telah dibobol, lihat di bagian Konten Utama.
    Gunakan menu Jaringan dan Internet untuk mendapatkan akses ke Wifi tanpa menggunakan aplikasi.

Mengetahui Sandi WiFi Melalui Menu Network and Internet

Selain menggunakan dua cara di atas, ada juga cara lain yang bisa kamu coba untuk mengetahui Wifi yaitu melalui menu Network dan Internet di Control Panel. Ini adalah prosedur yang harus diikuti.

  1. Untuk memulai, buka Control Panel dan pilih Network & Internet dari menu sebelah kiri.
  2. Jika sudah tekan menu Network and Sharing Center.
  3. Tekan opsi Kelola Jaringan Nirkabel di jendela baru yang ditampilkan.
  4. Kemudian pilih jaringan Wifi yang ingin kamu tuju.
  5. Pilih Keamanan dari menu Properti Nirkabel dengan menekan tombol Properti Nirkabel.
  6. Kunci Keamanan Jaringan berisi kata sandi Wifi, yang dapat dilihat dengan mencentang kotak Tampilkan Karakter.

Mengetahui Sandi WiFi Indihome Tanpa Menggunakan Aplikasi

Indihome adalah layanan internet yang ditawarkan oleh PT. TelkomIndonesia. Berikut adalah beberapa hal yang harus diikuti jika koneksi WiFi adalah layanan Indihome dan kata sandi hilang atau dicuri secara tidak sengaja.

  1. Pertama, pastikan kamu berada dalam jangkauan lokasi Wifi, jika tidak, silakan menuju lokasi wifi.id terdekat.
  2. Setelah itu, sambungkan smartphone ke jaringan wifi.id atau wifi Indihome.
  3. Jika sudah terhubung, silahkan ubah alamat IP dengan cara berikut:
  4. Konfigurasi > Wifi > Pilih koneksi Wifi di perangkat seluler > Properties Isikan Static IP Address sesuai perangkat yang digunakan, lalu tekan OK.
  5. Nama pengguna dan kata sandi juga tersedia secara default dengan kredensial Nama pengguna: admin dan Kata sandi: admin.

Mengetahui Sandi WiFi di Hp Xiaomi Tanpa Root

Cara masuk wifi tanpa aplikasi yang satu ini bisa diterapkan di semua model hp xiaomi dan semua versi miui. Cara-cara yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silahkan pilih Wifi SSID dimana password akan dibobol.
  2. Klik opsi Pengaturan atau Pengaturan Jaringan Wifi yang muncul.
  3. Jika demikian, silakan tekan tombol Pengaturan IP dan atur ke Alamat IP Statis.
  4. Kamu selanjutnya harus memasukkan Xiaomi kamu Alamat IP dan nama domain (DNS) router HP dan komputer masing-masing.
  5. Jika kamu masih tidak yakin tentang pengaturan DNS, biarkan kosong.
  6. Selanjutnya, klik tombol Simpan.
  7. Harap bersabar sementara pemindai melakukan tugasnya.
  8. Selesai dan otomatis akan terhubung ke jaringan Wifi tanpa perlu mengetahui password.
  9. Peretasan Wifi Tidak Dapat Dilakukan Karena Beberapa Alasan.

Tidak semua cara yang tercantum di atas berfungsi untuk mendapatkan akses ke Wifi yang dilindungi oleh kata sandi. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa upaya untuk meretas Wifi gagal.

  1. Koneksi Internet Tidak Stabil
    Meskipun dimungkinkan untuk memecahkan kata sandi Wifi tanpa menggunakan aplikasi, jika koneksi internet kamu tidak dapat dikamulkan, kamu mungkin tidak dapat memecahkan kata sandi tersebut. Akibatnya, koneksi internet yang kamul sangat penting untuk keberhasilan operasi.
  2. Beberapa Smartphone Membutuhkan Root
    Jika kamu tidak memiliki akses root pada ponsel cerdas kamu, ada banyak metode untuk meretas jaringan Wifi. Di sisi lain, tidak semua jaringan Wifi dapat diretas tanpa akses root. Akibatnya, upaya peretasan Wifi gagal.
  3. Sistem Keamanan yang Ditingkatkan
    Jika sistem keamanan Wifi telah ditingkatkan dan diperbarui, metode pembobolan yang dijelaskan sebelumnya mungkin tidak berfungsi. Karena salah satu teknik untuk menjaga WiFi tetap aman adalah dengan sering mengganti password.

Cara Melihat Kata Sandi Wifi di iPhone atau iPad

kamu sekarang dapat melakukan banyak hal yang sebelumnya tidak mungkin karena keterbatasan Apple pada iPhone atau iPad yang telah di-jailbreak. IPhone dan iPad yang di-jailbreak dapat menampilkan kata sandi Wi-Fi dengan cara berikut:

  1. Cari ‘WIFI Password’ Pada aplikasi Cydia yang sudah terinstall di iPhone kamu, aplikasi WIFI Password ini merupakan aplikasi gratis yang digunakan untuk mengetahui kembali password jaringan wifi di iPhone kamu.
  2. Sekarang setelah kamu menemukan aplikasinya, silakan unduh dan instal di ponsel cerdas kamu.
  3. Kamu bisa mendapatkan kata sandi WIFI dengan membuka aplikasi yang kamu unduh dan kemudian melihat daftar koneksi WIFI di iPhone kamu.

Apa yang Harus Dilakukan Jika kamu Tidak Mengetahui Sandi WiFi

Jika cara mengetahui Wifi tanpa aplikasi tidak berhasil atau gagal, maka kamu bisa mencoba kemungkinan lain dengan memanfaatkan software tertentu. Salah satunya adalah Wi-Fi Map yang tidak membutuhkan akses root di smartphone.

Fungsionalitas aplikasi ini sangat mudah karena harus diunduh terlebih dahulu dari Google Play Store. Kemudian, pada smartphone Android kamu, luncurkan aplikasi tersebut. Jika ya, maka kamu dapat mengikuti prosedur di bawah ini:

  1. Untuk memulai, nyalakan GPS di ponsel cerdas kamu, dan aplikasi akan mulai mencari jaringan Wifi terdekat dengan sendirinya.
  2. Langkah selanjutnya adalah memilih jaringan WiFi yang akan dihubungkan.
  3. Kemudian pilih opsi Buka Kunci Kata Sandi untuk memunculkan kata sandi di Wifi.
  4. Selanjutnya, kata sandi Wifi yang diperlukan akan ditampilkan dan cukup salin-tempel.
  5. Coba sambungkan ke jaringan Wifi.

Bahaya Mengetahui Sandi WiFi

Mendapatkan koneksi internet gratis dengan masuk ke Wifi tanpa aplikasi tentu cukup praktis. Namun, apakah kamu menyadari bahwa ada bahaya yang terlibat yang tidak boleh diabaikan? Karena pencurian koneksi internet dapat dikenakan akibat hukum.

Risiko Sanksi Pidana

Nomor hukum. 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi mengatur hal semacam itu. Pasal 22 UU No. 36 Tahun 1999 mengatur tentang pedoman penanggulangan pencurian Wifi.

Ini menyatakan bahwa tidak seorang pun memiliki hak untuk terlibat dalam perilaku yang dapat dilihat sebagai manipulatif:

Akses ke jaringan telekomunikasi, akses ke layanan telekomunikasi, dan mungkin akses ke jaringan telekomunikasi tertentu. Pasal 50 Undang-Undang Nomor 36 Tahun 1999 menyatakan bahaya penuntutan pidana.

Hak pelanggan internet sebagai pelanggan telah dilanggar ketika akses tidak sah ke jaringan Wifi telah dilakukan. Dengan kata lain, hak penggunaan internet pengguna internet telah dibajak oleh peretas Wifi.

Kemungkinan Terkena Virus Atau Malware

Bahaya ini sangat mungkin terjadi jika Wifi yang digunakan adalah Wifi publik yang umumnya dapat diakses di lokasi publik. Fakta bahwa itu gratis tidak berarti bahwa itu aman.

Alasannya, koneksi internet di tempat umum rentan terhadap serangan virus dan malware yang dapat berdampak buruk pada perangkat seluler dan data pribadi. Selain itu, konektivitas internet yang tidak dapat dikamulkan juga berpengaruh.

Karena dinding atau struktur yang cukup tebal, sinyal Wifi yang diterima dapat terhambat untuk mengakses internet.

Memiliki akses ke Wifi gratis adalah keuntungan besar, terutama jika kamu berencana untuk melakukan banyak pekerjaan online. Namun sebelum menerapkan cara meretas Wifi tanpa aplikasi, pastikan kamu mengetahui semua bahaya dan cara terbaik untuk mengantisipasinya.

Kesimpulan

Akses internet wifi biasanya tersedia di lokasi yang tidak terlalu jauh. Dengan koneksi Wifi ini, perangkat HP dan PC dapat terhubung ke internet, memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai aktivitas online. Mulai dari berbagi informasi, mengirim pesan, gambar, video, dokumen, streaming dan lain-lain.

Ungkapan Wifi memang sudah cukup populer di kalangan pengguna internet namun mungkin masih ada orang yang masih belum mengetahui tentang Wifi. Koneksi internet wifi sebelumnya diindikasikan sebagai kebutuhan untuk mengakses berbagai informasi dan aktivitas online.

Dengan Wi-Fi, perangkat dapat dengan mudah terhubung satu sama lain. Misalnya, kamu bisa melewatkan menggunakan kabel USB saat menghubungkan smartphone ke PC atau laptop. Tetapi prasyaratnya adalah kedua mesin mendukung perangkat Wifi.

Tombol kembali ke atas